13 Obat Asam Lambung Alami Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat asam lambung alami paling ampuh

Obat asam lambung alami dapat menjadi pilihan alternatif untuk Anda mengatasi rasa nyeri di perut ataupun dada akibat gangguan pencernaan. Beberapa obat herbal juga ampuh untuk menyeimbangkan asam lambung dan menjaga kesehatan pencernaan.

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Penyakit asam lambung naik biasanya menimbulkan rasa nyeri di area perut bahkan sampai membuat dada terasa seperti terbakar. Menggunakan obat asam lambung alami seperti jahe mungkin dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda. Untuk menentukan mana yang terbaik, Anda perlu memahami perbedaan maag dan gastroesophageal reflux disease (GERD). 

Maag biasanya membuat Anda merasa tidak nyaman di perut bagian atas. Sedangkan GERD, kondisi asam lambung naik ke tenggorokan hingga menyebabkan nyeri di ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Perbedaan ini yang nantinya perlu diperhatikan untuk menentukan mana obat yang tepat untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Rekomendasi Obat Asam Lambung Alami Paling Ampuh

Lalu, apakah Anda hanya bisa mengatasi penyakit asam lambung menggunakan obat-obatan kimia? Tentu saja tidak, terdapat beberapa herbal ampuh untuk menangani asam lambung naik yang dapat diracik sendiri di rumah. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat asam lambung alami paling ampuh yang dapat Anda gunakan.

Baca juga: 15 Obat Asam Lambung di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

1. Jahe

Kandungan zat fenolik pada jahe dapat menjadi obat asam lambung alami paling ampuh. Herbal yang satu ini dapat bantu meredakan rasa nyeri saat asam lambung naik, memberikan efek menenangkan dan menyeimbangkan asam lambung. Selain itu, jahe juga memiliki manfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Anda dapat mengonsumsi jahe racikan sendiri dengan merebus jahe geprek sampai mendidih, bisa juga ditambah dengan susu untuk rasa dan manfaat yang lebih baik. Namun, apabila ingin versi praktisnya Anda dapat mengonsumsi Herbadrink Sari Jahe di K24Klik dengan kisaran harga Rp 15 ribuan per dos.

obat asam lambung alami herbadrink sari jahe

Beli Herbadrink Sari Jahe Klik di Sini

2. Pisang

Asam lambung naik dapat membuat sensasi panas dan nyeri baik di area perut maupun dada. Pisang merupakan buah  bersifat basa dan efektif untuk membantu Anda menetralkan asam lambung. Kandungan kalium dan serat di pisang juga ampuh untuk mencegah penumpukan asam yang berlebih di lambung sekaligus menjaga kesehatan pencernaan.

3. Kemangi

Tidak hanya nikmat untuk disantap sebagai lalapan, kemangi juga dapat menjadi obat alami untuk asam lambung. Kandungan flavonoid, fenolik dan juga saponin dalam kemangi ampuh untuk menurunkan asam lambung alami. Anda dapat mengonsumsi ekstrak daun kemangi secara rutin sesuai kebutuhan.

4. Licorice

Ekstrak licorice ampuh untuk meredakan rasa nyeri akibat asam lambung. Hal ini dikarenakan sifat anti tukak, anti peradangan yang dimiliki oleh licorice. Antioksidan pada licorice juga bermanfaat untuk menghambat penyebaran bakteri H.pylori yang menjadi penyebab terjadinya tukak lambung.

5. Jus Lidah Buaya

Tidak hanya bermanfaat untuk perawatan, lidah buaya juga dapat menjadi obat sakit asam lambung alami. Kandungan senyawa aktif dalam lidah buaya bersifat anti radang dan ampuh untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengonsumsi lidah buaya dengan mengolahnya sebagai jus atau mencampurkannya dengan smoothies.

Apabila Anda ingin mengonsumsi jus lidah buaya, pastikan untuk tidak berlebihan karena dapat mengalami efek samping yaitu diare. Konsultasikan bersama dokter ahli jika Anda memiliki diabetes karena jus lidah buaya dapat berpengaruh buruk bila berinteraksi dengan obat pengontrol gula darah.

6. Teh Chamomile

Sifat anti inflamasi dan antimikroba dari teh chamomile efektif untuk menurunkan asam lambung. Tidak hanya itu, chamomile ampuh untuk menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung. Herbal yang satu ini tidak mengandung kafein sehingga dipastikan sangat aman untuk dikonsumsi.

7. Biji Jintan

Ketika asam lambung terlalu tinggi, biasanya akan menimbulkan rasa sakit seperti nyeri. Untuk mengatasinya, Anda cukup merebus biji jintan. Herbal yang satu ini dikenal sebagai salah satu obat alami asam lambung naik yang ampuh. Anda dapat menambahkan jahe, kapulaga dan cengkeh saat merebus biji jintan agar manfaatnya lebih optimal.

Salah satu jenis jintan yang populer untuk berbagai macam pengobatan adalah jinten hitam atau habbatussauda. Lebih berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda dapat mengonsumsi Habbatussauda Cap Kurma Ajwa dengan kisaran harga Rp 55 ribuan per pcs di K24Klik.

obat asam lambung habatussauda cap kurma ajwa

Beli Habbatussauda Cap Kurma Ajwa Klik di Sini

8. Buttermilk

Terbuat dari proses fermentasi susu segar, buttermilk biasanya dicampur dengan bakteri asam laktat. Kandungan ini lah yang membuat buttermilk dapat menjadi obat untuk menurunkan asam lambung secara alami. Tidak hanya itu, kandungan vitamin dan mineral dalam buttermilk juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

9. Cengkeh

Asam lambung naik yang menimbulkan sensasi terbakar di perut ternyata bisa diobati menggunakan cengkeh. Obat alami untuk asam lambung ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan pencernaan dan ampuh mencegah keasaman. Ketika ditambahkan ke makanan, cengkeh dapat secara efektif berperan dalam menurunkan asam lambung.

Apabila Anda mengalami masalah pada bau mulut, cengkeh juga efektif untuk mengatasinya. Cara mengonsumsi cengkeh pun sangat mudah, dapat Anda kunyah langsung atau campurkan menjadi pelezat tambahan dalam masakan.

10. Kayu Manis

Kandungan antasida alami dalam kayu manis efektif untuk menurunkan asam lambung sekaligus memberikan efek menenangkan saat nyeri. Anda dapat mengonsumsi air yang dicampur dengan kayu manis sebagai obat asam lambung alami paling ampuh. Selain untuk pengobatan, kayu manis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

11. Air Kelapa

Ketika cuaca panas, mengonsumsi air kelapa pastinya dapat memberi efek menyegarkan bukan? Ternyata, air kelapa ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Ketika asam lambung naik, kandungan serat dalam air kepala dapat membuat tingkat pH asam pada tubuh menjadi basa.

Untuk versi lebih praktisnya, Anda dapat mengonsumsi Hydro Coco yang terbuat dari air kelapa asli. Tersedia di K24Klik dengan kisaran harga Rp 14 ribuan per pcs, tenang saja produk minuman ini tidak menggunakan pewarna, pengawet maupun pemanis buatan.

obat asam lambung alami di apotik hydro coco

Beli Hydro Coco Klik di Sini

12. Oatmeal

Kandungan serat pada oatmeal dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengonsumsinya bersama air hangat, buah-buahan seperti pisang ataupun dengan yogurt. Saat ini sudah tersedia Quaker Instant Oatmeal yang dapat menjadi solusi praktis Anda mengonsumsi makanan kaya serat sekaligus bisa untuk diet.

obat asam lambung alami quaker instant oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

13. Apel

Selain pisang, apel juga merupakan buah yang memiliki manfaat baik untuk mengobati asam lambung naik. Kandungan serat larut bernama pektin, kalsium, kalium dan magnesium dalam apel sangat baik untuk kesehatan pencernaan termasuk menyeimbangkan asam lambung. Anda dapat mengonsumsi apel secara langsung atau menjadikannya jus.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat asam lambung alami paling ampuh yang dapat Anda coba. Anda mungkin perlu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli sebelum mengonsumsi obat herbal. Hal ini tentunya berkaitan dengan kesesuaian penanganan dengan penyebab penyakit asam lambung dan juga kondisi alergi yang perlu diperhatikan.

Beli obat tanpa ribet? Yuk percayakan saja pada K24Klik, kami menyediakan produk farmasi lengkap dengan jaminan 100% asli dan pengiriman cepat. Aplikasi K24Klik dapat diunduh di Play Store atau App Store, rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/gerd-home-remedies#supplements diakses pada 11 Mei 2023

https://www.euphoricherbals.com/blogs/news/herbs-and-natural-remedies-for-acid-reflux diakses pada 11 Mei 2023