Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mengetahui cara menghitung berat badan ideal dapat membantu menentukan apakah Anda perlu diet, menambah massa otot atau dalam kondisi baik. Berat badan juga berkaitan erat dengan kondisi kesehatan tubuh.

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum ditemukan di masyarakat. Untuk mengetahui apakah Anda obesitas, kekurangan berat badan atau tidak maka memahami cara menghitung berat badan ideal pun menjadi penting.

Selain memengaruhi kesehatan tubuh, berat badan ideal juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri. Lalu, apakah berat badan Anda saat ini termasuk ideal? Yuk simak informasi lebih lengkapnya melalui informasi di bawah ini.

Baca juga: Kalkulator BMI Online Gratis untuk Wanita & Pria

Mengapa Berat Badan Ideal itu Penting?

Memiliki berat badan ideal atau sehat memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubuh. Mulai dari menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi.

Mengapa bisa? Hal ini dikarenakan untuk menjaga berat badan tetap ideal atau sehat memerlukan aktivitas fisik dan juga konsumsi makanan sehat. Ini akan membantu Anda untuk memiliki sistem imunitas tubuh yang jauh lebih baik.

Berikut ini merupakan beragam manfaat dari memiliki berat badan ideal atau sehat yang perlu Anda ketahui.

1. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Manfaat utama dari menjaga berat badan sehat adalah ampuh mengurangi resiko penyakit kronis. Apabila Anda memiliki berat badan yang berlebihan, resiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker dapat meningkat.

Namun apabila kondisi kekurangan berat badan, beberapa masalah kesehatan juga bisa mengancam. Mulai dari terganggunya kepadatan mineral tulang, kekurangan zat besi atau anemia dan lain sebagainya.

penambah berat badan appeton weight dewasa coklat

Beli Appeton Weight Gain Klik di Sini

Baca juga: Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

2. Meningkatkan Fungsi Pernapasan

Untuk meningkatkan kesehatan paru-paru dan saluran udara pada tubuh, memiliki berat badan ideal sangatlah penting. Hal ini dikarenakan adanya tekanan yang diakibatkan oleh obesitas mampu membuat fungsi paru-paru dan saluran udara menurun.

Dengan berat badan yang ideal, kapasitas paru-paru dan juga asupan oksigen dalam tubuh dapat menjadi lebih baik.

3. Peningkatan Energi

Menjaga berat badan yang sehat dapat memengaruhi tingkat energi pada tubuh. Apabila berat badan yang berlebihan, energi dalam tubuh akan lebih sedikit dan mengakibatkan tubuh merasa kelelahan meski hanya beraktivitas ringan.

Namun sebaliknya, tingkat energi pada tubuh akan naik ketika Anda memiliki berat badan yang ideal. Ini juga akan berpengaruh pada peningkatkan produktivitas Anda sehari-hari.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain mengurangi resiko penyakit jantung, memiliki berat badan ideal juga dapat berperan ampuh dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Mengapa bisa? Kadar kolesterol dan juga tekanan darah akan lebih terjaga dengan baik, sejalan dengan upaya Anda menjaga berat badan tetap ideal.

menurunkan berat badan merit plus

Beli Appeton Merit Plus Klik di Sini

5. Mengurangi Nyeri Sendi

Salah satu masalah kesehatan yang dapat menyerang wanita maupun pria adalah nyeri sendi. Hal ini disebabkan karena adanya ketegangan pada sendi yang menimbulkan nyeri.

Memiliki berat badan yang ideal berperan penting dalam meringankan ketegangan pada sendi sehingga nyeri sendi pun akan berkurang.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Salah satu cara untuk menghitung berat badan ideal seseorang adalah menggunakan rumus broca. Cara penghitungan berat badan ideal yang berbeda antara pria dan wanita ini ditemukan oleh Paul Broca.

Berikut ini merupakan rumus broca yang dapat Anda gunakan untuk menghitung berat badan ideal seseorang.

a) Rumus Broca Berat Badan Ideal Pria

  • Berat badan ideal (kg)= [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

b) Rumus Broca Berat Badan Ideal Wanita

  • Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Body Mass Index (BMI)

Selain rumus broca, Anda juga dapat menghitung berat badan ideal seseorang menggunakan rumus BMI. Bedanya dengan broca, rumus BMI dapat digunakan baik untuk pria maupun wanita.

Berikut ini merupakan rumus BMI untuk menghitung berat badan ideal seseorang.

  • Berat badan (kg) : Hasil kuadrat tinggi badan (m)

Mislanya untuk seseorang dengan tinggi badan 150 cm, maka diubah terlebih dahulu menjadi 1,5 m. Lalu setelah itu, Anda dapat melakukan pengkuadratan dari tinggi badan tersebut yaitu 1,5 m x 1,5 m adalah 2,25 m.

Penentuan apakah berat badan ideal atau tidak dilakukan melalui klasifikasi IMT (BMI) dari hasil perhitungan menggunakan rumus di atas. Berikut ini merupakan klasifikasi BMI yang perlu Anda ketahui.

  • Di bawah 17= Underweight atau kekurangan berat badan tingkat berat
  • Di antara 17,0 – 18,4 = Kekurangan berat badan tingkat ringan
  • Di antara 18,5 – 25,0= Berat badan ideal
  • Di antara 25,1 – 27,0 = Obesitas atau kelebihan berat badan tingkat ringan
  • Di atas 27,0 = Obesitas atau kelebihan berat badan tingkat berat

Baca juga: 15 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

penurun berat badan flimty blackcurrant

Beli Flimty Blackcurrant Klik di Sini

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak

Berdasarkan salah satu penelitian yang telah dipublikasi oleh National Institute of Health (NIS), ada rumus khusus untuk menghitung berat badan ideal anak. Perhitungan ini tentunya bersifat dinamis, tergantung pada usia dan kondisi kesehatan anak.

Berikut ini merupakan cara menghitung berat badan ideal anak yang dapat Anda coba.

  • Usia 1-5 tahun

Berat badan ideal (kg) = 2 x (umur dalam satuan tahun + 5)

  • Usia 5-14 tahun

Berat badan ideal (kg) = 4 x (umur dalam satuan tahun)

Jadi, misalkan Anda ingin menghitung berat badan ideal untuk anak dengan usia 2 tahun. Maka jawabannya adalah sebagai berikut ini.

  • Berat badan ideal (kg)

= 2 x (2 tahun + 5)

= 2 x (7)

= 14 kg

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Bayi

Sedangkan untuk menghitung berat badan ideal bayi, Anda dapat mencoba untuk menggunakan rumus di bawah ini.

  • Berat badan ideal bayi (kg)

= (usia dalam satuan bulan + 9) : 2

Contohnya, berat badan ideal untuk bayi berusia 4 bulan adalah sebagai berikut ini.

  • Berat badan ideal (kg)

= (4 + 9) : 2

= 13 : 2

= 6,5 kg

Itulah tadi informasi mengenai beragam cara menghitung berat badan ideal dewasa, anak-anak dan juga bayi yang perlu Anda ketahui.

Menjaga berat badan ideal sangatlah penting untuk turut meningkatkan kesehatan tubuh ANda. Apabila memiliki masalah berat badan yang serius, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Butuh vitamin ataupun susu untuk bantu dukung berat badan ideal? Tidak perlu repot keluar rumah, K24Klik siap jadi andalan Anda. Produk yang tersedia di K24Klik dijamin 100% asli dan komplit.

Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store sekarang juga, hidup lebih praktis bersama K24Klik.

Referensi:

https://health.gov/myhealthfinder/health-conditions/diabetes/aim-healthy-weight#:~:text=Overview,other%20health%20benefits%20as%20well diakses pada 24 November 2023

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18021105/#:~:text=For%20Infants%20%3C%2012%20months%3A%20Weight,4%20x%20age%20in%20years diakses pada 25 November 2023

https://www.ndtv.com/health/9-reasons-why-maintaining-an-ideal-weight-is-essential-for-good-health-4347956#:~:text=By%20reducing%20the%20risk%20of,a%20number%20on%20the%20scale diakses pada 25 November 2023