Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara mengobati sakit gigi yang ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terasa nyeri dan membuat aktivitas terganggu, sakit gigi perlu penanganan yang tepat. Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati sakit gigi yang ampuh seperti memanfaatkan garam, daun jambu biji hingga pemberian obat-obatan.

Beberapa penyebab sakit gigi adalah infeksi, iritas gusi hingga gigi berlubang. Apabila tidak segera ditangani, tentunya dapat memengaruhi aktivitas harian. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengobati sakit gigi yang ampuh dan tepat.

Baca juga: 15 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh

Tidak hanya menggunakan obat-obatan, terdapat berbagai cara lain untuk mengatasi sakit gigi. Memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan, berikut ini merupakan berbagai cara mengobati sakit gigi yang ampuh.

1. Kompres Dingin

Salah satu cara untuk meredakan sakit gigi adalah melakukan kompres dingin. Suhu dingin dapat membuat pembengkakan dan juga peradangan pada gusi berkurang sedikit demi sedikit.

Caranya cukup balut beberapa es batu dengan kain atau handuk, lalu tempelkan ke area gigi yang sakit. Anda dapat melakukan cara ini beberapa kali sampai nyeri di gigi mereda.

2. Memanfaatkan Kantong Teh

Gemar mengonsumsi teh? Jangan langsung membuang kantong teh celup bekas, Anda dapat memanfaatkannya untuk meredakan rasa nyeri saat sakit gigi.

Untuk memberikan sensasi dingin yang menenangkan saraf, Anda dapat memasukkan kantong teh celup bekas ke dalam freezer selama beberapa menit terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan pada area gigi yang sakit.

Jenis teh yang paling disarankan adalah teh peppermint karena memiliki sifat antibakteri paling kuat. Namun perlu diperhatikan bahwa cara yang satu ini mungkin dapat membuat gigi menguning apabila dilakukan terlalu sering.

3. Menggunakan Minyak Bawang Putih

Bawang putih ampuh berperan sebagai pereda nyeri sekaligus melawan bakteri penyebab sakit gigi. Gunakan bola kapas untuk menempelkan minyak bawang putih ke gigi.

Saat ini, sudah banyak minyak bawang putih yang dikemas siap pakai. Namun, Anda juga dapat membuatnya secara manual. Cukup haluskan bawang putih sampai membentuk tekstur pasta, lalu oleskan langsung ke gigi yang sakit.

Apabila Anda merasa nyaman dengan rasa getir bawang putih, mengonsumsinya secara langsung juga dapat mengurangi nyeri sakit gigi. Kupas satu siung bawang putih segar, lalu kunyah dengan menekankan lumatan di bagian gigi yang sakit.

4. Daun Jambu Biji

Tahukah Anda bahwa daun jambu biji memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba? Dengan manfaat tersebut, daun jambu biji menjadi salah satu herbal ampuh untuk membantu meredakan sakit gigi.

Anda dapat mengolah daun biji menjadi minuman teh yang menyegarkan ataupun menjadikannya sebagai obat kumur. Mengunyah daun jambu biji secara langsung juga dapat secara efektif meredakan nyeri saat sakit gigi.

5. Ekstrak Vanila

Kandungan alkohol dan juga vanilin dalam ekstrak vanila dapat menjadi salah satu obat sakit gigi yang ampuh. Ekstrak vanila dapat membunuh bakteri dan juga memiliki sifat antiperadangan untuk mengurangi rasa sakit gigi Anda.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan ekstrak vanila sebagai obat sakit gigi? Cukup ambil ekstrak vanila menggunakan jari ataupun kapas, lalu oleskan langsung ke area gigi yang sakit.

6. Cengkeh

Sifat antiseptik dalam cengkeh bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan juga rasa nyeri saat sakit gigi. Dengan menggunakan bola kapas, Anda dapat mengoleskan minyak cengkeh langsung ke area yang sakit.

Anda juga bisa melarutkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air, lalu gunakan sebagai obat kumur.

7. Rumput Gandum

Diolah menjadi obat kumur, jus rumput gandum ampuh untuk meredakan pembengkakan akibat sakit gigi. Tidak hanya itu, rumput gandum juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat sakit gigi.

8. Jahe Segar

Ibuprofen merupakan pertolongan yang ampuh untuk mengatasi peradangan dan nyeri. Salah satu herbal yang memiliki peran ampuh seperti ibuprofen adalah jahe.

Anda dapat mengupas seruas jahe, kemudian cuci bersih dan kunyah perlahan-lahan. Pastikan untuk mengenai bagian gigi yang sakit sehingga rasa nyerinya dapat berkurang.

9. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan juga antibakteri yang memiliki manfaat ampuh dalam membantu proses penyembuhan sakit gigi. Caranya cukup mengolah bubuk kunyit menjadi pasta, lalu oleskan langsung pada bagian gigi yang sakit.

10. Lemon

Tidak hanya baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, lemon juga ampuh mengobati sakit gigi alami secara alami. Antiseptik dan antibakteri dalam lemon bekerja efektif dalam meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Cukup gunakan air perasan lemon untuk diteteskan langsung ke area gigi yang sakit. Anda juga dapat memanfaatkan kapas untuk mengaplikasikan perasan lemon yang dicampur dengan sedikit air pada gigi yang sakit.

11. Cuka Apel

cara mengobati sakit gigi cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

Senyawa antimikroba dan antibakteri dalam cuka apel dapat bekerja ampuh dalam meredakan sakit gigi. Anda cukup menggunakan Tahesta Cuka Apel yang sudah diencerkan dengan air untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik.

Cara lain untuk memanfaatkan cuka apel adalah menggunakan kapas, lalu menempelkannya pada gigi yang sakit.

Anda dapat mengulangi cara ini untuk beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakit mereda. Apabila tidak kunjung mereda, Anda dapat memanfaatkan berbagai macam obat sakit gigi yang tersedia di apotek offline maupun online.

Obat Sakit Gigi yang Ampuh di Apotek

Selain menggunakan cara-cara alami, Anda juga dapat memanfaatkan beragam obat sakit gigi yang ampuh di apotek. Mesti tidak bisa mengobati sakit gigi secara cepat dalam 5 menit, namun penggunaan obat sakit gigi dapat mengurangi rasa nyeri yang ada.

1. Cataflam

obat sakit gigi yang ampuh cataflam drop

Beli Cataflam Drop Klik di Sini

Dengan kandungan diclofenac potassium di dalamnya, Cataflam merupakan salah satu obat pereda nyeri yang ampuh menangani sakit gigi. Termasuk dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Obat sakit gigi yang satu ini tersedia dalam jenis tablet dan juga drop. Apabila diberikan pada anak, Cataflam drop tentunya lebih dianjurkan karena mudah dikonsumsi. Ketentuan dosis penggunaan obat ini perlu diperhatikan sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 60 ribu/botol

2. Paracetamol

cara atasi sakit gigi dengan cepat paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Golongan obat NSAID, paracetamol memiliki kandungan zat aktif yang ampuh menghambat prostaglandin dan mengatasi nyeri termasuk akibat sakit gigi. Tidak hanya itu, obat ini juga bekerja efektif dalam meredakan demam dan sakit kepala.

Penggunaan pada orang dewasa dan anak-anak tentunya memiliki perbedaan, baik dari segi dosis dan juga takarannya. Perhatikan selalu aturan pakai paracetamol untuk memaksimalkan efektivitas obat dan meminimalisir efek samping.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

3. Asam Mefenamat

cara atasi sakit gigi asam mefenamat

Beli Mefenamic Acid Klik di Sini

Asam mefenamat atau mefenamic acid merupakan salah satu obat pereda nyeri yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi. Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak diatas usia 14 tahun dan juga orang dewasa.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesudah makan sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Penggunaan asam mefenamat untuk jangka panjang harus sesuai petunjuk dari dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

Itulah tadi beragam cara mengobati sakit gigi yang ampuh untuk Anda coba. Apabila rasa nyeri di gigi tidak kunjung menghilang, periksakan segera pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Sakit gigi tengah malam dan butuh obat segera? K24Klik siap menjadi andalan Anda! Aplikasi kami tersedia di Play Store dan juga App Store, jaminan pelayanan 24 jam nonstop dan pengiriman cepat! Yuk unduh K24Klik sekarang juga, beli obat online jadi lebih praktis!

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10957-toothache diakses pada 12 Oktober 2023

https://www.stpetedentist.com/blog/home-remedies-for-toothaches-that-actually-work/ diakses pada 12 Oktober 2023