Apa itu Sendi? Fungsi dan Macam-Macamnya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

apa itu sendi fungsi dan macam macamnya

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sendi adalah pertemuan antar tulang yang memungkinkan terjadinya setiap pergerakan pada anggota tubuh seseorang.

Menjadi penyambung antar tulang atau pertemuan tulang-tulang, sendi menjadi bagian yang sangat penting dalam mendukung pergerakan seseorang. Terdapat beberapa jenis sambungan tulang atau sendi yang bentuknya menyesuaikan fungsi.

Anda mungkin perlu untuk lebih mengenali setiap sendi dalam tubuh guna mempermudah pengenalan resiko dan juga penanganan kedepannya.

Baca juga: 15 Vitamin untuk Tulang dan Sendi di Apotik

Fungsi Sendi

Sendi memiliki fungsi utama sebagai penopang tubuh, tempat pertemuan antar tulang yang memungkinkan pergerakan. Sedangkan fungsi-fungsi lainnya dari sendi bergantung pada masing-masing jenis sendi pada tubuh.

Manusia memiliki ratusan sendi di seluruh tubuh yang menopang tubuh dan juga menggerakkan anggota tubuh seperti leher, tangan dan juga kaki. Keseluruhan sendi dalam tubuh berperan penting dalam membantu Anda beraktivitas dari hari ke hari.

vitamin kalsium untuk jaga kesehatan sendi biocalci 72

Beli Biocalci 72 Klik di Sini

Jenis-Jenis Sendi

Untuk mengetahui pegerakan dan juga fungsi dari setiap sendi dalam tubuh, mengenali beberapa jenis sendi di bawah ini dapat menjadi penting untuk Anda.

1. Synarthroses atau Sendi Mati

Memberikan dukungan struktural, jenis sendi synarthroses merupakan sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali. Sendi jenis ini biasanya menyambungkan beberapa tulang yang berdekatan dan hanya dipisahkan oleh jaringan ikat fibrosa saja.

Contoh sendi synarthroses yang ada pada tubuh kita adalah sutura yang terletak diantara tulang-tulang tengkorak.

2. Amphiarthroses atau Sendi Kaku

Selanjutnya, jenis sendi yang pelru Anda kenali adalah amphiarthroses. Sendi ini merupakan perpaduan stabilitas dan juga beberapa gerakan.

Sendi amphiarthoses sendiri biasanya memiliki pergerakan yang terbatas bahkan hampir tidak bisa digerakkan. Apa saja contoh dari ampiarthroses? Misalnya adalah sendi pada tulang rusuk, penghubung ruas-ruas tulang belakang dan juga sendi tulang panggul.

3. Diarthrosis atau Sendi Gerak

Sendi diarthrosis merupakan jenis sendi yang menjadi penghubung antar tulang dan mampu menciptakan pergerakan baik satu arah, dua arah dan juga memutar. Bagian ujung tulang yang terhubung akan dilindungi oleh tulang rawan.

Apa fungsi dari tulang rawan dalam sendi diarthrosis? Tentunya untuk mencegah benturan antar tulang yang saling terhubung sehingga dapat menciptakan pergerakan bebas.

Disebut juga sebagai sendi gerak, jenis sendi diarthosis ini beberapa diantaranya adalah sendi peluru di tulang belikat antara bahu dan tulang lengan kemudian sendi putar yang menghubungkan tulang hasta dan pengumpil pada lengan tangan bagian bawah.

vitamin sendi tulang blackmores calcimag

Beli Blackmores Calcimag Klik di Sini

Macam-Macam Sendi Gerak

Beberapa masalah sering kali menyerang bermacam-macam sendi gerak karena yang paling sering digunakan untuk beraktivitas. Yang paling sering dialami adalah radang sendi dan juga terasa nyeri pada sendi.

Untuk meminimalisir masalah sendi gerak, biasanya Anda dapat mencoba mengonsumsi vitamin sendi. Berikut ini merupakan macam-macam sendi gerak yang perlu untuk Anda kenali.

1. Sendi Peluru

Macam sendi gerak yang pertama adalah sendi peluru. Sendi ini geraknya terbentuk dari satu ujung tulang yang berbentuk oval kemudian masuk ke dalam rongga tulang lainnnya.

Sendi peluru memungkinkan adanya pergerakan yang bebas baik itu memutar, satu arah ke depan atau belakang, geser ke samping kanan maupun kiri. Contoh sendi peluru adalah sendi yang mengambungkan tulang di pergelangan tangan.

2. Sendi Engsel

Selanjutnya, ada sendi engsel yang terbentuk dari ujung tulang agak membulat masuk ke dalam ujung tulang lain dengan bentuk agak berongga. Jenis sendi gerak yang satu ini memungkinkan pergerakan membuka dan menutup satu arah.

Misalnya adalah sendi pada siku dan juga lutut yang dapat membuka dan menutup satu arah atau bergerak terbatas.

3. Sendi Pelana

Kemudian juga ada jenis sendi gerak yang bernama sendi pelana. Strukturnya adalah menyatukan bagian cekung dan cembung dari tulang-tulang di beberapa bagian tubuh.

Sendi pelana dapat memudahkan terjadinya pergerakan yang leluasa dan juga rentang gerakan sudut yang lebih besar dari sendi peluru.

Apa contoh dari sendi pelana? Jenis sendi gerak yang satu ini terdapat pada sambungan tulang antara ibu jari dan juga telapak tangan.

4. Sendi Putar

Sendo putar sering kali disebut sebagai pivot, persambungan tulang yang memungkinkan pergerakan memutar. Bentuk sambungan sendi ini biasanya terdiri dari ujung tulang bulat yang dipasang ke tulang lain sehinga membentuk cincin atau poros.

Pergerakan sendi ini memungkinkan rotasi seperti yang terdapat diantara tulang leher dan tulang tengkorak.

5. Sendi Geser

Memungkinkan gerakan antar tulang untuk saling menggeser, jenis sendi gerak ini disebut sebagai sendi geser. Contoh dari sendi geser ini adalah yang terdapat pada pergelangan tangan dan juga pergelangan kaki.

vitamin sendi osteocare forte

Beli Osteocare Forte Klik di Sini

Pentingnya Menjaga Kesehatan Sendi

Sendi menjadi bagian penting dalam menopang tubuh secara keseluruhan dan juga membantu pergerakan seseorang. Lalu, bagaimana jika sendi bermasalah? Tentunya aktivitas akan terhambat dan membuat ketidaknyamanan.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk memastikan kesehatan sendi tetap terjaga dikala aktivitas padat. Berikut ini merupakan beberapa cara menjaga kesehatan sendi yang dapat Anda coba lakukan.

1. Olahraga Teratur

Cara paling ampuh dalam menjaga kesehatan sendi adalah rutin berolahraga. Aktivitas ini dapat membantu Anda untuk meredakan pembengkakkan pada sendi dan juga membuat otot-otot yang menyangga sendi jadi lebih kuat.

Namun, pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan terutama ketika Anda sudah merasakan nyeri sendi.

Beberapa jenis olahraga ringan yang minim resiko cedera sendi adalah jalan kaki, berenang dan juga bersepeda.

2. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga

Apakah Anda sering mengalami otot kaku ataupun cedera sendi selama olahraga? Hal tersebut bisa saja karena Anda tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga dan juga pendinginan setelah olahraga selesai.

Tidak perlu lama-lama, cukup 5 menit sebelum dan setelah berolahraga. Gerakan-gerakan ringan pada saat pemanasan dan pendinginan disinyalir mampu mengurangi resiko cedera sendi.

3. Mengonsumsi Vitamin Sendi

Menjalani pola hidup sehat saja nyatanya tidak cukup maksimal dalam menjaga kesehatan sendi ataupun otot. Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi vitamin sendi dan tulang untuk bantu menjaga kesehatan sendi.

Beberapa vitamin sendi yang dapat Anda konsumsi adalah Biocalci 72, Blackmores Calcimag dan juga Osteocare Forte.

Itulah tadi informasi lengkap seputar apa itu sendi, fungsi dan juga jenis-jenisnya yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan sendi dan juga tulang Anda untuk memaksimalkan pergerakan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apabila mengalami masalah sendi yang tidak kunjung membaik bahkan setelah mengonsumsi atau diolesi obat, segera periksakan ke dokter ahli. Masalah ringan pada sendi yang dibiarkan terus-menerus beresiko menyebabkan masalah pergerakan serius.

Butuh obat ataupun vitamin? Tidak perlu repot membelinya di apotek online, hanya dalam satu genggaman K24Klik semua jadi beres!

Aplikasi beli obat online kami sudah tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman 1 jam sampai.

Referensi:

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/joints#types-of-joints diakses pada 19 Januari 2024

https://my.clevelandclinic.org/health/body/25137-joints diakses pada 19 Januari 2024