Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menaikkan berat badan dengan cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Tubuh langsing bukan berarti berat badan Anda ideal dan sehat. Anda perlu mengetahui bagaimana cara menaikkan berat badan ideal untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Semua orang pastinya menginginkan berat badan yang ideal, tidak terlalu kurus ataupun gemuk. Untuk mencapai standar ideal tersebut, Anda mungkin perlu menerapkan beragam cara menaikkan berat badan ataupun menurunkannya dengan cepat dan sehat.

Lalu, bagaimana cara menentukan apakah berat badan Anda ideal atau tidak? Saat ini, sudah tersedia kalkulator berat badan ideal atau BMI yang dapat memperhitungkan berat badan ideal sesuai tinggi badan Anda.

Baca juga: Kalkulator BMI Online Gratis untuk Wanita & Pria

Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

Untuk menambah berat badan, apa yang harus dilakukan? Berikut ini merupakan beberapa cara menaikkan berat badan dengan cepat di sini.

1. Hindari Minum Sebelum Makan

Minum sebelum makan dapat memberikan efek mengenyangkan sehingga kalori saat makan pun terbatasi. Jadi, usahakan untuk menghindari minum sebelum makan.

Cara yang satu ini dapat memaksimalkan Anda dalam mengonsumsi kalori yang cukup. Anda juga dapat menambahkan porsi cemilan di beberapa waktu tertentu untuk membantu berat badan naik.

2. Mengonsumsi Makanan Padat Kalori

Untuk menaikkan berat badan dengan cepat, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan padat kalori. Setidaknya, asupan kalori harian ditingkatkan sebanyak 300-500 kalori.

Lalu, apa contoh makanan padat kalori? Beberapa diantaranya adalah daging, ayam, telur, almond, kentang, susu dan juga keju.

3. Olahraga Rutin

Menaikkan berat badan yang sehat harus diiringi dengan menambah massa otot, guna menghindari adanya lemak berlebih. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Beberapa jenis olahraga yang bekerja ampuh untuk menaikkan berat badan adalah push up, latihan barbel dan juga plank.

4. Mengonsumsi Susu Penambah Berat Badan

Berbeda dengan susu biasa, Anda memerlukan susu tinggi protein untuk menambah berat badan. Misalnya adalah mengonsumsi Appeton Weight Gain Dewasa Coklat yang memiliki kandungan protein hingga 30 gram di dalamnya.

Susu penambah berat badan ini juga kaya akan kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D hingga berbagai mineral bermanfaat. Anda dapat mengonsumsi Appeton Weight Gain untuk 2-3 kali dalam sehari.

susu penambah berat badan appeton weight gain dewasa coklat

Beli Appeton Weight Gain Dewasa Coklat Klik di Sini

5. Makan Teratur

Meskipun makan banyak sangat dianjurkan untuk menaikkan berat badan, tetapi bukan berarti sembarangan. Anda perlu untuk mengatur pola makan dengan tepat mulai dari waktu sarapan, makan siang, makan malam dan juga mengonsumsi makanan ringan.

Untuk menaikkan berat badan dengan cepat, Anda dapat makan untuk 5-6 kali sehari. Pola makan ini dapat diatur menjadi 3 kali makan berat dan 2-3 kali makan selingan. Usahakan untuk jangan melewatkan waktu makan yang Anda atur guna mendapatkan hasil maksimal.

6. Hindari Konsumsi Makanan Junk Food

Apabila sering mengonsumsi makanan junk food, Anda pernah merasa gemukan? Meskipun menaikkan berat badan dengan cepat, tetapi junk food adalah makanan tidak sehat yang menambah lemak bukan massa otot tubuh.

Lebih baik untuk Anda mengonsumsi makanan tinggi protein diiringi dengan latihan penambahan massa otot. Berat badan Anda dapat naik dengan cepat, namun tetap dengan cara dan hasil yang sehat.

7. Konsumsi Sayur dan Buah

Pada masa pertumbuhan anak, sayur dan buah merupakan makanan yang paling disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan mengonsumsi sayur dan buah juga dapat membantu pertumbuhan anak menjadi lebih optimal.

Baca juga: 15 Vitamin Anak Terbaik untuk Tumbuh Kembang Optimal

Begitupula pada orang dewasa, sayur dan buah juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Terdapat beberapa macam buah dan sayur yang diketahui tinggi kalori dan protein untuk menambah massa tubuh.

Beberapa diantaranya adalah mengolah buah-buahan menjadi smothies seperti pisang dan juga alpukat. Kemudian mengonsumsi sayuran kacang hijau dan kacang polong yang dikombinasikan dengan sumber karbohidrat seperti ubi atau kentang.

8. Pastikan untuk Mengonsumsi Lemak Sehat

Lemak merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung penyerapan berbagai vitamin di usus. Dalam usaha menaikkan berat badan, Anda perlu untuk mengonsumsi lemak sehat.

Lalu, apa saja makanan yang mengandung lemak sehat? Beberapa diantaranya adalah alpukat, keju, ikan sarden, salmon dan juga kacang-kacangan.

Selain ampuh untuk menaikkan berat badan, makanan dengan lemak sehat juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

vitamin penambah berat badan b complex mega esa tablet

Beli Vitamin B Complex Mega Esa Klik di Sini

9. Mengonsumsi Vitamin Penambah Berat Badan

Tidak hanya nutrisi makanan seperti karbohidrat dan protein, vitamin juga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Untuk membantu menaikkan berat badan, Anda memerlukan asupan vitamin B, D dan juga vitamin A.

Vitamin B dapat diperoleh dari daging merah, ikan, ayam dan juga alpukat. Kemudian, vitamin D berasal dari telur, jamur, sarden serta susu. Sedangkan vitamin A, cukup dengan mengonsumsi wortel, brokoli, tomat ataupun kangkung.

Tidak selalu berasal dari makanan, vitamin-vitamin tersebut juga secara praktis tersedia di K24Klik. Mulai dari vitamin B Complex Mega Esa Tablet dan juga vitamin A IPI Tablet.

vitamin a ipi tablet menaikkan berat badan

Beli Vitamin A IPI Klik di Sini

10. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, air putih juga menjadi salah satu cara alami untuk menaikkan berat badan dengan cepat. Jadi, Anda dapat memperbanyak konsumsi air putih agar kebutuhan hidrasi tubuh terpenuhi dengan baik.

Cara paling mudah untuk mengontrol konsumsi air putih setiap harinya adalah menciptakan pola sendiri. Misalnya satu gelas di pagi hari setelah bangun tidur, kemudian satu gelas saat sarapan hingga nantinya satu gelas air putih sebelum tidur.

11. Rutin Mengonsumsi Jus ataupun Smoothies

Dibanding mengonsumsi minuman tidak sehat dengan sedikit kalori seperti soda, jus dan smoothies menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Selain memiliki kandungan vitamin tinggi, jus dan smoothies juga mengandung kalori lebih tinggi.

Rutin mengonsumsi jus atau smoothies yang terbuat dari buah-buahan tertentu juga dapat membuat proses menaikkan berat badan menjadi cepat. Beberapa buah yang disarankan adalah alpukat, pisang dan juga mangga.

12. Hindari Rokok

Cara paling ampuh untuk menaikkan berat badan adalah menjaga pola hidup sehat, termasuk dengan menghindari rokok. Mengapa ini berpengaruh? Merokok dapat membuat nafsu makan menjadi berkurang.

Baca juga: Simak Bahaya Rokok bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diwaspadai

Selain untuk menaikkan berat badan, menghindari rokok juga dapat menjadi langkah ampuh untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh.

Itulah tadi berbagai cara menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat yang dapat Anda coba. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengoptimalkan upaya menaikkan berat badan dengan baik.

Cuaca tidak menentu seringkali membuat sistem imunitas tubuh menurun, termasuk berpengaruh ke berat badan. Jadi, pastikan untuk selalu jaga kesehatan dan segera lawan rasa sakit agar tidak semakin parah.

Butuh obat, vitamin ataupun susu dadakan tapi tidak ingin keluar rumah? Tenang, K24Klik siap jadi solusi praktis beli obat online 24 jam nonstop khusus untuk Anda. Buka Playstore dan juga App Store sekarang juga, rasakan hidup lebih praktis bersama K24Klik!

Referensi:

https://www.healthline.com/nutrition/how-to-gain-weight diakses pada 18 Oktober 2023