10 Obat Herpes yang Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Herpes yang Paling Ampuh di Apotek dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Herpes merupakan penyakit kulit yang sangat umum terjadi. Sebab, gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak hingga lansia. Diyakini, sekitar 50 persen kasus herpes terjadi karena kontak langsung. Meski demikian, kondisi ini bisa disembuhkan dengan memakai obat herpes yang tepat dan menghindari kontak langsung dengan pengidap.

Orang-orang yang secara seksual sudah aktif lebih berisiko mengalami herpes pada area kelamin. Selain itu, risiko juga sama tingginya pada kelompok orang dengan imunitas tubuh yang lemah. Gejala utama herpes adalah munculnya ruam yang diikuti dengan lenting yang berkelompok pada sisi tubuh. Selanjutnya, lenting akan berair, terasa gatal, dan terkadang terasa sakit.

Herpes sendiri disebabkan karena infeksi virus jenis Varicella zoster. Virus ini menjadi penyebab penyakit cacar api, cacar air, dan herpes simpleks.

Rekomendasi Obat Herpes yang Paling Ampuh di Apotik k24 dan Harganya

Obat untuk herpes hadir dalam berbagai macam bentuk sediaan. Mulai dari salep hingga tablet. Anda bisa mendapatkan semua obat herpes tersebut di apotek terdekat. Beberapa obat dijual bebas, ada pula yang hanya bisa dibeli melalui resep dokter. Berikut rekomendasinya:

1. Clinovir 5%

Obat herpes clinovir 5%

Obat penyakit herpes yang pertama adalah Clinovir yang mengandung acyclovir 5%. Obat ini bekerja sebagai antivirus yang berkaitan dengan infeksi virus herpes simpleks, herpes genital, dan herpes zoster untuk pengidap yang memiliki masalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, obat herpes ini juga membantu mencegah terjadinya infeksi herpes berulang alias kekambuhan pada pengidap yang memiliki masalah imunokompeten. Obat Clinovir dipakai dengan cara dioles tipis pada bagian kulit yang mengalami infeksi sebanyak 5 kali sehari.

Kisaran harga: Rp47.045 per tube

Beli Clinovir 5% Klik di Sini

2. Zoter

obat herpes zoter

Obat herpes kulit lainnya adalah Zoter dengan sediaan tablet yang memiliki kandungan acyclovir. Acyclovir memiliki sifat antivirus yang bekerja secara aktif dengan membantu menghalangi pertumbuhan sekaligus penyebaran virus herpes dengan menghalangi DNA polimerase virus herpes.

Sebaiknya, konsumsi obat bersamaan saat makan guna membantu meringankan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan.

Kisaran harga: Rp8.289 per tablet.

Beli Zoter Klik di Sini

3. Inlacyl

obat herpes inlacyl

Obat herpes lainnya adalah inlacyl dengan kandungan aktif valacyclovir sebanyak. Valacyclovir sendiri adalah obat yang masuk dalam kelompok antivirus yang diresepkan untuk obat herpes zoster, herpes simpleks, herpes labialis, herpes ophthalmicus, dan herpes genital.

Obat Inlacyl bisa dikonsumsi bersamaan dengan makan guna membantu mengurangi ketidaknyamanan yang umum terjadi pada sistem pencernaan. Pastikan untuk berkonsultasi pada dokter pada pasien dengan riwayat alergi, risiko mengalami dehidrasi, gangguan ginjal, dan hati.

Kisaran harga: Rp16.859 per tablet.

Beli Inlacyl Klik di Sini

4. Lacyvir

 lacyvir

Cara mengobati herpes juga bisa dengan menggunakan Lacyvir. Obat ini mengandung bahan aktif acyclovir, antivirus yang bisa membantu menekan pertumbuhan sekaligus penyebaran virus herpes pada tubuh.

Kisaran harga: Rp8.289 per tablet.

Beli Lacyvir Klik di Sini

5. Molavir

obat herpes molavir

Berikutnya ada obat salep herpes Molavir. Obat herpes ini juga memiliki kandungan aktif acyclovir yang dapat membantu mengobati herpes simpleks, terlebih herpes labialis terhadap kelainan imunologi dan herpes genitalis tahap awal.

Kisaran harga: Rp11.400 per tube.

Beli Molavir Klik di Sini

6. Valtrex

obat herpes valtrex

Anda juga dapat mengonsumsi Valtrex untuk mengobati gangguan kesehatan yang disebabkan karena infeksi virus, tak terkecuali herpes pada pengidap yang turut mengalami kelainan pada sistem imun. Obat ini mengandung senyawa aktif valacyclovir HCl. Valacyclovir sendiri merupakan semacam antivirus yang menekan polimerase DNA yang terdapat pada DNA virus dalam wujud acyclovir trifosfat setelah diaktifkan.

Wujud aktif tersebut selanjutnya akan menekan terjadinya sintesis DNA dengan berperan sebagai backbone atau penutup jalur pada rantai DNA. Obat bisa dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter, biasanya diminum setelah makan.

Kisaran harga: Rp25.753 per tablet.

Beli Valtrex Klik di Sini

7. Valcor

obat herpes valcor

Obat herpes Valcor mengandung senyawa aktif valacyclovir hydrochloride dalam sediaan tablet. Obat ini digunakan untuk mengatasi herpes zoster, herpes genital pada pasien imunokompeten, luka dingin, dan herpes genital yang terjadi berulang pada pasien yang turut terinfeksi HIV atau gangguan kesehatan lainnya.

Kisaran harga: Rp18.883 per tablet.

Beli Valtrex Klik di Sini

8. Virugon

obat herpes virugon

Selanjutnya, ada juga Virugon yang dipakai sebagai obat herpes alami. Obat ini tersedia dalam bentuk salep krim untuk mengatasi dompo atau infeksi herpes pada kulit dengan bahan alami yang terkandung di dalamnya. Virugon mengandung ekstrak Drymariae. Obat dipakai dengan dioleskan pada bagian kulit yang terinfeksi secara merata sebanyak 3-5 kali sehari.

Kisaran harga: Rp17.296 per tube.

Beli Virugon Klik di Sini

9. Acifar

obat herpes acifar

Obat herpes Acifar mengandung acyclovir. Obat ini biasa diresepkan oleh dokter untuk mengobati herpes simpleks yang terjadi pada membran mukosa dan kulit, tak terkecuali infeksi herpes rekurens dan genitalis inisial. Selain itu, Acifar juga digunakan untuk mencegah herpes berulang pada pasien dengan kondisi imunokompeten.

Kisaran harga: Rp1.467 per tablet.

Beli Acifar Klik di Sini

10. Viusid Sach

 viusid sach

Viusid Sach termasuk dalam golongan obat bebas yang bisa Anda beli di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Obat ini berupa multivitamin yang dipakai untuk pengobatan pendukung pada gangguan kesehatan yang terjadi karena virus, termasuk herpes, AIDS, hepatitis, dan infeksi lain.

Selain itu, Viusid Sach juga membantu menguatkan imunitas tubuh, menjaga tubuh tetap sehat, mempercepat pemulihan setelah sakit, dan mencegah terjadinya penurunan kekebalan tubuh.

Kisaran harga: Rp72.983 per pcs.

Beli id Sach Klik di Sini

Demikian tadi rekomendasi obat herpes yang dapat Anda beli di apotek. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat dan dosis yang tepat. Beli obat untuk herpes lebih mudah melalui K24Klik, apotek online pertama di Indonesia yang buka hingga 24 jam.

K24Klik melayani konsultasi pesanan dan pengantaran semua kebutuhan medis Anda 24 jam sepenuhnya. K24Klik juga menjamin keaslian obat hingga 100%, stok obat yang tersedia, dan pengiriman obat kurang dari 1 jam. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.herpes.org.nz/patient-info/myths-vs-facts/, diakses pada 4 September 2022.

https://familydoctor.org/condition/herpes/, diakses pada 4 September 2022.

https://www.cdc.gov/shingles/about/symptoms.html, diakses pada 4 September 2022.