15 Obat Kolesterol Yang Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Kolesterol Yang Paling Ampuh di Apotek dan Harganya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kadar kolesterol tinggi bisa saja menyebabkan penyakit serius seperti hipertensi dan juga stroke. Namun, obat kolesterol yang paling ampuh di apotik dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan HDL dalam tubuh.

Untuk membantu produksi sel-sel sehat dalam tubuh dan juga hormon tertentu, kolesterol dalam kadar yang normal sebenarnya sangat dibutuhkan. Namun jika kolesterol tinggi, maka dapat memicu peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Oleh karena itu, Anda memerlukan obat kolesterol yang bagus untuk mengobati penyakit kolesterol tinggi.

Beberapa penyebab kadar kolesterol tinggi adalah mengonsumsi makanan tinggi kolesterol terlalu banyak, menderita obesitas hingga faktor genetik. Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan khusus seperti diabetes dan hipotiroid, penyakit kolesterol juga bisa saja menyerang. Ini juga berlaku untuk Anda yang jarang berolahraga dan merupakan perokok aktif.

Rekomendasi Obat Kolesterol yang Paling Ampuh di Apotik dan Harganya

Kadar kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala yang jelas, sehingga Anda mungkin tidak menyadarinya. Oleh karena itu, Anda perlu untuk rutin mengecek kadar kolesterol agar mampu memantaunya. Jika kolesterol tinggi, Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi obat kolesterol yang paling ampuh di apotik dan harganya di sini.

Baca juga: 15 Vitamin B Complex yang Bagus di Apotik dan Harganya

1. Cholespar

obat kolesterol cholespar

Beli Cholespar Klik di Sini

Salah satu obat kolesterol tinggi di apotik yang dapat Anda gunakan adalah cholespar. Kandungan pravastatin sodium di dalam obat ini ampuh untuk menghambat pertumbuhan enzim HMG-CoA reductase atau yang berperan dalam pembentukan kolesterol. Dengan mengonsumsi obat cholespar, kadar kolesterol dalam darah pun dapat berkurang.

Perlu diperhatikan bahwa obat menurunkan kolesterol ini memerlukan resep dokter karena tergolong obat keras. Anjuran untuk mengonsumsi cholespar adalah 1 kali sehari 1 tablet pada malam hari.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/tablet

2. Evothyl

obat kolesterol evothyl

Beli Evothyl Klik di Sini

Termasuk golongan fibrat, Evothyl merupakan obat yang ampuh untuk mengobati kolesterol di apotik. Obat ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL). Mengandung fenofibrate, perhatian anjuran dosis penggunaan Evothyl pada dewasa maupun anak berusia lebih dari 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

3. Cholestat

obat kolesterol cholestat

Beli Cholestat Klik di Sini

Kandungan simvastatin dalam cholestat bermanfaat untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi dan mengurang risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. Obat kolesterol simvastatin ini dapat Anda konsumsi pada malam hari sesuai dosis yang dianjurkan. Untuk mengobati kolesterol tinggi, maksimal dosis penggunaan cholestat adalah 40 mg sehari.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/tablet

4. Litorcom

obat kolesterol litorcom

Beli Litorcom Klik di Sini

Setiap tablet Litorcom mengandung atorvastatin calcium trihydrate yang berfungsi untuk menghambat kerja enzim pembentukan kolesterol. Dengan begitu, obat ini dapat bekerja ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Anda mungkin memerlukan penyesuaian dosis saat mengonsumsi litorcom, sesuai anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/tablet

5. Hemaviton Cardio

obat kolesterol hemaviton

Beli Hemaviton Cardio Klik di Sini

Tidak hanya menurunkan kolesterol tinggi, Hemaviton Cardio mengandung phytosterol yang ampuh untuk mencegah kolesterol dari makanan masuk ke dalam darah. Dilengkapi dengan vitamin dan mineral, suplemen kesehatan ini juga dapat menjadi antioksidan yang menghambat penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

Anda dapat mengonsumsi Hemaviton Cardio untuk dewasa sebanyak 3 kali sehari 1 kaplet atau sesuai kebutuhan. Antioksidan pada suplemen ini juga dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga aman dikonsumsi sehari-hari.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

6. Simbado

simbado obat kolesterol

Beli Simbado Klik di Sini

Mengandung zat aktif simvastatin, Simbado merupakan obat yang bagus di apotik untuk mengobati penyakit kolesterol tinggi. Obat ini digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol atau yang dikenal sebagai lemak jahat, sekaligus meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik. Anda dapat mengonsumsi Simbado pada malam hari, sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/tablet

7. Rechol

obat kolesterol rechol

Beli Rechol Klik di Sini

Resiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan juga serangan jantung cenderung menurun ketika kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah juga menurun. Sedangkan kolesterol baik (HDL) meningkat, maka kadar kolesterol pun dapat lebih terkontrol. Anda dapat menggunakan rechol sebagai obat tinggi untuk dewasa 1 kali sehari 1 tablet.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/tablet

8. Truvaz

obat kolesterol truvaz

Beli Truvaz Klik di Sini

Kandungan utama dalam Truvaz adalah atorvastatin, jenis obat yang ampuh menghambat HMG-CoA reduktase. Dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol yang sudah terlanjur tinggi, obat ini dapat Anda konsumsi dengan rentang dosis 10-80 mg per hari. Dengan mengonsumsi Truvaz, usaha untuk mengontrol kadar kolesterol pun lebih mudah.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/tablet

9. Simvastatin

obat kolesterol simvastatin

Beli Simvastatin Klik di Sini

Merasa lebih cocok untuk mengonsumsi obat generik? Tenang saja, Anda dapat menggunakan simvastatin untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.Dosis maksimal untuk mengonsumsi simvastatin adalah 40 mg dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/strip

10. Recansa

Beli Recansa Klik di Sini

Zat aktif rosuvastatin dalam obat Recansa berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol LDL sekaligus meningkatkan HDL. Recansa cocok digunakan bagi Anda yang menderita hiperkolesterolemia primer atau sesuai dengan anjuran dokter. Penggunaan obat ini disesuaikan dengan kebutuhan, dosis maksimalnya adalah 20 mg dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/tablet

11. Crestor

Beli Crestor Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menurunkan kadar kolesterol menggunakan obat Crestor. Kandungan zat aktif rosuvastatin sebanyak 5 mg dalam setiap tabletnya, dapat menghambat pembentukan kolesterol dalam darah. Termasuk obat keras, Anda perlu menggunakan resep dokter untuk mendapatkan obat penurun kolesterol yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/tablet

12. Rosuvastatin

Beli Rosuvastatin Klik di Sini

Termasuk obat golongan inhibitor reductase HMG CoA atau statin, Rosuvastatin dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Apabila kadar kolesterol normal, maka risiko Anda terserang penyakit kardiovaskular seperti sakit jantung pun dapat semakin menurun. 

Kisaran harga: Rp 4 ribu/tablet

13. Mevachol

obat kolesterol mevachol

Beli Mevachol Klik di Sini

Pravastatin yang terkandung dalam obat Mevachol dapat membantu Anda untuk menghambat pembentukan kolesterol dalam darah. Beberapa manfaat yang didapat dengan mengonsumsi Mevachol adalah mengurangi peningkatan kolesterol total dan LDL dan juga mengatasi hiperkolesterolemia.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/tablet

14. Nutrive Benecol

obat kolesterol nutrive benecol

Beli Nutrive Benecol Klik di Sini

Minuman susu dengan rasa buah yang manis sekaligus menyegarkan ini dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. Tanpa gula, Nutrive Benecol aman untuk dikonsumsi sebanyak 2 botol setiap hari. Selain untuk menurunkan, minuman ini juga ampuh untuk membantu Anda mencegah penyakit kolesterol tinggi.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol

15. Nutrafor Chol Envelope

obat kolesterol nutrafor

Beli Nutrafor Chol Envelope Klik di Sini

Suplemen Nutrafor Chol Envelope dapat membantu Anda untuk mengontrol kadar kolesterol secara alami. Kandungan red yeast rice dalam suplemen ini menghambat pembentukan kolesterol dalam hati, kemudian ekstrak gugulipidnya mencegah perlekatan kolesterol dalam darah. 

Kisaran harga: Rp 23 ribu/strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat kolesterol paling ampuh di apotik yang dapat Anda coba. Untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh, usahakan untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai dari mengurangi makanan berminyak dan rutin olahraga.

Mulai merasakan tidak nyaman akibat kolesterol tinggi tapi tidak sempat untuk ke apotik? Tenang, K24Klik siap antar kebutuhan farmasi sampai ke depan rumah Anda. Promo menarik khusus pengguna baru siap menyambut Anda, unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga.

Referensi:

https://www.nhs.uk/medicines/simvastatin/about-simvastatin/#:~:text=Simvastatin%20is%20used%20to%20lower,group%20of%20medicines%20called%20statins diakses pada 25 Mei 2023

https://www.nhs.uk/medicines/rosuvastatin/about-rosuvastatin/ diakses pada 25 Mei 2023