8 Obat Tetes Telinga Untuk Mengeluarkan Kotoran di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Tetes Telinga Untuk Mengeluarkan Kotoran di Apotik K24
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kotoran dalam telinga dapat membuat sistem pendengaran terganggu. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran yang banyak tersedia di apotik.

Kotoran yang menumpuk di dalam telinga dapat membuat pendengaran jadi bermasalah. Nah, obat tetes telinga merupakan salah satu solusi tepat untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Tenang saja, saat ini sudah banyak obat tetes telinga di apotik yang bagus untuk membersihkan kotoran dan beberapa diantaranya ampuh mengatasi infeksi.

Infeksi telinga dapat membuat Anda merasakan berbagai gejala mulai dari gatal, panas, suara bising maupun pendengaran terganggu. Menjaga kebersihan telinga tentunya menjadi salah satu cara jitu untuk menghindari infeksi. Namun apabila sudah terlanjur, ada beberapa obat tetes telinga di bawah ini yang dapat Anda andalkan.

Bagaimana Jika Kotoran Telinga Tidak Dibersihkan?

Dalam dunia medis, kotoran telinga disebut sebagai serumen. Namun, apabila berlebihan tentunya dapat mengurangi fungsionalnya sebagai filter dan pelumas telinga. Serumen yang menumpuk dan mengeras perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan tinnitus, vertigo, gatal dan sakit telinga.

Membersihkan serumen dalam telinga pun tidak dianjurkan untuk dilakukan secara sering, tergantung kondisi setiap orang. Anda dapat menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat dan obat tetes telinga.

Rekomendasi Obat Tetes Telinga Untuk Mengeluarkan Kotoran di Apotik

Kotoran dalam telinga bisa saja menyebabkan infeksi ataupun mengganggu pendengaran Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran.

Baca juga: Gangguan Telinga Akibat Penumpukan Kotoran Bisa Sebabkan Vertigo

1. Vital Ear Oil

obat tetes telinga vital ear oil

Beli Vital Ear Oil Klik di Sini

Obat tetes telinga Vital Ear Oil mengandung thymol, menthol, campor dan juga paraffin liquid. Tetes telinga ini dapat berperan sebagai antiseptik yang ampuh untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan membersihkan kotoran di telinga. Anda dapat menggunakan Vital Ear Oil ini untuk 3 kali sehari sebanyak 2 tetes tiap pemakaiannya.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/botol

2. Santadex Ear Drop

obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran santadex ear drop

Beli Santadex Ear Drop Klik di Sini

Salah satu obat tetes telinga yang bagus di apotik untuk Anda gunakan adalah Santadex Ear Drop. Tetes telinga ini ampuh untuk mengatasi iritasi pada telinga, melunakkan kotoran yang ada di dalam telinga sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/botol

3. Forumen Tetes Telinga

obat tetes telinga di apotik forumen tetes telinga

Beli Forumen Tetes Telinga Klik di Sini

Natrium dokusat merupakan zat aktif yang ampuh berperan sebagai pelunak kotoran telinga sehingga mudah dibersihkan. Nah, forumen tetes telinga ini mengandung natrium dokusat dan bantu telinga Anda kembali bersih. Pastikan untuk tidak menggunakan obat tetes telinga ini dalam jangka panjang, anjuran pemakaian adalah tidak lebih dari 2 malam berturut-turut.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/botol

4. Erlamycetin Tetes Telinga

obat erlamycetin tetes telinga

Beli Erlamycetin Ear Drop Klik di Sini

Mengandung chloramphenicol, Erlamycetin Tetes Telinga berfungsi untuk mengobati infeksi pada telinga maupun saluran telinga. Dengan memberikan 2-3 tetes Erlamycetin 3 kali sehari, dapat membantu Anda untuk membuat telinga lebih sehat dan bersih. Perlu diketahui bahwa obat tetes telinga ini mungkin saja menyebabkan iritasi seperti gatal dan rasa panas.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/pcs

5. Otopain Tetes Telinga

obat otopain tetes telinga di apotik

Beli Otopain Tetes Telinga Klik di Sini

Telinga nyeri, bengkak, gatal hingga berair bisa saja disebabkan karena adanya infeksi. Nah, Otopain Tetes Telinga ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi infeksi tersebut. Selain itu, Otopain juga ampuh untuk membantu Anda membersihkan kotoran yang mengganggu sistem pendengaran.

Kisaran harga: Rp 123 ribu/pcs

6. Otolin Ear Drop

obat tetes telinga otolin ear drop

Beli Otolin Ear Drop Klik di Sini

Infeksi telinga dapat menimbulkan risiko gangguan kesehatan sehingga perlu untuk segera diatasi. Menggunakan Otolin Ear Drop, obat tetes telinga ini membantu Anda memberantas bakteri yang ada di dalam telinga. Cukup berikan 3-4 tetes pada telinga yang terkena infeksi 3-4 kali sehari atau sesuai anjuran.

Kisaran harga: Rp 72 ribu/pcs

7. Akilen Ear Drop

obat untuk mengeluarkan kotoran telinga akilen ear drop

Beli Akilen Ear Drop Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Akilen Ear Drop sebagai obat tetes telinga. Obat yang satu ni ampuh untuk mengatasi infeksi bakteri pada telinga dan dapat digunakan pada anak-anak juga. Cukup gunakan Akilen Ear Drop 2 kali sehari sebanyak 3-5 tetes atau sesuai anjuran.

Kisaran harga: Rp 94 ribu/botol

8. Colme Tetes Telinga

obat colme tetes telinga di apotik

Beli Colme Tetes Telinga Klik di Sini

Kandungan chloramphenicol dan lidocaine HCl dalam Colme tetes telinga dapat bantu membunuh bakteri penyebab infeksi telinga. Anjuran penggunaannya adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1-2 tetes atau sesuai anjuran. Obat tetes telinga yang satu ini dapat membantu Anda untuk menjaga kebersihan dalam telinga,

Kisaran harga: Rp 68 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat tetes telinga yang dapat Anda gunakan untuk mengeluarkan kotoran maupun mengobati infeksi. Apabila merasa telinga bermasalah, Anda dapat langsung berkonsultasi pada dokter THT untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Cara Menggunakan Obat Tetes Telinga

Apapun obat tetes telinga yang menjadi pilihan Anda untuk mengeluarkan kotoran maupun mengatasi infeksi, cara penggunaannya harus sangat diperhatikan. Berikut ini merupakan cara menggunakan obat tetes telinga yang tepat.

  • Cuci tangan bersih menggunakan sabun dan air mengalir
  • Persiapkan obat tetes telinga dan juga kain atau tisu yang berguna untuk menyeka tetesan nantinya
  • Posisikan kepala miring agar telinga mengarah ke atas sehingga mudah untuk ditetesi obat
  • Gunakan penetes telinga untuk memasukkan cairan, pastikan untuk menyesuaikan jumlah tetesan dengan anjuran yang tertera pada kemasan
  • Untuk membantu tetesan obat dapat mengalir sempurna ke telinga, cobalah untuk menarik daun telinga ke atas dan ke bawah
  • Pertahankan posisi kepala miring selama beberapa menit
  • Setelah selesai menggunakan, pastikan botol obat tetes mata telah tertutup rapat dan bersihkan sisa cairan menggunakan tisu atau kain bersih.

Tidak perlu repot keluar rumah, kebutuhan obat, vitamin dan susu Anda kini dapat dibeli melalui aplikasi K24Klik. Tersedia di Play Store atau App Store, kami menjamin produk 100% asli dengan pengiriman cepat. Yuk rasakan manfaatnya sekarang juga.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14428-ear-wax-buildup–blockage diakses pada 6 Juni 2023

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/24654-ear-drops diakses pada 6 Juni 2023