13 Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil di Apotek

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil di Apotek

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Nyeri saat sakit gigi bisa saja membuat tidak nyaman dan perlu segera diatasi, bahkan untuk ibu hamil. Memerhatikan kandungan dan kondisi, obat sakit gigi untuk ibu hamil di apotek yang aman dan bagus pun dibutuhkan.

Ibu hamil tentunya tidak dianjurkan mengonsumsi obat-obatan karena beberapa kandungan obat dapat memberikan dampak negatif pada janin. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika nyeri saat sakit gigi tidak tertahankan? Anda perlu untuk mengetahui apa saja obat sakit gigi untuk ibu hamil di apotek yang pastinya aman dan bagus.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil di Apotek

Dengan kondisi yang sensitif, lalu apa saja obat yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Tenang, beberapa kandungan dalam obat sakit gigi seperti paracetamol masih tergolong aman. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit gigi untuk ibu hamil di apotek.

Baca juga: 15 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

1. Enkasari Herbal

obat sakit gigi ibu hamil enkasari herbal

Beli Enkasari Herbal Klik di Sini

Mengandung berbagai bahan herbal seperti daun saga, ekstrak daun sirih dan juga ekstrak akar kayu manis membuat Enkasari Herbal aman untuk ibu hamil.

Berbentuk cairan kumur, obat ini juga ampuh untuk mengobati sariawan dan juga mengurangi bau mulut. Anjuran penggunaan Enkasari Herbal adalah 3-4 kali sehari sebanyak 3 gelas takar saat kumur.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/pcs

2. Paracetamol

obat sakit gigi untuk ibu hamil paracetamol tablet

Beli Paracetamol Tablet Klik di Sini

Kandungan paracetamol merupakan salah satu yang direkomendasikan dokter karena tergolong aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Nah, paracetamol tablet ini ampuh Anda gunakan untuk meredakan nyeri saat sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

obat sakit gigi ibu hamil paracetamol sirup

Beli Paracetamol Sirup Klik di Sini

Apabila lebih menyukai jenis obat cair, Anda dapat mengonsumsi paracetamol sirup.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/botol

3. Dentasol Obat Gigi

dentasol obat gigi untuk ibu hamil

Beli Dentasol Obat Gigi Klik di Sini

Benzocaine merupakan salah satu anestesi yang ampuh untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Dentasol Obat Gigi tidak hanya mengandung benzocaine, tetapi juga dilengkapi dengan camphora, mentholum, phenolum dan cetylpyridinium chloride. Cara menggunakan obat ini adalah dengan menggunakan kapas.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/botol

4. Sanmol

obat sakit gigi ibu hamil sanmol

Beli Sanmol Klik di Sini

Meningkatnya kadar prostaglandin dalam tubuh dapat menyebabkan rasa nyeri, nah Sanmol ini bekerja efektif untuk mengurangi kadar tersebut. Sehingga, ibu hamil dan ibu menyusui dapat mengatasi sakit gigi secara praktis dengan kandungan paracetamol yang aman.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

5. Panadol Biru

obat sakit gigi untuk ibu hamil panadol biru

Beli Panadol Biru Klik di Sini

Mengandung paracetamol, Panadol Biru ampuh digunakan untuk meredakan nyeri saat sakit kepala dan juga sakit gigi. Obat ini aman untuk ibu hamil dan dapat dikonsumsi sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/blister

6. Biogesic

obat sakit gigi untuk ibu hamil biogesic

Beli Biogesic Klik di Sini

Selanjutnya, ibu hamil juga dapat mengonsumsi biogesic untuk mengatasi sakit gigi. Obat ini mengandung paracetamol dan dapat bekerja sebagai antipiretik serta analgesik dalam meredakan nyeri saat sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

7. Pamol

obat sakit gigi ibu hamil pamol

Beli Pamol Klik di Sini

Paracetamol merupakan obat penyakit umum yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, nyeri dengan aman. Pamol dapat Anda gunakan 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet atau konsultasikan pada dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

8. Sumagesic

obat sakit gigi untuk ibu hamil sumagesic

Beli Sumagesic Klik di Sini

Dengan kandungan paracetamol 600 mg, Sumagesic merupakan obat yang ampuh untuk mengatasi demam, pusing dan nyeri saat sakit kepala maupun sakit gigi. Anjuran dosis penggunaan obat ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet.

Perlu diperhatikan bahwa dosis anjuran penggunaan Sumagesic mungkin harus dipertimbangkan untuk ibu hamil. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter ahli untuk mendapatkan saran terbaik.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

9. Minyak Cengkeh

obat sakit gigi ibu hamil gadjah minyak cengkeh

Beli Minyak Cengkeh Klik di Sini

Kandungan senyawa eugenol dalam minyak cengkeh dipercaya ampuh untuk membantu Anda meringankan sakit gigi. Cara penggunaannya pun mudah, Anda dapat meneteskan minyak cengkeh pada kapas kemudian ditempelkan langsung ke bagian gigi yang sakit. 

Perlu diperhatikan bahwa minyak cengkeh ini lebih baik digunakan untuk penanganan sementara saja.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

10. Dumin

obat sakit gigi ibu hamil dumin

Beli Dumin Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Dumin sebagai salah satu obat sakit gigi untuk ibu hamil yang tersedia di apotek. Dengan kandungan paracetamol, Dumin ampuh meredakan nyeri saat sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

11. Lanamol

obat sakit gigi untuk ibu hamil lanamol

Beli Lanamol Klik di Sini

Obat Lanamol bermanfaat untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, nyeri dan juga peradangan. Pastikan mengonsumsi obat ini sesuai anjuran dan jangan ragu konsultasikan pada dokter ahli untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

Cara Lain Mengobati Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

Saat hamil merupakan masa kritis yang membuat Anda tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena dapat memengaruhi calon anaknya. Untuk itu, Anda dapat mencoba melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengobati sakit gigi.

1. Berkumur dengan Larutan Air Hangat dan Garam

Cara paling ampuh untuk mengobati sakit gigi secara alami adalah menggunakan garam yang dilarutkan dalam air hangat. Larutan tersebut dapat Anda gunakan untuk berkumur sehingga mengurangi nyeri saat sakit gigi dan juga

Garam diketahui memiliki kandungan antibakteri dan anti radang yang ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi saat sakit gigi. Anda cukup melarutkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat, lalu segera kumur selama beberapa menit.

2. Kompres Dingin

Es batu ataupun air dingin dapat memberikan efek menenangkan dan bantu Anda mengatasi nyeri saat sakit gigi. Anda cukup menggunakan es batu atau air dingin pada kain, kemudian kompreskan bagian luar dari gigi yang sakit.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit gigi untuk ibu hamil yang dapat Anda coba. Selama masa kehamilan, lebih baik untuk selalu berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan demi kesehatan ibu dan si kecil dalam kandungan.

Siapa bilang beli obat, vitamin ataupun susu harus repot pergi ke apotik? Tenang, K24Klik siap antar segala kebutuhan farmasi Anda sampai ke depan rumah. Kami menjamin ketersediaan produk farmasi lengkap, 100% asli dan pengiriman cepat. Segera dapatkan aplikasi kami di Play Store atau App Store, rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://mogrendental.com/toothaches-during-pregnancy-why-they-happen-and-what-to-do/#:~:text=Salt%20water%3A%20mixing%20together%20a,the%20day%20can%20reduce%20inflammation diakses pada 8 Juni 2023

https://www.emc.id/en/care-plus/effects-of-consuming-paracetamol-during-pregnancy diakses pada 8 Juni 2023