Tips Pola Hidup Sehat untuk Penderita Hipertensi

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

pola-hidup-sehat-untuk-penderita-hipertensi

Darah tinggi atau yang disebut juga dengan hipertensi bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Seperti penyakit jantung, stroke, hingga ginjal. Salah satu langkah pencegahan yang bisa Sobat Sehat lakukan yakni dengan menerapkan pola hidup sehat untuk penderita hipertensi.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengenalinya serta menerapkan gaya , kenali dengan baik apa itu tekanan darah tinggi hingga tips gaya hidup sehat agar dapat mencegah darah tinggi seperti pada ulasan berikut ini.

Apa Itu Tekanan Darah Tinggi?

Tekanan darah adalah kekuatan yang diberikan dari sirkulasi darah pada dinding arteri tubuh, yang merupakan pembuluh darah utama di dalam tubuh.

Tentunya besarnya tekanan ini sangat bergantung dari resistensi pembuluh darah hingga seberapa keras jantung bisa bekerja. 

Ketika darah yang dipompa jantung semakin banyak serta semakin sempit pula pembuluh darah arteri, tekanan darah tentunya akan semakin tinggi. Selain itu, hipertensi bisa diketahui ketika anda secara rutin memeriksakan tekanan darah.

Faktor Risiko

Tahukah anda bahwa ada banyak faktor yang ternyata dapat membuat anda berisiko tinggi untuk terkena darah tinggi. Tentunya beberapa faktor tersebut bisa dari keturunan atau genetik, jenis kelamin, hingga usia.

Seseorang yang berusia lebih tua cenderung mempunyai tekanan darah yang ternyata lebih tinggi. Karena semakin bertambahnya usia, maka tekanan darahnya pun bisa semakin meningkat.

Terjadinya hal ini karena pembuluh darahnya cenderung menegang dan menebal seiring pertambahan waktu.

Untuk anda yang mempunyai keluarga dengan riwayat terhadap darah tinggi, maka hal ini juga berisiko tinggi untuk mengalami hal tersebut. Jika dilihat dari sisi usia, lebih memungkinkan wanita dewasa mengalami darah tinggi jika dibandingkan dengan pria.

Walaupun anda tidak termasuk sebagai kelompok tersebut, anda bukan berarti tidak berisiko mengalami darah tinggi. Karena faktor risiko utama dari tekanan darah tinggi yaitu gaya hidup yang tidak sehat atau buruk.

Selain itu, seseorang yang mempunyai faktor risiko, seperti usia, genetik, dan sebagainya, bisa juga terbebas dari tekanan darah tinggi selama telah menerapkan gaya hidup sehat.

Ada pula beberapa faktor lainnya yang juga dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi, seperti kelelahan, asam urat, diabetes, penyakit ginjal, obesitas, kecanduan alkohol, kolesterol tinggi, hingga wanita yang memakai pil KB.

Tips Pola Hidup Sehat Penderita Hipertensi

Memang, kini kit sudah bisa menemukan berbagai obat darah tinggi. K24Klik juga menyediakan beberapa jenis pilihan untuk jenis ini. Hanya saja, ada pula dari Sobat Sehat yang ingin mencoba cara alami, bukan?

Oleh karena itu, Anda bisa menjalankan gaya hidup sehat untuk penderita hipertensi berikut ini.

Agar anda bisa mencegah tubuh terkena tekanan darah tinggi, maka anda harus berfokus terhadap faktor risiko yang dapat dikontrol. Sedangkan agar bisa mencegah diri untuk terkena darah tinggi, maka salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga berat badan.

Orang yang mengalami kelebihan berat badan perlu mencoba menurunkannya dengan melakukan pola makan yang baik dan sehat. Sedangkan orang yang memiliki berat badan normal, maka perlu menghindari terjadinya obesitas. 

Tentunya melakukan olahraga rutin hingga melakukan perubahan pola hidup dapat membantu anda untuk memperoleh berat badan ideal. Tidak hanya itu saja, anda juga perlu mengurangi asupan garam, melakukan olahraga secara teratur, hindari untuk mengonsumsi alkohol, pantaulah selalu tekanan darah, berhenti merokok, kurangi stres, dan sebagainya.

Dengan melakukan beberapa beberapa gaya hidup sehat untuk penderita hipertensi di atas, Anda bisa lebih tenang. Selain membuat gejala tidak semakin parah, Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya lainnya obat.

Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm