15 Obat Gatal Gatal pada Kulit Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Gatal Gatal pada Kulit Paling Ampuh di Apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kulit gatal adalah kondisi umum yang sangat lazim terjadi dan dialami oleh siapa pun. Secara umum, rasa gatal tersebut dapat hilang sendirinya atau hanya dengan menggaruk area tersebut. Namun dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan obat gatal untuk mengatasinya.

Salah satu penyebab gatal paling umum adalah kulit yang kering sehingga membuat histamin dan kinin dilepaskan dan mengirim sinyal ke otak. Di samping itu, ada beberapa kondisi lainnya seperti gigitan serangga, eksim, dan infeksi jamur.

Rekomendasi Obat Gatal Gatal pada Kulit Paling Ampuh di Apotik

Untuk beberapa kondisi yang lebih serius tersebut, biasanya gatal menjadi lebih lama dan berulang sehingga memerlukan obat. Jika Anda mengalami kondisi ini, berikut adalah beberapa obat gatal paling ampuh di apotik.

1. Gel Caladine

Caladine Gel obat gatal gatal

Beli Gel Caladine Klik di Sini

Caladine memiliki produk dalam bentuk gel untuk mengobati gatal pada kulit. Kandungan dalam gel Caladine adalah ekstrak hammamelis yang memiliki sifat antiinflamasi dan antigatal.

Di samping itu, gel Caladine juga mempunyai kandungan panthenol yang membantu mengembalikan kelembapan kulit, champora dan menthol yang memberi sensasi dingin pada kulit, dan lidah buaya dan eksrak mentimun yang melembutkan kulit serta mengurangi gatal.

Kisaran harga : Rp25 ribu/pcs

2. Gel Pengurang Gatal Konicare

Gel Pengurang Gatal Konicare

Beli Gel Caladine Klik di Sini

Gel pengurang gatal dari Konicare menggunakan bahan alami sari bunga hammamelis. Adapun secara umum, sari bunga hammamelis juga dapat digunakan untuk mengatasi inflamasi, jerawat, luka dan lebam, hemoroid, dan lain-lain dengan formulasi khusus.

Gel Konicare juga menggunakan beberapa bahan lain seperti ekstrak lidah buaya, etanol, air murni, carbomer, propilenglikol, dan trietanolamin. Anda bisa menggunakan gel ini untuk mengurangi gatal karena biang keringat, alergi, iritasi keringat, atau gigitan serangga dan nyamuk.

Kisaran harga : Rp15 rbu/pcs

3. Dragon Minyak Sereh

Dragon Minyak Sereh obat gatal gatal

Beli Gel Caladine Klik di Sini

Obat gatal-gatal ini menggunakan bahan herbal minyak sereh wangi oleum citronella sebagai zat aktifnya. Minyak Sereh Cap Dragon bisa Anda gunakan untuk membantu meredakan gatal akibat gigitan serangga maupun mencegah gigitan serangga.

Anda juga bisa menggunakan minyak sereh Dragon untuk meringankan keluhan pegal-pegal dan otot kaku. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan mengusapkannya di area yang dikeluhkan.

Kisaran harga : Rp8 ribu

4. Minyak Kayu Putih Cap Lang

Minyak Kayu Putih obat gatal gatal

Beli Minyak Kayu Putih Cap Lang Klik di Sini

Minyak eucalyptus alias kayu putih adalah bahan tradisional yang sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti perut kembung, rasa mual, dan gatal pada kulit. Minyak ini juga dapat digunakan untuk relaksasi karena kehangatan dan aromanya.

Cap Lang adalah salah satu merek minyak kayu putih terbaik dan menjadi top of mind konsumen untuk mengatasi beberapa keluhan tersebut. Adapun kandungan di dalam minyak kayu putih Cap Lang adalah 100% minyak eucalyptus.

Kisaran harga : Rp46 ribu/botol (120 ml)

5. Minyak Kayu Putih Tresnojoyo

Minyak Kayu Putih Tresnojoyo obat gatal gatal

Beli Minyak Kayu Putih Tresnojoyo Klik di Sini

Minyak kayu putih lain yang bisa Anda pakai untuk mengatasi gatal pada kulit adalah merek Tresnojoyo. Produk ini telah dipercaya secara turun-temurun pula untuk meringankan rasa gatal, perut kembung, dan rasa mual.

Minyak kayu putih Tresnojoyo adalah untuk penggunaan luar. Usapkan beberapa tetes minyak kayu putih Tresnojoyo pada area yang mengalami keluhan dan ulangi sebanyak yang diperlukan.

Kisaran harga : Rp24 ribu/pcs

6. Balsem Cap Kaki Tiga

Kaki Tiga Balsem Kuning obat gatal gatal

Beli Balsem Cap Kaki Tiga Klik di Sini

Obat gatal juga bisa Anda temukan dalam bentuk balsam. Cap Kaki Tiga menghadirkan balsam kuning dengan kandungan minyak cengkeh untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga.

Balsem Cap Kaki Tiga hanya untuk penggunaan luar (obat luar). Anda bisa mengambil sedikit balsam dan mengoleskannya di permukaan kulit yang gatal, lalu ulangi jika diperlukan.

Kisaran harga : Rp18 ribu/pcs

7. Bedak Dragon Salicyl Menthol

bedak salicyl obat gatal gatal

Beli Bedak Salicyl Menthol di Sini

Salicylic adalah bahan yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan pada kulit, seperti jerawat, ketombe, psoriasis, dan lain sebagainya. Bahan ini pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan gatal pada kulit.

Bedak Dragon Salicyl Menthol adalah bedak gatal dengan kandungan salicylic acid dan talek. Di samping meredakan keluhan gatal gatal pada kulit, bedak ini juga dapat meredakan biang keringat serta menghilangkan bau badan tak sedap.

Kisaran harga : Rp8 ribu

8. Bedak Herocyn

Bedak Herocyn untuk gatal gatal

Beli Bedak Salicyl Menthol di Sini

Obat gatal gatal ini cukup populer sejak lama. Bedak Herocyn telah terbukti dan dipercaya mampu meredakan biang keringat maupun gatal-gatal pada kulit yang kerap mengganggu penderitanya.

Beberapa kandungan utama dalam Bedak Herocyn adalah zinc oxide, bals peruv, precip sulph, salicylic acid, dan menthol. Gunakan bedak ini setelah mandi atau pastikan area yang gatal dalam keadaan bersih.

Kisaran harga : Rp23 ribu

9. Nosib Salep

Nosib Salep obat gatal gatal

Beli Nosib Salep di Sini

Salep ini diformulasikan untuk mengobati kudis dan eksim basah maupun kering yang disebabkan karena panu, kurap, jamur, kutu air, maupun bisul. Nosib Salep juga bisa untuk mengatasi gatal-gatal di sela-sela jari atau paha.

Bahan aktif pada Nosib Salep adalah salicylic acid sebagai agen antiseptik dan benzoicum acid  yang bersifat fungistatik. Selain itu, untuk menghilangkan sisik pada kulit yang kasar, Nosib Salep menggunakan sulfur praecipitatum.  

Kisaran harga : Rp14 ribu/pcs

10. Salep Kulit Cap Badak

Salep Kulit Cap Badak obat gatal gatal

Beli Salep Kulit Cap Badak di Sini

Salep gatal ini mempunyai beberapa kandungan yang cukup ampuh untuk mengatasi keluhan gatal, seperti sulfur, mentol, asam salisilat, dan asam benzoat. Kombinasi ini juga memiliki efek untuk menenangkan kulit.

Beberapa jenis gatal yang dapat diatasi dengan obat gatal gatal ini adalah gatal karena panu, kurap, kudis, dan kutu air. Gunakan Salep Kulit Cap Badak tiga kali sehari atau seperlunya pada kulit yang sudah dibersihkan.

Kisaran harga : Rp10 ribu

11. Giovan

Giovan Antiseptik  obat gatal gatal

Beli Giovan di Sini

Obat gatal ini hadir dalam bentuk sabun mandi antiseptik. Sabun mandi Giovan bersifat antiseptik yang dapat melindungi tubuh Anda dari kuman atau bakteri yang menempel di permukaan kulit.

Cara penggunaan Giovan adalah seperti menggunakan sabun mandi pada umumnya, yakni menggosokkannya ke seluruh permukaan kulit. Adapun bahan utama pada Giovan adalah chloroxylenol.

Kisaran harga : Rp16 ribu/botol

12. Ketoconazole

Ketoconazole obat gatal gatal.

Beli Ketoconazole di Sini

Kalau Anda mengalami gatal gatal di selangkangan akibat jamur, Ketoconazole bisa jadi solusinya. Obat oles ini merupakan antijamur yang dapat mengatasi infeksi jamur, tinea pedis, kandidiasis kutis, tinea korporis, dan tinea versicolor.

Cara kerja Ketoconazole adalah mengganggu pembentukan sel jamur. Oleh karena obat ini termasuk bebas terbatas, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Kisaran harga : Rp10 ribu/pcs

13. Ezzera Lotion

Beli Ezzera Lotion di Sini

Jika si kecil mengalami gatal-gatal, Anda bisa memberikan Ezzera Lotion. Lotion ini mempunyai kandungan saccharide isomerate yang mempunyai efek menghidrasi kulit yang kering dan sensitif.

Anda bisa mengoleskan Ezzera Lotion pada kulit anak sebanyak 3 atau 4 kali dalam sehari. Pastikan kulit si kecil sudah dalam keadaan bersih sebelum diolesi Ezzera Lotion agar dapat bekerja dengan maksimal.

Kisaran harga : Rp63 ribu/pcs

14. Skizone

Skizone untuk gatal

Beli Skizone di Sini

Skizone adalah obat gatal alergi yang termasuk dalam kelompok obat keras. Anda hanya memperoleh obat ini apabila diresepkan oleh dokter guna mengurangi rasa gatal, kemerahan, dan peradangan di kulit.

Skizone menggunakan bahan aktif Dexosimetason. Dexosimetason termasuk kelompok kortikosteroid yang bekerja dengan menekan migrasi neutrofil dan mengurangi produksi prostaglandin. Bahan ini pun cukup ampuh mengobati radang kulit yang bukan disebabkan oleh infeksi.

Kisaran harga : Rp16 ribu/tube

15. Griseofulvin

Griseofulvin Darya obat gatal gatal

Beli Griseofulvin di Sini

Griseofulvin  merupakan obat gatal oral (diminum). Selain berfungsi sebagai obat gatal selakangan, Griseofulvin Darya juga dapat mengobati gatal di area lain karena infeksi jamur di kulit kepala dan kuku.

Obat ini termasuk obat keras sehingga Anda perlu resep dokter. Selain itu, beberapa orang tidak direkomendasikan mengonsumsi obat ini, seperti pasien gangguan hati berat dan riwayat alergi.

Kisaran harga : Rp3 ribu/tablet

Anda bisa mendapat beberapa obat gatal ini dengan lebih mudah melalui pemesanan online di K24Klik. Jika memerlukan bantuan, jangan ragu berkonsultasi dengan tim kami melalui chat yang tersedia.

Referensi:

  1. Why Do We Itch? ​​https://www.healthline.com/health/why-do-we-itch. Diakses pada 22 November 2022
  2. Witch Hazel: USes, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-227/witch-hazel. Diakses pada 22 November 2022.
  3. Salicylic Acid (Topical Route). https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/salicylic-acid-topical-route/side-effects/drg-20066030?p=1#:~:text=Salicylic%20acid%20topical%20is%20used,is%20available%20without%20a%20prescription.. Diakses pada 22 November 2022