12 Obat Vertigo Alami Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Vertigo Alami Paling Ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat vertigo alami dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi pusing berputar yang menimbulkan kebingungan. Beberapa obat alami vertigo bahkan dapat Anda buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Vertigo merupakan masalah kesehatan yang membuat Anda merasakan pusing berputar dan kebingungan. Apabila dibiarkan, vertigo dapat menjadi salah satu gejala penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk menggunakan obat vertigo alami untuk mengatasinya.

Ketika pusing berputar, biasanya penderita vertigo akan kehilangan keseimbangan dan sulit untuk sekedar berdiri dan juga berjalan. Perlu diketahui bahwa vertigo merupakan gangguan kesehatan yang tidak mengenal usia, tidak hanya orang usia senja saja yang diserang. Anda dapat mencegah vertigo dengan memenuhi nutrisi tubuh seperti vitamin B6.

Rekomendasi Obat Vertigo Alami Paling Ampuh

Lalu, apa saja yang dapat Anda gunakan untuk mengobati vertigo secara alami? Tidak hanya tanaman herbal, berbagai makanan lezat seperti salmon dan jamur pun juga memberikan nutrisi yang baik. Yuk ketahui beberapa rekomendasi obat vertigo alami paling ampuh yang dapat Anda gunakan di sini.

Baca juga: 12 Obat Vertigo di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

1. Teh Jahe

Rempah jahe telah dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk dalam mengobati vertigo. Anda dapat merendam akar jahe dalam secangkir air mendidih selama beberapa menit lalu tambahkan madu secukupnya. Herbal teh jahe ini ampuh untuk meredakan pusing, mual dan juga gejala vertigo lainnya.

2. Kacang Almond

Kaya akan vitamin A, B dan E membuat kacang almond ampuh digunakan sebagai obat vertigo alami. Anda cukup mengonsumsi kacang almond sebagai cemilan ringan setiap harinya untuk bantu melawan penyebab vertigo. Jika ingin lebih mengenyangkan, Anda juga dapat menambahkannya sebagai topping pada makanan sehat seperti oatmeal.

obat vertigo alami quaker instant oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

3. Cuka Sari Apel dan Madu

Cuka sari apel dipercaya memiliki manfaat baik untuk kesehatan dalam melancarkan aliran darah ke otak. Dengan memadukannya bersama madu, herbal yang satu ini ampuh untuk mengobati vertigo secara alami. Selain bekerja sebagai obat alami vertigo, perpaduan cuka sari apel dan madu juga ampuh untuk membantu Anda menjaga kesehatan tubuh.

obat vertigo alami tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

Tenang, Anda dapat membeli cuka sari apel secara praktis di apotek. Salah satunya adalah Tahesta Cuka Apel seharga Rp 59 ribuan per botol. Untuk madu, pastikan menggunakan madu murni agar khasiatnya maksimal seperti Madu TJ Murni.

Beli Madu TJ Murni Klik di Sini

4. Biji Jintan

Dalam pengobatan tradisional, biji jintan telah dikenal ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit seperti asma, hipertensi hingga diabetes. Dapat menjadi obat vertigo secara alami, biji jintan ini ampuh untuk meredakan sakit kepala ataupun pusing. Biasanya, biji jintan dikemas dalam bentuk kapsul herbal.

5. Ginkgo Biloba

Mengonsumsi suplemen dengan kandungan ginkgo biloba telah terbukti ampuh untuk mengurangi gejala vertigo. Kandungan melatonin dalam suplemen ginkgo giloba dipercaya mampu memperbaiki kualitas tidur sehingga dapat mengurangi ketidaknyamanan vertigo. Ginkgo Force Tablet tersedia di K24Klik dengan kisaran harga Rp 240 ribuan per dos.

obat vertigo alami gingo force tablet

Beli Ginkgo Force Tablet Klik di Sini

6. Teh Chamomile

Teh herbal dapat menjadi salah satu cara untuk mengobati vertigo secara alami. Salah satu yang dapat Anda gunakan adalah teh chamomile, berbagai kandungan dalam teh herbal ini dapat membuat Anda lebih tenang dan tidur lebih pulas. Dengan khasiat tersebut, teh chamomile dipercaya dapat menjadi obat vertigo paling ampuh untuk Anda.

7. Basil

Daun selasih atau basil biasanya digunakan sebagai penyedap masakan karena memiliki aroma yang kuat. Ternyata, bumbu dapur yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu mengobati vertigo secara alami. Obat herbal ini dapat mengurangi gejala utama vertigo yaitu kepala yang berputar-putar.

8. Lada Merah

Cayenne pepper atau lada merah merupakan salah satu jenis rempah yang tepat untuk jalani pola hidup yang lebih sehat. Nah, kandungan capsaicin dalam lada merah ini dapat membantu Anda menyeimbangkan trombosit dan juga melancarkan aliran darah menuju otak. Dengan khasiat tersebut, penyakit vertigo pun dapat teratasi secara alami.

9. Ketumbar

Biji ketumbar sangat mudah ditemukan karena sering digunakan sebagai bumbu utama untuk masakan Indonesia. Selain memberi efek rasa lebih lezat, ketumbar dapat membantu Anda untuk meredakan sakit dari berbagai gejala vertigo. Cara kerja obat alami vertigo ini adalah berperan sebagai antiradang pada tubuh dan melancarkan peredaran darah.

10. Minyak Esensial

Aroma terapeutik dari minyak esensial dapat menjadi obat vertigo alami paling ampuh. Efek menenangkan dari minyak esensial membantu Anda untuk menstabilkan pikiran dan tubuh, melancarkan sirkulasi oksigen pada otak dan mengurangi pusing. Beberapa jenis minyak esensial yang sering digunakan adalah peppermint, jahe, lavender dan juga clary sage.

11. Ikan Salmon

VItamin B6 memiliki khasiat yang sangat baik dalam mengurangi berbagai gejala vertigo. Nah, ikan salmon merupakan salah satu makanan dengan kandungan vitamin B6 tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita vertigo. Pastikan pengolahan salmon dilakukan dengan tepat sehingga tidak mengurangi nutrisi dan khasiatnya untuk vertigo.

Anda juga dapat membeli vitamin B6 tablet yang tersedia di apotik dan juga K24Klik seharga Rp 2 ribuan per strip.

obat vertigo alami vitamin b6

Beli Vitamin B6 Klik di Sini

12. Jamur

Jamur merupakan salah satu makanan yang mudah untuk didapatkan, diolah menjadi berbagai jenis masakan lezat. Ternyata, jamur memiliki nutrisi baik yang dapat menjadi obat alami vertigo. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan garam terlalu banyak pada masakan jamur sehingga tidak mengubah nutrisi menjadi racun untuk penderita vertigo.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat vertigo alami paling ampuh yang dapat Anda gunakan. Apabila gejala vertigo terasa semakin memburuk, pastikan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan penanganan medis terbaik.

K24Klik hadir untuk Anda, siap antar kebutuhan obat, vitamin dan susu sampai ke depan rumah! Tidak perlu ragu, kami menjamin produk farmasi lengkap, 100% asli dan pastinya pengiriman cepat. Dapatkan promo menarik khusus untuk pengguna baru, unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492#home-remedies diakses pada 19 Mei 2023