Cetirizine Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cetirizine-obat-apa_manfaat-dosis-dan-efek-samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Cetirizine adalah obat yang berfungsi untuk meredakan berbagai gejala dari reaksi alergi mulai dari gatal pada kulit, bersin-bersin hingga mata berair. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, sirup dan juga drop.

Ampuh memblokir histamin atau senyawa yang menimbulkan gejala alergi saat tubuh terpapar alergen, cetirizine merupakan antihistamin yang memiliki efek samping seperti mengantuk dan sakit kepala.

Obat ini tersedia di apotik dalam berbagai jenis, disesuaikan dengan kebutuhan dan usia. Memprioritaskan keamanan maka lebih baik mengonsumsi cetirizine saat Anda tidak dalam kondisi mengemudi atau membawa alat berat.

Baca juga: 15 Obat Alergi Gatal di Apotik Paling Ampuh

Manfaat Cetirizine

Banyaknya obat yang beredar di apotek, sebenarnya cetirizine hydrochloride obat apa? Merupakan antihistamin yang bantu meredakan berbagai gejala alergi, berikut ini merupakan beberapa manfaat dari obat cetirizine.

  • Gatal-gatal atau urtikaria
  • Konjungtivitis seperti muncul kemerahan dan juga mata gatal
  • Eksim
  • Demam akibat alergi

Kondisi alergi biasanya akan memengaruhi beberapa bagian sistem pernapasan bagian atas seperti tenggorokan, sinus dan juga hidung. Nah, obat cetirizine ini dapat membantu Anda mengatasi gangguan gejala alergi seperti bersin, pilek dan juga sakit tenggorokan.

Perlu diketahui bahwa obat cetirizine ini hanya digunakan untuk meredakan gejala alergi tetapi tidak bekerja dalam mencegah alergi itu sendiri. Cetirizine bekerja dengan memblokir efek dari histamin, bahan kimia yang dirilis tubuh saat terpapar alergen.

Komposisi Cetirizine

Cetirizine HCl sendiri merupakan antihistamin dengan komposisi tunggal yaitu cetirizine. Pada beberapa obat paten, kandungan cetirizine mungkin saja dikombinasikan dengan zat aktif lainnya seperti pseudoephedrine HCl pada Ryvel Plus Tablet.

obat cetirizine ryvel plus tablet

Beli Ryvel Plus Tablet Klik di Sini

Apabila mengonsumsi obat dengan beberapa kandungan berikut ini, Anda mungkin perlu untuk memilih alternatif lain untuk dikombinasikan dengan penggunaan cetirizine.

  • Lasmiditan
  • Olopatadin intranasal
  • Tepotinib
  • Tranylcypromine
  • Erdafitinib
  • Isocarboxazid

Tidak tergolong membahayakan jika dikombinasikan, tetapi beberapa kandungan obat di atas mungkin saja menjadi menurun efektivitas salah satu obat. Apabila dalam kondisi yang kurang baik, beberapa efek samping juga dapat meningkat atau menjadi lebih serius.

Jenis Cetirizine

Obat cetirizine sendiri tersedia dalam bentuk tablet, sirup dan juga drop. Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi cetirizine sendiri adalah 10mg, namun ada juga 5mg dalam bentuk sirup.

Berikut ini merupakan beberapa jenis obat cetirizine HCl yang perlu Anda ketahui.

1. Cetirizine Tablet

obat cetirizine kf tablet

Beli Cetirizine Tablet Klik di Sini

Jenis cetirizine yang pertama adalah dalam bentuk tablet, biasanya diberikan pada orang dewasa. Namun, anak-anak mulai usia 2 tahun juga dapat mengonsumsi cetirizine tablet dengan dosis rendah yaitu 2,5mg untuk 2 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

Meskipun dapat dibeli tanpa resep di apotek.  Beberapa merek yang beredar mulai dari Kimia Farma, Hexpharm, Nulab, IF, Novell, Dexa hingga PIM.

obat cetirizine incidal

Beli Incidal Klik di Sini

Selain obat generik, beberapa obat paten dari cetirizine juga sama ampuhnya dalam mengobati berbagai reaksi alergi. Misalnya adalah Incidal yang mengandung cetirizine HCl 10mg.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

2. Cetirizine Sirup

obat cetirizine promed sirup

Beli Cetirizine Promed Sirup Klik di Sini

Anak-anak sulit mengonsumsi obat dalam bentuk tablet? Tenang, cetirizine sirup dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Dalam setiap satu sendok takar atau 5ml Cetirizine Promed Sirup setara dengan dosis 5mg -10 mg dari cetirizine tablet. Jadi, ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan cetirizine pada anak.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/botol

obat cetirizine ritez sirup

Beli Ritez Sirup Klik di Sini

Untuk versi patennya, Anda juga dapat memberikan Ritez Sirup. Obat antihistamin cair ini dapat dikonsumsi untuk anak mulai dari usia 2 tahun dengan takaran dosis maksimal 5mg per hari dan dewasa maksimal 10mg/hari atau sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 82 ribu/botol

3. Cetirizine Drop

obat cetirizine hcl etercon drop

Beli Cetirizine Drop Klik di Sini

Terakhir, obat alergi ini juga tersedia dalam bentuk drop. Berbeda dengan sirup, mengonsumsi obat jenis drop memerlukan pipet yang sudah dikemas langsung dalam kemasan. Cetirizine hydrochloride drop ini tersedia dalam dosis 10mg.

Jenis cetirizine drop sendiri memang lebih disarankan untuk diberikan pada anak-anak dengan penyesuaian dosis. Cetirizine drop lebih cocok digunakan untuk anak usia mulai dari 2 tahun hingga lebih dari 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

obat cetirizine ozen drop

Beli Ozen Drop Klik di Sini

Selain itu, cetirizine HCl jenis drop juga tersedia dalam versi paten. Ozen yang dikemas dalam botol kecil praktis dimana kemanapun dan ampuh mengatasi berbagai masalah alergi Anda.

Kisaran harga: Rp 87 ribu/botol

Dosis dan Aturan Pakai Cetirizine

Cetirizine sendiri merupakan obat alergi yang tersedia dalam bentuk tablet, sirup dan juga drop. Baik generik maupun paten, dosis per pemakaian dari obat ini adalah 2,5mg hingga maksimal 10mg.

Untuk anak diatas 12 tahun dan juga orang dewasa, anjuran penggunaan cetirizine adalah 10mg sekali dalam sehari. Apabila satu sendok takar sirup mengandung 5mg cetirizine, maka dapat mengonsumsi 2 sendok cetirizine sirup dalam sekali pemakaian.

obat cetirizine sirup if

Beli Cetirizine Sirup Klik di Sini

Sedangkan untuk anak usia 2-6 tahun, disarankan untuk mengonsumsi 2,5mg dalam dua kali sehari. Jenis cetirizine yang tepat untuk anak usia ini adalah sirup dan juga drop.

Peringatan Tentang Cetirizine

Orang yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap zat aktif cetirizine hydrochloride tentunya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi antihistamin yang satu ini.

Efek samping mungkin saja lebih berpotensi menyerang orang tua, sehingga penggunaannya perlu ekstra hati-hati. Pastikan untuk selalu mengikuti anjuran pemakaian sesuai kebutuhan dan usia Anda.

Efek Samping dan Bahaya Cetirizine

Obat ini juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin Anda rasakan baik dalam skala ringan maupun berat.

Meski kecil kemungkinannya, Anda juga bisa saja merasakan efek samping seperti sakit perut, mengantuk, halusinasi hingga perubahan warna lidah.

Apabila beberapa efek samping terasa semakin parah, segera konsultasikan pada dokter ahli. Terlebih lagi jika sedang mengonsumsi obat dengan kandungan yang memiliki kontraindikasi dengan cetirizine, bisa saja menyebabkan dampak lebih serius.

Cetirizine untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Obat antihistamin yang satu ini aman dikonsumsi baik untuk ibu hamil maupun menyusui. Meskipun menyerap ke ASI, cetirizine tidak memberikan dampak yang membahayakan untuk ibu dan buah hati.

Baca juga: 15 Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Aman di Apotik

Namun, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi obat apapun saat masa kehamilan dan menyusui akan lebih baik untuk dikonsultasikan pada dokter ahli terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan kesehatan sang ibu dan juga si kecil tetap aman.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai obat cetirizine yang perlu Anda ketahui. Jika merasakan reaksi alergi tidak kunjung membaik dan semakin memburuk, jangan ragu untuk segera berkonsultasi pada dokter guna mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh obat tengah malam tanpa harus ribet? Aplikasi K24Klik tersedia di Play Store dan juga Appstore, siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk farmasi 100% asli serta pengiriman cepat.

Referensi:

https://www.nhs.uk/medicines/cetirizine/#:~:text=Cetirizine%20is%20an%20antihistamine%20medicine,conjunctivitis%20(red%2C%20itchy%20eye) diakses pada 5 Juli 2023

https://reference.medscape.com/drug/quzyttir-zyrtec-cetirizine-343384 diakses pada 5 Juli 2023