15 Obat Migrain di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat-migrain-di-apotik-paling-ampuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat migrain berguna untuk mengatasi sakit kepala sebelah yang mengganggu dan membuat aktivitas Anda terganggu. Berbeda dengan sakit kepala atau pusing biasa, Anda perlu mengetahui apa saja obat yang bekerja efektif dalam mengatasi migrain.

Berbeda dengan sakit kepala biasa, migrain merupakan kondisi kepala berdenyut hanya di salah satu sisi saja. Saat ini, sudah tersedia banyak obat migrain di apotik dengan beragam jenis dan juga dosis yang dapat Anda andalkan.

Migrain bukan hanya sekedar sakit kepala biasa, pada beberapa kondisi migrain dapat membuat seseorang lebih sensitif terhadap cahaya dan juga suara. Tidak hanya itu, mual dan muntah juga dapat menjadi deretan gangguan yang menyertai migrain.

Baca juga: 15 Obat Sakit Kepala di Apotik yang Ampuh

Rekomendasi Obat Migrain di Apotik Paling Ampuh

Tidak hanya sekedar sakit kepala biasa, migrain mungkin membutuhkan jenis obat yang berbeda. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat migrain di apotik paling ampuh yang dapat Anda gunakan.

1 . Flunarizine

obat migrain di apotik flunarizine

Beli Flunarizine Klik di Sini

Salah satu golongan obat anti migrain, flunarizine efektif bekerja dalam mengurangi rasa sakit saat migrain dan juga frekuensi serangannya. Selain mengatasi migrain, obat ini juga ampuh dalam mencegah vertigo.

Anda memerlukan resep dokter untuk membeli flunarizine dan obat ini hanya disarankan untuk dewasa serta anak diatas usia 12 tahun. Anjuran mengonsumi obat ini adalah 5-10 mg per hari, dikonsumsi sesaat sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/tablet

2. Aknil Tablet

obat migrain paling ampuh aknil tablet

Beli Aknil Tablet Klik di Sini

Dengan kandungan ibuprofen dan juga paracetamol, Aknil Tablet ampuh dalam mengatasi sakit kepala, nyeri saraf, migrain, nyeri haid, sakit gigi dan juga demam. Obat ini dapat dikonsumsi untuk anak usia 6-12 tahun, diatas 12 tahun dan juga orang dewasa.

Perlu diketahui bahwa orang dengan riwayat tukak lambung disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum mengonsumsi aknil tablet.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

3. Panadol Extra

obat-migrain-di-apotik-panadol-extra

Beli Panadol Extra Klik di Sini

Obat ini ampuh bekerja untuk meredakan rasa nyeri saat sakit kepala dan juga demam. Dengan kandungan zat aktif paracetamol yang dikombinasikan dengan kafein, Panadol Extra ampuh dalam menghambat prostaglandin penyebab nyeri pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/strip

4. Poldan Mig

obat-migrain-paling-ampuh-poldan-mig

Beli Poldan Mig Klik di Sini

Mengandung paracetamol, acetylsalicylic acid dan juga caffeine membuat Poldan Mig ampuh berperan sebagai anti nyeri sekaligus penurun demam. Untuk mengatasi migrain, Anda dapat mengonsumsi obat ini 3-4 kali sehari sebanyak 1 kaplet.

Poldan Mig sendiri bukanlah termasuk obat keras, tapi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Mempertimbangkan komposisi dan keamanan obat, Poldan Mig dapat diberikan pada dewasa dan anak dengan usia lebih dari 12 tahun.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

5. Bodrex Migra

obat bodrex migra paling ampuh

Beli Bodrex Migra Klik di Sini

Salah satu obat migrain terbaik yang dapat Anda andalkan adalah Bodrex Migra. Dengan kandungan paracetamol, propyphenazone dan juga kafein membuat obat ini bekerja ampuh dalam meredakan nyeri sakit kepala saat migrain.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

6. Proris

obat-migrain-di-apotik-proris-tablet

Beli Proris Klik di Sini

Mengandung bahan aktif ibuprofen, Proris dapat bekerja ampuh dalam meredakan nyeri ringan sampai sedang termasuk migrain dan juga menurunkan demam. Obat ini aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak mulai usia 1 tahun sesuai dosis anjuran yang ada.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/strip

at-migrain-paling-ampuh-proris-sirup

Beli Proris Sirup Klik di Sini

Selain versi tablet, Proris Sirup juga dapat menjadi andalan Anda untuk mengurangi nyeri saat migrain. Jenis obat sirup ini juga akan lebih mudah untuk diberikan pada anak-anak.

Kisaran harga: Rp 32 ribu/botol

7. Paracetamol

obat-migrain-di-apotik-paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Migrain saat sedang hamil ataupun menyusui, bagaimana cara mengatasinya? Anda dapat mengandalkan paracetamol. Obat ini tergolong sebagai salah satu obat kategori C, yang masih aman dikonsumsi untuk ibu hamil dan untuk ibu menyusui.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

Baca juga: 15 Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil yang Aman di Apotik

8. Ibuprofen

obat migrain paling ampuh ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Rasa sakit skala ringan hingga sedang dapat diatasi menggunakan ibuprofen. Obat ini ampuh dalam meredakan sakit kepala, migrain, nyeri otot, sakit gigi hingga menurunkan demam.

Keunggulan ibuprofen dibandingkan paracetamol adalah memiliki sifat anti-inflamasi. Untuk dosis penggunaan ibuprofen yang tepat baik untuk dewasa maupun anak-anak, lebih baik konsultasikan kepada dokter ahli terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

9. Bodrex Tablet

t-migrain-paling-ampuh-bodrex-tablet

Beli Bodrex Tablet Klik di Sini

Mengandung paracetamol dan juga kafein, Bodrex Tablet berperan ampuh sebagai anti nyeri pada tubuh. Sakit kepala sebelah biasanya menyebabkan rasa nyeri yang cukup mengganggu, nah Anda dapat mengandalkan obat ini untuk mengatasinya.

Bodrex Tablet tidak dianjurkan untuk anak-anak, hanya diperuntukkan bagi orang dewasa. Anjuran mengonsumsinya adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 kaplet setiap konsumsinya.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

10. Sanmol

obat-migrain-paling-ampuh-sanmol

Beli Sanmol Klik di Sini

Dalam setiap tablet Sanmol mengandung paracetamol 500mg, obat ini ampuh dalam mengatasi sakit kepala termasuk migrain, sakit gigi dan menurunkan demam. Sanmol juga termasuk obat dengan kategori aman untuk dikonsumsi ibu hamil maupun menyusui.

Anjuran dosis mengonsumsi obat ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet sekali konsumsi untuk dewasa dan anak usia diatas 12 tahun. Sedangkan untuk anak-anak usia 6-12 tahun, Anda dapat memberikan setengah dosis tablet Sanmol untuk 3-4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

11. Paramex Tablet

obat-migrain-di-apotik-paramex-tablet

Beli Paramex Tablet Klik di Sini

Kandungan paracetamol, propyphenazone, kafein dan juga dexchlorpheniramine maleate dalam paramex tablet ampuh diandalkan dalam meredakan sakit migrain. Obat ini dianjurkan untuk dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun.

Anda dapat mengonsumsi paramex tablet sesudah makan, 2-3 kali sehari sebanyak 1 tablet. Apabila memiliki kondisi kesehatan khusus seperti gangguan fungsi hati, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli sebelum mengonsumsi obat ini.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

12. Puyer No. 16

obat-migrain-di-apotik-puyer-no-16

Beli Puyer No.16 Klik di Sini

Butuh obat yang bekerja cepat dalam meringankan migrain? Anda dapat mengonsumsi Puyer No.16 dengan berbagai kandungan bermanfaat seperti acetaminophen, acetosal dan juga kafein.

Perlu diketahui bahwa obat dengan bentuk puyer ini mungkin akan memberikan sensasi rasa pahit berlebih, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pack

13. Farsifen Plus

obat migrain di apotik farsifen plus

Beli Farsifen Plus Klik di Sini

Mengkombinasikan paracetamol, ibuprofen dan juga kafein membuat farsifen plus ampuh bekerja dalam meringankan rasa sakit atau nyeri dari skala ringan hingga sedang. Obat ini dapat meredakan migrain, sakit kepala biasa, sakit gigi hingga nyeri saat haid.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Mefenamic Acid

obat migrain mefenamic acid

Beli Mefenamic Acid Klik di Sini

Tidak hanya paracetamol maupun ibuprofen, mefenamic acid juga dapat bekerja ampuh dalam meredakan nyeri seperti sakit kepala, migrain dan sakit gigi. Obat ini tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang, kecuali atas petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

15. Gratizin

obat-migrain-paling-ampuh-gratizin

Beli Gratizin Klik di Sini

Merupakan versi paten dari obat flunarizine, Gratizin juga bekerja ampuh untuk mencegah serangan migrain sekaligus meminimalisir berbagai efek sampingnya. Seperti adanya gangguan keseimbangan di pendengaran, kemudian juga gangguan pembuluh darah.

Dengan mengonsumsi obat ini, Anda juga dapat mencegah pusing, vertigo, insomnia serta gangguan emosional. Termasuk golongan obat keras, Anda tidak dapat membelinya secara asal dan membutuhkan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat migrain di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila rasa sakit di kepala tidak juga kunjung membaik, jangan ragu berkonsultasi pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Saat sakit kepala, tapi stok obat di rumah kosong? Tidak perlu membahayakan diri keluar rumah dalam kondisi sakit, Anda dapat mengandalkan K24Klik yang siap melayani 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat.

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store maupun App Store, rasakan beragam manfaat beli obat jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.webmd.com/migraines-headaches/migraine-treatments diakses pada 1 September 2023