15 Obat Jerawat Alami Paling Ampuh dan Terbukti

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat jerawat alami paling ampuh dan terbukti

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda memerlukan obat jerawat alami paling ampuh dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan kulit berjerawat.

Jerawat biasanya timbul karena pori-pori yang tersumbat oleh debu atau kotoran. Tidak hanya membuat penampilan terganggu, jerawat juga dapat memicu peradangan di kulit serta meninggalkan bekas noda hitam saat menghilang. Oleh karena itu, menggunakan obat jerawat alami pun dapat menjadi salah satu solusi efektif untuk Anda.

Anda dapat membuat obat alami jerawat sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah, maupun membelinya di apotik.

Rekomendasi Obat Jerawat Alami Paling Ampuh dan Terbukti

Untuk menghilangkan jerawat, Anda dapat menggunakan obat herbal yang dapat dibuat sendiri di rumah. Anda dapat mencoba menggunakan beberapa rekomendasi obat jerawat alami paling ampuh di bawah ini. Namun apabila ingin mencegah jerawat, saat ini juga tersedia banyak suplemen di apotik yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Baca juga: 15 Obat Jerawat di Apotik Paling Ampuh dan Bekasnya jadi Hilang

1. Kemangi

Sifat antimikroba dari daun kemangi dapat menjadi obat jerawat alami yang ampuh untuk Anda gunakan. Bagaimana cara kerja kemangi dalam mengobati jerawat? Tanaman obat ini ampuh untuk mencegah pertumbuhan ataupun membunuh bakteri penyebab jerawat bernama propionibacterium acnes.

2. Chamomile

Chamomile populer digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit termasuk jerawat. Sifat antioksidan, antibakteri dan juga anti peradangan dari chamomile membuatnya ampuh menjadi obat jerawat yang alami. Tanaman obat ini dapat meringankan kemerahan ataupun iritasi yang terjadi saat jerawat muncul.

Tidak hanya mengatasi jerawat, chamomile juga dapat membantu proses regenerasi kulit Anda. Tenang saja, saat ini sudah banyak suplemen kesehatan maupun teh herbal yang mengandung chamomile untuk Anda konsumsi.

3. Minyak Kelapa

Jerawat dapat menyebabkan peradangan pada kulit, kemudian memicu kemerahan ataupun iritasi. Nah, minyak kelapa ini dapat menjadi salah satu obat alami jerawat karena manfaat tersebut dan juga sifat anti bakteri dari asam lemaknya. Penelitian telah membuktikan bahwa kandungan dalam minyak kelapa ini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Mutia Virgin Coconut Oil dapat menjadi salah satu minyak kelapa pilihan Anda dan tersedia di apotik dengan kisaran harga Rp 59 ribu per botol.

obat jerawat alami minyak kelapa mutia virgin coconut oil

Beli Mutia Virgin Coconut Oil Klik di Sini

4. Geranium

MInyak geranium terbukti ampuh untuk mengurangi pembengkakkan termasuk pada kulit karena memiliki sifat antimikroba. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk suplemen atau bentuk encer untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, minyak geranium juga dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit serta  mengangkat sel kulit mati.

5. Witch Hazel

Sifat anti inflamasi dalam witch hazel dapat membantu Anda untuk mengobati jerawat. Lalu, bagaimana cara menggunakannya? Anda dapat mengaplikasikannya secara langsung pada area kulit yang berjerawat. Witch hazel bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah terjadinya infeksi kulit lainnya.

Anda juga dapat menggunakan Erha Acneact WItch Hazel & Chamomile Acne Blemish Toner yang mengandung ekstrak witch hazel dan juga chamomile. Beli di K24Klik dijamin 100% asli dengan kisaran harga Rp 113 ribuan per pcs.

obat jerawat alami erha acneact witch hazel chamomile acne blemish toner

Beli Witch Hazel & Chamomile Acne Blemish Toner

6. Hibiscus

Tidak hanya sekedar menjadi bunga yang cantik dan unik, Hibiscus ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Sifat antioksidan, anti inflamasi dan juga anti penuaannya sangat ampuh untuk menjaga kesehatan kulit, membuatnya cerah dan bercahaya.

Anda dapat menggunakan hibiscus menjadi masker alami untuk jerawat. Apabila Anda mencampurkannya dengan susu, obat jerawat yang alami ini juga dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan mencegah penuaan diri. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam laktat yang mendukung pembentukan kolagen dan membuat kulit kenyal alami.

7. Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh

Tea tree oil biasanya terbuat dari daun pohon Australia dan telah banyak digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba dalam minyak pohon teh terbukti ampuh untuk mengobati jerawat yang disertai dengan peradangan pada kulit. 

8. Lidah Buaya

Kandungan beberapa senyawa aktif sepeti flavonoid, aloin dan juga vitamin memberikan efek antiradang, antibakteri dan juga antioksidan untuk kulit. Ini membuat gel lidah buaya ampuh untuk mengurangi bakteri penyebab jerawat bahkan dapat menjadi cara menghilangkan jerawat secara praktis.

9. Madu

Madu diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk dalam mengatasi permasalahan kulit yaitu jerawat. Sifat antibakteri dan antiseptik hidrogen peroksida pada madu paling ampuh dan terbukti mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, efek anti peradangan yang dimiliki oleh madu dapat bantu mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat. Anda dapat menggunakan madu TJ murni di K24Klik dengan kisaran harga mulai dari Rp 25 ribuan per botol.

obat jerawat alami madu tj murni

Beli Madu TJ Murni Klik di Sini

10. Teh Hijau

Kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau ampuh untuk mengatasi kulit berminyak dan jerawat. Anda dapat menjadikannya masker alami untuk jerawat dengan mencampurkannya bersama madu atau gel lidah buaya. Jika ingin menjadikannya sebagai facemist juga sangat mudah, cukup isi botol spray dengan teh hijau yang sudah didinginkan.

Jika ingin lebih praktis, minum saja seduhan teh hijau secara rutin dua atau tiga kali sehari. Atau menggunakannya sebagai kompres yang secara langsung ditempelkan pada area berjerawat selama kurang lebih 30 menit. Pastikan kantoh teh hijau sudah disimpan di kulkas selama beberapa waktu terlebih dahulu agar lebih memberikan efek rileks.

11. Yogurt

Masker alami untuk jerawat juga dapat Anda buat menggunakan yogurt plain. Beberapa kandungan bakteri baik dalam yogurt dapat secara aktif bantu Anda mengatasi iritasi kulit, peradangan dan juga jerawat. Tidak hanya dibuat masker, meminum olahan yogurt secara langsung juga dapat memberikan nutrisi baik untuk tubuh termasuk juga kulit.

Anda dapat membeli yogurt siap minum di K24Klik seperti Cimory Yogurt Drink Plain atau Heavenly Blush Yogurt Plain dengan kisaran harga Rp 10 ribuan per botol.

obat jerawat alami yogurt cimory plain

Beli Cimory Yogurt Drink Plain Klik di Sini

12. Kunyit

Tahukah Anda kalau rempah kunyit tidak hanya bisa menjadi bumbu masakan tetapi juga menjadi masker perawatan kulit? Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit madu dengan kunyit yang sudah dihaluskan lalu mengoleskannya ke area berjerawat. Ini dapat menjadi masker alami jerawat yang ampuh sebagai anti bakteri dan anti inflamasi.

Jika ingin memanfaatkan kunyit untuk jamu kesehatan dan mencegah permasalahan kulit, Anda dapat mengonsumsi Kunyit Sidomuncul Kapsul. Suplemen herbal yang tersedia di K24Klik ini dapat Anda beli dengan kisaran harga Rp 78 ribuan per pcs.

obat jerawat alami kunyit sidomuncul kapsul

Beli Sari Kunyit Sidomuncul Klik di Sini

13. Cuka Apel

Tidak hanya jerawat, bekasnya yang berupa noda hitam juga dapat membuat Anda tidak nyaman. Salah satu cara alami yang efektif untuk mengurangi tampilan bekas jerawat dengan mendukung regenerasi kulit adalah menggunakan cuka apel. Anda dapat sedikit mengoleskannya secara langsung di area bekas jerawat.

Anda dapat membeli Tahesta Cuka Apel sebagai solusi instan dibandingkan dengan meremas cairan dari lumatan apel terlebih dahulu. Produk ini tersedia di K24Klik dengan kisaran harga Rp 59 ribuan per botol.

obat jerawat alami tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

14. Mentimun

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan mentimun untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan tinggi, vitamin dan juga asam amino dalam mentimun paling ampuh dan terbukti aman sebagai obat jerawat alami. Anda dapat menjadikannya sebagai masker pada kulit yang berjerawat secara teratur.

15. Oatmeal

Sifat anti inflamasi dari oatmeal juga dapat menjadi obat jerawat alami yang ampuh dengan cara meredakan iritasi di kulit. Anda dapat menggunakan Quaker Instant Oatmeal dicampur dengan air sampai mengental dan oleskan ke area berjerawat. Pastikan untuk membilasnya secara bersih saat sudah selesai.

obat jerawat alami quaker instan oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

Selama menggunakannya dengan cara yang benar, obat-obatan alami di atas dapat menjadi cara ampuh dan terbukti aman untuk menghilangkan jerawat. Anda mungkin perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis untuk mengenali kondisi kulit terlebih dahulu sebelum menggunakan berbagai produk herbal atau masker wajah.

Solusi permasalahan kulit anti ribet? Yuk pesan saja obat, vitamin maupun susu kesehatan di K24Klik. Kami siap antar sampai ke depan rumahmu dengan jaminan produk 100% asli dan terlengkap. Aplikasi K24Klik tersedia di Play Store dan juga App Store, dapatkan manfaatnya untuk Anda sekarang juga!

Referensi:

https://www.wellandgood.com/best-plants-to-fight-acne/ diakses pada 5 Mei 2023

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/herbs-for-acne diakses pada 5 Mei 2023