15 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Berat badan ideal sangatlah penting untuk menjaga penampilan dan juga kesehatan tubuh. Mengetahui cara menurunkan berat badan menjadi penting untuk diperhatikan guna mewujudkan berat badan yang sehat.

Berat badan berlebih tidak hanya membuat penampilan terganggu, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menurunkan berat badan atau tips diet dengan cepat dan pastinya sehat.

Meski ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda tetap harus memprioritaskan kesehatan. Jangan lakukan diet ekstrim yang justru mengundang berbagai masalah kesehatan karena kekurangan nutrisi harian.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui berat badan ideal? Anda dapat menggunakan kalkulator BMI untuk memastikan apakah Anda dalam kategori ideal, kurang berat badan dan juga obesitas.

Baca juga: Kalkulator BMI Online Gratis untuk Wanita & Pria

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Ada berbagai cara untuk mewujudkan berat badan ideal, termasuk diet menggunakan beragam program kesehatan ataupun dibantu minuman herbal. Berikut ini merupakan beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat yang dapat Anda coba.

1. Intermittent Fasting

Salah sau cara menurunkan berat badan yang cepat dan sering dilakukan adalah intermittent fasting. Metode diet yang satu ini dilakukan dengan cara berpuasa dalam kurun waktu tertentu.

Anda dapat memberikan jeda waktu untuk mengonsumsi makanan berat pada waktu-waktu tertentu dan bebas minum air putih. Misalnya atur jangka waktu 8 jam untuk mengonsumsi makanan, kemudian 16 jam berpuasa.

Selain membantu Anda menurunkan berat badan, intermittent fasting juga dapat bantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko penyakit diabetes.

2. Olahraga Teratur

Selanjutnya, Anda juga harus mengimbangi diet dengan olahraga teratur. Cara ini dapat membuat metabolisme tubuh meningkat secara efektif dan mendukung kesehatan tubuh tetap terjaga meskipun melakukan aktivitas berat.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk olahraga saat menjalani diet adalah cukup melakukan aktivitas fisik ringan saja. Anda dapat mencoba untuk rutin berjalan kaki 30 menit setiap hari, bisa juga  jogging di pagi hari atau sore hari.

Baca juga: 25 Vitamin Daya Tahan Tubuh untuk Dewasa Terbaik

3. Mengonsumsi Vitamin Pelangsing Tubuh

Saat ini, sudah tersedia banyak vitamin pelangsing tubuh yang dijamin aman dan dapat dibeli di apotik. Merit Pil mengandung berbagai bahan bermanfaat seperti guazumar folium dan rhei radix yang dapat membantu mengurangi lemak dan melangsingkan tubuh.

Termasuk dalam golongan obat jamu, merit terbuat dari 100% bahan herbal yang aman untuk dikonsumsi. 

vitamin pelangsing tubuh merit pil

Beli Merit Pil Klik di Sini

4. Terapkan Metode Diet Tinggi Serat

Metode diet yang satu ini tidak hanya ampuh dalam membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga menjaga kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama, tanpa perlu mengonsumsi banyak makanan berkalori.

Pastikan juga Anda mengonsumsi banyak air putih untuk mengimbangi pergerakan serat. Natur Slim merupakan salah satu suplemen dengan kandungan serat tinggi yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu menurunkan berat badan.

suplemen serat tinggi diet natur slim

Beli Natur Slim Klik di Sini

5. Mengatur Waktu Tidur dengan Baik

Salah satu faktor yang meningkatkan resiko obesitas adalah memiliki waktu tidur yang kurang dari 5-6 jam sehari. Buruknya kualitas tidur atau istirahat seseorang dapat menurunkan metabolisme dan meningkatkan penyimpanan lemak pada tubuh.

Waktu tidur seseorang juga dapat memengaruhi nafsu makan, jadi pastikan untuk tetap memberikan waktu berkualitas untuk tubuh beristirahat dengan tidur cukup.

6. Mengurangi Konsumsi Minuman Manis

Apakah Anda suka mengonsumsi minuman manis? Apabila ingin diet berhasil, cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman manis kesukaan Anda tersebut. Hal ini dikarenakan minuman manis mengandung kalori tinggi yang memicu kenaikan berat badan.

Anda dapat memanfaatkan Thermolyte Diet Sugar sebagai pengganti gula  untuk mendukung program diet rendah kalori.

cara menurunkan berat badan gula diet thermolyte

Beli Thermolyte Diet Sugar Klik di Sini

7. Meningkatkan Konsumsi Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh dan cocok dikonsumsi saat diet. Mengapa? Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga ampuh dalam membatasi konsumsi makanan berlebih yang berujung meningkatkan berat badan.

Beberapa makanan protein tinggi yang dapat Anda konsumsi adalah telur, keju, salmon, kedelai, kacang hijau dan lain sebagainya. 

8. Mengonsumsi Probiotik

Menurunkan berat badan juga dapat didukung dengan mengonsumsi probiotik. Mengandung berbagai jenis mikroorganisme, probiotik bermanfaat baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan melancarkan program diet.

Anda dapat mengonsumsi Yakult Light yang mengandung sedikit gula namun tinggi manfaat. Minumen probiotik ini aman dikonsumsi untuk 1 bkali dalam sehari.

probiotik diet yakult light

Beli Yakult Light Klik di Sini

9. Kelola Stres

Kelebihan berat badan tidak hanya dipicu oleh pola makan yang kurang tepat, tetapi juga stres. Hormon kortisol yang tercipta karena stres dapat memicu peningkatan nafsu makan, terutama dorongan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat.

Untuk itu, Anda perlu mengelola stres dengan baik. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah melakukan meditasi, yoga atau kegiatan yang disukai seperti mendengarkan musik dan membaca buku.

Cara-cara menyalurkan stres tersebut dapat membantu pikiran Anda lebih tenang dan menjaga pola makan tetap sehat. Apabila kondisi stres tidak segera membaik, jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahli psikologi untuk mendapatkan penanganan terbaik.

10. Kurangi Mengonsumsi Makanan Berlemak dan Junk Food

Mengonsumsi makanan tidak bergizi juga dapat memicu kenaikan berat badan. Mengapa bisa? Makanan berlemak dapat membuat Anda merasa cepat lapar sehingga nafsu makan menjadi lebih dari biasanya.

Tidak hanya itu, Anda juga harus menghindari mengonsumsi junk food. Selain menggagalkan diet Anda, junk food memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan.

11. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat membuat metabolisme tubuh meningkat. Makan makanan bergizi ini juga dapat membuat Anda tidak cepat lapar sehingga menjaga berat badan tetap stabil.

Selain itu, buah dan sayur juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes hingga kanker.

12. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Mengurangi porsi makan bukan berarti Anda juga harus membatasi konsumsi air putih. Justru, air putih dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan membantu meningkatkan pembakaran kalori.

Selain perbanyak minum air putih, Anda juga perlu mengurangi konsumsi minuman manis atau berkafein. Langkah tersebut dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan fit meskipun cuaca sedang panas.

Rekomendasi Vitamin untuk Menurunkan Berat Badan

Selain menerapkan berbagai gaya hidup sehat dalam menjalani program diet, Anda juga dapat memanfaatkan vitamin untuk menurunkan berat badan.

1. Flimty Blackcurrant

vitamin menurunkan berat badan flimty blackcurrant

Beli Flimty Blackcurrant Klik di Sini

Pencernaan terganggu juga dapat membuat penumpukan kotoran dalam tubuh sehingga berat badan meningkat. Untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, Anda memerlukan minuman kaya serat seperti Flimty Blackcurrant.

Manfaat dari mengonsumsi minuman sehat yang tersedia di apotik ini adalah melancarkan buang air besar, menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan berat badan. Pastikan untuk mengonsumsi Flimty sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

2. Body Slim Kapsul

vitamin pelangsing body slim kapsul

Beli Body Slim Klik di Sini

Terbuat dari bahan-bahan herbal bermanfaat, Body Slim Kapsul dapat membantu Anda untuk membakar lemak dalam tubuh dan menurunkan berat badan. Anda dapat mengonsumsi vitamin untuk menurunkan berat badan ini 1 kapsul sekali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 52 ribu/pcs

3. Merit Plus

vitamin menurunkan berat badan merit plus

Beli Merit Plus Klik di Sini

Selain menerapkan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga, Anda dapat memanfaatkan Merit Plus untuk membantu menurunkan berat badan. Suplemen ini mengandung berbagai bahan herbal bermanfaat di dalamnya seperti ekstrak green tea.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat yang dapat Anda coba terapkan. Tetap jaga berat badan yang ideal untuk meminimalisir gangguan kesehatan.

Butuh obat, vitamin ataupun susu? K24Klik siap melayani Anda 24 jam nonstop! Aplikasi kami tersedia di Play Store dan juga App Store, yuk unduh sekarang juga dan rasakan manfaat beli obat online jadi lebih praktis.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/322345#intermittent-fasting diakses pada 2 Oktober 2023