12 Obat Tipes Alami Cepat Sembuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Tipes Alami Cepat Sembuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat tipes alami dibutuhkan untuk mengatasi berbagai gejala tipes seperti demam tinggi, diare dan juga mual. Obat alami sakit tipes dapat menjadi alternatif selain yang tersedia di apotik.

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Penyakit ini dapat memengaruhi saluran usus, aliran darah dan membuat kondisi kesehatan tubuh memburuk. Selain mengandalkan obat-obatan dokter, Anda juga dapat memanfaatkan obat tipes alami untuk pengobatan yang manjur cepat sembuh.

Umumnya, tipes memiliki tingkatan gejala yang perlu diperhatikan. Apabila mencapai tingkatan paling parah, maka penanganan serius pun diperlukan karena berpotensi menyebabkan penyakit kronis lainnya. Beberapa yang perlu Anda waspadai adalah ketika mengalami demam dan menggigil, diare, mual dan juga kehilangan selera makan.

Baca juga: 10 Obat Tipes Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

Rekomendasi Obat Tipes Alami Cepat Sembuh

Mudah ditemukan dan tentunya minim efek samping, herbal dapat menjadi alternatif pengobatan tipes. Anda dapat mencoba untuk menggunakan beberapa obat tipes alami di bawah ini.

1. Kemangi

Siapa sih yang tidak tergiur dengan nikmatnya kemangi saat dikonsumsi sebagai lalapan? Bukan hanya untuk hidangan saja, kemangi ternyata memiliki sifat antibakteri. Manfaatnya sangat baik untuk tubuh karena bisa meningkatkan sistem imunitas, memberikan efek menenangkan pada perut termasuk sebagai salah satu obat  tipes.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan kemangi untuk pengobatan tipes? Anda dapat menambahkan kemangi ke air matang lalu mengonsumsinya maksimal 4 kali dalam sehari. 

2. Bawang Putih

Obat tipes alami paling manjur dan mudah untuk Anda temukan selanjutnya adalah bawang putih. Sifat antimikroba dalam bawang putih dapat membantu melawan bakteri penyebab tipes. Tidak hanya itu, herbal yang satu ini juga bisa mempercepat pemulihan kondisi tubuh karena sifat antioksidannya.

Tidak perlu repot untuk mengolahnya, Anda dapat mengonsumsi dua siung bawang putih segar. Tapi perlu diketahui bahwa cara mengonsumsi bawang putih untuk pengobatan tipes ini tidak disarankan untuk wanita hamil dan juga anak-anak.

3. Pisang

Bingung ingin memberikan obat apa untuk anak-anak? Salah satu obat alami untuk tipes yang dapat dengan mudah diberikan untuk anak adalah pisang. Buah ini ampuh untuk menurunkan demam dan juga mengobati diare saat tipes.

Kandungan pektin dalam buah pisang ampuh untuk membantu usus menyerap cairan dan menyembuhkan diare. Kemudian juga kalium di dalamnya dapat menggantikan elektrolit tubuh yang sempat hilang saat tipes. Jadi, buah pisang ini merupakan salah satu obat mujarab untuk menyembuhkan gejala-gejala tipes pada anak-anak maupun dewasa.

4. Cengkeh

Tipes membuat Anda sering merasa mual hingga muntah? Cengkeh dapat menjadi obat ampuh untuk mengatasinya. Anda cukup merebus air bersama dengan cengkih sampai mendidih, saring kemudian minum dua cangkir setiap harinya selama masa pengobatan tipes. Sifat antibakteri pada cengkeh ampuh untuk membunuh bakteri penyebab tipes.

5. Delima

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan buah delima untuk mengobati tipes. Cara menggunakannya pun sangatlah mudah, Anda dapat membuat jus buah delima. Selain itu, mengonsumsinya secara langsung pun juga bisa. Manfaat dari delima sendiri adalah mencegah dehidrasi dalam tubuh sehingga mengurangi efek lemah saat tipes.

6. Buttermilk

Buttermilk atau susu mentega merupakan probiotik yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan usus dan juga sistem kekebalan tubuh. Obat alami untuk tipes ini dapat membantu proses pemulihan setelah demam saat tipes. Tenang saja, Anda tidak perlu repot mengolahnya lagi karena buttermilk dapat langsung dikonsumsi.

7. Jeruk

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang dikenal kaya kandungan vitamin, mineral dan juga nutrisi penting lainnya untuk tubuh. Dengan mengonsumsi jeruk, tubuh Anda akan mendapatkan asupan nutrisi yang berguna untuk mengatasi demam ataupun dehidrasi saat tipes.

Anda dapat mengonsumsi beberapa irisan jeruk untuk beberapa kali dalam sehari atau mengolahnya menjadi jus segar. Tanpa perlu ribet, dapatkan Buavita Orange Juice kemasan 250 ml seharga Rp 10 ribuan saja di K24Klik.

obat tipes alami buavita orange juice

Beli Buavita Orange Juice Klik di Sini

8. Mentimun

Suka mengonsumsi mentimun sebagai lalapan? Tidak hanya menyegarkan, mentimun juga dapat Anda gunakan sebagai obat tipes alami yang ampuh. Caranya cukup parut beberapa mentimun yang sudah dicuci, lalu peras dan minum airnya setiap 2 kali sehari.

9. Cuka Apel

Sifat asam yang dimiliki oleh cuka apel dapat menjadi obat alami yang ampuh dalam pengobatan tipes. Cuka apel bekerja dengan mengeluarkan panas dari tubuh sehingga efektif untuk mengurangi demam tinggi. Tidak hanya itu, kandungan mineral di dalamnya juga penting untuk Anda yang kehilangan nutrisi akibat diare saat tipes.

Tidak perlu repot mengolahnya, Tahesta Cuka Apel siap dikonsumsi dengan harga terjangkau Rp 59 ribuan saja per botol.

obat tipes alami tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

10. Kompres Hangat

Demam tinggi merupakan salah satu gejala tipes yang paling umum dialami. Nah, Anda dapat mencoba untuk melakukan kompres hangat menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat. Jika sudah, tempelkan pada beberapa bagian tubuh dan usahakan untuk rutin mengganti kainnya agar mendapatkan suhu terbaik dan hasil pengobatan maksimal.

11. Cacing Tanah

Enzim lysosomal (lisozim) pada cacing tanah dapat menjadi salah satu obat tipes alami paling ampuh. Hal ini dikarenakan enzim tersebut dapat melindungi Anda dari serangan anti mikroba patogen dan juga bersifat sebagai antibakteri. Rebusan ataupun ekstrak cacing tanah ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella Typhi.

Apabila Anda menginginkan versi yang lebih praktis, K24Klik menyediakan Tilung Kapsul yang terbuat dari ekstrak cacing tanah. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 27 ribuan per botol isi 12 kapsul.

obat tipes alami tilung kapsul

Beli Tilung Kapsul Klik di Sini

12. Mengonsumsi Lebih Banyak Cairan

Tipus biasanya membuat seseorang mengalami dehidrasi dan memicu kondisi tubuh semakin menurun. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga diri agar tetap terhidrasi dengan mengonsumsi lebih banyak cairan seperti air putih, jus buah segar, teh herbal dan jenis minuman sehat lainnya.

Apabila kadar air dalam tubuh bisa terjaga, maka masa pengobatan dan pemulihan tipes pun menjadi lebih efektif. Terlebih lagi jika banyak mengonsumsi jus buah segar, nutrisi di dalamnya ampuh untuk mengatasi diare saat tipes.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat tipes alami paling manjur yang dapat Anda gunakan. Apabila merasa kondisi kesehatan tidak kunjung membaik, bisa saja dikarenakan tingkatan tipes sudah cukup parah. Segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Saat ini, Anda tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk mendapatkan obat, vitamin maupun susu. K24Klik siap antar sampai ke depan rumah Anda! Kami menjamin ketersediaan produk farmasi yang lengkap dan juga 100% asli. Dapatkan aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, rasakan manfaat beli obat jadi lebih praktis!

Referensi:

https://doctor.ndtv.com/living-healthy/typhoid-5-best-home-remedies-1879094 diakses pada 2 Mei 2023

https://pharmeasy.in/blog/9-home-remedies-for-typhoid/#:~:text=Cloves%20fight%20against%20bacteria%20that,and%20have%20two%20cups%20daily diakses pada 2 Mei 2023