Pengertian dan Jenis Penyakit Degeneratif yang Wajib Anda Tahu

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

pengertian-dan-jenis-penyakit-degeneratif-k24klik
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Sebagian besar dari kita tentu mendambakan masa tua yang tenang dan bahagia. Tapi tak jarang, yang terjadi justru sebaliknya. Akibat luput memperhatikan kondisi badan dan kesehatan di masa muda, penyakit degeneratif pun menyerang.

Alhasil, momen yang seharusnya dihabiskan untuk bersantai dan menemani cucu, malah habis dipakai untuk berobat, terapi, serta istirahat di kasur. Wajib dicatat, menjaga kesehatan di masa muda adalah penting dan perlu.

Dan untuk membantu Sobat Sehat menjaga kondisi, tim K24klik sudah merangkumkan pengertian penyakit degeneratif serta jenis penyakit degeneratif. Dirangkum dari berbagai sumber kesehatan terpercaya, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

Pengertian Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif adalah kondisi di mana fungsi atau jaringan pada organ tubuh mengalami penurunan sehingga menyebabkan berbagai penyakit.

Hal ini sangat sering terjadi pada seseorang yang berusia lansia karena banyak organ atau jaringan yang fungsinya menurun.

Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit degeneratif. Seperti efek dari tubuh yang melemah, atau akibat gaya hidup tidak sehat yang saat masih muda.

Sebagian besar penyakit degeneratif bisa disembuhkan. Tapi, ada pula beberapa jenis yang tidak bisa diobati. Dan untuk kasus kedua, pilihan yang tersedia hanyalah merancang terapi atau pengobatan untuk mengurangi rasa sakit.

Jenis Penyakit Yang Rentan Menyerang Lansia

Setelah mengetahui pengertiannya, berikut ini dia jenis penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok utama. Yakni sistem kardiovaskular, neoplastik, serta sistem saraf manusia.

Hanya saja, di antara ketiga kelompok tersebut, hanya ada beberapa jenis penyakit degenerative yang mudah kita temukan. Antara lain:

penyakit-degeneratif-osteoporosis-k24klik
Penyakit degeneratif osteoporosis (sumber: myDr)

Penyakit Osteoporosis

Penyakit pertama yang akan kita bahas adalah penyakit osteoporosis. Penyakit ini menyerang tulang saat kepadatannya berkurang. Tulang akan menjadi keropos serta akan lebih mudah mengalami retak atau bahkan patah.

Penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor baik faktor yang tidak bisa dimodifikasi seperti usia, jenis kelamin dan keturunan. Ada juga faktor lain yang bisa dimodifikasi yaitu seperti kekurangan asupan vitamin D dan kalsium, gangguan makan, gangguan hormon, dan lain sebagainya.

Penyakit Hipertensi

Selain osteoporosis, penyakit hipertensi juga termasuk dalam penyakit degeneratif yang cukup berbahaya. Penyakit yang satu ini adalah kondisi di mana aliran darah dari jantung mengalir dengan terlalu kuat sehingga tekanannya sangat tinggi.

Penyakit yang satu ini ditandai dengan tekanan darah yang lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi disebabkan oleh banyak hal salah satunya dan yang paling sering adalah karena penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan sering kali terjadi karena lemak darah.

Penyakit Diabetes Tipe 2

Selain osteoporosis dan hipertensi, penyakit diabetes tipe 2 juga bisa disebut juga sebagai penyakit degeneratif yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah. Penyakit yang satu ini terjadi karena sel yang sudah tak terlalu peka untuk merespons insulin.

Insulin adalah salah satu hormon yang sebetulnya berfungsi mengubah gula di dalam darah menjadi energi. Biasanya, penyakit yang satu ini ditandai dengan keadaan yang selalu lapar, sering buang air kecil, selalu merasa haus berlebihan, dan lain sebagainya.

Penyakit Jantung

Berikutnya adalah penyakit jantung yang biasanya juga berkaitan dengan hipertensi. Penyakit jantung biasa terjadi karena penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah.

Salah satu contohnya adalah penyakit jantung koroner di mana arteri koronaria yang ada di dekat jantung mengalami penyumbatan.

Ya, tentu saja aliran darah bisa berhenti seketika yang jika tak ditangani segera bisa menyebabkan kematian. Ada banyak sekali komplikasi penyakit jantung yaitu serangan jantung, gagal jantung, stroke, aneurisme, dan lain sebagainya.

penyakit-degeneratif-hipertensi-k24klik
Penyakit degeneratif hipertensi (sumber: Public Health Columbia)

Degenerasi Makula

Ini adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh kerusakan makular pada lansia. Gejala penyakit ini berupa pandangan yang buram, dimulai dari bagian tengah penglihatan.

Lama-kelamaan, kondisi ini bakal mempengaruhi kemampuan menyetir, mengenali wajah orang, menyetir, hingga menulis. Hingga saat ini, belum ditemukan penyebab pasti dari kondisi kesehatan ini. Namun, diperkirakan bahwa lingkungan dan faktor genetik menjadi salah satu faktor penyebab.

Penyakit Alzheimer

Terakhir dan yang paling sering terjadi pada seseorang yang berusia lanjut adalah Alzheimer atau penyakit pikun.

Alzheimer ini merupakan salah satu  penyakit progresif otak yang secara dapat mengakibatkan penurunan fungsi memori dan kognitif secara perlahan-lahan.

Penyakit ini umumnya muncul pada usia sekitar 65 tahun atau lebih. Penderitanya akan kehilangan banyak memori di dalam otaknya.

Bahkan lambat laun mereka akan kesulitan bicara karena kosa katanya semakin berkurang.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian penyakit degeneratif dan juga macam-macam penyakitnya. Dengan mengetahui hal ini maka sudah saatnya kita harus sadar untuk selalu menjaga kesehatan sejak dini.

Mari perbanyak makan makanan sehat dan juga diimbangi dengan olahraga agar tetap sehat di hari tua.

Referensi