15 Manfaat Garam untuk Kesehatan Tubuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

manfaat garam untuk kesehatan tubuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Tidak hanya sekedar penyedap rasa, garam memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Berbagai manfaat garam untuk kesehatan tubuh diantaranya adalah mengatasi sariawan, mencegah dehidrasi hingga meredakan gejala eksim.

Konsumsi garam berlebihan sering kali dikaitkan dengan hipertensi hingga stroke. Namun, apabila digunakan secara tepat ternyata manfaat garam untuk kesehatan tubuh sangatlah beragam.

Asupan garam harian sendiri tergantung pada usia seseorang. Untuk orang dewasa, sebaiknya tidak lebih dari 1 sendok teh atau 5 gram dalam sehari. Sedangkan untuk anak-anak, anjuran mengonsumsi garam berbeda-beda mulai dari 1 hingga 5 gram sehari.

Baca juga: Mengenal Jenis Garam hingga Garam untuk Penderita Hipertensi

Manfaat Garam untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya menjadi penyedap rasa, garam memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan sodium yang ada dalam garam. Berikut ini merupakan beberapa manfaat garam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Sariawan

Sariawan buat Anda tidak nyaman beraktivitas dan kesulitan mengunyah makanan? Tenang, Anda dapat melarutkan garam dengan air hangat untuk mengatasinya.

Larutan air garam tadi gunakan untuk membilas mulut dan ampuh bekerja dalam meredakan rasa sakit sariawan. Anda dapat mengulangi cara ini beberapa kali dalam sehari sampai sariawan sembuh.

lososa-garam-rendah-natrium

Beli Lososa Garam Rendah Natrium Klik di Sini

2. Mencegah Dehidrasi

Keseimbangan elektrolit dalam tubuh sangat penting untuk memaksimalkan fungsi organ berjalan dengan baik. Jika kekurangan elektroklit atau dehidrasi, tubuh akan mulai menunjukkan beberapa gejala seperti mual, kram otot dan juga diare.

Anda dapat memanfaatkan larutan air garam untuk mencegah dehidrasi terutama setelah beraktivitas berat. Larutan garam bekerja ampuh dalam memulihkan hilangnya cairan tubuh secara cepat sehingga keseimbangan elektrolit dalam tubuh pun tetap terjaga.

3. Bantu Meredakan Gejala Eksim

Kandungan magnesium dalam garam dapat membantu Anda untuk meredakan gejala eksim. Caranya cukup berendam menggunakan larutan air garam selama beberapa saat, pastikan suhu air hangat sehingga sekaligus ampuh memberikan efek menenangkan.

4. Mencegah Penyakit Gondok

Manfaat utama ketika Anda mengonsumsi garam adalah menurunkan resiko terserang penyakit gondok. Penyakit ini akan  menimbulkan benjolan tidak wajar di leher yang disebabkan oleh defisiensi yodium.

Anda cukup mengganti penggunaan garam harian menjadi garam beryodium secara rutin. Pastikan untuk tidak melebihi anjuran batas asupan garam agar tidak menyebabkan berbagai dampak buruk seperti hipertensi.

5. Mencegah Tekanan Darah Rendah

Mengonsumsi garam diketahui ampuh untuk meningkatkan tekanan darah. Ini dapat menjadi cara andalan Anda dalam mengatasi tekanan darah rendah yang berpotensi menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti lemas, pusing hingga mudah pingsan.

nutrisalin-garam-diet

Beli Nutrisalin Garam Diet Klik di Sini

6. Mengobati Kekelahan pada Kaki

Beraktivitas seharian membuat kaki Anda lelah dan terasa pegal? Tenang, manfaatkan air garam untuk mengatasinya secara praktis.

Cukup larutkan garam dengan air hangat, lalu gunakan untuk merendam kaki. Cara ini akan membantu Anda merelaksasi otot-otot tegang usai aktivitas, mengurangi peradangan dan meredakan nyeri otot ataupun pegal pada kaki.

Mengapa bisa? Hal ini dikarenakan garam ampuh berperan sebagai antiradang dipadukan dengan air hangat yang memberikan efek relaksasi. Jika ingin lebih maksimal sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada kaki, tambahkan minyak esensial pada air garam.

7. Mengurangi Bau Mulut

Bakteri merupakan salah satu penyebab bau mulut. Nah, salah satu manfaat kumur air garam adalah mengurangi bau mulut sekaligus menjaga kesehatan mulut. Garam diketahui ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyabab bau mulut.

8. Meredakan Sakit Gigi

Nyeri saat sakit gigi membuat aktivitas Anda terganggu? Cara paling praktis yang dapat Anda coba adalah melarutkan garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama beberapa kali dalam sehari, sakit gigi pun akan mereda.

Kandungan antibakteri dan juga antiradang pada garam secara efektif melawan bakteri penyebab sakit gigi. Tidak hanya itu, garam juga akan membantu Anda mengurangi peradangan akibat infeksi pada gigi.

9. Detoksifikasi

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan air garam untuk detoksifikasi atau membuang racun pada tubuh. Ini merupakan cara paling mudah untuk menjaga metabolisme tubuh, sekaligus menurunkan resiko penyakit-penyakit berbahaya.

10. Bantu Mengelola Stress

Apakah saat ini Anda merasa pikiran kalut dan stress? Mengonsumsi air garam hangat ternyata dapat membantu Anda untuk mengelola stress.

Garam yang dilarutkan ke dalam air hangat dapat memberikan efek relaksasi sehingga pikiran Anda pun menjadi lebih tenang dan positif.

11. Sumber Ion yang Baik untuk Tubuh

Tahukah Anda bahwa kekurangan ion dapat membuat tubuh mudah lemas atau kelelahan? Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan air garam. Hal ini dikarenakan garam mengandung ion dalam jumlah cukup besar yang ampuh menjaga stamina tubuh.

Cara memanfaatkan garam sebagai sumber ion yang baik untuk tubuh pun sangatlah mudah. Anda cukup melarutkan garam ke dalam segelas air hangat, lalu konsumsi setiap pagi untuk memastikan pasokan ion ampuh mendukung aktivitas padat seharian.

12. Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Garam juga diketahui mengandung mineral yang baik dalam membantu kesehatan tulang tetap terjaga. Mineral ini berperan penting dalam menambah massa tulang sekaligus membuat tulang menjadi lebih kuat.

garena-garam-rendah-natrium

Beli Garena Garam Rendah Natrium Klik di Sini

Manfaat Garam untuk Kesehatan Wajah

Tidak hanya kesehatan tubuh, garam juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan wajah sepertii mengatasi jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Berikut ini merupakan beberapa manfaat garam untuk kesehatan wajah yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Jerawat

Larutan air garam memiliki sifat antibakteri yang ampuh untuk menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan magnesium dalam larutan air garam juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit dampak dari munculnya jerawat.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis garam dapat dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan garam dapur ataupun garam himalaya dan pastikan wajah dalam kondisi bersih sebelum mengaplikasikan air garam.

2. Mengurangi Minyak Berlebih

Wajah terlihat kusam dan juga mudah jerawatan bisa saja disebabkan karena minyak berlebih yang membuat kulit wajah kotor. Anda dapat memanfaatkan air garam untuk membantu mengurangi minyak berlebih sehingga kulit wajah jadi lebih bersih.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Eksfoliasi adalah cara terbaik untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Ini akan membantu kulit wajah Anda terlihat lebih cerah dan juga lebih halus.

Tekstur butiran-butiran kecil dari garam efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati atau membersihkan kulit wajah. Namun, perlu diketahui bahwa cara ini mungkin membuat kulit wajah kering sehingga perlu bantuan pelembab untuk menjaga kesehatannya.

Hentikan penggunaan air garam pada kulit wajah, apabila Anda mengalami beberapa efek samping di bawah ini:

  • Kulit kemerahan
  • Gatal-gatal
  • Kulit mengelupas
  • Perubahan warna kulit, seperti munculnya flek hitam

Nah, itulah tadi beberapa manfaat garam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk terus memerhatikan asupan garam harian Anda agar tidak berlebihan dan mendapatkan khasiat kesehatan secara lebih efektif.

Beli obat, vitamin ataupun susu tanpa perlu ribet? K24Klik solusinya! Kami siap melayani pembelian obat online 24 jam nonstop dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat. Download aplikasi kami di Play Store ataupun App Store, semua jadi beres!

Referensi:

https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-salt-uses diakses pada 4 Agustus 2023

https://www.healthline.com/health/washing-face-with-salt-water#:~:text=As%20for%20the%20benefits%20of,draw%20out%20dirt%20and%20oil diakses pada 7 Agustus 2023