15 Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Habbatussauda atau jintan hitam (Nigella sativa) merupakan produk yang kaya akan manfaat. Hampir segala jenis penyakit  yang menyerang tubuh manusia dapat diatasi dengan manfaat habbatussauda ini. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai menggunakan habbatussauda sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Holisticpharmacy4u.com, habbatussauda sudah dipercaya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit sejak ribuan tahun yang lalu. Di samping itu, habbatussauda juga terbukti memiliki sifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan pada kulit dan tubuh.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Umumnya, habbatussauda diekstrak menjadi minyak atau produk lainnya untuk dapat diambil manfaatnya. Untuk minyak habbatussauda, penggunaannya bisa dilakukan dengan dikonsumsi secara langsung maupun sebagai obat luar.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak manfaat atau khasiat habbatussauda untuk kesehatan tubuh yang lainnya. Berikut beberapa di antaranya!

1. Percepat Proses Penyembuhan Luka

Jika Anda mengalami luka luar, seperti lecet, terbakar, dan sebagainya, habbatussauda adalah produk yang tepat untuk membantu menyembuhkannya. Menurut Healthline.com, minyak habbatussauda memiliki kandungan senyawa berupa thymoquinone.

Senyawa ini berguna untuk merangsang pertumbuhan jaringan kulit, sehingga mempercepat proses penyembuhan luka. Untuk pengaplikasiannya, Anda bisa menggunakan minyak habbatussauda sebagai obat luar dengan dioleskan pada luka yang ada secara rutin.

2. Tekan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu berbagai permasalahan kesehatan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menerapkan gaya hidup sehat agar kadar kolesterol tak sampai naik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mengonsumsi ekstrak habbatussauda.

Beli Habbatussauda Klik di Sini

3. Kendalikan Kadar Gula Darah

Seperti kolesterol, kadar gula darah yang tinggi juga berpotensi memicu beragam masalah kesehatan, di antaranya ialah kerusakan saraf, stroke, hingga serangan jantung. Tentu Anda tak mau mengalami hal ini, kan?

Nah, untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan senantiasa berolahraga. Selain itu, produk habbatussauda juga bisa dikonsumsi secara rutin, sebab berbagai penelitian menunjukkan bahwa habbatussauda bermanfaat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Tingkatkan Kualitas Sperma

Berikutnya, salah satu khasiat habbatussauda untuk lelaki ialah meningkatkan kualitas sperma. Menurut penelitian yang dilansir Myblackseed.ca, beberapa orang yang memiliki kualitas sperma tidak normal, mengalami peningkatan kualitas sperma setelah rutin diberi minyak habbatussauda.

Maka dari itu, jika Anda ingin memiliki kualitas sperma yang baik dan terjaga, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi habbatussauda.

5. Jaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Pada habbatussauda terdapat kandungan berupa vitamin E, antioksidan, juga asam limonet. Ketiga zat ini bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit dan membuatnya tetap sehat, khususnya pada wanita yang senang melakukan perawatan kulit.

Selain itu, manfaat habbatussauda untuk wanita lainnya adalah untuk menguatkan rambut dan membuatnya semakin lebat dan bersinar. Inilah sebabnya banyak orang yang menggunakan habbatussauda untuk masker alami pada rambut.

6. Obati Vitiligo

Manfaat habbatussauda tidak hanya sebatas menjaga kulit agar tetap sehat, tetapi ia juga mampu menjadi obat alternatif untuk obat vitiligo. Vitiligo merupakan salah satu permasalahan pada kulit yang ditandai dengan adanya bercak putih karena hilangnya pigmen yang membentuk warna kulit serta sel pembuatnya.

Healthline.com menyebutkan bahwa cara mengobati kondisi vitiligo memakai habbatussauda adalah dengan mengoleskan krim yang dibuat dengan minyak habbatussauda pada kulit sebanyak dua kali sehari. Pemakaian secara rutin selama enam bulan menunjukkan hasil positif untuk perbaikan pigmentasi kulit.

7. Turunkan Berat Badan

Manfaat jintan hitam atau habbatussauda dalam hal ini memang belum bisa dijelaskan dengan teori. Namun, dalam penelitian yang dilaporkan Healthline.com, para wanita obesitas yang melakukan diet sembari mengonsumsi minyak habbatussauda mengalami penurunan berat badan lebih banyak dibanding yang tak konsumsi habbatussauda.

8. Kurangi Gejala Eksem

Eksem adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kulit kering, terdapat ruam, dan terasa gatal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa habbatussauda memiliki manfaat mengatasi eksim.

9. Cegah Kanker

Senyawa thymoquinone pada habbatussauda seperti yang telah dijelaskan di atas, tidak hanya berguna untuk merangsang pertumbuhan jaringan kulit.

Namun, studi lain mengungkapkan bahwa senyawa tersebut sangat potensial untuk mengobati penyakit kanker karena sifatnya yang multi-targeting, sehingga mampu mengganggu proses tumorigenik dan menangkal karsinogenesis hingga angiogenesis.

10. Atasi Asma

Manfaat habbatussauda untuk mengatasi asma bisa didapat dengan rutin mengonsumsi produk tersebut secara rutin di pagi dan malam hari. Untuk hasil lebih baik, Anda bisa mencampur ekstrak habbatussauda dengan segelas air hangat dan sesendok madu. Selain itu, hindari konsumsi makanan/minuman dingin dan hal-hal yang memicu alergi.

11. Obati Radang Sendi

Habbatussauda juga bermanfaat untuk mengobati radang sendi. Khasiat habbatussauda untuk hal ini bisa dirasakan dengan rutin mengonsumsi habbatussauda dalam bentuk kapsul.

Hal ini karena habbatussauda memiliki kandungan protein serta antioksidan yang bersifat antiinflamasi, sehingga sangat cocok untuk mengobati berbagai keluhan akibat peradangan, termasuk pada sendi.

12. Atasi Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi peradangan kronis yang ditandai dengan adanya bercak merah dan bersisik pada kulit. Produk obat luar yang mengandung habbatussauda dan bahan lain, diyakini dapat mengatasi kondisi ini.

13. Bantu Atasi Gangguan Pencernaan

Terkait kondisi pencernaan, ada manfaat habbatussauda untuk lambung yang bisa dirasakan dengan rutin mengonsumsi produk tersebut. Hal ini karena dalam habbatussauda terdapat kandungan minyak atsiri yang baik untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

14. Jaga Kesehatan Hati

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit dan membantu cegah kanker, kandungan thymoquinone pada habbatussauda juga baik untuk hati. Senyawa ini dipercaya mampu melindungi organ hati dari kerusakan dengan mekanisme tertentu. Untuk itu, agar mendapat manfaat ini, sebaiknya Anda rajin mengonsumsi habbatussauda.

15. Perkuat Daya Tahan Tubuh

Daya tahan atau imun tubuh yang lemah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya, Anda akan mudah jatuh sakit. Oleh sebab itu, imun tubuh harus dijaga dengan baik, agar senantiasa kuat dan bisa mencegah masuknya patogen penyebab penyakit.

Nah, habbatussauda dapat membantu Anda dalam hal tersebut. Kandungan antioksidan seperti thymoquinone dan flavonoid yang terdapat didalamnya dipercaya mampu mengoptimalkan fungus pertahanan tubuh.

Itulah 15 manfaat habbatussauda untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi produk-produk habbatussauda.

Produk-produk habbatussauda bisa Anda dapatkan di apotik terdekat. Namun, jika ingin lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan aplikasi K24Klik untuk membeli produk-produk tersebut juga berbagai vitamin dan obat-obatan lainnya secara online.

Harga habbatussauda juga sangat terjangkau, misalnya Habbatussauda Cap Kurma Ajwa Kapsul hanya Rp55.744 per pcs. Tanpa harus keluar rumah, kebutuhan produk kesehatan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Segera unduh aplikasi K24Klik secara gratis di Play Store atau App Store, dan nikmati kemudahan berbelanja di apotik online dengannya.

Referensi:

  1. The Health Benefit of Black Seed Oil (Habbatus Sauda), https://www.holisticpharmacy4u.com/the-health-benefit-of-black-seed-oil–habbatus-sauda-# (Diakses 23 Februari 2023, pukul 22.07 WIB)
  2. Black Seed Oil: Health and Beauty Benefits, https://www.healthline.com/nutrition/black-seed-oil-benefits (Diakses 23 Februari 2023, pukul 22.30 WIB)
  3. Black Seed Oil for Male Infertility, https://www.myblackseed.ca/black-seed-oil-for-male-infertility/ (Diakses 23 Februari 2023, pukul 23.07 WIB)
  4. Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan, https://www.fimela.com/beauty/read/4322842/manfaat-habbatussauda-untuk-kecantikan (Diakses 23 Februari 2023, pukul 23.11 WIB)
  5. Thymoquinone as a Potential Adjuvant Therapy for Cancer Treatment: Evidence from Preclinical Studies, https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fphar.2017.00295/full (Diakses 24 Februari 2023, pukul 13.01 WIB)
  6. Histamine, https://www.thefreedictionary.com/histamine (Diakses 24 Februari 2023, pukul 13.20 WIB)