9 Obat Batuk Kering Anak yang Bagus di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat batuk kering anak yang bagus di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat batuk kering anak yang bagus di apotik paling ampuh diantaranya adalah Vicks F44 Anak Sirup, Laserin dan juga OBH Tropica Plus Anak.

Batuk kering merupakan salah satu masalah saluran pernapasan atas yang dapat membuat anak merasa tidak nyaman hingga sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan beragam pilihan obat batuk kering anak yang bagus di apotik.

Penyebab dari batuk kering sendiri sangatlah beragam mulai dari alergi dan juga infeksi virus. Meskipun pada beberapa kasus batuk kering dapat sembuh dengan sendirinya, penggunaan obat-obatan dapat membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat.

Baca juga: 15 Obat Batuk Berdahak Anak yang Ampuh di Apotik

Rekomendasi Obat Batuk Kering Anak yang Bagus di Apotik

Apabila si kecil mengalami batuk kering, tentunya dapat memengaruhi kenyamanan bahkan membuat tenggorokan sakit. Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat batuk kering anak yang bagus di apotik untuk Anda manfaatkan.

1. Vicks F44 Anak Sirup

obat batuk kering anak vicks f44 anak sirup

Beli Vicks F44 Anak Sirup Klik di Sini

Mengkombinasikan guaifenesin dan juga dextromethorphan HBr, Vicks F44 Anak Sirup merupakan obat batuk anak paling ampuh di apotik. Tidak hanya mengatasi batuk kering, obat sirup ini juga dapat membantu meredakan batuk berdahak si kecil.

Hadir dengan rasa strawberry manis favorit anak-anak, Vicks F44 Anak Sirup dapat dikonsumsi oleh anak-anak mulai usia 2 tahun. Pastikan untuk mengikuti dosis anjuran yang tertera pada kemasan sesuai dengan usia si kecil.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

2. Hecosan Sirup

obat batuk kering anak yang aman hecosan sirup

Beli Hecosan Sirup Klik di Sini

Sirup obat batuk yang terbuat dari bahan-bahan herbal, Hecosan Sirup dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mengatasi batuk kering pada anak. Obat batuk kering anak paling ampuh ini aman untuk dikonsumsi oleh anak usia di atas 12 tahun dan juga usia 6-12 tahun.

Komposisi dari obat ini adalah ekstrak plantago lanceolata, akar manis, jahe dan juga hedera.

Kisaran harga: Rp 73 ribu/botol

3. Laserin

obat batuk kering anak yang bagus laserin sirup

Beli Laserin Sirup Klik di Sini

Diformulasikan dari sari-sari tumbuhan berkhasiat, Laserin Sirup dapat membantu Anda meredakan batuk kering si kecil. Anjuran mengonsumsi obat ini pada anak-anak adalah 3 kali sehari sebanyak 1 sendok teh sekali minum.

Beberapa kandungan herbal bermanfaat dari Laserin Sirup adalah jahe, cengkeh, daun sirih, daun hibiscus hingga ekstrak akar manis. Obat golongan hijau hijau dapat Anda beli di K24Klik dengan jaminan produk 100% asli.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

4. Herbakof Sirup

obat batuk anak herbakof sirup

Beli Herbakof Sirup Klik di Sini

Dapat dikonsumsi oleh anak usia 6-12 tahun dan juga anak di atas usia 12 tahun, Herbakof Sirup merupakan obat batuk herbal paling ampuh di apotik.

Komposisi dari obat ini adalah vitex trifolia folium, zingiber officinale rhizome, abrus precatorius folium dan juga phaleria macrocarpa fructus.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

5. Bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak

bodrexin flu dan batuk tidak berdahak untuk anak

Beli Bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak Klik di Sini

Batuk kering atau batuk tidak berdahak biasanya juga dapat disertai dengan beragam gejala flu seperti demam, sakit kepala hingga hidung tersumbat. Nah, Anda dapat mengandalkan Bodrexin Flu & Batuk Tidak Berdahak untuk si kecil.

Obat batuk kering anak 2 tahun ke atas ini mengkombinasikan paracetamol, phenylephrine, diphenhydraine dan juga CTM di dalamnya. Pastikan untuk mengikuti aturan pakai obat ini sesuai dengan yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/botol

6. OBH Tropica Plus Anak

obat batuk kering obh tropica plus anak

Beli OBH Tropica Plus Klik di Sini

Obat sirup rasa jeruk favorit anak-anak, OBH Tropica Plus bermanfaat untuk mengobati batuk kering ataupun berdahak pada anak yang disertai dengan gejala flu. Anda dapat memberikan obat ini pada anak usia 2 tahun ke atas, sesuai dosis anjuran.

Memiliki kandungan CTM di dalamnya, obat ini mungkin dapat menyebabkan efek samping mengantuk pada si kecil.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/botol

7. Transpulmin Sirup

obat batuk kering anak yang bagus transpulmin sirup

Beli Transpulmin Sirup Klik di Sini

Obat yang dimanfaatkan untuk meredakan batuk produktif maupun non produktif, Transpulmin Sirup aman dikonsumsi oleh anak usia di atas 2 tahun. Komposisi dari obat ini adalah pipazethate, isothipendyl, ekstrak liquorice dan glyceril guaiacolate.

Obat batuk kering anak resep dokter ini dapat Anda beli di K24Klik menggunakan resep ataupun layanan konsultasi Telemedicine.

Kisaran harga: Rp 95 ribu/botol

8. Sanadryl DMP Sirup

obat batuk kering anak sanadryl dmp

Beli Sanadryl DMP Sirup Klik di Sini

Bantu meringankan batuk kering atau tidak berdahak, Sanadryl DMP Sirup aman untuk dikonsumsi oleh anak usia 6 tahun ke atas. Komposisi dari obat ini adalah dextromethorphan HBr, difenhidramin HCl, amonium klorida dan juga natrium sitrat.

Anjuran dosis pada anak usia 6-12 tahuna dalah 3 kali sehari dengan aturan 5 ml sekali minum. Sedangkan anak usia di atas 12 tahun sama dengan dewasa yaitu 3 kali sehari sebanyak 10 ml sekali minum.

Kisaran harga: Rp 20 ribu/botol

9. Elanos Kids Sirup

obat batuk kering anak elanos kids sirup

Beli Elanos Kids Sirup Klik di Sini

Elanos Kids Sirup merupakan obat dengan kandungan ekstrak black elderberry, echinacea purpurea dan juga zinc picolinate di dalamnya. Obat ini dapat membantu meredakan batuk, gejala flu lainnya sekaligus memperbaiki daya tahan tubuh.

Untuk anak usia di atas 6 tahun, Anda dapat memberikan obat ini 2-3 kali sehari 1 sendok takar sekali minum. Sedangkan untuk anak usia 2-6 tahun, Elanos Kids Sirup dapat dikonsumsi 1-2 kali sehari 1 sendok takar.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/botol

Rekomensasi Obat Batuk Kering Anak Alami

Selain memanfaatkan obat-obatan di apotek, penggunaan bahan-bahan alami juga dapat menjadi pilihan Anda untuk mengatasi batuk kering pada anak. Apabila dikonsumsi dengan cara dan takaran yang tepat, bahan-bahan alami juga dapat meningkatkan imunitas.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat batuk kering anak alami yang dapat Anda coba untuk gunakan.

1. Jahe

Salah satu rempah tradisional kaya manfaat, jahe dapat membantu meredakan batuk kering pada si kecil.  Selain mengatasi batuk kering, sifat anti inflamasinya juga dapat mengatasi mual dan nyeri pada anak.

Memberikan jahe pada anak juga memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan serta membantu proses pemulihan setelah sakit menjadi lebih cepat.

2. Madu

Gangguan saluran pernapasan atas dapat menyebabkan batuk yang mengganggu pada anak. Dapat diberikan pada anak 1 tahun ke atas, madu menjadi salah satu herbal andalan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.

Untuk diberikan pada anak-anak, Anda dapat mencampurkan madu dengan air hangat dan menambahkan sedikit perasan lemon.

3. Humidifier

Kualitas udara sekitar yang buruk dapat memengaruhi kondisi kesehatan si kecil, termasuk membuat batuk kering menjadi lebih parah. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mencoba memanfaatkan humidifier.

Dengan menggunakan humidifier, pernapasan anak dapat menjadi lebih lega sehingga batuk pun mereda.

Itulah tadi informasi lengkap seputar apa saja rekomendasi obat batuk kering anak yang bagus di apotik untuk Anda manfaatkan. Apabila batuk kering si kecil tidak kunjung mereda, segera periksakan pada dokter ahli guna mendapatkan penanganan terbaik.

Si Kecil sakit tapi kehabisan stok obat di rumah? Tidak perlu khawatir, semua jadi beres bersama aplikasi K24Klik!

Aplikasi beli obat online dengan layanan 24 jam nonstop, kami siap mengantar pesanan Anda kurang dari 1 jam. Yuk unduh di Play Store ataupun App Store sekarang juga, dapatkan beragam penawaran harga menarik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/dry-cough-in-kids#treatment diakses pada 24 April 2024