15 Obat Sipilis / Sifilis di Apotik untuk Pria dan Wanita

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sipilis Sifilis di Apotik untuk Pria dan Wanita

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sipilis adalah yang dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri treponema pallidum. Berpotensi menyebabkan masalah kesehatan lebih serius, penyakit sifilis harus segera diatasi.

Merupakan salah satu penyakit menular seksual, sipilis tidak hanya menyerang pria tetapi juga bisa pada wanita. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui apa saja obat sipilis yang ampuh dan aman digunakan serta tersedia di apotik.

Baca juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Organ Seksual dan Reproduksi Pria Wanita

Rekomendasi Obat Sipilis / Sifilis di Apotik untuk Pria dan Wanita

Saat ini, sudah tersedia banyak obat sipilis yang tersedia di apotik. Beberapa diantaranya mungkin memerlukan resep dokter karena mayoritas antibiotik yang merupakan golongan obat keras.

Baca juga: 15 Obat Antibiotik di Apotik yang Bagus

Berikut ini merupakan beberapa obat sipilis atau sifilis di Apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Doxicor

obat sipilis di apotik doxicor

Beli Doxicor Klik di Sini

Sebagai salah satu antibiotik dengan kandungan zat aktif doxycycline, doxicor ampuh digunakan menjadi obat penyakit sipilis. Baik anak maupun dewasa, antibiotik ini dapat digunakan sesuai anjuran.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/tablet

2. Erysanbe

obat sifilis di apotek erysanbe tablet

Beli Erysanbe Klik di Sini

Kandungan erythromycin dalam obat erysanbe merupakan antibiotik dengan spektrum luas sehingga ampuh mengatasi bakteri gram negatif maupun gram positif. Jadi, antibiotik ini dapat digunakan untuk mengobati berbagai masalah infeksi bakteri termasuk sipilis.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

3. Super Tetra

obat sipilis di apotek super tetra

Beli Super Tetra Klik di Sini

Untuk mengobati infeksi bakteri pada kulit, Anda juga dapat memanfaatkan obat super tetra. Antibiotik dengan kandungan tetracycline ini ampuh digunakan untuk mengobati jerawat, penyakit menular seksual seperti sifilis hingga gonorrhea.

Obat untuk sipilis ini dapat digunakan 1 kapsul untuk 3-4 kali dalam sehari. Saran mengonsumsi super tetra adalah sebelum makan.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

4. Doxycycline

obat sipilis di apotek doxycycline

Beli Doxycycline Klik di Sini

Jika Anda ingin mengonsumsi obat generik, doxycycline dapat menjadi andalan yang tepat untuk mengobati sipilis. Merupakan golongan obat keras, pastikan untuk mengonsumsi doxycycline sesuai anjuran atau resep dokter.

Selain sipilis, antibiotik ini juga bermanfaat untuk pencegahan tifus, gonore atau kencing nanah, jerawat dan juga malaria. Dosis penggunaan obat ini bisa saja berbeda-beda setiap orang sesuai kebutuhan dan usia.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/tablet

5. Eryra

obat sipilis yang ampuh di apotik eryra

Beli Eryra Klik di Sini

Obat sifilis atau penyakit menular seksual yang diakibatkan infeksi bakteri paling tepat adalah antibiotik. Erythromycin yang terkandung dalam eryra dapat menghambat pembentukan protein bakteri yang menyebabkan infeksi pada pria maupun wanita.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/tablet

6. Dohixat

obat sipilis di apotik dohixat

Beli Dohixat Klik di Sini

Untuk mendukung pengobatan sipilis, Anda dapat memanfaatkan dohixat dengan kandungan zat aktif doxycycline. 

Obat sifilis di apotik ini dapat Anda beli menggunakan resep dokter dan tidak disarankan untuk anak-anak maupun wanita hamil dan menyusui.

Kisaran: Rp 1 ribu/tablet

7. Kenacort

obat sipilis di apotik kenacort

Beli Kenacort Klik di Sini

Sipilis atau sifilis sendiri merupakan penyakit menular seksual yang biasanya menimbulkan gatal-gatal, kemerahan hingga ruam pada kulit. Nah, untuk mengatasi dampak dari infeksi ini Anda dapat menggunakan kenacort dengan kandungan triamcinolon acetonide.

Golongan obat kortikosteroid ini dapat meredakan reaksi inflamasi dari penyakit sipilis. Penggunaan kenacort sendiri untuk orang dewasa dengan dosis anjuran maksimal 48mg dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tablet

8. Cetirizine Sirup

obat sifilis yang ampuh di apotik cetirizine sirup

Beli Cetirizine Sirup Klik di Sini

Selain kenacort, Anda juga dapat memanfaatkan obat cetirizine sirup untuk mengatasi gatal pada kulit yang diakibatkan infeksi sipilis. Dengan bentuk obat sirup, cetirizine ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak diatas usia 2 tahun.

Termasuk obat antihistamin generasi dua, cetirizine biasanya tidak menimbulkan efek samping mengantuk sehingga aman untuk tetap beraktivitas. Namun, pada beberapa orang mungkin saja cetirizine masih dapat menimbulkan efek kantuk.

Jadi, Anda lebih baik tidak dalam kondisi akan mengemudi maupun mengoperasikan alat berat ketika mengonsumsi obat ini. 

Kisaran harga: Rp 13 ribu/botol

9. Inerson

obat sifilis di apotik inerson

Beli Inerson Klik di Sini

Merupakan obat golongan kortikosteroid topikal, Inerson bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada kulit yang biasanya muncul karena infeksi sipilis. Anda memerlukan resep dokter untuk obat keras ini.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup oleskan 1-2 kali sehari pada bagian yang sakit. Pastikan untuk mengoleskan obat secara tipis-tipis saja dan merata.

Kisaran harga: Rp 129 ribu/tube

10. Baquinor Forte

obat sipilis yang ampuh di apotik baquinor forte

Beli Baquinor Forte Klik di Sini

Kandungan ciprofloxacin dalam Baquinor Forte membuat antibiotik yang satu ini ampuh untuk mengatasi infeksi sipilis. Selain itu, antibiotik ini juga dapat digunakan untuk infeksi pernafasan atas, saluran pencernaan dan juga jaringan lunak.

Dosis penggunaan untuk obat ini bisa saja berbeda-beda setiap orang karena pertimbangan kondisi infeksi dan juga usia. Perlu diperhatikan bahwa baquinor ini tidak dianjurkan untuk anak dibawah 12 tahun, kecuali berdasarkan hasil konsultasi dokter.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/tablet

11. Xyzal

obat sifilis di apotik xyzal

Beli Xyzal Klik di Sini

Antihistamin dengan kandungan levocetirizine dihydrochloride, obat xyzal dapat digunakan untuk mengobati gatal pada kulit akibat infeksi sipilis. Selain itu, obat ini juga dapat meredakan berbagai gejala alergi akibat infeksi lainnya seperti gatal-gatal.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tablet

12. Dextamine

obat sifilis di apotek dextamine

Beli Dextamine Tablet Klik di Sini

Kandungan dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine maleate dalam obat dextamine dapat membantu Anda untuk mengatasi ruam yang muncul akibat infeksi sipilis. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter baik untuk anak maupun dewasa.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/tablet

13. Ciprofloxacin

obat sipilis di apotek ciprofloxacin

Beli Ciprofloxacin Klik di Sini

Antibiotik yang ampuh mengatasi berbagai macam infeksi, ciprofloxacin dapat Anda manfaatkan untuk mengobati penyakit sifilis.

Obat sipilis di apotik untuk pria maupun wanita ini merupakan golongan obat keras yang harus dibeli menggunakan resep dokter. Pastikan untuk tidak mengonsumsi antibiotik ini bersama dengan antasid, zat besi ataupun susu karena dapat menurunkan efektivitasnya.

Kisaran harga: Rp 1 ribu/tablet

14. Homoclomin

obat sifilis di apotik homoclomin

Beli Homoclomin Klik di Sini

Masalah ruam yang diakibatkan sifilis tentunya dapat membuat Anda tidak nyaman, Homoclomin dengan kandungan homoklorsiklizin HCl ampuh untuk mengatasinya.

Obat antialergi ini dapat digunakan untuk dewasa maupun anak-anak sesuai dengan anjuran dokter. Perlu diperhatikan bahwa obat ini dapat menyebabkan efek samping mengantuk.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/tablet

15. Elocon Cream

obat sipilis di apotek elocon cream

Beli Elocon Cream Klik di Sini

Mengandung mometasone furoate, elocon cream dapat meredakan berbagai gejala inflamasi yang diakibatkan oleh infeksi sipilis. Anda dapat mengoleskannya secara tipis-tipis 1 kali sehari secara tipis-tipis pada bagian yang sakit.

Kisaran harga: Rp 153 ribu/tube

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat sipilis atau sifilis di apotik yang dapat Anda gunakan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ahli guna mendapatkan pengobatan penyakit menular seksual yang tepat.

Butuh obat ataupun vitamin tanpa ribet? Aplikasi K24Klik tersedia di Play Store dan juga Appstore, siap melayani 24 jam nonstop dengan jaminan produk farmasi 100% asli.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/syphilis/diagnosis-treatment/drc-20351762 diakses pada 7 Juli 2023
https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4622-syphilis#:~:text=Syphilis%20is%20a%20sexually%20transmitted,use%20a%20condom%20during%20sex. diakses pada 8 Juli 2023