17 Obat Vertigo di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Vertigo Paling Ampuh Di Apotik K24 dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat vertigo dibutuhkan untuk mengatasi pusing berputar dan membuat Anda kebingungan. Saat ini, telah tersedia beragam pilihan obat vertigo paling ampuh di apotik yang dapat dimanfaatkan.

Pernah merasakan pusing berputar, keseimbangan terganggu kemudian juga mual dan muntah secara bersamaan? Hal tersebut merupakan kondisi vertigo yang perlu untuk segera diatasi. Anda dapat memanfaatkan beragam obat vertigo yang tersedia di apotek.

Penyebab dari vertigo sendiri bisa karena adanya cedera pada kepala dan leher serta penyakit meniere. Pada beberapa kasus, vertigo dapat sembuh dengan sendirinya namun beberapa lainnya memerlukan pengobatan dari dokter.

Baca juga: 12 Obat Vertigo Alami Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Vertigo di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

Untuk meredakan pusing berputar atau vertigo, Anda dapat memanfaatkan beragam pilihan obat yang tersedia di apotik. Tentunya, beberapa obat mungkin memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat vertigo di apotik paling ampuh dan harganya yang dapat Anda manfaatkan.

1. Dimenhydrinate

obat vertigo paling ampuh dimenhydrinate

Beli Dimenhydrinate Klik di Sini

Termasuk dalam obat antihistamin, dimenhydrinate bekerja ampuh dalam meredakan vertigo atau pusing berputar. Obat antivertigo ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dan juga anak-anak berusia lebih dari 2 tahun.

Berikut ini merupakan dosis anjuran penggunaan dimenhydrinate untuk mengatasi vertigo yang perlu Anda perhatikan.

  • Dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun: 50-100mg setiap 4-6 jam sekali dengan dosis maksimal 300-400 mg per hari atau sesuai petunjuk dokter.
  • Anak usia 2-5 tahun: 12,5 – 25 mg setiap 6-8 jam, dosis maksimal 75 mg per hari.
  • Anak usia 6-12 tahun: penggunaan maksimal 150 mg per hari dengan dosis 25-50 mg setiap 6-8 jam

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan dimenhydrinate harus berdasarkan resep dokter.

Kisaran harga: 23 ribu/tablet

2. Mertigo

obat vertigo di apotek mertigo

Beli Mertigo Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Mertigo yang memiliki kandungan betahistine mesylate di dalamnya. Zat aktif betahistine sendiri dapat berperan ampuh dalam mengurangi gejala vertigo serta gangguan keseimbangan.

Anjuran mengonsumsi obat antivertigo ini adalah 3 kali sehari sebanyak 1-2 tablet sekali minum atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 51 ribu/strip

3. Betahistine

obat vertigo di apotik betahistine mesylate

Beli Betahistine Mesylate Klik di Sini

Salah satu obat generik yang ampuh membantu Anda mengatasi vertigo adalah Betahistine Mesylate. Selain meredakan vertigo, obat ini juga bermanfaat untuk mengatasi pusing yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan dan juga penyakit meniere.

Ketersediaan obat ini di apotik sendiri biasanya berbeda berdasarkan dosis yang diperlukan, mulai dari tablet 6 mg hingga 24 mg. Pastikan untuk mendapatkan resep dokter terlebih dahulu sebelum membeli obat ini.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

4. Histigen

obat vertigo paling ampuh histigen

Beli Histigen Klik di Sini

Bekerja efektif dalam mengurangi tekanan di telinga serta melebarkan pembuluh darah di telinga bagian dalam, Histigen dapat digunakan dalam mengobati vertigo. Obat dengan kandungan betahistine mesilate ini dapat dikonsumsi 6-12 mg untuk 3 kali sehari.

Selain mengobati vertigo, histigen biasa digunakan dalam menangani masalah telinga berdenging yang disebabkan oleh penyakit meniere.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

5. Merislon

obat vertigo di apotik merislon

Beli Merislon Klik di Sini

Saat vertigo, biasanya Anda akan merasakan rasa pusing berputar kemudian beraktibat pada gangguan keseimbangan. Untuk meredakan gejala vertigo tersebut, Merislon dapat menjadi salah satu obat pilihan yang tepat.

Kandungan dalam obat antivertigo yang satu ini adalah betahistine mesylate dengan dosis 6 mg dan 12 mg. Penggunaan obat ini sesuai petunjuk dokter dan dikonsumsi sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 75 ribu/strip

6. Stugeron

obat vertigo di apotek stugeron

Beli Stugeron Klik di Sini

Cinnarizine merupakan kandungan bahan aktif yang berguna untuk mengatasi vertigo, telinga berdenging, nistagmus serta mual dan juga muntah. Anda dapat memanfaat obat Stugeron dengan kandungan cinnarizine di dalamnya untuk meredakan vertigo.

Obat stugeron ini dapat digunakan 3 kali sehari sebanyak 1 tablet sekali minum atau sesuai dengan saran dokter.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/strip

7. Betaserc

obat vertigo paling ampuh betaserc

Beli Betaserc Klik di Sini

Betahistine merupakan analog histamin yang dapat mengurangi tekanan endolimfatik dan juga memperbaiki mikrosirkulasi. Cara kerja ini ampuh untuk membantu Anda dalam mengobati vertigo, tinitus ataupun gangguan pendengaran lainnya akibat penyakit meniere.

Anda dapat menggunakan obat Betaserc yang mengandung zat aktif betahistin di dalamnya. Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan betaserc harus berdasarkan hasil konsultasi dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 63 ribu/strip

8. Perifas

obat vertigo paling ampuh di apotek perifas

Beli Perifas Klik di Sini

Selain stugeron, Anda juga dapat menjadikan Perifas sebagai obat antivertigo yang tepat dengan kandungan cinnarizine di dalamnya. Selain mengatasi vertigo, obat ini juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan mual saat mabuk kendaraan.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/strip

9. Histigo

obat vertigo di apotek histigo

Beli Histigo Klik di Sini

Obat vertigo paling ampuh yang biasa dimanfaatkan adalah kandungan zat aktif betahistine mesylate. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan obat Histigo yang memiliki kandungan betahistine mesylate di dalamnya.

Mengonsumsi obat histigo sebaiknya tidak bersama dengan makanan, 3 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

10. Frego

obat vertigo di apotik frego

Beli Frego Klik di Sini

Mengandungan bahan aktif flunarizine, Frego merupakan salah satu obat vertigo di apotik yang dapat Anda gunakan. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi tinnitus, gangguan sirkulasi pada otak dan perifer serta ekstremitas dingin.

Kisaran harga: Rp 100 ribu/strip

11. Flunarizine

obat vertigo paling ampuh di apotik flunarizine

Beli Flunarizine Klik di Sini

Penggunaan flunarizine sendiri biasanya untuk pemeliharaan terapi migrain, namun bahan aktif obat ini juga dapat bekerja efektif dalam meredakan vertigo. Flunarizine termasuk dalam obat golongan calcium channel blocking atau antagonis kalsium.

Mengonsumsi obat flunarizine untuk vertigo harus berdasarkan petunjuk dokter karena termasuk dalam golongan obat keras.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/strip

12. Sinral

obat vertigo di apotek sinral

Beli Sinral Klik di Sini

Selain versi generik, Anda juga dapat memanfaatkan salah satu obat paten dari flunarizine yaitu Sinral. Obat ini dapat membantu Anda dalam mengurangi vertigo dan juga bekerja efektif mengatasi migrain.

Kisaran harga: Rp 84 ribu/strip

13. Vertikaf

obat vertigo di apotik vertikaf

Beli Vertikaf Klik di Sini

Memiliki kandungan betahistine di dalamnya, Vertikaf dapat dimanfaatkan untuk pengobatan vertigo. Selain itu, obat ini juga dapat membantu meredakan beragam gejala penyakit meniere seperti tinitus, mual dan juga muntah.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/strip

14. Versyl

obat vertigo paling ampuh versyl

Beli Versyl Klik di Sini

Masih dengan kandungan zat aktif betahistine mesylate, Versyl dapat dikonsumsi oleh dewasa untuk 3 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum. Obat ini berguna untuk meredakan vertigo dan juga pusing karena gangguan keseimbangan.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/strip

15. Proseval

obat vertigo di apotik proseval

Beli Proseval Klik di Sini

Mengonsumsi suplemen juga dapat membantu Anda dalam meredakan beragam gejala vertigo. Anda dapat menjadikan Proseval sebagai pilihan suplemen yang tepat dan dikonsumsi sekali sehari sebanyak 1 kapsul tiap kali minum.

Suplemen ini memiliki kandungan ekstrak ginkgo biloba, ginseng, glutamic acid, vitamin B1, B6, B12, asam folat, Ca dibasic phospate dan juga nicotinamide di dalamnya. Cara kerja suplemen ini adalah memperbaiki sirkulasi darah pada SSP dan sistem saraf perifer.

Anda juga dapat memanfaatkan suplemen ini untuk mengatasi gangguan konsentrasi, mudah lupa, tinitus serta kaludikasio intermiten.

Kisaran harga: Rp 67 ribu/strip

16. Gratizin

obat vertigo paling ampuh gratizin

Beli Gratizin Klik di Sini

Mengandung flunarizine, Gratizin merupakan obat yang ampuh dalam mencegah migrain dan mengatasi vertigo. Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat antivertigo yang satu ini.

Gratizin memiliki efek samping mengantuk, lelah hingga peningkatan nafsu makan. Jadi, Anda perlu memerhatikan penggunaan obat ini sebaiknya jangan di waktu Anda akan mengemudi atau beraktivitas berat.

Kisaran harga: Rp 64 ribu/strip

17. Omedrinat

obat vertigo di apotek omedrinat

Beli Omedrinat Klik di Sini

Obat vertigo yang aman untuk ibu hamil? Omedrinat dengan kandungan dimenhydrinate di dalamnya mungkin dapat menjadi pilihan Anda.

Manfaat dari obat ini adalah meredakan vertigo, mual dan muntah serta morning sickness pada ibu hamil. Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat vertigo paling ampuh yang tersedia di apotik beserta harganya. Untuk memaksimalkan efektivitas obat, pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan sesuai petunjuk dokter.

Butuh obat dan juga resep dokter tanpa perlu keluar rumah? Layanan konsultasi telemedicine dan juga beli obat online di K24Klik siap menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Tenang saja, semua layanan K24Klik dapat Anda akses dengan penawaran terbaik. Mulai dari produk lengkap, 100% asli, harga terjangkau dan juga siap sedia 24 jam nonstop kapanpun dimanapun. Yuk unduh di Play Store ataupun App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.nhs.uk/medicines/betahistine/about-betahistine/ diakses pada 19 Desember 2023

https://patient.info/signs-symptoms/dizziness/vertigo#:~:text=A%20number%20of%20medicines%20can,(nausea)%20and%20motion%20sickness diakses pada 19 Desember 2023