Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menghilangkan kantung mata secara alami

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Kantung mata menghitam atau mata panda dapat mengganggu penampilan dan membuat kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beragam cara menghilangkan kantung mata secara alami.

Munculnya kantung mata sendiri merupakan hal yang wajar seiring dengan bertambahnya usia. Namun mata panda atau kantung mata yang menghitam dapat membuat penampilan terganggu.

Beragam cara alami yang memanfaatkan bahan-bahan herbal diketahui ampuh untuk hilangkan kantung mata. Perawatan tersebut juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti tidur cukup.

Baca juga: 15 Vitamin Mata Yang Bagus Untuk Kesehatan Mata di Apotik

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman, kantung mata dapat dihilangkan menggunakan berbagai bahan herbal. Berikut ini merupakan cara menghilangkan kantung mata secara alami yang dapat Anda coba.

1. Memanfaatkan Minyak Zaitun

cara menghilangkan kantung mata herborist minyak zaitun

Beli Herborist Minyak Zaitun Klik di Sini

Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun diketahui ampuh dalam mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, minyak zaitun juga dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk memudarkan mata panda atau kantung mata.

Bagaimana caranya? Cukup oleskan minyak zaitun ke area kantung mata, lalu lakukan pijatan perlahan. Cara ini dapat Anda coba setiap hari saat sebelum tidur 

2. Kompres dengan Kantung Teh

Kafein dalam kantung teh dapat bermanfaat untuk menyempitkan pembuluh darah dan juga memperbaiki tampilan mata panda. Caranya pun sangat mudah, Anda cukup merendam dua kantong teh ke dalam air panas terlebih dulu selama kurang lebih 5 menit.

Setelah itu, gunakan dua kantong teh dengan suhu yang hangat itu untuk mengkompres bagian kantung mata. Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu dan pastikan untuk menjaga kualitas tidur, mata panda pun akan menghilang secara alami.

3. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu Anda dalam mengecilkan pembuluh darah yang melebar di area mata. Hal ini bekerja efektif untuk menghilangkan kantung mata secara alami.

Anda cukup membungkus es batu menggunakan kain bersih, lalu tempelkan langsung ke area kulit sekitar kantung mata. Meski tidak dapat mengatasi kantung mata dalam waktu 5 menit, tetapi apabila dilakukan rutin hasilnya akan terlihat.

Metode lain untuk melakukan kompres dingin juga dapat Anda lakukan dengan sendok stainless steel. Caranya, masukkan sendok bersih ke dalam kulkas. Setelah dingin, tempelkan pada area mata panda untuk beberapa menit.

4. Menempelkan Mentimun ke Area Mata

Mentimun merupakan salah satu buah yang memiliki kadar air tinggi dan juga vitamin C. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melembapkan kulit sekaligus memudarkan kantung mata.

Selain dapat membantu menghilangkan kantung mata, kandungan magnesium dan silika dalam mentimun juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata.

5. Pastikan untuk Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Kebiasaan begadang menjadi salah satu penyebab utama munculnya kantung mata atau mata panda. Untuk menghilangkannya, Anda perlu menjaga kualitas waktu istirahat Anda.

Untuk orang dewasa dengan kesibukan padat, waktu tidur paling ideal adalah 7-9 jam. Atur waktu tidur Anda sebaik mungkin untuk mengistirahatkan setiap organ tubuh. Tidak hanya menghilangkan mata panda, cara ini efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tumbuhan herbal yang kaya akan kandungan vitamin E, vitamin A dan juga vitamin C. Kandungan tersebut sangat ampuh untuk memberikan nutrisi terbaik sekaligus memperbaiki kondisi kulit.

Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada bagian bawah mata dan diamkan untuk kurang lebih 15 menit. Setelah itu, segera bilas menggunakan air bersih.

7. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Dehidrasi pada tubuh dapat memengaruhi munculnya kantung mata atau mata panda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menjaga asupan air putih pada tubuh untuk menghilangkan kantung mata.

Anjuran mengonsumsi air putih setiap orang sendiri berbeda-beda, dapat bergantung pada kepadatan aktivitas yang dijalani. Umumnya, setiap orang baik pria maupun wanita membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari.

8. Campuran Madu dan Air Perasan Lemon

Kaya akan kandungan polifenol, madu murni berperan ampuh untuk mengurangi tanda-tanda penuaan termasuk kantung mata. Dikombinasikan dengan lemon, dapat bekerja efektif dalam meratakan warna kulit sekaligus mencerahkan.

menghilangkan kantung mata nusantara madu murni

Beli Madu Murni Nusantara Klik di Sini

Anda dapat mencampurkan satu sendok makan madu murni bersama dengan satu sendok teh air perasan lemon. Setelah tercampur rata dan membentuk pasta, oleskan langsung ke area sekitar mata yang berkantung.

Dapat mencerahkan warna kulit, masker madu lemon yang satu ini juga ampuh dalam menyamarkan lingkaran hitam atau mata panda.

9. Menggunakan Masker Kunyit

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan masker kunyit untuk menghilangkan mata panda. Kandungan antibakteri pada kunyit dapat membantu mengurangi kantung mata.

Cara membuat masker kunyit pun sangatlah mudah, cukup campurkan kunyit bubuk bersama dengan minyak almond hingga membentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada area kantung mata dan gunakan sebagai masker.

Anda dapat mengulangi penggunaan masker kunyit untuk setidaknya dua kali dalam seminggu.

10. Pijat Lembut Menggunakan Baby Oil

Untuk memberikan efek relaksasi pada area sekitar mata, Anda dapat melakukan pijatan lembut menggunakan baby oil. Sedikitnya kandungan kimia pada baby oil dapat memberikan nutrisi baik pada kulit wajah, terutama area sekitar kantung mata.

Gunakan beberapa tetes Johnsons Baby Oil di telapak tangan, lalu pijat perlahan area sekitar mata. Ini akan membantu otot mata lebih rileks dan mengurangi mata panda.

atasi kantung mata johnsons baby oil

Beli Johnsons Baby Oil Klik di Sini

11. Masker Tomat

Kaya akan kandungan likopen dan juga beta karoten, tomat dapat menjadi herbal pilihan Anda untuk menghilangkan kantung mata. Anda cukup membuat masker tomat dari tomat yang sudah dihaluskan bersama dengan sedikit air lemon.

Tidak hanya untuk kantung mata, Anda juga dapat memanfaatkan masker tomat untuk memperbaiki skin barrier di wajah.

12. Menggunakan Minyak Kelapa

Memiliki efek menenangkan pada kulit, minyak kelapa dapat membantu Anda untuk menghilangkan kantung mata. Penggunaan minyak kelapa juga ampuh dalam menjaga kelembapan kulit.

Oleskan sedikit minyak kelapa pada area sekitar mata, lalu pijat perlahan. Lakukan cara ini untuk beberapa kali dalam seminggu guna membantu otot mata lebih rileks dan kantung mata pun memudar.

cara atasi kantung alami palem virgin coconut oil

Beli Palem Virgin Coconut Oil Klik di Sini

13. Masker Bengkoang

Salah satu bahan alami yang bekerja efektif untuk mencerahkan kulit adalah bengkoang. Anda dapat memanfaatkan masker bengkoang dalam meratakan warna kulit wajah, termasuk memudarkan mata panda.

Caranya cukup parut bengkoang secukupnya lalu tempelkan langsung ke area sekitar mata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lamanya dan bilas bersih. Anda dapat melakukan cara alami ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah tadi berbagai cara menghilangkan kantung mata secara alami yang dapat Anda coba. Menggunakan herbal dan cara apapun, memudarkan kantung mata sendiri bukanlah pekerjaan instan jadi memerlukan waktu untuk melihat hasilnya.

Sakit tengah malam di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu? Tenang, K24Klik siap melayani Anda 24jam nonstop dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat. Yuk unduh aplikasi kami di Play Store dan App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/bags-under-eyes diakses pada 17 Oktober 2023

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bags-under-eyes/diagnosis-treatment/drc-20369931 diakses pada 18 Oktober 2023

https://trustherb.com/home-remedies-for-dark-circles/ diakses pada 18 Oktober 2023