Cara Mengeluarkan Dahak dari Dada, Paru-Paru & Tenggorokan Tercepat, Langsung Praktikan Aja

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-cara-mengeluarkan-dahak-dari-dada
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Jika batuk menyerang berkepanjang lalu dada terasa penuh akibat kumpulan dahak yang enggan keluar, tak perlu panik. Baiknya, Sobat Sehat segera terapkan cara mengeluarkan dahak dari dada di bawah ini.

Munculnya dahak atau lendir yang mengganggu sistem pernapasan tidak dipungkiri menghambat kegiatan sehari-hari. Penyebabnya pun beragam, dari infeksi virus atau bakteri, refluks asam lambung atau GERD, alergi, asma, hingga penyakit kronis yang berhubungan dengan paru-paru.

Namun, Anda tak perlu cemas karena ada beberapa cara untuk mengatasi lendir sebelum semakin parah. Lebih lengkap, Anda bisa ikuti beberapa cara mengeluarkan dahak berikut ini.

Cara mengeluarkan dahak di dada atau paru-paru

Ada dua jenis metode yang sering ditawarkan untuk mengeluarkan lendir dari dada atau paru-paru: menggunakan uap panas atau suplemen bernama N-acetylcysteine (NAC). Uap panas dipercaya dapat mengencerkan lendir atau dahak lebih cepat dibandingkan memakai minyak putih. 

Untuk praktiknya, Anda harus menyiapkan handuk, wadah bersih, dan air mendidih. Tutup bagian atas kepala dengan handuk, lalu dekatkan wajah pada permukaan air panas.

Hirup airnya perlahan sampai Anda merasakan dada tak sesak lagi. Metode lain yang bisa Anda gunakan adalah menyantap hidangan berkuah panas seperti sup atau teh untuk melegakan saluran pernapasan.

Bagaimana dengan NAC? Produk ini sudah umum dikonsumsi untuk mengeluarkan lendir dari dada maupun paru-paru. Beberapa orang pun memakainya untuk meredakan batuk berdahak.

Cara mengeluarkan dahak di tengorokan dengan memakai jeruk nipis

Bahan-bahan alami adalah opsi alternatif yang kerap dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk mengeluarkan lendir dari dada, paru-paru maupun tenggorokan. Jeruk nipis, misalnya, yang dapat membantu dengan kandungan vitamin C tinggi.

Vitamin tersebut dinilai dapat mengurangi lendir sekaligus menyembuhkan Anda dari batuk berdahak.

Cara pemakaiannya pun mudah, yakni memotong jeruk nipis jadi dua bagian untuk kemudian diperas dan dicampur dalam air atau teh hangat. Tambahkan madu atau gula merah kalau Anda memiliki riwayat gangguan lambung.

k24klik-cara-mengeluarkan-dahak
cara mengeluarkan dahak (Mutiara Kesehatan)

Baca juga: 9 Rekomendasi Obat Flu Pilek Paling Ampuh untuk Orang Dewasa

Cara mengeluarkan dahak pada anak-anak

Anak-anak biasanya cenderung rewel saat menghadapi batuk berdahak, sehingga kadang menolak saat Anda berikan obat. Maka untuk mengeluarkan dahak atau lendir, manfaatkan bahan atau metode alami yang lebih bersahabat.

Metode-metode sederhana yang bisa Anda lakukan adalah memberikan air putih hangat secara berkala. Seperti dalam penguapan, suhu panas dalam minuman tersebut dapat membantu mengencerkan lendir dan membuat anak bernapas lega.

Supaya mereka tak berhenti minum, tambahkan madu yang memiliki efek lebih ampuh dalam melenyapkan lendir dibandingkan dekongestan. Jus lemon adalah minuman lainnya yang bisa diberikan pada anak, tetapi pastikan jumlahnya tak sebanyak air putih.

Kemudian, Anda juga bisa mengajak anak mandi menggunakan air hangat. Selain membantu sistem pernapasannya kembali berfungsi normal, mandi air hangat selama sepuluh menit akan membuat tubuh anak lebih rileks, melancarkan aliran darah, hingga membersihkan kuman.

Obat pengencer dahak yang bisa dibeli di apotek

Jika Anda membutuhkan obat pengencer dahak atau lendir, Anda dapat datang ke apotek untuk membelinya. Untuk Ibu hamil dan menyusui  direkomendasikan mengonsumsinya dengan anjuran dari dokter.

Jika Anda sudah memiliki resep obat pengecer dahak, bisa langsung membelinya tanpa keluar rumah lewat K24klik. Tinggal install aplikasi, pilih obatnya, lalu checkout produk yang ada di keranjang. Cukup mudah, bukan?

Nah, itulah beberapa cara mengeluarkan dahak dari dada yang bisa Anda coba lakukan sendiri. Jika dada terasa sesak dan panas akibat dahak yang mengumpul banyak, segera jalankan langkah di atas!