15 Vitamin Ibu Hamil Terbaik untuk Kesehatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Vitamin Ibu Hamil Terbaik untuk Kesehatan
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Ibu hamil membutuhkan nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan janin. Asupan vitamin ibu hamil bisa diperoleh dari suplemen jika makanan sehari-hari dan sinar matahari tidak mencukupi. Selain vitamin, ibu hamil mungkin membutuhkan tambahan mineral seperti zat besi, dan kalsium.

Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Bagus untuk Kesehatan

Apa saja jenis vitamin untuk ibu hamil yang bisa dibeli di apotek? Inilah 15 produk populer untuk dicoba.

1. Oxcal

Oxcal vitamin ibu hamil

Beli Oxcal Klik di Sini

Oxcal adalah asupan vitamin D, kalsium, beta karoten, fosfat, selenium, dan sulfat untuk ibu hamil. Fungsinya menjaga kesehatan tulang dan mendukung perkembangan janin. Oxcal juga bisa dikonsumsi selama masa menyusui.

Oxcal hadir dalam bentuk kapsul serta harga cukup terjangkau. Kisaran harganya sekitar Rp50.000 hingga Rp57.000 per strip.

2. Nutrimama 2

nutrima 2 vitamin ibu hamil

Beli Nutrima 2 Klik di Sini

Nutrimama 2 cocok sebagai asupan vitamin ibu hamil trimester 2. Produk ini mengandung vitamin B9 (asam folat) yang berguna untuk perkembangan janin. Nutrimama 2 juga mengandung Omega 3, vitamin A, C, dan D3, kalsium, kalium, dan prebiotik FOS. Cukup konsumsi satu butir setiap pagi untuk mendapat manfaatnya.

Nutrimama 2 hadir dalam bentuk kapsul lunak. Kisaran harganya untuk satu strip isi 10 butir adalah antara Rp117.000 hingga Rp130.000.

3. Calfera FC

Calfera Fc vitamin ibu hamil

Beli Vitamam 3 Klik di Sini

Vitamin ibu hamil wajib mengandung kalsium untuk perkembangan tulang janin. Calfera FC merupakan vitamin ibu hamil yang mengandung kalsium, zat besi, dan asam folat.

Calfera FC tersedia dalam bentuk kaplet, dan cukup diminum sekali sehari. Namun, disarankan untuk tetap konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Kisaran harganya adalah Rp5.600 hingga Rp7.000 per strip isi 10 kaplet.

4. Vitamam 3

vitamam 3 vitamin ibu hamil

Beli Vu itamam Klik di Sini

Vitamin ibu hamil trimester 3 memberi nutrisi untuk ibu dan janin serta mmaendukung proses menyusui. Vitamam 3 mengandung kombinasi nutrisi untuk mendukung semua fungsi tersebut. Selain vitamin A, B kompleks, C, D, dan E, Vitamam 3 mengandung beragam mineral.

Vitamam 3 hadir dalam dus berisi empat strip; setiap strip berisi tujuh kapsul. Harga per dus adalah sekitar Rp130.000 hingga Rp155.000.

5. Anelat

anelat vitamin ibu hamil

Beli Anelat Klik di Sini

Dokter sering memberi suplemen penting ke ibu hamil. Anelat adalah salah satu contoh vitamin ibu hamil dari dokter. Kandungan asam folatnya penting untuk mendukung kecerdasan otak bayi dan mencegah cacat bawaan. Anelat juga penting untuk mengurangi risiko anemia.

Anelat bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan, dan tersedia dalam kemasan dus berisi 10 strip. Harganya sekitar Rp2.200 hingga Rp2.700 per strip.

6. Folamil

folamil vitamin untuuk ibu hamil

Beli Folamil Klik di Sini

Vitamin B6 untuk ibu hamil bisa mengurangi mual. Folamil adalah multivitamin lengkap untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan menjaga agar tidak mual. Kandungannya cukup lengkap seperti beta karoten, vitamin B kompleks (termasuk B6), vitamin C dan D, dan beragam mineral.

Folamil tersedia dalam bentuk kapsul, dan satu strip berisi empat butir. Harga setiap strip cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp8.000 hingga Rp10.000.

7. Blackmores Pregnancy & Breast-feeding

Blackmores Pregnancy Breast Feed vitamin ibu hamil

Beli Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Klik di Sini

Blackmores Pregnancy & Breast-feeding adalah vitamin ibu hamil yang bagus untuk menyusui. Kandungan 20 vitamin dan mineral pentingnya menjaga agar ibu hamil dan menyusui tetap sehat. Blackmores juga bisa mengurangi masalah sembelit yang sering menimpa ibu hamil.

Blackmores Pregnancy & Breast-feeding tersedia dalam bentuk kapsul di botol. Kisaran harganya sekitar Rp518.000 hingga Rp530.000.

8. HB Vit

HB Vit vitamin ibu hamil

Beli Blackmores Pregnancy & Breast-feeding Klik di Sini

Ibu hamil yang sering lemas mungkin membutuhkan suplemen penambah darah. HB Vit mengandung beta karoten, vitamin B1 dan B6, vitamin C dan E, serta mineral penting untuk mencegah anemia.

HB Vit tersedia dalam bentuk kaplet, setiap strip berisi enam butir. Harga per strip adalah sekitar Rp26.000 hingga Rp29.000.

9. Holisticare Super Ester C Strip

Holisticare Super Ester C vitamin untuk ibu hamil

Beli Holisticare Super Ester C Strip Klik di Sini

Ibu hamil membutuhkan vitamin C yang tidak akan membuat mual. Holisticare Super Ester C cocok sebagai vitamin C untuk ibu hamil karena sifatnya non-acidic. Ester C juga mengandung bioflavonoid yang menunjang daya tahan tubuh.

Holisticare Super Ester C kemasan strip cocok untuk pembelian hemat. Satu strip berisi empat tablet. Harga satu strip sekitar Rp7.400 hingga Rp8.000.

10.  ProLacta Plus DHA Mother

Prolacta Plus Dha Mother vitamin ibu hamil

Beli Holisticare Super Ester C Strip Klik di Sini

Ibu hamil membutuhkan asupan DHA yang cukup untuk membantu perkembangan otak janin. ProLacta Plus DHA Mother adalah suplemen yang diberi tambahan DHA dari ekstrak minyak ikan. Suplemen ini juga mengandung vitamin E dan bisa dikonsumsi baik sebelum maupun sesudah makan.

ProLacta Plus DHA Mother hadir dalam bentuk kapsul lunak, dan satu strip berisi 10 kapsul. Harga setiap strip sekitar Rp66.000 hingga Rp70.000.

11.  Pregnacare Plus

Pregnacare Plus ibu hamil

Beli Pregnacare Plus Klik di Sini

Pregnacare Plus adalah paduan komplet beragam mineral dan vitamin buat ibu hamil. Beragam vitamin dan mineralnya cocok untuk masa kehamilan maupun menyusui. Pregnacare Plus meningkatkan daya tahan ibu dan menunjang tumbuh kembang janin.

Pastikan mengonsumsi Pregnacare Plus setelah makan. Satu stripnya berisi enam tablet, dengan kisaran harga sekitar Rp34.000 hingga Rp40.000 per strip.

12.  Folavicap

Folavicap untuk ibu hamil

Beli Folavicap Klik di Sini

Folavicap adalah vitamin asam folat dengan harga cukup terjangkau. Setiap butirnya mengandung 400 mg asam folat atau vitamin B9 yang mampu menunjang perkembangan otak janin. Folavicap juga mengurangi risiko anemia dan rasa lemas yang sering terjadi selama kehamilan.

Satu strip Folavicap berisi 10 butir dan bisa diminum dengan atau tanpa makanan. Kisaran harga per strip sekitar Rp12.000 hingga Rp15.000.

13.  Nutrimax Mother

Nutrimax Mother vitamin ibu hamil

Beli Nutrimax Mother Klik di Sini

Nutrimax Mother memadukan vitamin dan mineral untuk mendukung kesehatan ibu hamil. Suplemen ini juga cocok untuk masa perencanaan kehamilan, setelah melahirkan, dan menyusui. Kandungan nutrisi yang lengkap juga membantu mengurangi risiko mual, muntah, dan berat badan bayi yang rendah.

Nutrimax Mother tersedia dalam bentuk tablet yang dikonsumsi satu atau dua kali sehari. Kisaran harga per botol adalah sekitar Rp247.000 hingga Rp270.000.

14.  Blackmores I-Folic

Blackmores I-Folic

Beli Blackmores I-Folic Klik di Sini

Penuhi kebutuhan akan asam folat dengan Blackmores I-Folic. Kandungan vitamin B kompleks, asam folat, dan yodiumnya bermanfaat bagi ibu dan janin. Selain mendukung perkembangan otak janin, Blackmores I-Folic mengurangi gejala mual dan kekurangan mineral tertentu bagi ibu.

Blackmores I-Folic hadir dalam bentuk tablet. Harga per botolnya sekitar Rp246.000 hingga Rp270.000.

15.  Prohelic

Prohelic vitamin ibu hamil

Beli Prohelic Klik di Sini

Prohelic memadukan vitamin B kompleks, asam folat, dan DHA dalam suplemen kapsul praktis. Prohelic cocok untuk ibu hamil dan menyusui, terutama yang sering mual dan merasa lemas. Suplemen vitamin ini juga cocok untuk mengurangi risiko anemia.

Prohelic tersedia dalam bentuk kapsul, dan terdapat 10 kapsul dalam setiap strip. Harga per strip adalah sekitar Rp77.000 hingga Rp80.000. Pastikan mengonsumsinya setelah makan.

Mengonsumsi suplemen vitamin ekstra bisa menjadi cara untuk mendapat nutrisi lengkap saat mengandung. Pastikan memilih vitamin ibu hamil dengan kandungan yang paling cocok untuk kondisi Anda. Dapatkan suplemen tersebut di K24Klik, solusi beli obat online 24 jam yang praktis dan terjangkau.

Sumber:

https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/vitamins-supplements-and-nutrition/ Diakses: 21 Desember 2022