10 Obat Batuk Pilek Anak yang Aman di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk pilek anak yang aman di apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat banyak pilihan obat batuk pilek anak yang aman di apotek seperti Hufagripp, Anakonidin OBH hingga OBH Combi untuk membantu meredakan beragam gejala flu.

Batuk, pilek dan beragam gejala flu lainnya merupakan masalah kesehatan yang sering kali menyerang si kecil. Untuk meredakannya, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat batuk pilek anak yang aman dan tersedia di apotek.

Pada beberapa kasus, keluhan batuk pilek anak dapat sembuh dengan sendirinya namun tentunya memerlukan waktu yang lebih lama. Penggunaan obat-obatan baik alami ataupun yang tersedia di apotek pun menjadi pilihan tepat.

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak Anak Yang Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak yang Aman di Apotek

Salah satu jenis obat yang paling direkomendasikan untuk anak biasanya adalah obat sirup karena mudah dikonsumsi dan biasanya memiliki varian rasa favorit si kecil.

Berikut ini merupakan rekomendasi obat batuk pilek anak yang aman di apotek untuk Anda manfaatkan.

1. Hufagrip BP Sirup

obat batuk pilek anak yang aman hufagrip bp sirup

Beli Hufagrip BP Sirup Klik di Sini

Bantu meringankan batuk pilek pada anak, Hufagrip BP Sirup memiliki kandungan pseudoephedrin, dextromethorphan HBr dan juga CTM di dalamnya.

Untuk anak usia di atas 12 tahun, Anda dapat memberikan obat ini 3 kali sehari 2 sendok teh sekali minum. Sedangkan untuk usia 6-12 tahun, 3 kali sehari 1 sendok teh dan anak usia 2-6 tahun, 3 kali sehari setengah sendok teh.

Kisaran harga: Rp 22 ribu/botol

2. Anakonidin OBH Sirup

obat batuk pilek anak anakonidin obh sirup

Beli Anakonidin OBH Sirup Klik di Sini

Pilek merupakan salah satu gejala flu yang dapat menghambat aktivitas harian si kecil dan perlu segera diatasi. Apalagi ketika pilek juga disertai dengan batuk, Anda dapat mengatasinya menggunakan Anakonidin OBH Sirup.

Komposisi dari obat ini adalah succus liquiritae, paracetamol, pseudoephedrine HCl dan juga CTM.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/botol

3. OBH Combi Plus Anak Straw Sirup

obh combi plus anak combi strawberry di apotik

Beli OBH Combi Plus Anak Klik di Sini

OBH Combi Anak Plus merupakan obat batuk pilek anak yang bekerja efektif dalam meredakan hidung tersumbat, demam, sakit kepala dan bersin yang disertai batuk.

Beberapa kandungan dalam obat ini adalah paracetamol, liquorice succus, amonium klorida, pseudoephrdrin HCl dan juga CTM.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

4. Actifed Cough Sirup Merah

obat batuk pilek anak di apotik actifed cough sirup merah

Beli Actifed Cough Sirup Merah Klik di Sini

Mengkombinasikan tripolidine HCl, pseudoephedrine HCl dan juga dextromethorphan HBr membuat Actifed Cough Sirup Merah dapat mengatasi batuk pilek pada anak. Obat ini dapat digunakan pada anak usia di atas 12 tahun dan juga anak usia 6-12 tahun.

Untuk anak usia di atas 12 tahun, berikan obat ini untuk 3 kali sehari dengan aturan 1 sendok takar atau setara 5 ml tiap kali minum. Sedangkan anak usia 6-12 tahun, 3 kali sehari setengah sendok takar atau 2,5 ml.

Kisaran harga: Rp 73 ribu/botol

5. Bodrexin Flu & Batuk PE

obat batuk pilek anak yang aman bodrexin flu dan batuk pe

Beli Bodrexin Flu & Batuk PE Klik di Sini

Bermanfaat untuk mengatasi beragam gejala flu termasuk batuk pilek, Anda dapat mengandalkan Bodrexin Flu & Batuk PE untuk si kecil. Kombinasi kandungan dalam obat ini adalah paracetamol, phenylephrine, guaifenesin, bromhexine HCl dan CTM.

Pada anak usia 6-12 tahun, anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar sekali minum. Penggunaan Bodrexin Flu & Batuk PE pada anak usia di bawah 6 tahun harus berdasarkan petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

6. Triaminic Batuk Pilek

obat triaminic batuk pilek anak

Beli Triaminic Batuk Pilek Klik di Sini

Obat batuk pilek anak paling ampuh di apotek, Triaminic Batuk Pilek mengandung pseudoephedrin dan dextromethorphan HBr di dalamnya. Manfaat dari obat ini adalah meredakan hidung tersumbat, bersin-bersin dan batuk kering.

Obat bebas terbatas ini dapat digunakan untuk anak usia di atas 12 tahun dan juga anak usia 6-12 tahun sesuai dosis anjuran yang tertera di kemasan.

Kisaran harga: Rp 90 ribu/botol

7. Termorex Plus

obat batuk pilek anak yang aman termorex plus

Beli Termorex Plus Klik di Sini

Termorex Plus merupakan sirup obat batuk pilek anak yang mengandung paracetamol, pseudoephedrine HCl, gliseril guaiakoalat dan juga CTM di dalamnya. Termorex termasuk obat batuk pilek anak yang aman dikonsumsi mulai dari usia 2 tahun hingga 12 tahun.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan dosis anjuran yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

8. Flucadex Sirup

obat batuk pilek anak yang aman flucadex sirup

Beli Flucadex Sirup Klik di Sini

Obat batuk pilek anak yang satu ini mengandung paracetamol, glyceryl guaiacolate, phenylpropanolamine HCl, dextromethorphan HBr dan juga CTM di dalamnya. Flucadex Sirup aman untuk dikonsumsi oleh anak usia 6-12 tahun dan juga di atas 12 tahun.

Untuk anak usia di atas 12 tahun, Anda dapat memberika obat ini 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar sekali minum. Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun, anjuran mengonsumsi Flucadex Sirup adalah 3 kali sehari 1 sendok takar sekali minum.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

9. Paracetine Sirup

obat batuk pilek anak di apotik paracetine sirup

Beli Paracetine Sirup Klik di Sini

Batuk pilek merupakan gejala flu yang biasanya sering dialami oleh si kecil. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Paracetine Sirup yang memiliki kandungan paracetamol, gliseril guaiakolat, efedrin HCl dan juga CTM di dalamnya.

Sirup obat batuk pilek ini aman untuk dikonsumsi oleh anak usia 2-6 tahun, 6-12 tahun hingga di atas 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol

10. Coparcetin Sirup

obat batuk pilek coparcetin sirup (1)

Beli Coparcetin Sirup Klik di Sini

Mengandung kombinasi bahan aktif paracetamol, gliseril guaiakolat, efedrin dan juga CTM membuat Coparcetin menjadi salah satu obat batuk pilek anak andalan. Gunakan obat ini sesudah makan dan sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/botol

Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak Alami

Selain memanfaatkan obat-obatan dengan kombinasi bahan aktif bermanfaat, Anda juga dapat mencoba obat batuk pilek anak alami. Beberapa obat alami sangat mudah untuk ditemui dan memiliki banyak manfaat baik lainnya untuk kesehatan tubuh si kecil.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat batuk pilek anak alami yang perlu Anda ketahui.

1. Madu

Herbal kaya manfaat yang diketahui aman dikonsumsi oleh anak adalah madu. Dengan memberikan sesendok madu murni pada si kecil, dapat membantu Anda meredakan batuk dan pilek yang dialami.

Anda juga dapat menambahkan sedikit perasan lemon yang memiliki vitamin tinggi guna mendukung pemulihan batuk pilek anak menjadi lebih efektif.

2. Bawang Putih

Sifat antibakteri dan anti virus dari bawang putih dapat menjadi salah satu obat batuk pilek anak alami paling ampuh. Memiliki aroma menyengat dan juga rasa yang khas, pastikan untuk mengolah bawang putih dengan tepat agar si kecil tetap nyaman.

Anda dapat mencoba untuk memanggang kering bawang putih dan memasukkannya pada kantong kain, kemudian menggantungnya dalam jarak aman dari tempat tidur anak. Aroma bawang putih panggang dapat mengatasi keluhan hidung tersumbat dan batuk.

3. Aromaterapi

Memanfaatkan minyak esensial sebagai aromaterapi juga dapat menjadi salah satu pilihan obat batuk pilek anak alami yang aman. Sensasi melegakan dari aromaterapi dapat membantu meredakan beragam gejala flu termasuk batuk pilek.

Itulah tadi beragam rekomendasi obat batuk pilek anak yang aman di apotek untuk Anda manfaatkan. Apabila batuk pilek anak tidak kunjung mereda, pastikan untuk segera memeriksakan si kecil ke dokter ahli guna mendapatkan penanganan terbaik.

Si Kecil sakit dan butuh obat segera? Tidak perlu panik, semua jadi beres hanya dalam satu genggaman aplikasi beli obat online K24Klik!

Kami siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat 1 jam sampai. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan App Store sekarang juga, dapatkan penawaran harga terbaik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12342-common-cold diakses pada 2 April 2024