Anak Susah Makan, Penyebab hingga Solusi Tepat Mengatasinya

Published by Dewi Dwiputri on

Anak Susah Makan, Penyebab hingga Solusi Tepat Mengatasinya

anak susah makan

https://www.freepik.com

Anak umumnya akan susah makan saat menginjak usia satu tahun. Hal ini disebabkan karena berbagai macam faktor penyebab. Ingin tahu penyebab anak susah makan? Simak terus artikel ini ya, Sobat Sehat!

Anak Susah Makan, Ini Penyebabnya

Di masa ini, pertumbuhan anak melambat dibandingkan dengan masa sebelumnya. Hal ini juga mempengaruhi nafsu makannya, sehingga seringkali yang terjadi adalah anak makan lebih sedikit dibandingkan sebelumnya.

Selain karena sedang tumbuh gigi, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan anak sulit makan. Berikut penyebab anak susah makan serta cara mengatasinya:

  • Sariawan

Saat mengalami sariawan, mulut akan terasa perih, ini menyebabkan anak enggan membuka mulutnya. Sariawan pada anak dapat dikenali dengan adanya bulatan berwarna putih atau kunig di bagian dalam bibir, pipi atau gusi.

Sariawan dapat terjadi karena cedera atau luka pada mulut akibat tergigit. Namun selain itu, sariawan juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin, kurangnya asupan cairan, alergi makanan, terinfeksi virus atau karena faktor keturunan.

  • Menolak makanan baru

Anak biasanya akan merasa asing dengan rasa atau tekstur dari jenis makanan yang baru diperkenalkan, sehingga anak cenderung akan menolak mengkonsumsinya. Sobat Sehat dapat mencoba memperkenalkan makanan yang tidak berbeda jauh dari makanan yang sebelumnya. Tampilan dan tekstur yang mirip dapat membantu anak untuk berkenalan dengan makanan barunya.

  • Refluks gastroesofagus (GERD)

Kondisi GERD seperti ini membuat anak mengeluarkan isi lambungnya. Umumnya anak yang mengalami GERD akan menangis, rewel berlebihan, bahkan sampai sulit tidur, lesu, serta pertumbuhannya tidak seperti teman-teman seusianya. Kondisi seperti ini dapat membuat anak merasakan sakit saat menelan, sehingga anak akan memilih untuk tidak makan.

Selain itu, anak susah makan juga dapat disebabkan karena anak masih kenyang, lelah, atau sakit. Sobat Sehat tak perlu khawatir karena ketika kondisi sudah pulih, anak akan makan kembali.

Trik Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Bagi anak-anak makan merupakan proses pembelajaran dan eksplorasi. Untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada anak, Sobat Sehat dapat melakukan kegiatan, seperti:

  1. Membuat acara makan keluarga rutin. Biarkan anak melihat orang dewasa mengkonsumsi beragam jenis makanan dan berkomentar positif terhadapnya.
  2. Tentukan waktu makan. Tiga kali waktu makan utama dan dua kali makan cemilan setiap harinya. Buatkan keadaan yang nyaman untuk anak.
  3. Biasakan anak untuk makan mandiri. Sobat Sehat dapat membuat makanan yang mudah dipegang dan dimasukkan ke dalam mulut anak.
  4. Hanya berikan 1-2 jenis makanan dengan porsi kecil pada saat makan.
  5. Gunakan perlengkapan makan dengan gambar dan warna-warni yang menarik.
  6. Mengundang anak-anak lain untuk makan bersama.
  7. Jauhkan televisi, permainan, binatang peliharaan, dan hal-hal yang mempengaruhi perhatiannya saat makan.
  8. Libatkan anak dalam proses pembuatan makanan. Mulai dari membeli, membersihkan, hingga memasak dan menyajikan makanan. Hal ini dapat mendorongnya untuk lebih berselera makan.

Anak yang susah makan bukanlah perkara yang mudah untuk ditangani. Diperlukan perhatian dan kesabaran ekstra untuk mengatasinya. Namun jika Sobat Sehat belum yakin terhadap asupan gizi anak, Sobat Sehat dapat memberikannya suplemen makanan seperti Likurmin.

Likurmin, Suplemen Lengkap Perbaiki Nafsu Makan Anak

likurmin suplemen penambah nafsu makan

Likurmin merupakan suplemen yang mengandung asam amino esensial yang penting untuk tubuh. Kombinasi vitamin B kompleks, termasuk niacinamid dan pantothenic acid dengan kurkuminoid bermanfaat untuk memperbaiki nafsu makan dan menjaga keseimbangan nitrogen tubuh.

Berikan Likurmin dengan dosisĀ  1 x 1-2 sendok takar (5-10 ml) atau menurut petunjuk dokter setelah makan pada pagi hari.

Tunggu kejutan menarik kami untuk pembelian produk Likurmin Syrup di K24Klik. Jangan sampai ketinggalan ya, Sobat Sehat!

 

Sumber : dari berbagai sumber.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *