Cefadroxil Monohydrate Obat Apa? Manfaat dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cefadroxil-monohydrate-obat-apa_manfaat-dan-efek-samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Cefadroxil Monohydrate adalah obat antibiotik untuk mengatasi berbagai macam infeksi bakteri di tenggorokan, kulit maupun saluran kemih. Perlu diketahui bahwa antibiotik ini tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan.

Antibiotik merupakan solusi terbaik untuk menyembuhkan berbagai macam infeksi bakteri. Salah satu antibiotik golongan sefalosporin, cefadroxil monohydrate membantu Anda untuk menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus menuntaskan infeksinya.

Cefadroxil monohydrate sendiri merupakan obat untuk menangani infeksi bakteri sehingga tidak bisa digunakan dalam penanganan infeksi virus seperti flu. Pastikan untuk menggunakan antibiotik ini secara tepat agar tidak mengurangi efektivitas kedepannya.

Baca juga: 15 Obat Antibiotik di Apotik yang Bagus

Manfaat Cefadroxil Monohydrate

Selain fungsional antibiotik, cefadroxil monohydrate obat apa saja? Berikut ini merupakan beberapa manfaat cefadroxil monohydrate ataupun indikasinya yang perlu Anda ketahui.

  • Mengatasi infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri streptococcus pyogenes seperti faringitis dan juga amandel
  • Bantu menuntaskan infeksi saluran kemih yang biasanya diakibatkan oleh bakteri E. Coli, Pm Mirabilis dan juga Klebsiella
  • Menyembuhkan infeksi kulit akibat bakteri stafilokokus maupun streptokokus
  • Bantu mencegah infeksi yang terjadi di lapisan jantung atau yang biasa disebut dengan endokarditis

Komposisi Cefadroxil Monohydrate

Merupakan antibiotik golongan sefalosporin yang bermanfaat untuk menangani infeksi bakteri, komposisi tunggal obat ini adalah cefadroxil monohydrate.

Dengan kandungan ini, cefadroxil monohydrate bisa saja meningkatkan potensi efek samping obat ketika berinteraksi dengan beberapa kandungan obat.    

Jenis Cefadroxil Monohydrate

Antibiotik cefadroxil monohydrate tersedia di apotek dengan jenis kapsul, sirup dan juga drop. Penggunaan setiap jenis obat ini disesuaikan dengan kebutuhan, usia serta anjuran dari dokter.

1. Cefadroxil Kapsul

obat cefadroxil kapsul promed

Beli Cefadroxil Kapsul Promed Klik di Sini

Antibiotik cefadroxil monohydrate ini tersedia dalam jenis kapsul dengan dosis 500 mg. Cefadroxil kapsul lebih cocok untuk diberikan pada orang dewasa dan anak diatas 12 tahun, dengan dosis 1-2 kali sehari sesuai kebutuhan dan juga anjuran.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

obat cefadroxil kapsul roksicap

Beli Roksicap Klik di Sini

Ada banyak pemroduksi cefadroxil jenis kapsul yang tersedia di apotek seperti Promed, Infion, Berno, Hexpharm, Kimia Farma dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi cefadroxil kapsul obat paten seperti droxal, roksicap dan juga lostacef.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/tablet

2. Cefadroxil Sirup

obat cefadroxil sirup novell

Beli Cefadroxil Sirup 250mg Klik di Sini

Untuk pemberian pada anak-anak, jenis obat sirup tentunya jauh lebih nyaman untuk dikonsumsi. Dosis yang tersedia untuk cefadroxil sirup beragam, mulai dari 125mg/5ml, 250mg/5ml dan juga 500mg/5ml.

Cefadroxil Novell merupakan salah satu antibiotik sirup yang dapat diandalkan dengan dosis 250mg/5ml.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/botol

obat cefadroxil sirup hexpharm

Beli Cefadroxil Sirup 125mg Klik di Sini

Jika dosis yang dibutuhkan adalah 125mg/5ml, Anda dapat menggunakan Cefadroxil Hexpharm. Baik untuk dewasa maupun anak-anak, cefadroxil sirup dengan dosis ini biasanya dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

3. Cefadroxil Oral

obat cefadroxil lapicef oral drop

Beli Lapicef Drop Klik di Sini

Selain jenis sirup, Anda juga dapat memanfaatkan cefadroxil jenis drop untuk penggunaan pada anak-anak. Dosis yang tersedia untuk jenis drop di apotek adalah 150mg/ml dengan aturan pakai disesuaikan oleh kebutuhan dan usia.

Kisaran harga: Rp 81 ribu/botol

Dosis dan Aturan Pakai Cefadroxil Monohydrate

Tersedia dalam jenis obat kapsul, sirup dan juga drop, cefadroxil biasanya diresepkan dengan dosis mulai dari 125 mg hingga 500 mg per satu kali konsumsi.    

Untuk menangani infeksi streptococcus yang mengakibatkan faringitis maupun amandel, cefadroxil monohydrate dapat dikonsumsi 500 mg 2 kali sehari. Minimal penggunaan cefadroxil untuk menangani infeksi bakteri ini biasanya 10 hari.

Sedangkan untuk anak-anak, anjuran penggunaannya adalah 30mg/kgBB yang terbagi dalam 1-2 kali jadwal konsumsi dalam sehari.

Jika Anda memanfaatkan cefadroxil untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit ataupun saluran kemih, berikut ini merupakan aturan pakainya.

  • Dewasa dan juga anak diatas 12 tahun: 1.000-2.000 mg per hari yang terbagi dalam 1-2 kali jadwal konsumsi
  • Anak usia lebih dari 6 tahun dengan bobot lebih dari 40 kg: 30-50mg/kgBB per hari untuk 1-2 kali jadwal konsumsi dan dosis maksimal 100mg/kgBB per hari

Kemudian untuk tujuan pencegahan terhadap infeksi endokarditis setelah operasi, Anda dapat menggunakan dosis maksimal 2.000 mg per hari. Dosis khusus orang dewasa ini dapat diberikan 1 jam sebelum operasi.

Atas pertimbangan dokter, anak-anak mungkin juga memerlukan cefadroxil sebelum dilakukannya operasi maupun tindakan medis. Dosis yang dianjurkan adalah 50 mg/kgBB dengan maksimal penggunaan 2.000 mg per hari.

Peringatan Tentang Cefadroxil Monohydrate

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat antibiotik ini bisa saja menyebabkan reaksi alergi pada kulit Anda. Mungkin saja tidak berlangsung cepat, tetapi beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah mulai mengonsumsi cefadroxil monohydrate.

Reaksi ini biasanya ada dikarenakan efek samping yang semakin parah dan tidak segera diatasi. Jadi, ketika mulai merasakan salah satu atau beberapa efek samping cefadroxil yang tidak kunjung membaik sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter ahli.

Efek Samping dan Bahaya Cefadroxil Monohydrate

Pengobatan menggunakan cefadroxil tidak semua pasien cocok, beberapa diantaranya mungkin saja mengalami berbagai efek samping. Hal tersebut bisa saja dikarenakan penggunaan yang kurang tepat dari segi dosis maupun interaksi obat.

Berikut ini merupakan beberapa efek samping dari penggunaan cefadroxil monohydrate.

  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Nyeri sendi
  • Kulit terasa gatal
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Otot kaku
  • Gastritis
  • Gatal di kelamin atau mengeluarkan nanah

Meskipun jarang ditemui, penggunaan cefadroxil monohydrate juga bisa memberikan efek samping yang cukup fatal di bawah ini.

  • Tinja hitam
  • Urine ataupun feses berdarah
  • Iritasi mata merah
  • Timbulnya ruam pada kulit
  • Sesak napas

Apabila Anda mengalami berbagai efek samping ringan, biasanya akan hilang sendiri seiring dengan penyesuaian tubuh terhadap obat. Namun jika terasa semakin parah, pastikan untuk segera berkonsultasi pada dokter ahli.

Cefadroxil Monohydrate untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Penggunaan cefadroxil pada kehamilan masuk dalam kategori B oleh FDA. Obat antibiotik ini tergolong aman, tidak menunjukkan adanya bahaya atau resiko yang memengaruhi janin.

Namun, penggunaannya tetap harus hati-hati atas pertimbangan dokter. Cukup konsumsi di saat-saat darurat saja.

Sedangkan untuk ibu menyusui, antibiotik cefadroxil masih dinilai aman karena hanya sedikit kandungan obat yang akan ikut masuk ke dalam ASI. Pemantauan tentunya tetap harus dilakukan karena potensi efek samping bisa saja dialami oleh bayi, misalnya diare.

Nah, itulah tadi informasi lengkap seputar obat antibiotik cefadroxil monohydrate yang perlu Anda ketahui. Obat ini dapat menjadi lini pertama untuk menangani infeksi bakteri, asal digunakan sesuai anjuran baik dosis maupun usia.

Beli obat tanpa ribet? Tenang, aplikasi K24Klik dapat Anda unduh di Play Store maupun App Store dan siap melayani pembelian produk farmasi 24 jam nonstop. K24Klik juga menjamin produk 100% asli, harga bersaing dan pastinya pengiriman cepat sampai ke depan rumah.

Referensi: 

https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/cefadroxil-oral-route/side-effects/drg-20073247?p=1#:~:text=Cefadroxil%20is%20used%20to%20treat,flu%2C%20or%20other%20virus%20infections diakses 15 Juli 2023

https://www.drugs.com/pregnancy/cefadroxil.html diakses 15 Juli 2023

https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/19562-cefadroxil-tablets-or-capsules#:~:text=This%20medicine%20may%20cause%20serious,or%20peeling%20of%20the%20skin diakses pada 17 Juli 2023