15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat dapat Anda coba terapkan menggunakan bahan herbal yang mudah ditemukan.

Flek hitam atau kemerahan pada kulit wajah usai jerawat menghilang tentunya dapat mengganggu kepercayaan diri. Anda perlu mengetahui apa saja cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat untuk mengatasinya.

Tidak hanya bekerja ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat, beberapa bahan herbal juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah. Apabila memanfaatkan herbal masih belum manjur, Anda juga dapat mencoba perawatan klinis untuk bekas jerawat.

Baca juga: 15 Obat Jerawat Alami Paling Ampuh dan Terbukti

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Cepat

Memanfaatkan bahan herbal yang mudah ditemukan, Anda dapat mencoba berbagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat di bawah ini.

1. Masker Madu

Kandungan antibakteri dalam madu memiliki manfaat baik untuk menyamarkan bekas jerawat di pipi. Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan madu untuk mengatasi bekas jerawat merah ataupun hitam di pipi?

Anda dapat mengoleskan langsung madu murni pada area wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Langkah ini dapat diulangi beberapa kali dalam seminggu.

cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan madu murni

Beli Madu Murni Nusantara Klik di Sini

2. Lidah Buaya

Bekas jerawat hilang dalam 1 hari? Anda dapat mencoba untuk mengkombinasikan lidah buaya bersama dengan madu dan juga air perasan lemon. Kombinasi herbal dengan bahan utama gel lidah buaya ini ampuh dalam menyamarkan bekas jerawat secara instan.

Lidah buaya bekerja ampuh dalam melembabkan kulit dan juga memperbaiki tekstur kulit. Tidak hanya itu, vitamin C dari lemon dapat mencerahkan kulit sehingga otomatis menyamarkan noda bekas jerawat.

Sedangkan peran herbal madu adalah menjadi antimikrobal yang ampuh menyembuhkan luka bekas jerawat.

3. Teh Hijau

Mengatasi bekas jerawat tidak cukup hanya dari perawatan luar saja, tetapi juga nutrisi dari dalam. Antioksidan tinggi dalam teh hijau dapat memberikan nutrisi baik untuk kesehatan kulit sehingga bekas jerawat memudar.

Anda dapat menyeduh teh hijau dan rutin mengonsumsinya setiap hari. Kemudian, teh hijau juga dapat diolah menjadi masker wajah untuk lebih cepat menyamarkan bekas jerawat.

4. Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit yang diolah menjadi masker wajah dapat membantu regenerasi kulit sehingga bekas jerawat pun memudar. Masker alami yang satu ini juga ampuh untuk menjadikan kulit lebih cerah.

Lalu, bagaimana cara kerja kunyit dalam mengatasi bekas jerawat? Anti inflamasi pada kunyit ampuh dalam menangani peradangan kulit saat jerawat sekaligus memperbaiki tekstur akibat bekas luka pada kulit wajah.

5. Es Batu

Mengkompres wajah menggunakan es batu dapat membantu Anda dalam meredakan bekas jerawat. Anda cukup menempelkan es batu pada kulit wajah yang memiliki bekas jerawat dan gerakkan putar-putar secara perlahan untuk 15-20 menit.

Es batu juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengecilkan pori-pori dan juga meremajakan kulit.

6. Mentimun

Kandungan vitamin A, C dan juga magnesium dalam mentimun dapat membantu Anda menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, kulit juga dapat terhidrasi dan lebih kenyal.

Cukup iris tipis-tipis mentimun yang sudah dicuci bersih, kemudian langsung letakkan pada area wajah yang memiliki bekas jerawat. Anda dapat melakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Ekstrak Biji Anggur

Meski tidak bekerja cepat, ekstrak biji anggur yang telah diolah menjadi suplemen dapat menjadi nutrisi baik untuk bantu memudarkan bekas jerawat. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, ekstrak biji anggur ampuh untuk meratakan warna kulit wajah.

Dengan warna kulit yang merata, noda hitam ataupun kemerahan bekas jerawat pun dapat tersamarkan. Selain itu, omega-6 dalam ekstrak biji anggur juga dapat meningkatkan kelembapan kulit.

8. Bawang Merah

Kaya akan kandungan vitamin C, bawang merah dapat membantu Anda untuk menyamarkan noda bekas jerawat di wajah. Bagaimana cara memanfaatkannya? Cukup campurkan air perasan bawang merah dengan yogurt kemudian aplikasikan ke wajah.

Campuran air perasan bawang merah dan yoghurt tadi dapat Anda gunakan sebagai scrub. Oleskan ke kulit wajah kemudian pijat-pijat perlahan selama beberapa menit. Setelah itu, segera bilas wajah Anda dengan air bersih.

Tidak hanya memudarkan bekas jerawat, bawang merah juga dapat membuat tampilan wajah menjadi lebih cerah dan tekstur kulit yang halus.

9. Kentang

Bukan hanya menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh, kentang ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan nutrisi dalam kentang dapat membantu Anda untuk menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan sekaligus menghaluskan kulit.

Cara memanfaatkannya pun sangat mudah, Anda cukup mengoleh kentang menjadi masker dengan cara diparut ataupun diblender. Setelah itu, oleskan langsung ke area dengan bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit.

10. Putih Telur

Putih telur sendiri telah banyak digunakan untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah. Dengan membuat kulit wajah lebih cerah, masker putih telur juga ampuh bekerja dalam menyamarkan bekas jerawat merah ataupun hitam di pipi.

11. Alpukat

Kaya akan kandungan vitamin A, B, C dan juga vitamin E membuat alpukat menjadi buah yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Dengan mengolahnya menjadi masker, alpukat dapat membantu Anda untuk menghilangkan bekas jerawat.

cara menghilangkan bekas jerawat nutrahealth vitamin e

Beli Nutrahealth Vitamin E Klik di Sini

12. Minyak Zaitun

Jerawat sering kali meninggalkan bekas seperti bopeng akibat sel kulit mati yang belum terangkat. Untuk membantu regenerasi kulit wajah dan memudarkan bekas jerawat, Anda dapat memanfaatkan minyak zaitun.

Cara paling mudah untuk memanfaatkan minyak zaitun guna menghilangkan bekas jerawat adalah menjadikannya sebagai minyak pembersih. Dengan teknik double cleansing, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun ke wajah dan memijatnya perlahan.

Ketika kotoran-kotoran di wajah sudah mulai terlihat keluar, siapkan lap yang sudah dibasahi air hangat untuk membersihkan wajah. Terakhir, bersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka.

cara menghilangkan bekas jerawat herborist minyak zaitun

Beli Herborist Minyak Zaitun Klik di Sini

13. Pepaya

Enzim papain dan chymopapain dalam pepaya memiliki manfaat baik untuk kecantikan kulit, termasuk memudarkan bekas jerawat. Selain itu, pepaya juga dapat mencerahkan kulit wajah dan mengurangi kerutan.

14. Tomat

Kaya akan kandungan vitamin A, C dan juga likopen membuat tomat memiliki manfaat baik untuk kecantikan kulit termasuk memudarkan bekas jerawat.

Haluskan tomat dicampur dengan madu secukupnya, kemudian gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lamanya sebelum membilas bersih menggunakan air. Cara ini dapat Anda ulangi untuk 2-3 kali dalam seminggu.

15. Bengkoang

Sari pati bengkoang diketahui ampuh dalam mencerahkan kulit. Dengan manfaat tersebut, bengkoang juga ampuh dalam menyamarkan noda bekas jerawat.

Pertama-tama, Anda harus mengupas dan mencuci bersih bengkoang terlebih dahulu. Setelah itu, parut dan rendam menggunakan sedikit air sebelum mengaplikasikannya pada kulit wajah.

Itulah tadi berbagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat yang dapat Anda coba. Apabila menginginkan hasil yang lebih optimal, Anda dapat memanfaatkan perawatan klinis menggunakan Acnes Spot Care.

Butuh obat, vitamin ataupun susu tanpa perlu repot? K24Klik andalannya! Aplikasi beli obat online yang tersedia di Play Store dan juga App Store, kami siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/expert-answers/acne-scars/faq-20058101 diakses pada 15 September 2023

https://www.healthline.com/health/acne-scars#depressed-scars diakses pada 15 September 2023