Penyakit Influenza: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati dan Mencegah

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-influenza-gejala-penyebab-cara-mengobati
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Di musim pancaroba seperti saat ini, penyakit influenza lebih mudah menyerang tubuh manusia. Dan hampir semua manusia rentan terpapar penyakit ini. 

Jika terserang, penyakit ini bisa membuatmu tidak bisa beraktifvitas. Baik sekolah, bekerja, atau kumpul bersama teman. Tak hanya itu, penyakit ini juga bakal membuat tubuhmu terasa tidak enak selama satu atau dua minggu.

Gejala penyakit ini bakal lebih parah jika dialami oleh Anda yang menderita penyakit pernafasan atau kelainan paru-paru. Pasalnya, Anda beresiko lebih besar untuk terpapar komplikasi dari penyakit akibat infeksi saluran pernafasan ini. 

Lantas, adakah cara untuk mengobati dan mencegah influenza yang mudah? Terutama di musim pancaroba ini, Anda wajib mengetahui informasi tersebut. 

Maka dari itu, kali ini tim K24Klik sudah merangkumkan dari berbagai sumber kesehatan resmi terkait pengertian influenza, gejala, penyebab, serta cara mencegah dan mengobati influenza. 

Apa itu Influenza atau Flu?

Influenza, juga dikenal flu, adalah penyakit pernafasan menular yang disebabkan oleh virus influenza. Virus tersebut menginfeksi tenggorokan, hidung, hingga paru-paru. 

Terserang virus ini bisa menyebabkan penyakit ringan dan berat. Tak jarang, juga bisa berakibat pada kematian.

Dan cara terbaik untuk mencegah flu yakni dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahun. Atau, Sobat Sehat juga bisa mengkonsumsi obat serta multivitamin guna meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan beragam jenis virus. Tak terkecuali virus influenza.

Meskipun juga disebut flu, influenza tidak bisa disamakan dengan viruka tis flu perut -yang mengakibatkan diare dan perut mual.

k24klik-penyebab-dan-gejala-influenza
Penyebab dan gejala Influenza (Photo by @saniusman on Pixabay)

Bagaimana Virus Influenza Menyerang Manusia?

Seperti diketahui, virus ini menyerang sistem pernafasan manusia. Seperti hidung, tenggorokan, hingga paru-paru. Dan jika membicarakan penyebab virus influenza, maka serangan dari virus influenza inilah penyebab utamanya. 

Virus influenza menyebar saat penderita batuk, bersin, atau berbicara. Virus tersebut masuk dalamtetesan air yang dikeluarkan dan menempel pada jari-jari, selaput lendir mulut, hidung, hingga mata.

Di samping itu, Anda juga bisa terpapar virus yang sebelumnya sudah menempel pada permukaan benda yang disentuh. 

Begitu salah satu anggota tubuh ini terpapar virus influenza, maka virus akan langsung menuju saluran pernafasan kemudian mengikat sel-sel epitel yang melapisi saluran udara paru-paru melalui molekul tertentu ada permukaan sel. 

Setelah virus dan molekul sudah menjadi satu sel, virus akan membajak organ tubuh yang memproduksi protein sel. Tujuannya tentu agar virus bisa menduplikasi dirinya sendiri. Sehingga, begitu virus matang, lalu akan dilepasan untuk menyerang sel terdekat. 

Apa Gejala Penyakit Influenza?

Tak jarang, gejala penyakit influenza hadir tiba-tiba. Lebih sering, gejala tersebut muncul secara perlahan dan bergantian. 

Mereka yang menderita gangguan pernafasan, beresiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi begitu terpapar virus influenza. Artinya, jika ada salah satu di antara Sobat Sehat yang memiliki penyakit pernafasan, baiknya langsung konsultasi dengan dokter maupun tenaga kesehatan terdekat. 

Secara umum, gejala influenza yang akan Anda alami terdiri dari:

  1. Suhu badan meningket pesat
  2. Pusing, nyeri sendi, otot terasa pegal
  3. Batuk (biasanya batuk kering)
  4. Demam
  5. Tenggorokan kering
  6. Hidung tersumbat dan berlendir
  7. Mudah lelah
  8. Gejala pada perut seperti mual, muntah, serta diare bisa terjadi -tapi lebih sering pada anak-anak ketimbang orang dewasa

Barangkali, ada beberapa di antara Sobat Sehat yang penasaran berapa lama sembuh darii flu? Umumnya, penyakit akibat infeksi virus ini bakal sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. 

Namun, pada lansia, biasanya kondisi tubuh lemas bakal berlangsung lebih lama -meskipun gejala penyakit influenza lainnya sudah menghilang. 

k24klik-cara-mengobati-influenza-dan-mencengah
Cara mencegah dan mengobati influenza (Photo by @Polina Tankilevitch on Pexels)

Cara Mengobati Influenza atau Flu dengan Cepat

Umumnya, Anda tidak membutuhkan treatmend khusus untuk mengobati influenza. Hanya butuh istirahat cukup, perbanyak minum air putih, serta menjaga suhu tubuh tetap hangat. Soalnya, serangan virus influenza ini bisa sembuh dengan sendirinya. 

Hanya saja, lain soal jika Anda tengah banyak kegiatan atau aktivitas. Anda tentu ingin mengobati influenza dengan cepat supaya bisa kembali beraktivitas, bukan?

Saat Anda merasakan hidung tersumbat dan berlendir, pilek, ingus mengalir dari hidung ke tenggorokan (Post Nasal Drip), hidung gatal-gatal, dan mata berair -obat yang mengandung kombinasi Loratadin dan Pseudoephedrine HCL merupakan pilihan terbaik.

Kini, sudah ada beberapa pilihan produk yang mengandung dua komposisi tersebut. Namun, untuk mempermudah pencarian, Sobat Sehat bisa langsung mengklik tautan di bawah. 

Cara Mencegah Tertular Penyakit Influenza

Patut dicatat, penyakit influenza adalah penyakit yang menular secara airborne. Yakni bisa ditularkan lewat udara berkat tetesan air liur -baik yang menempel di benda maupun pada tubuh manusia. 

Oleh karena itu, langkah paling tepat untuk mencegah tertular influenza adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, masih ada beberapa langkah yang bisa Anda coba sendiri. Antara lain:

  1. Mendapat suntikan vaksin flu setiap tahun
  2. Hindari kontak langsung dengan mereka yang sedang menderita flu
  3. JIka Anda yang sedang mengalami sakit ini, minimalisir kontak dan berinteraksi dengan orang lain supaya memutus rantai penularan
  4. Tutup hidung dan mulut dengan tisu atau kain  saat batuk atau bersin. Kemudian,, buang tisu yang sudah Anda gunakan
  5. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun. Jika tidak tersedia, Anda bisa menggunakan hand-sanitizer yang mengandung alkohol
  6. Sering-sering membersihkan permukaan meja atau benda lain yang berpotensi terkontaminasi virus ini
  7. Minum obat flu jika gejala-gejala sudah mulai muncul

Dikategorikan dalam penyakit menular, flu wajib mendapat perhatian kita. Terutama jika Anda memiliki aktivitas yang mengharuskan interaksi terus-menerus dengan orang lain.

Dengan mengamati dan waspada terhadap gejala influenza yang dirasakan orang lain maupun diri sendiri, Anda sudah berperan dalam mencegah penyebaran lebih luas dari penyakit ini. 

Referensi: