15 Obat Sakit Kepala dan Demam untuk Dewasa & Anak

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit kepala dan demam untuk dewasa anak

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat sakit kepala dan demam bermanfaat untuk mengatasi nyeri di kepala dan juga panas tubuh sekaligus.

Demam dan juga sakit kepala sekaligus dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti pilek dan flu. Dua gejala tersebut nyatanya tidak memerlukan dua obat yang berbeda, namun dapat diatasi dengan paracetamol.

Terdapat beberapa rekomendasi obat sakit kepala dan demam yang mudah ditemukan di apotik untuk Anda gunakan. Baik pada dewasa maupun anak-anak, sakit kepala dan demam dapat menimbulkan ketidaknyamanan hingga mengganggu aktivitas harian.

Baca juga: 15 Obat Penurun Demam Anak & Orang Dewasa Paling Ampuh

Rekomendasi Obat Sakit Kepala dan Demam untuk Dewasa & Anak

Sakit kepala dan demam dalam satu waktu bukan berarti membutuhkan 2 jenis obat berbeda. Anda dapat mencoba menggunakan beberapa obat di bawah ini yang dapat mengatasi sakit kepala dan demam sekaligus untuk dewasa dan anak.

1. Bodrex Tablet

obat sakit kepala demam bodrex tablet

Beli Bodrex Tablet Klik di Sini

Kandungan zat aktif paracetamol ampuh bekerja sebagai anti nyeri dan juga penurun panas atau demam sekaligus. Bodrex Tablet mengkombinasikan kandungan paracetamol 600mg dengan kafein 50mg di dalamnya.

Bodrex sakit kepala dan demam sendiri diformulasikan untuk dewasa karena kandungan kafein di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi obat ini 1-2 kaplet tiap kali minum dengan aturan pemakaian 3-4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

2. Itamol Sirup

obat sakit kepala demam itamol sirup

Beli Itamol Sirup Klik di Sini

Obat jenis sirup merupakan yang paling mudah diberikan pada anak. Saat demam dan sakit kepala menyerang, Anda dapat memanfaatkan Itamol Sirup untuk anak usia dibawah 12 tahun. Obat ini memiliki kandungan paracetamol di dalamnya.

Berikut ini merupakan dosis anjuran untuk memberikan itamol sirup pada anak:

  • Anak usia 1-3 tahun, Anda dapat memberikan Itamol Sirup 3-4 kali sehari sebanyak 1/2-1 sendok takar setiap kali minum
  • Anak-anak umur 3 – 5 tahun: 3 – 4 x sehari 1 sendok takar
  • Anak usia 6-12 tahun, berikan 2 sendok takar sekali minum untuk 3-4 kali dalam sehari

Kisaran harga: Rp 27 ribu/botol

3. Panadol Extra

obat sakit kepala demam panadol extra

Beli Panadol Extra Klik di Sini

Menghambat pembentukan prostaglandin pemicu nyeri dan demam pada tubuh, zat aktif paracetamol merupakan andalan untuk atasi sakit kepala dan demam. Panadol Extra memiliki kandungan paracetamol 500mg.

Obat sakit kepala dan demam untuk dewasa ini juga memiliki kandungan kafein 65mg sehingga tidak menyebabkan kantuk saat dikonsumsi. Pastikan untuk mengikuti dosis anjuran yang telah tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

4. Bodrexin Demam Sirup

obat sakit kepala bodrexin demam sirup

Beli Bodrexin Demam Sirup Klik di Sini

Si kecil demam dan mengeluh nyeri di kepala? Untuk anak yang sulit minum obat, Bodrexin Demam Sirup dapat menjadi solusi terbaik. Obat ini hadir dengan bentuk sirup dan rasa jeruk manis kegemaran si kecil.

Tiap 5ml dari obat ini mengandung paracetamol 120mg, bekerja efektif dalam menurunkan panas di kecil dan juga meredakan sakit kepala.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/botol

5. Pyrexin

obat sakit kepala demam pyrexin tablet

Beli Pyrexin Klik di Sini

Mengandung paracetamol, Pyrexin bermanfaat untuk meredakan sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot dan juga demam secara sekaligus. Pada orang dewasa, Pyrexin juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat nyeri haid.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

6. Paracetamol

obat sakit kepala demam paracetamol tablet

Beli Paracetamol Tablet Klik di Sini

Bagaimana bila merasakan sakit kepala dan demam dikala hamil dan menyusui? Paracetamol merupakan salah satu kandungan zat aktif yang dikategorikan aman untuk dikonsumsi oleh seluruh kalangan, termasuk ibu hamil dan menyusui.

Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat-obatan pada ibu hamil sangat tidak dianjurkan, kecuali atas pertimbangan dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

obat sakit kepala demam paracetamol sirup

Beli Paracetamol Sirup Klik di Sini

Untuk anak-anak, Anda juga dapat memanfaatkan paracetamol sebagai obat sakit kepala dan demam. Tentunya jenis obat paracetamol sirup lebih disarankan karena mudah dikonsumsi oleh si kecil.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/botol

7. Gunaceta

obat sakit kepala demam gunaceta tablet

Beli Gunaceta Tablet Klik di Sini

Mengandung bahan aktif paracetamol 650mg, Gunaceta Tablet berfungsi untuk meringankan sakit kepala, sakit gigi dan juga menurunkan demam. Obat analgesik yang satu ini dapat dikonsumsi sesudah makan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

8. Ottopan Sirup

obat sakit kepala demam ottopan sirup

Beli Ottopan Sirup Klik di Sini

Dapat dikonsumsi oleh dewasa maupun anak-anak, Ottopan Sirup bekerja efektif untuk menurunkan demam dan juga nyeri saat sakit kepala. Obat ini memiliki kandungan paracetamol 120mg setiap satu sendok takar atau 5 ml.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/botol

9. Naprex Sirup

obat sakit kepala demam naprex sirup

Beli Naprex Sirup Klik di Sini

Paracetamol bekerja ampuh dalam menurunkan demam dan juga meredakan nyeri saat sakit kepala. Anda dapat memanfaatkan Naprex Sirup untuk menormalkan kembali suhu tubuh si kecil sekaligus meredakan rasa nyeri akibat sakit kepala.

Anda dapat memberikan 1 sendok takar atau 5ml sekali minum untuk 3-4 kali sehari pada anak usia 6-12 tahun. Kemudian untuk anak usia 2-5 tahun, berikan setengah sendok takar atau setara 2,5ml dengan aturan pakai yang sama yaitu 3-4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 56 ribu/botol

10. Biogesic

obat sakit kepala demam biogesic tablet

Beli Biogesic Klik di Sini

Biogesic merupakan obat yang berguna untuk meredakan demam dan juga nyeri saat sakit kepala. Obat ini memiliki kandungan paracetamol 500mg di dalamnya dan dapat digunakan untuk dewasa dan anak usia diatas 6 tahun.

Berikut ini merupakan aturan penggunaan Biogesic yang perlu Anda perhatikan:

  • Dewasa dan anak usia diatas 12 tahun: 1-2 tablet sekali konsumsi dengan aturan 3-4 kali sehari
  • Anak usia 6-12 tahun: Berikan 1 atau setengah tablet untuk 3-4 kali dalam sehari

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

11. Trifamol Forte

obat sakit kepala demam trifamol forte

Beli Trifamol Forte Klik di Sini

Penyebab demam dan juga nyeri pada tubuh adalah meningkatnya kadar prostaglandin di dalam tubuh. Untuk menghambat atau mengurangi kadar prostaglandin, Anda dapat memanfaatkan Trifamol Forte yang mengandung paracetamol 650mg.

Obat analgesik dan antipiretik yang satu ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dan juga anak-anak diatas usia 6 tahun.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

12. Dumin Sirup

obat sakit kepala demam dumin sirup

Beli Dumin Sirup Klik di Sini

Demam dan juga sakit kepala dapat menjadi beberapa gejala dari flu. Untuk mengatasinya, Anda dapat segera mengonsumsi Dumin Sirup. Obat ini aman untuk dikonsumsi oleh dewasa dan juga anak-anak bahkan untuk usia 1 tahun, sesuai dosis anjuran.

Kandungan zat aktif paracetamol di dalamnya dapat bekerja efektif untuk meredakan nyeri saat sakit kepala dan juga sakit gigi. Kemudian juga menurunkan demam, terutama yang diakibatkan oleh flu.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/botol

13. Praxion Sirup

obat sakit kepala demam praxion sirup

Beli Praxion Sirup Klik di Sini

Bermanfaat untuk meredakan demam dan juga sakit kepala, Praxion Sirup memiliki kandungan paracetamol di dalamnya. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 3-4 kali sehari dengan takaran 5ml atau 1-2 sendok takar dalam sekali minum atau sesuai usia.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

14. Contrexyn Demam Jeruk Drop

obat sakit kepala demam contrexyn demam jeruk

Beli Contrexyn Demam Jeruk Drop Klik di Sini

Dengan kandungan paracetamol di dalamnya, Contrexyn Demam Jeruk Drop dapat digunakan untuk mengatasi demam pada anak. Dikemas dalam bentuk drop, obat ini akan lebih mudah dikonsumsi si kecil.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

15. Sanmol Forte

obat sakit kepala demam sanmol forte

Beli Sanmol Forte Klik di Sini

Mengandung paracetamol, Sanmol Forte ampuh bekerja untuk meredakan nyeri sakit kepala dan juga menurunkan demam. Dapat diminum sebelum ataupun sesudah makan, pastikan untuk memerhatikan dosis anjuran Sanmol Forte.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit kepala dan demam untuk dewasa dan anak yang dapat Anda gunakan. Apabila demam tidak kunjung turun dan rasa sakit di kepala semakin parah, dapatkan saran pengobatan terbaik dari dokter ahli.

Si kecil demam tapi tidak punya stok obat di rumah? Daripada harus repot keluar rumah dan meninggalkan si kecil, K24Klik aja! Cukup dengan aplikasi yang tersedia di Play Store dan juga App Store, beli obat online jadi lebih praktis dan dijamin 1 jam sampai!

Referensi:

https://www.nhsinform.scot/tests-and-treatments/medicines-and-medical-aids/types-of-medicine/paracetamol/#:~:text=Paracetamol%20is%20a%20commonly%20used,such%20as%20colds%20and%20flu diakses pada 3 November 2023

https://www.verywellhealth.com/infections-that-cause-headache-and-fever-1719431#:~:text=Often%2C%20the%20best%20treatment%20for,with%20a%20headache%20and%20fever diakses pada 3 November 2023