Pengertian Stres, Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Stres adalah tekanan fisik dan juga psikologis yang dialami sesorang ketika berhadapan dengan kondisi membahayakan atau tidak nyaman.

Ketika menghadapi kondisi tidak nyaman atau justru membahayakan, terdapat satu reaksi alami yang biasanya dialami yaitu stres. Reaksi alami dari tubuh ini apabila terlalu mudah terpicu tentunya dapat mengganggu kesehatan mental dan fisik seseorang.

Meski tidak mengatasi secara total, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengelola stres. Seperti melakukan olahraga rutin, mengungkapkan keluh kesah ke orang terdekat atau psikolog dan juga meditasi.

Baca juga: 10 Obat Tidur untuk Insomnia di Apotik K24 Paling Ampuh

Penyebab Stres

Beberapa kondisi dapat membuat seseorang merasa tertekan, terancam dan berakhir dengan stres. Berikut ini merupakan beberapa kondisi umum yang biasanya dapat menjadi penyebab stres.

1. Pekerjaan

Ketika beban pekerjaan berat ditambah dengan deadline yang terus mengejar tentunya dapat membuat seseorang merasa stres. Hal ini dikarenakan kurangnya kendali atas pekerjaan sehingga memberi tekanan pada diri sendiri.

Banyak pekerja yang merasakan stres, terutama jika harus berhadapan dengan lingkungan kerja yang tidak nyaman dan kerjaan menumpuk. Situasi tidak menyenangkan tersebut dapat menjadi salah satu penyebab dari stres.

2. Keuangan

Selain pekerjaan, keuangan menjadi salah satu penyebab stres yang paling umum dialami oleh mayoritas orang. Mulai dari ketidakstabilan keuangan, hutang yang menumpuk dan beberapa masalah keuangan lainnya yang dapat menciptakan kecemasan.

Kecemasan karena masalah keuangan ini dapat memicu tubuh dan pikiran menjadi lebih tegang dan stres.

3. Perubahan Hidup

Hidup berjalanan secara dinamis, dapat berubah sewaktu-waktu dengan perubahan yang terkadang tidak disangka-sangka. Nah, perubahan dalam hidup ini dapat menjadi sumber stres karena membuat seseorang tertekan.

Beberapa perubahan hidup yang biasanya sering menjadi pemicu stres paling umum adalah kehidupan pernikahan atau berumah tangga, perceraian, pindah tempat tinggal hingga kematian orang terdekat.

4. Konflik

Dalam setiap hubungan yang Anda bangun, pastinya terdapat beberapa resiko konflik yang tidak bisa dihindari sepenuhnya. Misalnya adalah konflik interpersonal yang terjadi dalam keluarga, tempat kerja dan lain sebagainya.

Konflik ini biasanya tidak hanya membuat perasaan ataupun hubungan menjadi tidak nyaman tetapi juga memicu stres.

5. Lingkungan Sosial

Salah satu faktor eksternal yang dapat menyebabkan stres adalah lingkungan sosial berikut perubahannya. Misalnya ketika Pandemi Covid pada tahun 2020 yang menyebabkan isolasi bahkan lockdown.

Kondisi lingkungan sosial yang tidak aman dan nyaman tersebut membuat seseorang merasa tertekan kemudian stres. Faktor lingkungan sosial tersebut juga dapat diperburuk dengan adanya perubahan di dalamnya.

Misalnya ketika polusi udara di Ibu Kota meningkat dan membuat langit menjadi abu-abu serta gangguan pernapasan rentan terjadi. Apabila harus berhadapan dengan situasi tersebut setiap hari dan bahkan memengaruhi aktivitas, dapat menjadi pemicu stres.

6. Ketidakpastian Masa Depan

Pernahkah Anda merasa cemas ketika membayangkan apa yang akan terjadi dalam hidup di masa depan nanti? Ketidakpastian masa depan dapat menjadi salah satu pemicu stres karena menimbulkan perasaan cemas berlebihan dan juga merasa tidak aman.

Terlalu takut akan ketidakpastian masa depan tersebut dapat membuat ketegangan emosional yang ujungnya adalah stres. Hal ini tentunya berbahaya apabila tidak dikendalikan dengan baik karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

7. Dinamika Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan terdekat yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan seseorang. Apapun yang terjadi dalam keluarga dapat menjadi penyebab stres ataupun penyembuhnya.

Dinamika dalam keluarga seperti perubahan tanggung jawab hingga keharmonisan dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Misalkan keluarga memberikan tuntutan berlebihan ataupun adanya perubahan tanggung jawab, biasanya seseorang mudah merasa stres.

vitamin untuk tingkatkan mood b complex ipi

Beli Vitamin B Complex IPI Klik di Sini

Gejala Stres

Stres memang memiliki penyebab yang beragam dan bahkan membuat Anda sulit untuk menyadarinya. Masalah psikologis ini ternyata memiliki beragam gejala yang dapat Anda perhatikan baik itu gejala emosional maupun gejala fisik.

Beberapa gejala emosional dari stres yang mungkin Anda alami adalah sebagai berikut ini.

  • Mudah merasa gelisah
  • Adanya perubahan suasana hati yang terjadi sangat cepat
  • Depresi dan frustasi
  • Kesulitan untuk menenangkan pikiran dan mengendalikan diri

Tidak hanya emosional, ketidaknyamanan ataupun gangguan pada fisik mungkin saja dapat Anda rasakan. Hal ini dikarenakan stres mampu memengaruhi banyak aspek dalam kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan beberapa gejala stres yang dapat dirasakan pada fisik seseorang dan berujung mengganggu aktivitas harian.

  • Sakit kepala atau pusing
  • Mual dan muntah
  • Gangguan pencernaan seperti diare ataupun sembelit
  • Tubuh terasa lemas tidak berdaya
  • Mengalami gangguan tidur atau sering disebut insomnia
  • Jantung berdebar
  • Tubuh gemetar
  • Tubuh mengeluarkan keringat dingin pada beberapa bagian seperti kaki dan tangan
  • Nyeri otot

Masih ada beberapa gejala stres baik secara emosional dan fisik lainnya yang mungkin dapat dirasakan. Beragam faktor penyebab dan juga kondisi setiap orang membuat gejala stres yang diperlihatkan pun berbeda-beda.

Apabila Anda mulai merasakan beberapa gejala stres yang mulai membuat tidak nyaman, segera konsultasikan pada psikolog ataupun ahli psikologi dan kejiwaan lainnya.

Cara Mengatasi Stres

Lalu, bagaimana stres dapat diatasi? Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menenangkan diri sendiri dan meredakan stres, namun ada juga kasus-kasus lainnya yang lebih baik untuk dikonsultasikan bersama ahli psikologi.

Berikut ini merupakan beberapa cara mengelola ataupun mengatasi stres ringan.

1. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan kegiatan fisik yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari melakukan olahraga yang rutin adalah meredakan stres.

Bagaimana cara kerjanya? Olahraga dapat membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, kemudian membuat lebih rileks dan juga suasana hati membaik. Pikiran yang terasa penuh dan rumit juga dapat teralihkan sehingga tidak membuat stres bertambah parah.

vitamin kesehatan tubuh enervon c effervescent

Beli Enervon C Multivitamin Effervescent Klik di Sini

2. Mengungkapkan Keluh Kesah

Salah satu penyebab stres adalah menumpuknya masalah yang memenuhi pikiran seseorang dan tidak dikeluarkan. Untuk meredakannya, Anda harus mencoba untuk mengungkapkan keluh kesah pada orang terdekat ataupun psikolog.

Selain keluh kesah terkeluarkan, Anda juga mungkin akan terbantu dengan berbagai perspektif untuk menyelesaikan masalah.

3. Meditasi

Untuk menenangkan pikiran, meditasi merupakan cara tepat dalam menurunkan kasar hormon stres sehingga membuat Anda menjadi lebih tenang. Meditasi juga memungkinkan diri Anda dipenuhi oleh afirmasi positf sehingga mencegah stres bertambah parah.

4. Coba Lakukan Aktivitas yang Menyenangkan atau Hobi

Apakah Anda menyukai memasak, menyanyi, melukis ataupun aktivitas menyenangkan lainnya? Melakukan hobi atau aktivitas menyenangkan tersebut dapat membantu menghasilkan hormon dopamin atau hormon bahagia yang membuat tubuh rileks.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Tubuh yang fit juga dapat membantu meredakan stres sehingga penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi terutama kaya akan vitamin B dan magnesium dapat membantu mengelola suasana hati.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai pengertian, penyebab, gejala dan cara mengatasi stres yang perlu Anda ketahui.

Butuh obat ataupun vitamin? Anti repot dalam satu genggaman, K24Klik siap jadi andalan Anda!

Unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store, kami siap melayani 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat. Beragam penawaran menarik menunggu Anda, yuk rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/145855#definition diakses pada 24 Januari 2024

https://www.mentalhealth.org.uk/explore-mental-health/a-z-topics/stress#:~:text=Stress%20is%20our%20body’s%20response,little%20control%20over%20a%20situation diakses 24 Januari 2024


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *