15 Obat Nyeri Otot dan Sendi di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat nyeri otot dan sendi di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Untuk meredakan nyeri otot yang mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda dapat mengandalkan beragam obat nyeri otot dan sendi di apotik.

Nyeri otot dapat dialami ketika Anda melakukan aktivitas fisik yang berlebihan ataupun salah gerakan. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, Anda perlu untuk memahami apa saja obat nyeri otot dan sendi di apotik yang dapat digunakan.

Beberapa penyebab nyeri otot yang mungkin Anda alami adalah gangguan neuromuskular, cedera, infeksi hingga penyakit autoimun. Obat yang biasa digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi sendiri adalah analgesik seperti kandungan ibuprofen dan paracetamol.

Baca juga: 15 Obat Nyeri Sendi di Apotik dan Harganya

Rekomendasi Obat Nyeri Otot dan Sendi di Apotik

Apabila tidak segera diatasi, nyeri otot dapat membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Mulai dari obat tablet hingga oles, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat nyeri otot dan sendi di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Ibuprofen

obat nyeri otot dan sendi di apotik ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Salah satu obat pereda nyeri yang paling ampuh digunakan adalah Ibuprofen. Obat ini bermanfaat meredakan nyeri saat sakit kepala, sakit gigi, haid, nyeri otot hingga nyeri akibat peradangan pada sendi.

Anjuran dosis penggunaan obat ibuprofen ini adalah 200-400mg setiap 4-6 jam sekali. Peningkatan dosis mungkin saja dilakukan atas pertimbangan dokter ahli dengan ketentuan maksimremoteal 1200mg per hari.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

2. Counterpain Cream

obat nyeri otot dan sendi counterpain cream

Beli Counterpain Cream Klik di Sini

Obat nyeri otot di apotik dengan bentuk krim, Counterpain Cream memiliki kandungan methyl salicylate, menthol dan juga eugenol di dalamnya. Anda dapat menggunakan krim ini 1-3 kali sehari pada bagian yang nyeri.

Beberapa kegunaan obat ini adalah meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan juga nyeri saat encok.

Kisaran harga: Rp 31 ribu/tube

3. Geliga Balsem Otot

obat nyeri otot geliga balsem

Beli Geliga Balsem Otot Klik di Sini

Menggunakan balsem juga dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi nyeri otot dan sendi. Anda dapat memanfaatkan Geliga Balsem Otot yang memiliki kandungan methyl salicylate, peppermint oil dan juga white champor oil di dalamnya.

Sensasi menghangatkan dari Geliga Balsem Otot dapat membuat otot lebih rileks sehingga nyeri ataupun sakit pun berkurang. Perlu diketahui bahwa obat gosok yang satu ini tidak disarankan untuk anak-anak, terutama yang berusia di bawah 2 tahun.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

4. Neo Rheumacyl Tablet

obat nyeri otot di apotek neo rheumacyl

Beli Neo Rheumacyl Tablet Klik di Sini

Mengkombinasikan ibuprofen dan paracetamol, Neo Rheumacyl Tablet ampuh untuk meredakan nyeri otot dan juga peradangan. Untuk dewasa, anjuran penggunaan obat ini adalah 1 tablet tiap kali minum untuk 3-4 kali sehari.

Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli apabila Anda memiliki riwayat asma, gangguan fungsi ginjal dan hati sebelum menggunakan obat ini. Penggunaan pada anak-anak, ibu hamil dan menyusui tidak disarankan kecuali atas petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

5. Salonpas Koyo Hijau

obat nyeri otot dan sendi salonpas koyo hijau

Beli Salonpas Koyo Hijau Klik di Sini

Salonpas Koyo Hijau merupakan plester yang bantu meredakan nyeri otot, nyeri sendi, terkilir hingga punggung pegal. Koyo ini memiliki kandungan methyl salicilate, menthol dan juga camphor di dalamnya.

Sebelum menggunakan Salonpas Koyo Hijau, pastikan Anda telah membersihkan permukaan kulit dari area yang sakit terlebih dahulu. Tempelkan langsung koyo ketika kulit sudah kering dan jangan lupa untuk melepaskannya setelah 8 jam pemakaian.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/pcs

6. Hotin DCL Emulgel

obat nyeri otot dan sendi hotin dcl emulgel

Beli Hotin DCL Emulgel Klik di Sini

Nyeri otot lengan kiri atas atau nyeri otot lengan kanan atas dan bingung cara mengatasinya? Anda dapat memanfaatkan Hotin DCL Emulgel yang memiliki kandungan diclofenac sodium di dalamnya.

Hotin DCL Emulgel bekerja langsung ke pusat rasa sakit untuk meredakan berbagai keluhan nyeri otot, sakit pinggang, kram, pegal linu, rematik dan juga nyeri sendi.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

7. Salonpas Jet Spray

obat nyeri otot salonpas jet spray

Beli Salonpas Jet Spray Klik di Sini

Aktivitas fisik yang berat juga dapat menjadi pemicu nyeri otot, terkilir, keseleo, memar, sakit punggung ataupun sakit pada otot bahu. Butuh solusi tepat untuk mengatasinya? Salonpas Jet Spray dapat menjadi salah satu andalan yang tepat untuk Anda.

Obat semprot dengan kandungan methyl salycilate dan menthol di dalamnya ini ampuh meredakan sakit pada otot dan sendi. Semprotkan obat ini pada area yang sakit dengan jarak 10 cm dari kulit dan tidak lebih dari 3-4 kali penggunaan dalam sehari.

Salonpas Jet Spray sering digunakan sebagai obat nyeri otot pada paha dan betis, terutama untuk atlet yang butuh solusi cepat dan efektif.

Kisaran harga: Rp 81 ribu/pcs

8. Oskadon Sp Tablet

obat nyeri otot di apotek oskadon sp tablet

Beli Oskadon Sp Tablet Klik di Sini

Bantu meredakan nyeri otot pada pinggang dan punggung, Oskadon Sp Tablet mengkombinasikan kandungan ibuprofen dan paracetamol di dalamnya. Obat nyeri otot dewasa ini dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

9. Voltaren Gel

obat nyeri otot dan sendi voltaren gel

Beli Voltaren Gel Klik di Sini

Mengandung natrium diklofenak, Voltaren Gel bekerja ampuh dalam mengatasi nyeri otot dan sendi serta pembengkakan akibat rheumatoid arthritis. Obat oles yang satu ini menghambat pembentukan prostaglandin penyebab rasa sakit pada tubuh.

Anda dapat langsung mengoleskan Voltaren Gel ke area yang sakit, 3-4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 118 ribu/tube

10. Paramex Nyeri Otot Tablet

obat paramex nyeri otot tablet di apotek

Beli Paramex Nyeri Otot Klik di Sini

Paramex Nyeri Otot Tablet memiliki kandungan paracetamol dan juga ibuprofen di dalamnya. Anda dapat menggunakan obat ini untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi dan juga pegal linu.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

11. Balpirik Merah

obat nyeri otot dan sendi di apotek balpirik merah

Beli Balpirik Merah Klik di Sini

Balpirik Merah merupakan balsem yang ampuh bekerja untuk meredakan nyeri otot, keseleo, encok hingga pegel linu. Balsem ini memiliki kandungan eucalyptus oil, menthol, camphor, peppermint oil, clove oil, methyl salicylate dan juga vaseline album di dalamnya.

Anda dapat langsung mengoleskan Balpirik Merah ke area yang sakit dan ulangi seperlunya.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/pcs

12. Neo Rheumacyl Otot dan Sendi Hot Cream

obat neo rheumacyl otot dan sendi hot cream

Beli Neo Rheumacyl Otot & Sendi Klik di Sini

Neo Rheumacyl Otot dan Sendi Hot Cream memiliki kandungan menthol, methyl salycilate, camphor dan juga eugenol di dalamnya. Obat krim ini bekerja ampuh untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi dan juga pegal linu.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/tube

13. Mipi

obat nyeri otot dan sendi mipi

Beli Mipi Klik di Sini

Selain menggunakan balsem, Anda juga dapat memanfaatkan minyak pijat untuk meredakan nyeri otot dan sendi. Mipi mengandung minyak cengkeh, champora crystal, menthol crystal, menthyl salicylate dan juga minyak cabe di dalamnya.

Minyak gosok yang satu ini dapat langsung Anda oleskan ke area yang sakit, lalu pijat langsung selama 10-15 menit.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/pcs

14. Voltadex Gel

obat nyeri otot dan sendi di apotik voltadex gel

Beli Voltadex Gel Klik di Sini

Berfungsi untuk mengatasi nyeri dan juga peradangan pada otot serta sendi, Voltadex Gel mengandung natrium diklofenak di dalamnya. Anda dapat menggunakan obat oles ini 3-4 kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 28 ribu/tube

15. Parcok Param Kocok

obat nyeri otot dan sendi parcok param kocok

Beli Parcok Param Kocok Klik di Sini

Terbuat dari ekstrak rempah-rempah, Param Kocok ampuh digunakan untuk meredakan nyeri otot dan pegal linu. Anda cukup mengoleskan param kocok langsung ke area yang sakit, gunakan sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat nyeri otot dan sendi di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila rasa nyeri tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli guna mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Sedang beraktivitas tetapi tiba-tiba nyeri otot menyerang dan butuh obat segera? Anda dapat langsung pesan obat online secara praktis hanya di K24Klik.

Kami menyediakan layanan pengiriman cepat tidak sampai 1 jam dengan jaminan produk 100% asli. Yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga!

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17669-muscle-pain diakses pada 1 Desember 2023