Dexamethasone Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

dexamethasone-obat-apa_manfaat-dosis-dan-efek-samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Dexamethasone adalah obat yang berfungsi untuk meredakan peradangan pada tubuh akibat reaksi alergi. Tidak hanya itu, obat ini juga ampuh untuk digunakan dalam menangani penyakit autoimun.

Dexamethasone merupakan salah satu obat golongan obat kortikosteroid yang ampuh digunakan untuk meredakan berbagai kondisi peradangan dalam tubuh. Kandungan dexamethasone juga biasa ditemui dalam obat tetes mata ataupun salep mata.

Manfaat Dexamethasone

Mungkin Anda masih bingung, sebenarnya dexamethasone obat apa? Salah satu obat golongan kortikosteroid ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk meredakan peradangan. Tidak hanya itu, obat ini juga dimanfaatkan untuk pengobatan multiple myeloma.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari obat dexamethasone yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Mengatasi peradangan dalam tubuh
  • Meredakan reaksi alergi
  • Bantu menangani pasien dengan penyakit autoimun
  • Mendukung proses pengobatan penyakit multiple myeloma

Baca juga: 15 Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

Komposisi dan Interaksi Obat Dexamethasone

Fungsi obat dexamethasone tidak hanya meredakan peradangan, tetapi juga bantu mengatasi alergi. Pada beberapa obat paten, dexamethasone biasanya dikombinasikan dengan kandungan lain seperti dexchlorpheniramin maleat dalam obat bufacaryl.

obat dexamethasone bufacaryl

Beli Bufacaryl Klik di Sini

Sedangkan untuk obat generiknya, komposisi utama dalam obat ini hanyalah dexamethasone. Dosis yang biasa tersedia di apotik adalah dexamethasone 0,5 mg dan 0,75 mg untuk jenis tablet.

Penurunan efektivitas dari dexamethasone bisa saja terjadi apabila dikombinasikan dengan beberapa kandungan obat di bawah ini. 

  • Rifampicin
  • Phenytoin
  • Carbamazepine

Interaksi antar obat dexamethasone dengan erythromycin, ketoconazole dan juga ritonavir juga dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping dexamethasone. Kemudian risiko hipokalemia apabila digunakan bersama obat kortikosteroid lain.

Jenis Dexamethasone

Obat dexamethasone sendiri merupakan golongan obat kortikosteroid yang berfungsi untuk menghambat peradangan dalam tubuh. Dexamethasone tersedia dalam bentuk tablet,kaplet dan juga injeksi.

1. Dexamethasone Tablet

obat dexamethasone tablet

Beli Dexamethasone Tablet Klik di Sini

Jenis obat dexamethasone tablet cocok dikonsumsi untuk orang dewasa dengan ketentuan dosis sesuai kondisi penyakit, biasanya 10mg per hari. Anjuran untuk mengonsumsi obat antiradang dalam bentuk tablet ini adalah setelah makan.

Dalam bentuk tablet, dexamethasone tersedia dalam dosis 0,5mg atau 0.75 mg Pastikan untuk mengonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan dan tidak untuk pemakaian jangka panjang.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

2. Dexamethasone Kaplet

obat dexamethasone kaplet

Beli Dexamethasone Kaplet Klik di Sini

Hampir mirip dengan jenis tablet, dexamethasone kaplet dosis 0,5mg dapat diandalkan untuk anak maupun dewasa. Penggunaan obat antiradang ini pada anak biasanya terbagi dalam 3-4 dosis sesuai dengan kondisi dan berat badan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

3. Dexamethasone Injeksi

Selain berbagai macam obat yang dikonsumsi secara langsung, dexamethasone juga dapat diberikan dalam bentuk injeksi. Perlu diketahui bahwa jenis dexamethasone injeksi biasanya tidak tersedia di apotek dan hanya diberikan ketika Anda dalam penanganan dokter.

obat dexamethasone baycuten n cream

Beli Baycuten N Cream Klik di Sini

Selain ketiga jenis obat di atas, dexamethasone biasanya juga terkandung dalam beberapa salep maupun tetes mata. Misalnya adalah Baycuten N Cream yang mengkombinasikan dexamethasone dan clotrimazole untuk mengatasi gejala dermatitis dan eksema kulit.

Dosis dan Aturan Pakai Dexamethasone

Dalam mengonsumsi obat, dosis dan aturan pakai tentunya dibuat berdasarkan kondisi pasien, kebutuhan dan juga usia.

Untuk mengatasi peradangan dan juga kondisi autoimun, Anda dapat menggunakan 0,5-9 mg per hari dexamethasone yang dibagi dalam 2-4 kali konsumsi. Sedangkan untuk anak-anak, dosisnya adalah 0,02-0,3 mg per hari untuk 3-4 kali konsumsi.

Pada orang dewasa dengan kondisi multiple sclerosis, dosis awal selama 1 minggu yang dianjurkan adalah 30 mg per hari. Pada 1 bulan berikutnya, Anda dapat mengurangi dosis menjadi 4-12 mg per hari.

Apabila Anda butuh untuk mengonsumsi dexamethasone  injeksi atau suntik, pastikan untuk memperoleh penanganan atau konsultasi dokter terlebih dahulu. Untuk mengatasi radang sendi berat, suntikan dexamethasone biasanya langsung ke dalam sendi.

Peringatan Tentang Dexamethasone

Perlu diperhatikan bahwa dexamethasone sangat tidak dianjurkan untuk pasien yang memiliki kondisi alergi pada obat antiradang dexamethasone ini. Jadi, pastikan untuk mengetahui riwayat alergi yang Anda miliki terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan beberapa pasien dengan kondisi tertentu yang kontraindikasi dengan penggunaan dexamethasone.

  • Memiliki hipersensitivitas yang telah terdokumentasi
  • Pasien dengan riwayat malaria otak
  • Pernah atau sedang memiliki infeksi jamur sistemik
  • Beberapa kondisi kesehatan khusus lainnya seperti penyakit tukak lambung, insufisiensi ginjal, sirosis dan juga kehamilan

Untuk penggunaan dexamethasone yang aman dan tepat, usahakan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Apalagi dengan kondisi alergi parah, Anda mungkin memerlukan jenis obat lain dengan dosis dan efektivitas obat yang lebih tepat.

Efek Samping dan Bahaya Dexamethasone

Lalu, apakah penggunaan dexamethasone memiliki efek samping yang membahayakan? Apabila dikonsumsi tidak sesuai anjuran dan penanganan tidak tepat, beberapa efek samping di bawah ini mungkin Anda alami.

  • Sensasi panas di dada atau heartburn
  • Meningkatnya nafsu makan
  • Susah tidur atau insomnia
  • Sakit perut
  • Sakit kepala

Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter apabila beberapa efek samping di atas tidak kunjung reda atau semakin parah. Berikut ini merupakan efek samping serius yang perlu Anda waspadai dari penggunaan obat dexamethasone.

  • Pembengkakkan di beberapa bagian tubuh seperti wajah, kaki dan juga pergelangan kaki
  • Mengalami kram ataupun nyeri otot
  • Adanya memar atau pendarahan secara tiba-tiba
  • Berat badan yang tiba-tiba naik drastis
  • Berbagai gejala infeksi seperti sakit tenggorokan dan juga demam
  • Gangguan penglihatan, misalnya adalah mata nyeri dan penglihatan buram
  • Kejang
  • Peningkatan kadar gula darah atau yang biasa dikenal hiperglikemia
  • Sistem imun tubuh menurun

Meskipun jarang ditemui, namun penggunaan dexamethasone yang tidak sesuai aturan juga berpotensi memiliki beberapa bahaya di bawah ini.

  • Reaksi alergi
  • Resiko penyakit kardiovaskular seperti henti jantung, hipertensi, aritmia jantung, edema dan lain sebagainya
  • Gangguan dermatologis mulai dari jerawat, dermatitis alergi, kulit kering bersisik hingga menimbulkan ruam
  • Penyakit gastrointestinal, misalnya adalah perut kembung, mual, hepatomegali dan juga radang usus

Dexamethasone untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Termasuk jenis obat kortikosteroid, dexamethasone mudah menembus plasenta sehingga tentunya sangat membahayakan janin. Penggunaan dexamethasone pada ibu hamil sangat tidak disarankan.

Apabila obat ini diberikan pada ibu hamil, memiliki resiko terjadinya kelahiran prematur. Selain itu, jika terpaksa harus digunakan tetapi tidak sesuai anjuran dokter juga dapat meningkatkan resiko kecacatan janin.

Baca juga: 15 Vitamin Ibu Hamil Terbaik untuk Kesehatan

Penggunaan dexamethasone pada ibu menyusui juga tidak disarankan apabila tanpa pengawasan ketat dari dokter ahli. Hal ini dikarenakan obat kortikosteroid akan ikut keluar dengan ASI sehingga berpotensi membahayakan bayi.

Apabila ibu menyusui mengonsumsi obat kortikosteroid, bisa saja berakibat penurunan volume susu.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai obat dexamethasone yang perlu Anda ketahui. Apabila mulai mengalami beberapa gejala efek samping, pastikan untuk menghentikan penggunaan dexamethasone terlebih dahulu atau konsultasi dengan dokter.

Ribet beli obat harus ke apotek di tengah malam? Solusi praktis untuk Anda, K24Klik siap melayani 24 jam nonstop dengan jaminan produk farmasi 100% asli dan pengiriman cepat. Unduh aplikasi kami di Play Store atau App Store, rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://reference.medscape.com/drug/decadron-dexamethasone-intensol-dexamethasone-342741 diakses pada 4 Juli 2023

https://www.drugs.com/breastfeeding/dexamethasone.html diakses pada 4 Juli 2023