Ketoconazole Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

ketoconazole-obat-apa_manfaat-dosis-dan-efek-samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Ketoconazole adalah obat yang berfungsi untuk mengobati berbagai infeksi jamur yang menyerang kulit seperti kurap, kutu air, ketombe dan juga panu. Obat ini tersedia di apotik dalam bentuk tablet, krim dan juga shampo.

Bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan hingga membunuh jamur penyebab infeksi, ketoconazole jadi salah satu obat anti jamur paling ampuh di apotik. Obat ini juga dapat meredakan iritasi dan kulit kemerahan akibat penggunaan krim ataupun shampo.

Panu, kurap, kutu air, ketombe merupakan beberapa dampak dari infeksi jamur pada kulit yang dapat membuat Anda tidak nyaman dan kurang percaya diri. Jika tidak segera diatasi, infeksi jamur dapat semakin menyebar dan menimbulkan masalah kesehatan lebih serius.

Baca juga: 15 Obat Panu Paling Ampuh dan Cepat Hilang di Apotik

Manfaat Ketoconazole

Obat ini ampuh untuk mengobati berbagai permasalahan kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari ketoconazole yang perlu Anda ketahui.

  • Mengobati infeksi jamur pada kulit seperti kutu air, kurap, panu dan juga ketombe
  • Bantu memulihkan kondisi kulit pityriasis yang mengakibatkan pencerahan ataupun penggelapan pada beberapa bagian kulit
  • Mengatasi infeksi jamur sistemik seperti histoplasmosis dan juga blastomycosis
  • Bermanfaat dalam mendukung pengobatan penyakit sindrom cushing

Komposisi Ketoconazole

Kandungan tunggal dari obat anti jamur ini adalah ketoconazole. Pada beberapa kasus, penggunaan obat ketoconazole mungkin saja dikombinasikan dengan kandungan lainnya untuk meningkatkan efektivitas obat.

Apabila berinteraksi dengan beberapa kandungan obat di bawah ini, potensi terjadinya efek samping ketoconazole akan meningkat. Selain itu, efektivitas diantara kedua obat juga menurun dan memiliki resiko membahayakan.

  • Alprazolam
  • Buprenorfin
  • Disopiramid
  • Ergotamin
  • Ibuprofen
  • Kortison
  • Dexamethasone
  • Lovastatin  
  • Simvastatin
  • Venetoclax

Untuk penggunaan ketoconazole bersama beberapa zat aktif obat di atas lebih baik untuk dihindari atau konsultasikan bersama dokter terlebih dahulu.

Selain beberapa kandungan yang kontraindikasi, penggunaan ketoconazole bersama dengan obat di bawah ini juga dapat memicu efek samping. Meskipun kecil kemungkinannya, Anda tetap perlu mempertimbangkan penggunaan secara bersamaan.

  • Amobarbital
  • Cafein
  • Fluvastatin
  • Gentamicin
  • Loratadin
  • Meloxicam  
  • Nifedipin

Jenis Ketoconazole

Obat anti jamur yang satu ini tersedia di apotek dalam bentuk tablet, krim atau salep dan juga shampoo. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga usia, dengan catatan mengikuti anjuran dosis yang tertera pada kemasan ataupun saran dokter.

1. Ketoconazole Tablet

obat ketoconazole tablet 200mg

Beli Ketoconazole Tablet Klik di Sini

Jenis obat ketoconazole yang pertama adalah tablet. Dosis yang biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi adalah ketoconazole tablet 200mg.

Dengan bentuk tablet, jenis ketoconazole ini lebih cocok dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak berusia lebih dari 12 tahun. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini setelah makan dan konsultasikan bersama dokter ahli jika memiliki kondisi kesehatan khusus.

Ketoconazole generik sendiri diproduksi oleh banyak pabrik mulai dari kimia farma, hexpharm, promed hingga dexa.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/strip

obat ketoconazole nizol

Beli Nizol Klik di Sini

Selain ketoconazole generik, Anda juga dapat mengonsumsi versi patennya seperti Nizol 200mg, anfuhex, zoloral dan juga solinfec.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tablet

2. Ketoconazole Salep atau Krim

obat salep ketoconazole

Beli Salep Ketoconazole Klik di Sini

Salah satu jenis obat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit adalah ketoconazole cream atau salep. Nah, salep ketoconazole sendiri diproduksi oleh Kimia Farma, Dexa, Mulia, Hexpharm, IF dan juga Novell.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tube

obat ketoconazole solinfec

Beli Solinfec Klik di Sini

Ketoconazole cream juga tersedia versi patennya seperti Solinfec, Sporex dan juga Anfuhex. Cara penggunaan obat ini juga sangat mudah, cukup oleskan secara tipis-tipis pada bagian kulit yang terinfeksi jamur.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/tube

3. Ketoconazole Shampoo

obat ketoconazole shampoo ketomed

Beli Ketomed Shampo Klik di Sini

Ketombe buat Anda tidak nyaman? Tidak cukup dengan pengobatan dari dalam, Anda memerlukan obat luar dengan bentuk shampoo. Anda dapat mengandalkan Ketoconazole Shampoo untuk mengatasi ketombe secara ampuh dan tentunya aman.

Cara penggunaan obat ini pun mudah, cukup cuci rambut 2 kali seminggu. Setelah dituang ke rambut, biarkan 3-5 menit lalu segera bilas. Pastikan untuk selalu membilas rambut secara bersih hingga ke kulit kepala agar tidak menimbulkan kotoran penyebab ketombe.

Kisaran harga: Rp 62 ribu/botol

obat ketoconazole ketomed gel

Beli Ketomed Gel Klik di Sini

Selain ketiga jenis obat ketoconazole di atas, obat anti jamur ini juga tersedia dalam versi gel dan juga lotion. Anda dapat membeli Ketomed Gel dan juga Erazol Lotion dengan kandungan ketoconazole di apotek online K24Klik.

Dosis dan Aturan Pakai Ketoconazole

Obat ketoconazole yang dikemas dalam bentuk tablet biasanya memiliki dosis 200 mg. Anjuran penggunaan obat ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga usia dari pasien.    

Dalam beberapa kondisi kesehatan khusus seperti sindrom cushing, anjuran penggunaan ketoconazole mungkin dapat mencapai hingga 800 mg per hari. Pastikan untuk mengikuti dosis yang telah tertera di kemasan atau sesuai saran dokter.

Peringatan Tentang Ketoconazole

Perlu diketahui bahwa obat dengan kandungan dofetilide, quinidine, pimozide,   dan beberapa kandungan lainnya memiliki kontraindikasi dengan ketoconazole. Apabila dikonsumsi secara bersamaan, bisa saja mengurangi efektivitas dari obat tersebut.

Penggunaan obat ketoconazole jenis tablet disarankan ketika jenis atau kandungan obat lainnya sudah tidak efektif. Hal ini dikarenakan potensi resiko dari penggunaannya dapat berpengaruh pada kesehatan hati dan ginjal.

Efek Samping dan Bahaya Ketoconazole

Penggunaan obat-obatan juga perlu untuk memerhatikan beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Dalam pengobatan infeksi jamur dengan ketoconazole, berikut ini merupakan beberapa efek samping yang perlu Anda ketahui.

Ketoconazole untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Penggunaan obat ketoconazole pada ibu hamil masuk ke dalam kategori C, yang artinya mungkin saja memiliki efek membahayakan untuk janin. Namun belum ada data penelitian lebih lanjut seberapa besar efek merugikannya pada manusia.

Sedangkan untuk ibu menyusui, ketoconazole termasuk obat yang larut dalam ASI dan bisa saja terserap oleh si kecil. Namun, obat ini belum diketahui apakah memiliki dampak buruk pada pertumbuhan si kecil dan juga kualitas ASI dari ibu.

Bagaimanapun, mengonsumsi obat disarankan ketika lebih banyak memberikan manfaat dibandingkan resikonya. Baik ibu hamil maupun ibu menyusui, lebih baik untuk menghindari penggunaan obat-obatan terlebih dahulu apabila tidak dalam kondisi darurat.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai obat ketoconazole yang perlu Anda ketahui. Apabila merasa infeksi jamur semakin parah dan menyebar, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Beli obat tanpa ribet? Tenang, aplikasi K24Klik siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat. Dapatkan aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, beli obat lebih sekarang juga!

Referensi:

https://reference.medscape.com/drug/nizoral-ketoconazole-342592 diakses pada 11 Juli 2023

https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/ketoconazole-topical-route/proper-use/drg-20067739?p=1#:~:text=Ketoconazole%20is%20used%20to%20treat,ringworm%20of%20the%20foot)%3B diakses pada 11 Juli 2023

https://www.nhs.uk/medicines/ketoconazole/#:~:text=It%20works%20by%20killing%20the,are%20irritated%20or%20red%20skin diakses pada 11 Juli 2023