11 Obat Radang Sendi di Apotik yang Aman

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Radang Sendi di Apotik yang Aman

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat radang sendi dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi nyeri atau rasa sakit pada sendi lutut, jari tangan dan titik tubuh lainnya. Tenang saja, saat ini tersedia banyak obat radang sendi di apotik yang pastinya aman untuk digunakan.

Penyakit radang sendi dan tulang bisa dialami oleh siapa saja dan berpotensi mengganggu aktivitas harian. Oleh karena itu, Anda memerlukan bantuan obat untuk radang sendi baik yang akut maupun ringan. Apabila belum terlalu serius, masalah persendian ini juga dapat dihindari dengan rutin mengonsumsi berbagai vitamin yang dapat Anda beli di apotik.

Masalah pada sendi biasanya diakibatkan karena adanya pembengkakan, cedera maupun aktivitas yang terlalu berat. Tergantung pada intensitas ringan, sedang ataupun berat, radang sendi dapat ditangani dengan berbagai macam obat-obatan, terapi hingga operasi.

Rekomendasi Obat Radang Sendi di Apotik yang Aman

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi sakit saat mengalami radang sendi? Anda dapat menggunakan salep obat guna menjadi pengobatan luar dan tablet untuk mengatasi penyebab radang sendi dari dalam. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat radang sendi di apotik yang aman.

Baca juga: 15 Obat Nyeri Sendi di Apotik dan Harganya

1. Renadinac

Beli Renadinac Klik di Sini

Kandungan Natrium Diklofenak dalam Renadinac efektif untuk atasi nyeri maupun pembengkakkan yang diakibatkan oleh radang sendi. Anda dapat mengonsumsi obat ini sebelum makan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Termasuk golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk membeli obat yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

2. Artrodar

Beli Artrodar Klik di Sini

Untuk terapi masalah persendian, Artrodar efektif sebagai pilihan yang tepat untuk Anda. Kandungan diacerein bermanfaat untuk mengatasi nyeri dan juga peradangan pada sendi. Obat ini dapat dikonsumsi sesudah makan dengan dosis 2 kali sehari 1 tablet. Perlu diketahui bahwa Artrodar ini digunakan untuk terapi dengan waktu tidak kurang dari 6 bulan.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/tablet

3. Voltadex

obat radang sendi voltadex

Beli Voltadex Klik di Sini

Voltadex ampuh untuk atasi nyeri dan juga pembengkakkan termasuk sakit akibat peradangan sendi. Obat ini mengandung natrium diklofenak dan dapat dikonsumsi sesudah makan. Pastikan untuk menggunakan voltadex sesuai dosis anjuran untuk meminimalisir terjadinya efek samping parah seperti gangguan gastrointestinal dan pruritus.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

4. Meloxicam

obat radang sendi meloxicam

Beli Meloxicam Klik di Sini

Obat penyakit radang sendi yang satu ini ampuh untuk menghambat produksi prostaglandin sehingga mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Meloxicam ini dapat dikonsumsi dengan dosis maksimum 15 mg/hari untuk orang dewasa dengan masalah kesehatan pada persendian.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

5. Glucosamine

obat radang sendi glucosamine

Beli Glucosamine Klik di Sini

Untuk mencegah radang sendi, Anda dapat melakukan terapi suportif menggunakan Glucosamine. Obat ini ampuh untuk menjaga kesehatan persendian tulang. 

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

6. Voltaren Gel

obat radang sendi coltaren

Beli Voltaren Klik di Sini

Salep untuk radang sendi di apotik yang dapat Anda gunakan adalah Voltaren Gel. Obat oles ini mengandung Diclofenac diethylamine 1% sehingga ampuh untuk atasi nyeri ataupun pembengkakkan akibat peradangan. Anda dapat menggunakan Voltaren Gel hingga 3-4 kali per hari, cukup dengan mengoleskannya di area yang sakit saja.

Kisaran harga: Rp 40 ribu/tube

7. Lexicam

obat radang sendi exicam

Beli Lexicam Klik di Sini

Obat dengan bentuk kapsul yang satu ini ampuh untuk perawatan kekuatan dan nyeri sendi, radang sendi, nyeri pasca operasi dan lain sebagainya. Lexicam dapat dikonsumsi sesudah makan sesuai dosis yang dianjurkan. Beberapa efek samping yang mungkin Anda alami saat mengonsumsi obat ini adalah gangguan pencernaan, pusing dan juga iritasi.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

8. Ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Obat radang sendi yang paling mudah ditemukan di apotik dan terbukti ampuh adalah ibuprofen. Rasa sakit akibat peradangan biasanya timbul karena adanya enzim yang menyebabkan prostaglandin. Nah, Ibuprofen 400 mg dan Ibuprofen 200 mg dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan untuk mengatasi penyakit radang sendi tersebut.

Kisaran harga: Rp 3-7 ribuan/strip

9. Farsifen

obat radang sendi yang aman farsifen

Beli Farsifen Klik di Sini

Selanjutnya, radang sendi juga dapat diobati menggunakan farsifen. Obat untuk penyakit radang sendi ini mengandung Ibuprofen 400 mg yang memiliki efek anti inflamasi dan juga analgesik. Farsifen dapat membantu Anda meredakan nyeri yang diakibatkan oleh peradangan sendi pada lutut, jari tangan, tulang dan lain sebagainya.

Untuk penggunaan obat farsifen sendiri, Anda memerlukan resep dokter. Pastikan Anda mengonsumsi obat radang sendi ini sesuai dengan anjuran dosis.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

10. Natrium Diclofenac

obat radang sendi natrium diclofenac

Beli Natrium Diclofenac Klik di Sini

Salah satu obat generik yang ampuh untuk mengatasi radang sendi adalah Natrium Diclofenac. Termasuk ke dalam golongan NSAID, obat ini ampuh untuk menghambat kerja enzim yang bantu pembentukan prostaglandin sehingga rasa sakit dan peradangan pun berkurang. Anjuran mengonsumsi Natrium Diclofenac disesuaikan dengan penyebab dari peradangan pada sendi.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

11. Chondromax

obat radang sendi di apotik chondromax

Beli Chondromax Klik di Sini

Salep untuk radang sendi Chondromax dapat menjadi salah satu solusi praktis dalam mengatasi nyeri ataupun pembengkakkan. Obat ini mengandung berbagai kandungan dengan khasiat baik untuk persendian seperti glucosamine dan juga capsaicin. Anda dapat langsung mengoleskan Chondromax ke area yang sakit, pijat perlahan agar terserap secara lebih maksimal.

Kisaran harga: Rp 65 ribu/tube

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat radang sendi di apotik yang aman untuk Anda gunakan. Apabila merasa peradangan pada sendi semakin memburuk, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli. Masalah persendian jika dibiarkan tanpa penanganan bisa saja menyebabkan masalah gerak yang serius sehingga menghambat aktivitas harian.

Mendadak alami masalah sendi dan tidak nyaman untuk keluar rumah? Tenang, K24Klik siap antar sampai ke depan rumah. Kami menjamin ketersediaan produk farmasi yang lengkap, 100% asli dan pengiriman ekstra cepat khusus untuk Anda. Segera unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, pesan obat jadi lebih praktis.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/arthritis/diagnosis-treatment/drc-20350777 diakses pada 24 April 2023