18 Obat Penambah Darah yang Aman di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Penambah Darah untuk Anemia yang Bagus di Apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat penambah  darah dapat digunakan untuk menangani gejala kekurangan darah atau anemia pada tubuh. Beberapa gejala anemia dapat mengganggu aktivitas harian seperti pusing berputar dan mudah kelelahan.

Kurang darah atau anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan sel darah merah sehingga mudah lelah dan juga sering merasa pusing. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan beragam obat penambah darah yang tersedia di apotik.

Dampak buruk kekurangan sel darah merah dalam tubuh sendiri adalah aliran oksigen dalam jaringan tubuh menjadi tidak lancar. Pada beberapa kasus, anemia dapat meningkatkan potensi seseorang mengalami masalah pada jantung dan juga paru-paru.

Anda dapat memanfaatkan beragam obat penambah darah di apotik pada kasus anemia ringan atau sesuai dengan saran dokter. Namun, beberapa masalah anemia mungkin memerlukan penanganan intensif dari dokter ahli untuk pengobatan terbaik.

Baca juga: 15 Obat Pusing Kepala di Apotik Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Penambah Darah yang Aman di Apotik

Salah satu cara ampuh untuk mencegah anemia dan menjaga sel darah merah adalah mengonsumsi makanan bergizi. Mulai dari sayuran hijau, buah, daging, susu dan makanan laut merupakan cara alami yang ampuh dalam mencegah anemia.

Apabila gejala kekurangan sel darah merah mulai dirasakan, mengonsumsi makanan bergizi saja tidak cukup. Anda perlu mengimbanginya dengan penggunaan suplemen ataupun obat penambah darah sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat penambah darah yang aman di apotik dan dapat Anda manfaatkan.

1. Sangobion

obat penambah darah yang aman sangobion

Beli Sangobion Klik di Sini

Obat penambah darah yang bagus dan populer di masyarakat adalah Sangobion. Mengkombinasikan zat besi, vitamin dan mineral membuat Sangobion mampu membantu pembentukan sel darah merah untuk mengatasi anemia.

Anjuran mengonsumsi obat penambah darah ini adalah 1 kapsul sehari sesudah makan. Anda juga dapat menggunakan Sangobion 3 hari sebelum dan selama masa menstruasi untuk mencegah anemia dan lemas saat haid.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

2. Maltofer Chewable Tablet

obat penambah darah maltofer chew tablet

Beli Maltofer Chewable Tablet Klik di Sini

Maltofer Chewable Tablet merupakan produk vitamin dan mineral penambah darah dalam bentuk tablet kunyah. Suplemen ini memiliki rasa cokelat dan tidak amis.

Tiap tablet kunyah Maltofer mengandung zat besi yang juga membuatnya aman menjadi penambah darah untuk ibu hamil, anak diatas 12 tahun dan juga dewasa. Dosis penggunaan obat ini adalah 1 tablet sehari sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/strip

3. Vitalex

obat penambah darah di apotik vitalex

Beli Vitalex Klik di Sini

Mengandung zat besi, asam folat, vitamin C hingga kalsium membuat Vitalex menjadi salah satu vitamin penambah darah yang bagus untuk Anda. Vitamin yang satu ini sering kali disarankan untuk ibu hamil dan ibu menyusui untuk mencegah kekurangan darah.

Dapat dikonsumsi 1 kapsul per hari, Anda harus mengonsumsi sesudah makan untuk menghindari rasa tidak nyaman pada lambung.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

4. Corovit

obat penambah darah corovit

Beli Corovit Klik di Sini

Bantu memulihkan kondisi kekurangan darah, Corovit merupakan tablet dengan kandungan multivitamin dan mineral. Tidak hanya mengatasi anemia, Corovit juga dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan penyakit.

Diformulasikan khusus untuk dewasa, Anda dapat mengonsumsi obat penambah darah Corovit sekali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

5. Hufabion

obat penambah darah hufabion

Beli Hufabion Klik di Sini

Multivitamin dalam bentuk kapsul, Hufabion dapat membantu pencegahan maupun proses penyembuhan anemia. Selain zat besi, obat penambah darah yang dijual bebas ini juga memiliki beberapa mineral penambah darah lainnya.

Hufabion relatif aman untuk dikonsumsi orang dewasa, termasuk wanita yang sedang hamil dan menyusui. Jika Anda baru saja melakukan donor darah, mengonsumsi Hufabion juga akan membantu mengembalikan kondisi lebih cepat sehingga terhindar dari gejala anemia.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

6. Solvitron

obat penambah darah yang aman solvitron

Beli Solvitron Klik di Sini

Jika konsumsi nutrisi dari makanan dan minuman kaya zat besi dan sel darah merah tidak cukup, maka mengonsumsi vitamin penambah darah harian bisa jadi alternatif untuk mencegah defisiensi zat besi yang berujung pada anemia.

Solvitron adalah salah satu vitamin penambah darah yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Komposisi dari Solvitron sendiri adalah asam folat, zat besi fumarate, vitamin B kompleks, mangan sulfat,dan copper sulfat.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/strip

7. Durol Tonic

obat penambah darah durol tonic

Beli Durol Tonic Klik di Sini

Bantu penuhi kebutuhan vitamin, mineral dan juga zat besi dalam tubuh, Durol Tonic merupakan salah satu obat antianemia terbaik untuk Anda. Beberapa kandungan di dalam obat ini adalah vitamin B kompleks, Na glycerophospate dan juga manganese sulphate.

Tidak hanya mengatasi anemia, Durol Tonic juga dapat membantu menangani tekanan darah rendah. Anda dapat mengonsumsi obat ini 1 kali sehari sebanyak 15 ml sekali minum.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/botol

8. Tonikum Bayer

obat penambah darah tonikum bayer

Beli Tonikum Bayer Klik di Sini

Multivitamin ini banyak direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan darah di masa pertumbuhan, menstruasi kehamilan, hingga lanjut usia. Tentunya, dosis yang diperlukan disesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami.

Dengan kandungan beragam vitamin di dalamnya, Tonikum Bayer juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum. Adapun kandungan di dalamnya antara lain zat besi, kalsium, vitamin B, dan vitamin C.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/botol

9. Hy-Folic

obat penambah darah di apotek hy folic

Beli Hy-Folic FC Klik di Sini

Asam folat berperan penting dalam tubuh, salah satunya adalah untuk membentuk sel-sel darah merah. Jika kadar asam folat dalam tubuh tidak cukup, maka produksi sel darah merah akan berkurang sehingga meningkatkan risiko kurang darah.

Hy-folic FC adalah suplemen untuk mencegah dan mengatasi defisiensi folat dalam tubuh. Dengan asam folat yang cukup disertai vitamin B12 dan zat besi, sel-sel darah merah pun akan terbentuk dengan cukup pula.

Kisaran harga: Rp 34 ribu/strip

10. Folavicap

obat penambah darah folavicap

Beli Folavicap CR Klik di Sini

Selain Hy-Folic, vitamin asam folat yang dapat membantu menambah darah adalah Folavicap. Penggunaan vitamin ini biasanya disarankan untuk ibu hamil dan ibu menyusui, dapat dikonsumsi 400 mcg sekali sehari.

Produk dijamin 100% asli, Anda dapat membeli vitamin Folavicap melalui aplikasi beli obat online K24Klik.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

11. Trimate E Kapsul

obat penambah darah yang aman trimate e kapsul

Beli Trimate E Kapsul Klik di Sini

Beberapa gejala dari anemia adalah lesu, lemah, lelah hingga kurang bersemangat. Untuk menangani kondisi ini, Anda dapat memanfaat suplemen dengan kandungan multivitamin dan mineral seperti Trimate E Kapsul.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/strip

12. Tablet Tambah Darah Neo

tablet tambah darah neo di apotek

Beli Tablet Tambah Darah Neo Klik di Sini

Mengkombinasikan kandungan zat besi dan asam folat, Tablet Tambah Darah Neo dapat menjadi andalan untuk mengatasi gejala anemia sekaligus mencegahnya. Dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui, obat penambah darah ini aman untuk lambung.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

13. Etabion

obat penambah darah yang aman etabion

Beli Etabion Klik di Sini

Multivitamin yang juga mengandung zat besi, Etabion merupakan obat penambah darah yang aman dikonsumsi oleh dewasa, termasuk ibu hamil. Etabion dapat membantu pembentukan sel darah merah dan dikonsumsi 2 kaplet sehari sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

14. Ferospat Effervescent

obat penambah darah ferospat effervescent

Beli Ferospat Effervescent Klik di Sini

Defisiensi zat besi menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami anemia atau kurang darah. Anda perlu untuk mengonsumsi vitamin penambah darah seperti Ferospat Effervescent dengan kandungan zat besi, vitamin C dan juga asam folat di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 95 ribu/tube

15. Livron B Plex

obat penambah darah livron b plex

Beli Livron B Plex Klik di Sini

Bantu menjaga kesehatan tubuh termasuk mencegah anemia, Livron B Plex merupakan vitamin dengan kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi dan asam folat di dalamnya.

Anda juga dapat memanfaatkan vitamin ini membantu sekaligus mempercepat masa pemulihan setelah sakit.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

16. Tropibion Kaplet

obat penambah darah tropibion

Beli Tropibion Kaplet Klik di Sini

Suplemen makanan yang satu ini dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada kondisi anemia. Kandungan dalam Tropibion Kaplet adalah iron, mangan, copper, vitamin C, asam folat dan vitamin B.

Kisaran harga: Rp 29 ribu/strip

17. Ferrovit Plus

obat penambah darah ferrovit plus

Beli Ferrovit Plus Klik di Sini

Untuk memastikan kebutuhan zat besi terpenuhi dan juga mencegah anemia, Anda dapat memanfaatkan Ferrovit Plus. Suplemen ini mengandung multivitamin dan mineral yang kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Kisaran harga: Rp 46 ribu/strip

18. Ferobion

obat penambah darah di apotik ferobion

Beli Ferobion Klik di Sini

Tablet multivitamin yang dapat membantu mengatasi beragam keluhan anemia, Ferobion dapat dikonsumsi 1-2 tablet per hari. Komposisi dari vitamin ini adalah zat besi, asam folat, vitamin B kompleks dan juga vitamin C.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat penambah darah yang aman di apotik dan dapat Anda manfaatkan. Apabila gejala anemia tidak kunjung membaik dan justru bertambah parah, segera periksakan pada dokter ahli guna mendapatkan penanganan terbaik.

Kehabisan stok obat ataupun vitamin? Tidak perlu repot pergi ke apotek, semua jadi beres dan lebih praktis bersama aplikasi beli obat online K24Klik.

Kami menjamin ketersediaan produk kesehatan 100% asli dengan harga terbaik serta pengiriman cepat tidak sampai 1 jam. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga, dapatkan penawaran harga terbaik khusus untuk Anda.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anemia/symptoms-causes/syc-20351360 diakses pada 20 Maret 2024