15 Obat Batuk Alami yang Manjur untuk Kering dan Berdahak

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Batuk Alami yang Manjur untuk Kering dan Berdahak

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat batuk alami yang manjur untuk kering dan berdahak dapat menjadi alternatif Anda ketika tidak ingin mengonsumsi obat kimia. Terbuat dari bahan alami, tentunya obat batuk ini tidak hanya bisa digunakan untuk orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Batuk bisa saja disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri maupun kondisi cuaca dan lingkungan. Beberapa orang mungkin memilih untuk langsung mengonsumsi obat di apotik ataupun melakukan pemeriksaan dokter. Tetapi, Anda juga dapat memanfaatkan alternatif lain yaitu obat batuk alami yang manjur untuk kering dan berdahak.  

Rekomendasi Obat Batuk Alami yang Manjur untuk Kering dan Berdahak

Menggunakan bahan-bahan alami dapat menjadi solusi alternatif Anda untuk mengatasi batuk kering maupun berdahak. Beberapa diantaranya bahkan dapat dengan mudah Anda buat sendiri di rumah loh. Berikut ini merupakan beberapa obat batuk alami yang manjur untuk kering dan berdahak.

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak dan Kering Paling Ampuh di Apotik

1. Cuka Apel

Kandungan asam asetat dalam cuka apel diketahui dapat menjadi antimikroba untuk membunuh patogen infeksi yang sebabkan batuk. Anda dapat mengonsumsi cuka apel secara langsung dicampurkan ke dalam segelas air atau tambahkan madu. Untuk hasil yang lebih ampuh, cuka apel juga bisa untuk dipadukan dengan jahe.

Cuka apel dapat Anda beli di apotik dengan kisaran harga Rp 59 ribu per botol.

obat batuk alami cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

2. Jahe

Obat tradisional untuk mengobati batuk kering dan berdahak yang ampuh selanjutnya adalah Jahe. Sensasi hangat dari jahe dapat memecah dahak, melegakan tenggorokan sekaligus meredakan batuk. Cara mengonsumsinya pun sangat mudah cukup geprek, lalu rebut bersama teh atau susu dan segera konsumsi saat hangat.

3. Nanas

Buah nanas diketahui mengandung enzim bromelain yang efektif untuk meredakan batuk.  Obat batuk alami ini juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi gangguan pencernaan. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya jus segar agar dapat menjadi obat batuk alami yang cocok untuk anak.

4. Kunyit

Obat batuk alami untuk dewasa yang dapat Anda coba adalah kunyit. Sifat anti radang dan anti bakterinya ampuh untuk mengatasi batuk baik kering maupun berdahak. Anda dapat memarut kunyit bersama dengan jahe secukupnya lalu seduh menggunakan air hangat. Apabila merasa kurang nyaman dengan rasanya, Anda dapat menambahkan gula dan juga air jeruk nipis.

5. Yogurt

Meskipun tidak menyembuhkan batuk secara langsung, namun kandungan probiotik dalam yogurt memberikan manfaat baik untuk sistem imun tubuh. Dengan kondisi yang lebih fit, maka gejala batuk pun dapat ikut mereda. Saat ini, yogurt bisa Anda dapatkan di berbagai minimarket, warung dan juga apotek mulai dari harga Rp 9 ribuan saja per botolnya.

obat batuk alami yogurt

Beli Cimory Yogurt Drink Klik di Sini

6. Madu

Ketika mengonsumsi madu, Anda bisa mendapatkan efek menenangkan pada tenggorokan yang biasanya sakit saat batuk. Madu dapat dicampurkan dengan teh maupun air lemon untuk menambah efektivitas dalam mengobati batuk kering maupun berdahak. Perlu diketahui bahwa madu tidak disarankan untuk anak dengan usia kurang dari 1 tahun.

Anda dapat membeli madu dengan kualitas terbaik dan dijamin asli di apotik online dengan kisaran harga Rp 40 ribuan per botol.

obat batuk alami madu tj extra

Beli Madu TJ Extra Klik di Sini

7. Minuman Hangat

Minuman hangat ampuh untuk mengobati batuk karena mampu membantu mengencerkan dahak sekaligus melegakan tenggorokan. Rutin mengonsumsi minuman hangat terutama rendah gula sendiri juga dapat bantu menjaga sistem imun tubuh. Namun apabila Anda lebih menyukai minuman dingin, pastikan untuk memilih minuman tanpa karbonasi serta pemanis seperti air mineral.

8. Air Garam

Larutan garam dan air dapat membantu menenangkan tenggorokan gatal dan juga mengencerkan dahak. Obat tradisional yang sangat mudah dibuat di rumah ini ampuh untuk mengatasi batuk kering maupun berdahak pada dewasa dan juga anak-anak. Anda cukup berkumur-kumur saja menggunakan campuran air dan garam dengan komposisi yang disesuaikan.

9. Akar Marshmallow

Sejak zaman dahulu, akar marshmallow memang telah banyak digunakan untuk pengobatan tenggorokan gatal dan juga batuk. Anda dapat mengonsumsi tanaman herbal ini dengan mencampurkannya pada teh atau juga dalam bentuk kapsul.

10. Daun Thyme

Daun thyme memiliki kandungan nutrisi baik seperti vitamin A, B, C, folat, zat besi, kalsium, magnesium dan juga kalium. Selain ampuh redakan batuk, daun thyme ini juga dapat bantu meningkatkan imunitas tubuh, meredakan stress dan juga nyeri. Anda dapat mengonsumsi daun thyme sebagai teh herbal maupun bahan makanan.

Rekomendasi Obat Batuk Herbal di Apotik Paling Ampuh

Tidak hanya bahan-bahan herbal, Anda juga bisa mengatasi batuk menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotik. Tenang saja, saat ini sudah tersedia banyak sekali obat batuk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Berikut ini merupakan rekomendasi obat batuk herbal di apotik paling ampuh.

11. Komix Herbal

obat batuk alami di apotik komix herbal

Beli Komix Herbal Klik di Sini

Sirup obat batuk yang satu ini terbuat dari bahan alami seperti lagundi, jahe merah, thymi herba, licorice dan juga madu. Komix Herbal efektif untuk meredakan batuk berdahak dan dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Anda dapat mengonsumsi obat ini sesudah makan, 3 kali sehari 1 sachet atau setengah sachet untuk anak-anak.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

12. Siladex Cough Herbal Sirup

obat batuk alami siladex cough herbal sirup

Beli Siladex Cough Herbal Sirup Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan Siladex Cough Herbal Sirup untuk mengatasi batuk kering atau berdahak. Beberapa kandungan herbal yang terkandung dalam obat ini adalah madu, ekstrak akar manis, pala dan juga cemplonan. Obat ini juga aman untuk diberikan pada anak usia 2-5 tahun hingga orang dewasa dengan dosis sesuai anjuran.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/botol

13. Komix Lo Han Kuo

obat batuk alami di apotik komix lo han kuo

Beli Komix Lo Han Kuo Klik di Sini

Minuman herbal ini terbuat dari buah Lo Han Kuo dari daratan China yang ampuh untuk melegakan tenggorokan. Beberapa manfaat yang ditawarkan oleh obat ini adalah meredakan panas dalam, melegakan tenggorokan dan juga mengatasi gejala batuk. Anda dapat mencampurkan 1 stick pack Komix Lo Han Kuo dengan 200 ml air hangat.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/dos

14. OB Herbal

obat batuk alami di apotik ob herbal

Beli OB Herbal Klik di Sini

Obat batuk alami OB Herbal dapat membantu meredakan batuk berdahak, melegakan pernafasan ataupun gejala masuk angin. Anda dapat mengonsumsi OB Herbal setelah makan, sesuai dengan dosis anjuran. Beberapa kandungan yang ada dalam obat ini adalah thymi herba, zingiberis rhizoma dan juga citrus aurantii fructus.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

15. Herbakof

obat batuk alami yang manjur herbakof

Beli Herbakof Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Herbakof untuk mengobati batuk. Terbuat dari berbagai bahan herbal, obat ini ampuh untuk meredakan batuk dan juga melegakan tenggorokan. Anjuran penggunaan obat sirup ini adalah 15 ml untuk dewasa dan 5 ml untuk anak usia 12 tahun keatas.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat batuk alami yang manjur untuk kering dan berdahak. Anda dapat membelinya di apotik ataupun membuat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Meskipun menggunakan bahan-bahan alami, penggunaan obat batuk tidak boleh sembarangan terutama pada anak-anak atau orang dengan kondisi kesehatan khusus.

Butuh obat, vitamin ataupun susu? K24Klik siap antarkan pesanan Anda sampai ke depan rumah, tanpa ribet! Tenang saja, kami menjamin produk farmasi yang lengkap, harga terjangkau dan pastinya 100% asli. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, pesan obat jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/allergies/best-natural-cough-remedies#cold-prevention diakses pada 27 April 2023

https://www.healthline.com/health/apple-cider-vinegar-for-cough diakses pada 27 April 2023