Rhinos SR Tak Bisa Dibeli Bebas di Apotek, Mengapa?

Published by Dewi Dwiputri on

Rhinos SR Tak Bisa Dibeli Bebas di Apotek, Mengapa? Sobat Sehat, pernah ‘ga sih ngalamin flu? Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalaminya. Flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Flu sering disamakan dengan pilek karena memiliki gejala yang sama.

Namun sebenarnya flu dapat menimbulkan gejala yang lebih parah hingga dapat mengganggu rutinitas Sobat Sehat sehari-hari. Umumnya gejala-gejala flu adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, menurunnya nafsu makan, pegal-pegal serta sakit tenggorokan.

obat flu

https://www.freepik.com/

Kandungan Rhinos SR

Salah satu obat yang dapat Sobat Sehat gunakan saat flu adalah Rhinos SR. Rhinos SR mengandung Pseudoephedrine dan Loratadin. Obat ini masuk kedalam golongan dekongestan yang bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Pseudoephedrine yang terkandung pada Rhinos SR dan obat flu lainnya seperti Tremenza, Trifed, dan Alerfed juga dapat melegakan saluran nafas serta meningkatkan detak dan kontraksi otot jantung.

Baca juga: Penyakit Influenza: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegah

Bahaya & Efek Samping Rhinos SR

Namun obat ini juga memiliki risiko efek samping. Meski tidak selalu terjadi, berikut efek samping dari penggunaan produk dengan kandungan Pseudoephedrin :

  • Gelisah.
  • Mual dan muntah.
  • Sulit tidur.
  • Sakit kepala.

Segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter jika Sobat Sehat mengalami efek samping yang serius seperti kesulitan bernafas, jantung berdebar kencang, berhalusinasi dan sulit tidur.

Rhinos SR Tak Bisa Dibeli Bebas, Ini Peraturan Pemerintahnya

Kini Rhinos SR tak bisa dibeli bebas di Apotek, mengapa demikian? Selain termasuk ke dalam golongan dekongestan, kandungan Pseudoephedrine pada Rhinos SR juga termasuk ke dalam golongan Prekursor. Peraturan penggunaan produk dengan golongan prekursor saat ini diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2010 tentang Prekursor. Peraturan Pemerintah tersebut ditetapkan untuk melaksanakan Pasal 44 Undang-Undang No. 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan pasal 52 Undang-Undang no. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Menurut Undang-Undang Kesehatan, Prekursor adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan Narkotika dan Psikotropika. Pada pasal 3 PP no 44 tahun 2010 dijelaskan Pengaturan prekursor bertujuan untuk:

a. Melindungi masyarakat dari bahaya penyalahgunaan Prekursor

b. Mencegah dan memberantas peredaran gelap Prekursor

c. Mencegah terjadinya kebocoran dan penyimpangan Prekursor; dan

d. Menjamin ketersediaan Prekursor untuk industry farmasi, industry non farmasi, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebenarnya flu dapat sembuh dengan sendirinya jika Sobat Sehat mengikuti tips berikut:

  • Beristirahat cukup
  • Banyak minum air putih
  • Menjaga tubuh agar tetap hangat

Baca juga: 9 Rekomendasi Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Aturan Pakai Rhinos SR

Pada kasus yang berat, penggunaan produk obat flu seperti Rhisor SR dapat diberikan apabila telah mendapatkan rekomendasi dari dokter. Oleh karenanya untuk aturan pakai Rhinos SR harus menggunakan resep dari dokter terlebih dahulu.

Harga Rhinos SR

Kisaran harga Rhisor SR adalah Rp 8.195,- / Tablet di Apotek K-24 (harga bisa berubah sewaktu waktu), Sobat Sehat bisa membeli dan konsultasi obat terlebih dahulu dengan menghubungi k24klik.com

Sumber : BPOM dan dari berbagai sumber.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *