15 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit gigi alami cepat sembuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Saat mengalami sakit gigi, rasanya sering kali tidak tertahankan hingga membuat aktivitas harian terhambat. Nah, obat sakit gigi alami menjadi solusi efektif untuk mengatasi rasa nyeri pada gigi dan juga gusi bengkak.

Rasa sakit yang timbul saat sakit gigi atau gusi bengkak biasanya membuat tidak nyaman hingga menghambat jalannya aktivitas. Jika dibiarkan, sakit gigi ataupun gusi bengkak ternyata bisa saja menjadi tanda masalah serius seperti adanya infeksi dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba menggunakan obat sakit gigi alami agar cepat sembuh.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Lalu, apa saja herbal yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang maupun nyeri saat gusi bengkak? Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit gigi alami yang dapat Anda coba gunakan.

1. Akar Jahe

Sifat antibakteri dalam akar jahe ampuh untuk mengatasi penyakit kurap, sakit kepala, sakit perut dan juga sakit gigi. Untuk mengobati sakit gigi dan mencegahnya tidak kambuh lagi, Anda dapat memotong dan mengupas jahe terlebih dahulu. Pada bagian akar, gigit langsung dengan gigi yang sakit dan biarkan sari akar tersebut mencapai area yang sakit.

2. Thyme

Daun thyme dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, apalagi jika dipadukan dengan herbal lainnya. Obat alami untuk sakit gigi ini memiliki sifat antijamur dan antiseptik sehingga tidak hanya ampuh untuk menyembuhkan, tetapi juga mencegah penyakit gusi dan kerusakan gigi.

Untuk membuat herbal daun thyme yang ampuh, Anda dapat menambahkan peppermint. Kombinasi dua herbal ini dapat menjadi obat sakit gigi alami cepat sembuh untuk mengurangi pembengkakkan gusi serta nyeri di gigi.

Baca juga: 15 Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh di Apotik K24

3. Kunyit

Herbal yang satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk mengobati berbagai penyakit termasuk kanker dan sakit gigi. Anda cukup mengolah kunyit menjadi bubuk, kemudian diseduh menggunakan air panas hingga teksturnya mengental. Apabila sudah membentuk pasta, gunakan bola kapas dan segera oleskan pada gigi yang sakit.

Cara kerja pasta kunyit ini adalah memberikan efek menenangkan pada saraf gigi yang menyebabkan rasa sakit. Kandungan vitamin C dalam kunyit juga dapat menjadi obat alami sakit gigi berlubang. Anda juga dapat mengonsumsi Sidomuncul Sari Kunyit untuk mendapatkan manfaat kunyit secara lebih praktis.

obat sakit gigi alami sari kunyit sidomuncul

Beli Sari Kunyit Sidomuncul Klik di Sini

4. Daun Seribu

Yarrow ataun daun seribu merupakan tanaman obat yang terkenal memiliki khasiat menenangkan dan ampuh mengatasi berbagai penyakit. Anda dapat menggunakan daun seribu sebagai obat sakit gigi alami caranya dengan menggosokkan daun segar ke area yang sakit. Apabila dipasukan dengan akar tanamannya, maka yarrow dapat bekerja lebih efektif.

5. Tanaman Jotang

Apakah Anda pernah mendengar tentang spilanthes? Itu merupakan istilah populer dari tanaman jotang yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi dan gusi. Ketika Anda menempelkan daun tanaman jotang ke gigi yang sakit dapat memberikan efek mati rasa. Dengan begitu, Anda dapat merasakan kelegaan segera dan sakit gigi pun mereda.

6. Daun Peppermint

Tanaman herbal lainnya yang dapat menjadi obat sakit gigi alami adalah daun peppermint. Anda dapat langsung mengunyah satu atau dua lembar daun peppermint. Jika sudah, langsung oleskan ke area gigi yang terasa nyeri dan tahan untuk beberapa menit. Buang daun peppermint dan segera berkumur menggunakan larutan air garam.

7. Chamomile

Tidak hanya nikmat untuk diseduh sebagai teh, chamomile juga ampuh untuk mengobati serta mencegah rasa sakit akibat gusi bengkak, berdarah maupun sakit gigi. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda dapat menuangkan air hangat dan mencampurkannya dengan chamomile, ekstrak vanila dan lemon.

Selain itu, Anda juga bisa mengobati sakit gigi menggunakan obat kumur dengan kandungan chamomile. Ini akan membantu Anda membunuh kuman di mulut karena sifat antibakteri dan anti inflamasi dari chamomile.

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sakit gigi. Anda dapat menggigit sepotong bawah putih segar secara langsung. Selain cara tersebut, Anda juga dapat mencampurkan bawang putih yang telah dihancurkan dengan garam laut lalu dioleskan pada area yang sakit.

9. Cengkeh

Manfaat anti-inflamasi, antibakteri dan juga anestesi dari cengkeh ampuh untuk meredakan nyeri di mulut. Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi alami pun cukup mudah, Anda memerlukan bahan tambahan seperti minyak zaitun. Campurkan dengan cengkeh lalu dengan bantuan kapas, oleskan langsung ke area yang sakit.

10. Larutan Air Garam

Dapat dengan mudah Anda buat sendiri di rumah, obat sakit gigi alami yang dapat Anda coba adalah berkumur menggunakan larutan air garam. Cukup campurkan garam secukupnya ke dalam air hangat, lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Ini akan membantu Anda untuk menghilangkan kotoran dan meredakan nyeri di mulut.

Anda juga dapat menggunakan Orslim Moutwash untuk mengobati sakit gigi. Obat kumur ini tersedia di apotik online K24Klik yang juga memastikan mulut jadi lebih bersih dari kuman.

obat sakit gigi kumur orslim mouthwash

Beli Orslim Mouthwash Klik di Sini

11. Kompres Dingin

Menggunakan kompresan dingin dapat memberi efek menenangkan aliran daerah pada area yang dikenai. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba obat alami ini untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi atau gusi bengkak. Coba untuk mengkompresnya selama 20 menit dan dapat diulangi setelah beberapa jam sampai rasa sakitnya memudar.

12. Ekstrak Vanila

Kandungan alkohol pada ekstrak vanila memberikan manfaat antioksidan dan efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Anda dapat menggunakan ekstrak vanila langsung menggunakan tangan maupun dengan bantuan kapas. Tempelkan secara langsung pada area yang sakit selama beberapa kali dalam sehari.

13. Daun Jambu Biji

Tahukah Anda bahwa daun jambu biji dapat menjadi solusi efektif untuk mengobati luka? Hal ini dikarenakan kandungan antimikroba dalam daun jambu biji sehingga dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi ampuh yang alami. Caranya cukup mengunyah langsung daun jambu biji atau menghancurkannya dalam larutan untuk menjadi obat kumur.

14. Rumput Gandum

Obat alami untuk sakit gigi lainnya yang dapat Anda gunakan adalah rumput gandum. Sifat anti inflamasi dalam tanaman obat ini ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh sekaligus mengobati penyakit. Anda dapat mengonsumsi rumput gandum dalam bentuk larutan dan menggunakannya sebagai obat kumur.

15. Cuka Apel

Sari apel dapat menjadi antiseptik yang ampuh membunuh bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Tidak perlu repot-repot membuat ekstrak sari apel sendiri, Anda dapat memanfaatkan cuka apel yang banyak dijual bahkan di apotik. Tahesta Cuka Apel dengan ukuran botol 300 ml dapat Anda beli di K24Klik dengan kisaran harga Rp 59 ribu.

obat sakit gigi alami tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

Lalu, bagaimana cara menggunakan cuka apel sebagai obat sakit gigi ampuh alami? Cukup rendam saja bola kapas ke dalam cuka apel jika sudah langsung tekan perlahan pada gigi yang sakit.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit gigi paling ampuh alami yang dapat Anda coba. Selain memanfaatkan herbal, Anda juga dapat menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotik atau menurut anjuran dokter.

Butuh obat, vitamin ataupun susu tapi berhalangan untuk keluar rumah? Tenang, K24Klik siap antar kebutuhan farmasimu sampai ke depan rumah. Tidak perlu khawatir karena kami menyediakan produk farmasi yang lengkap, 100% asli tentunya dengan jaminan pengiriman cepat. Kunjungi Play Store atau App Store, dapatkan manfaat aplikasi K24Klik sekarang juga!

Referensi:

https://theherbalacademy.com/9-herbal-remedies-for-a-toothache/ diakses pada 29 April 2023

https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/home-remedies-for-toothache#toothache-plant diakses pada 29 April 2023