15 Obat Kutu Air yang Ampuh di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat kutu air merupakan jenis obat yang mampu mengatasi masalah infeksi jamur di sela jari kaki atau disebut tinea pedis. Kutu air dapat menginfeksi kaki orang yang mudah berkeringat ketika menggunakan sepatu. Penyakit kutu air ditandai dengan ruam kemerahan, kulit bersisik di antara sela-sela kaki, dan terasa gatal.

Penyakit kulit ini dapat menular dan menyebar melalui kontak langsung maupun dari barang yang digunakan oleh pengidap, seperti handuk, sprei, sepatu, sandal, atau pakaian. Serupa dengan kadas dan kurap di selangkangan, kutu air dapat diobati menggunakan bahan alami.

Obat alami kutu air dapat ditemukan di sekitar Anda, seperti bawang putih, garam laut, daun sirih, dan baking soda. Namun, pada beberapa kasus, penyakit ini harus diobati menggunakan resep dokter. Ketika kutu air tak kunjung membaik setelah menggunakan obat salep kutu air yang dijual bebas di pasaran, Anda direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Daftar Rekomendasi Obat Kutu Air Ampuh yang Tersedia Di Apotik

Bagi Anda yang mengidap penyakit ini, pengobatan kutu air langsung ke dokter kulit merupakan pilihan tepat. Dokter akan melakukan diagnosis melalui gejala, riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan tes kultur jamur sebelum memberikan resep obat kutu air.

Penderita kutu air dengan tingkat keparahan rendah ke sedang dapat menggunakan obat untuk kutu air yang dapat dibeli di apotik. Adapun rekomendasinya sebagai berikut.

1. Salep 88

obat kutu air salep 88

Menghindari penggunaan kaos kaki dan sepatu yang sama dalam jangka panjang efektif menurunkan risiko kutu air. Namun, apabila Anda terlanjur terkena penyakit jamur tersebut, obati dengan salep 88. Salep 88 mengandung sulfur praecipitatum, salicylic acid, serta benzoic acid yang ampuh mempercepat proses pengobatan penyakit kulit akibat bakteri dan jamur. Salep yang juga meringankan rasa gatal ini dibanderol sekitar Rp13.572.

Beli Salep 88 klik di Sini

2. Ketoconazole

Ketoconazole obat kutu air

Ketoconazole termasuk obat kutu air paling ampuh yang dijual bebas terbatas di pasaran. Obat ini mengandung zat aktif yang bertugas menghambat pembentukan membran sel jamur. Ketoconazole bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp5.136.

Beli Ketoconazole klik di Sini

3. Salep 2-4

salep 2- 4 obat kutu air

Salep 2-4 mengandung acid salicyl 2% dan sulfur praecipitatum 4% yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur. Salep untuk kutu air ini mampu mengurangi rasa gatal, menenangkan sensasi panas pada kulit, dan mencegah perkembangan jamur. Obat ini tersedia dengan harga Rp5.516.

Beli Afiat Salet 2-4 klik di Sini

4. Pagoda Salep Extra

Pagoda Salep Extra obat kutu air

Pagoda Salep Extra mengandung kombinasi asam salisilat, champora, sulfur praecipitatum, dan menthol. Obat ini dapat menyembuhkan kutu air, kurap, kudis, dan penyakit kulit lain yang disebabkan oleh jamur. Salep ini dibanderol dengan harga Rp6.974.

Beli Pagoda Salep Extra klik di Sini

5. Miconazole

Miconazole obat kutu air

Obat generik yang mengandung miconazole 2% ini dapat mengobati kutu air karena jamur. Lantaran termasuk obat keras, miconazole harus dibeli dengan resep dokter dan tidak disarankan digunakan oleh ibu hamil. Salep kutu air yang ampuh mencegah perluasan infeksi ini dijual di K24klik sekitar Rp5.274.

Beli Miconazole klik di Sini

6. Canesten

Mengandung clotrimazole 1%, Canesten dapat menghambat pertumbuhan jamur di sela-sela jari kaki. Obat kutu air ini tersedia di apotik online K24klik dengan harga Rp29.654 kemasan tube 5 gram dan Rp51.228 kemasan tube 10 gram.

Beli Canesten klik di Sini

7. Daktarin

Daktarin obat kutu air

Mengingat jamur dapat menginfeksi Anda kapan pun dan di mana pun, selalu perhatikan kebersihan alas kaki dan sekitar Anda. Hindari menggunakan barang milik orang lain untuk meminimalisasi risiko. Gunakan Daktarin secara rutin sesuai anjuran untuk mempercepat proses penyembuhan kutu air. Salep yang mengandung Miconazole Nitrate 2% ini tersedia dalam kemasan powder 20 gram seharga Rp63.357, krim kemasan tube 5 gram seharga Rp30.083, dan Rp47.369 kemasan tube 10 gram.

Beli Daktarin klik di Sini

8.  Fungiderm

fungiderm obat kutu air

Obat gatal kutu air Fungiderm mampu menghentikan perkembangan dan pertumbuhan jamur di seluruh tubuh, termasuk sela-sela jari kaki. Obat kutu air yang juga aman digunakan untuk selangkangan ini bisa dibeli di K24klik dengan harga Rp16.794 kemasan tube 5 gram dan Rp30.033 kemasan tube 10 gram.

Beli Fungiderm klik di Sini

9.  Kalpanax

Kalpanax termasuk obat kutu air yang efektif mengurangi perkembangan jamur. Salep ini aman digunakan pada kulit sensitif. Lantaran mengandung kombinasi asam benzoat menthol, sulfur, an asam salisilat, Kalpanax dapat meringankan rasa gatal dan panas akibat infeksi bakteri. Kalpanax dapat dibeli di apotik online dengan harga Rp25.985 untuk krim dan Rp7.734 untuk salep.

Beli Kalpanax klik di Sini

10.  Neo Ultrasiline

Neo Ultrasiline obat kutu air

Kutu air tidak hanya menyebabkan rasa panas dan gatal, melainkan juga mengurangi tingkat kepercayaan diri. Untuk mengobatinya, gunakan Neo Ultrasiline yang mengandung clotrimazole. Zat aktif ini bertugas menghambat pertumbuhan bakteri jamur. Lantaran termasuk golongan bebas terbatas, Neo Ultrasiline tersedia dengan harga sekitar Rp10.707 per tube 5 gram.

Beli Neo Ultrasiline klik di Sini

11.  Interzol

interzol obat kutu air

Interzol mengandung ketoconazole yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kutu air, penyakit kulit akibat jamur, dan dermatitis seboroik. Interzol termasuk obat keras sehingga Anda memerlukan resep dokter. Obat ini bisa Anda tebus di K24klik dengan harga Rp40.801.

Beli Interzol klik di Sini

12.  Nosib Salep

Nosib Salep dikenal karena ampuh mengobati permasalahan kulit akibat jamur, seperti kada, kurap, panu, kutu air, dan bisul. Salep ini mengandung asam salisilat yang bertugas sebagai antiseptic. Kandungan acid benzoic bersifat fungistatik yang bisa mencegah perkembangan jamur, sedangkan sulfur praecipitatum dapat menghilangkan sisik kasar kemerahan pada kulit yang terinfeksi. Obat ini terasa dingin di kulit karena mengandung mentol. Nosib Salep dibanderol Rp13.834.

Beli Nosib Salep klik di Sini

13.  Termisil

Termisil obat kitu air

Termisil ampuh mengobati infeksi jamur di sela-sela jari kaki karena mengandung terbinafine hCl. Kandungan tersebut bisa menghambat pertumbuhan jamur dan efektif melawan lapisan sel membran jamur. Anda dapat membelinya di apotek online seharga Rp70.131.

Beli OBH Combi Dewasa Batuk Flu klik di Sini

14. Pi Kang Shuang

Kutu air mulanya ditandai dengan kulit bersisik, pecah-pecah, atau mengelupas di sela jari kaki. Ketika membuka sepatu, kulit tersebut akan terasa gatal. Sebelum kutu air meluas, segera obati dengan salep Pi Kang Shuang. Salep ini efektif mengatasi infeksi jamur lantaran mengandung miconazole, triamcinolone acetonide acetate, dan neomycin sulfate. Pi Kang Shuang tergolong aman, tidak berbau, dan mudah menyerap. Obat ini dapat dibeli di K24klik dengan harga sekitar Rp15.246.

Beli OBH Combi Dewasa Batuk Flu klik di Sini

15. Muzoral

Muzoral mengandung ketoconazole yang ampuh mengatasi kutu air dapat dibeli dengan harga Rp2.093 per tablet. Infeksi jamur di sela kaki ini juga bisa diobati dengan Omefulvin seharga Rp560 per tablet atau Fungoral Rp5.042 per tablet.

Beli Muzoral klik di Sini

Demikianlah daftar obat kutu air yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah gatal di sela-sela jari kaki. Sebelum menggunakan obat kutu air, pastikan membaca anjuran yang berlaku di dalam kemasan. Dapatkan obat kutu air oral maupun oles harga murah berkualitas di K24klik. Nikmati kemudahan belanja obat tanpa harus mengunjungi apotek terdekat hanya di K24klik.

Referensi:

https://www.k24klik.com/p/fungoral-200mg-tab-50s-13370. Diakses pada 26 November 2022

https://www.k24klik.com/p/nosib-salep-14g-9693. Diakses pada 26 November 2022

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/athletes-foot/symptoms-causes/syc-20353841#. Diakses pada 26 November 2022

https://www.k24klik.com/p/pi-kang-shuang-hijau-cr-5g-19844. Diakses pada 26 November 2022

https://www.k24klik.com/cariObat/daktarin. Diakses pada 26 November 2022

https://www.k24klik.com/p/salep-2-4-15-gram-4221. Diakses pada 26 November 2022