12 Obat Eksim di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Eksim di Apotik Paling Ampuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Eksim adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, meradang, dan dapat terjadi pecah-pecah atau terkelupas. Penyakit eksim ini bisa menyebar dan meluas pada kulit, sehingga kondisi perlu segera diatasi dengan obat eksim yang tepat.

Gatal ataupun gejala eksim dapat muncul pada berbagai bagian tubuh, tetapi paling umum terjadi pada wajah, leher, lengan, dan lipatan tubuh seperti siku dan lutut. Kondisi ini biasanya dipicu oleh alergi atau reaksi inflamasi pada kulit yang disebabkan bakteri atau jamur.

Penyakit ini dapat mempengaruhi orang dari berbagai usia dan jenis kelamin, baik pria maupun wanita. Karenanya, diperlukan pengobatan yang tepat meliputi perawatan kulit, penghindaran pemicu, dan penggunaan obat-obatan.

Rekomendasi Obat Eksim di Apotik Paling Ampuh

Ada beragam obat untuk mengatasi keluhan eksim, termasuk obat alami dan tradisional, seperti lidah buaya, coconut oil, dan cuka apel. Namun, untuk pengobatan yang lebih efektif, berikut 15 obat eksim di apotik yang paling ampuh untuk membantu mengatasi eksim.

1. Forderm CR

obat eksim forderm cr

Beli Forderm CR Klik di Sini

Forderm CR adalah obat gatal eksim yang mengandung krim kortikosteroid. Obat ini digunakan untuk mengurangi gejala-gejala inflamasi pada kulit seperti ruam, gatal, dan bengkak. Perlu diperhatikan, obat ini tidak boleh digunakan pada area kulit yang tipis, wajah, atau area yang terkena infeksi.

2. Sebamed Cleansing Bar

obat gatal eksim sebamed cleansing bar

Beli Sebamed Cleansing Bar Klik di Sini

Sebamed Cleansing Bar adalah sabun yang dikhususkan untuk kulit sensitif karena diformulasikan dengan pH seimbang yang cocok untuk kulit manusia. Di samping itu, bahan aktif terkandung di dalamnya berfungsi melembapkan kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Sabun ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi eksim. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan cara dioleskan ke kulit yang sudah dibasahi dan dibersihkan dengan air. Untuk mengobati eksim pada tubuh maupun wajah, gunakan Sebamed Cleansing Bar secara teratur 2 kali sehari.

Sebamed Cleansing Bar bisa didapatkan di apotik online K24Klik dengan harga Rp106 ribu untuk kemasan 150gr.

3. SKIZONE 0.05% CR 10G

obat eksim skizone

Beli Skizone Klik di Sini

Skizone (0,05%) adalah obat luar yang mengandung Betamethasone Dipropionate. Obat eskim ini dijual di apotik dengan harga terjangkau mulai dari Rp16 ribu saja untuk kemasan krim 10g.

Skizone dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim dan dermatitis. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit berkat kandungan Betamethasone Dipropionate.

4. Dermovate 0.05%

obat penyakit eksim dermovate

Beli Dermovate Klik di Sini

Dermovate adalah salah satu obat penyakit eksim yang paling direkomendasikan oleh dokter. Obat yang satu ini termasuk jenis kortikosteroid topikal yang mengandung clobetasol propionate. Dermovate digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit termasuk eksim, psoriasis, dermatitis, dan masalah kulit lainnya.

Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan, kemerahan, dan gatal pada kulit. Cara pemakaiannya pun mudah, yaitu dengan mengoleskan pada area yang terinfeksi. Namun, sebaiknya gunakan dengan hati-hati pada area kulit yang tipis, wajah, dan selama kehamilan atau menyusui.

Salep Dermovate tersedia di apotik dengan kisaran harga Rp67 ribu untuk kemasan krim 5 gram dan Rp109 ribu untuk kemasan 10gram.

5. Desolex Lot 0,05%

obat eksim desolex lot

Beli Desolex Lot Klik di Sini

Desolex Lot 0,05% dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit. Dengan kandungan bahan aktif desonide.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi gatal, kemerahan, dan pembengkakan. Obat ini dapat diperoleh di apotik offline maupun online seperti K24Klik dengan kisaran harga mulai Rp35rb.

6. Kloderma 0,05%

obat gatal eksim kloderma

Beli Kloderma Klik di Sini

Kloderma 0,05% adalah obat luar untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit, termasuk psoriasis, eksim, dermatitis, dan kondisi kulit yang terkait dengan inflamasi. Dengan kandungan bahan aktif clobetasol propionat, Kloderma dapat digunakan sebagai obat eksim.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan, kemerahan, gatal, dan pembengkakan pada kulit. Sebelum menggunakan obat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker di K24Klik untuk dosis dan cara penggunaannya yang tepat.

Kloderma 0,05% dijual dalam kemasan 5g dan 10gr dan dapat diperoleh di apotik. Kloderma 0.05% kemasan krim 5gr dijual dengan harga sekitar Rp32 ribu saja, sedangkan kemasan 10gr seharga Rp50 ribuan.

7. Elopro

obat eksim kering elopro

Beli Elopro Klik di Sini

Elopro 0,05% yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit. Obat luar ini mengandung bahan aktif Clobetasol Propionate.

Kandungan dalam Elopro bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi gatal, kemerahan.

Elopro tersedia di apotik K24Klik dengan harga mulai Rp43 ribu.

8. Diprosone

obat gatal eksim diprosone

Beli Diprosone Klik di Sini

Diprosone OV CR 5g adalah obat luar yang mengandung bahan aktif betametason dipropionat. Berkat kandungan bahan ini, Diprosone banyak dianjurkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi gatal, kemerahan, dan pembengkakan. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu dengan mengoleskan krim pada area yang terinfeksi. Diprosone dapat diperoleh di apotik online seperti K24Klin dengan kisaran harga Rp81 ribu untuk kemasan 5gr.

9. Nerilon

obat eksim nerilon

Beli Nerilon Klik di Sini

Rekomendasi obat eksim selanjutnya adalah Nerilon 0,1%. Ini merupakan obat luar berupa krim yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim, dermatitis, psoriasis, dan alergi kulit.

Obat Nerilon 0,1% dijual dalam kemasan 10g dan dapat diperoleh di apotik dengan kisaran harga Rp76 ribuan.

10. CLOBETASOL PROPIONATE ETERCON 0.05

obat gatal eksim clobetasol propionate etercon

Beli Clobetasol Propionate Etercon Klik di Sini

Clobetasol Propionate Etercon (0,05%) adalah obat luar berupa salep dengan kandungan clobetasol propionate. Obat ini digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti psoriasis dan dermatitis atopik atau eksim. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit.

Clobetasol Propionate Etercon 0.05 dijual dengan harga terjangkau, yakni Rp18 ribuan saja untuk kemasan 10gr dan dapat dibeli di apotik terdekat maupun online.

11. DESOXIMETASONE ETERCON 0.25%

obat eksim menahun desoximetasone etercon

Beli Desoximetasone Etercon Klik di Sini

Desoximetasone Etercon adalah obat luar yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, termasuk dermatitis atopik dan psoriasis. Berkat kandungan desoximetasone, obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit.

Harganya pun terjangkau, yakni Rp28 ribuan dan bisa didapatkan di K24Klik.

12. BETAMETHASONE FM 0.1% CR 5G

obat eksim betamethasone fm

Beli Betamethasone FM Klik di Sini

Betamethasone FM (0,1%) adalah obat luar yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan gatal pada kulit berkat adanya betamethasone yang terkandung di dalamnya.

Betamethasone dapat diperoleh di apotik dengan harga murah, yakni Rp6 ribuan saja untuk kemasan krim 5gr.

Membeli obat eksim di apotik, kini tidak perlu repot. Semua obat di atas dapat diperoleh di apotik online K24Klik, platform tepercaya yang menjual obat asli, komplet, dan cepat tanpa antrean untuk tebus obat.

Terlebih, K24Klik juga menyediakan layanan konsultasi dengan Health Consultant sehingga Anda bisa memastikan bahwa obat eksim yang digunakan aman dan efektif untuk kondisi kulit Anda.

Referensi:

Daftar rekomendasi obat eksim dari https://www.k24klik.com/cariObat/eksim, diakses pada 20 Februari 2023

Atopic dermatitis (eczema), https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atopic-dermatitis-eczema/symptoms-causes/syc-20353273 diakses pada 23 Februari 2023

Home Remedies for Eczema, https://health.clevelandclinic.org/home-remedies-for-eczema/ diakses pada 23 Februari 2023