19 Obat Sakit Pinggang di Apotik K24 dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Sakit Pinggang di Apotik dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Rasa sakit di pinggang dapat menimbulkan nyeri yang mengganggu dan menghambat aktivitas harian. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan berbagai obat sakit pinggang paling ampuh yang tersedia di apotik.

Pernah merasakan sakit pinggang yang tiba-tiba namun berakibat menghambat aktivitas harian? Perlu segera ditangani, Anda dapat mencoba berbagai obat sakit pinggang di apotik yang tersedia dalam bentuk tablet maupun krim.

Sakit pinggang sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, namun paling sering karena adanya cedera otot maupun sendi. Pada usia lanjut, sakit pinggang cenderung lebih sering menyerang.

Meski begitu, beberapa kasus sakit pinggang juga dapat menyerang pada anak-anak muda karena pergerakan otot yang minim. Beberapa gejala umum dari sakit pinggang biasanya adalah rasa nyeri yang menjalar, sulit bergerak atau berdiri dan pinggang terasa kaku.

Baca juga: Nyeri Pinggang: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Rekomendasi Obat Sakit Pinggang di Apotik dan Harganya

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang? Untuk meredakan rasa sakitnya dan juga mendukung aktivitas harian, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit pinggang di apotik dan harganya yang dapat Anda gunakan.

1. Ibuprofen

obat sakit pinggang ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Termasuk dalam golongan obat anti-inflamasi non steroid (NSAID), Ibuprofen merupakan salah satu obat sakit pinggang paling ampuh yang dapat Anda manfaatkan.

Cara kerja obat ini adalah menghambat protaglandin atau penyebab nyeri sakit pinggang. Dosis konsumsi ibuprofen sendiri adalah 200mg setiap 4-6 jam sekali atau mungkin saja ditingkatkan menjadi 400mg setiap konsumsi.

Kisaran harga: Rp 4 ribu strip

2. Asam Mefenamat

obat sakit pinggang di apotik asam mefenamat

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Sakit pinggang dapat diderita oleh wanita menjelang ataupun saat haid, apa obat yang tepat untuk mengatasinya? Berfungsi untuk meredakan nyeri pada tubuh termasuk sakit pinggang pada wanita, Anda dapat mengonsumsi asam mefenamat atau mefenamic acid.

Obat sakit pinggang yang satu ini dapat Anda konsumsi dengan dosis anjuran 500 mg untuk 3 kali sehari atau sesuai petunjuk dari dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

3. Natrium Diklofenak

obat sakit pinggang natrium diklofenak

Beli Natrium Diklofenak Klik di Sini

Bekerja dengan cara menghambat prostaglandin dalam tubuh dan mengurangi rasa nyeri, Anda dapat memanfaatkan natrium diklofenak untuk mengatasi sakit pinggang. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dosis yang dianjurkan.

Termasuk ke dalam golongan obat keras, Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat nyeri yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

4. Voltaren Gel

obat sakit pinggang paling ampuh voltaren gel

Beli Voltaren Gel Klik di Sini

Selain menggunakan obat nyeri dalam bentuk tablet, Voltaren Gel juga dapat membantu mengatasi sakit pinggang Anda. Obat oles yang satu ini memiliki kandungan natrium diklofenak di dalamnya.

Cara penggunaan obat ini pun sangatlah mudah, Anda cukup mengoleskan secukupnya pada area pinggang yang sakit 3-4 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 118 ribu/tube

5. Hansanplast Koyo Hangat

obat sakit pinggang hansanplast koyo hangat

Beli Hansanplast Koyo Hangat Klik di Sini

Sensasi hangat dari menggunakan Hansanplast Koyo Hangat dapat memberikan efek relaksasi pada otot pinggang. Hal ini dapat membantu Anda untuk meredakan rasa sakit pinggang dan kembali beraktivitas dengan nyaman.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/pcs

6. Neo Rheumacyl

obat sakit pinggang neo rheumacyl

Beli Neo Rheumacyl Klik di Sini

Memiliki kandungan ibuprofen dan juga paracetamol, Neo Rheumacyl dapat meredakan nyeri otot termasuk sakit pinggang. Untuk dewasa, obat ini dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari 1 tablet setiap kali konsumsi.

Penggunaan pada wanita hamil dan juga ibu menyusui perlu berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu. Obat ini mungkin saja menimbulkan beberapa efek samping seperti mual dan muntah.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

7. Hotin DCL

obat sakit pinggang di apotek hotin dcl

Beli Hotin DCL Emulgel Klik di Sini

Selain Voltaren, Anda juga dapat menggunakan Hotin DCL Emulgel untuk mengatasi sakit pinggang. Tidak hanya itu, obat ini juga dapat mengobati nyeri sendi, rematik, linu dan juga kram.

Dengan kandungan diklofenak sodium serta formula gel yang tidak lengket di kulit, obat ini dapat menjadi solusi cepat sakit pinggang dan mudah dibawa kemana-mana.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/tube

8. Painkila Cream

obat nyeri pinggang painkila cream

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Painkila Cream merupakan obat oles untuk mengatasi rasa nyeri dengan kandungan menthol, methyl salicylate dan juga eugenol di dalamnya. Obat oles yang satu ini dapat menjadi dapat menjadi andalan obati encok yang sering menyerang pada usia lanjut.

Kisaran harga: Rp 24 ribu/tube

9. Viostin Fc Kaplet

obat pinggang viostin fc kaplet

Beli Viostin Fc Kaplet Klik di Sini

Suplemen dengan beragam kandungan bermanfaat yang ampuh, Viostin Fc Kaplet dapat mengobati sakit pinggang. Viostin aman untuk dikonsumsi setiap hari dengan manfaat membantu memelihara kesehatan persendian.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/strip

10. Voltadex

obat sakit pinggang voltadex

Beli Voltadex Klik di Sini

Mengandung natrium diklofenak, Voltadex bekerja efektif untuk mengatasi nyeri termasuk akibat sakit pinggang. Penggunaan obat ini harus berdasarkan saran dokter dan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/tablet

11. Mipi

obat sakit pinggang gosok mipi

Beli Mipi Klik di Sini

Pegal-pegal, sakit pinggang, keseleo ataupun nyeri otot juga dapat diatasi menggunakan pijatan. Anda dapat memanfaatkan Mipi untuk memberikan sensasi licin dan menghangatkan saat memijat area pinggang.

Kisaran harga: Rp 23 ribu/pcs

12. Rheumason Balsem Gosok Hijau

obat pinggang rheumason balsem gosok hijau

Beli Rheumason Balsem Gosok Hijau Klik di Sini

Selain menggunakan minyak gosok, Anda juga dapat memanfaatkan Rheumason Balsem Gosok Hijau untuk mengatasi sakit pinggang. Obat gosok ini juga ampuh dalam meredakan sakit kepala, mual hingga gatal-gatal karena gigitan serangga.

Komposisi dari Rheumason Balsem Gosok Hijau adalah menthol, champor, minyak kayu putih dan methyl salicylate.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/pcs

13. Neurofenac Plus Tablet

obat sakit pinggang neurofenac plus tablet

Beli Neurofenac Plus Tablet Klik di Sini

Berfungsi untuk mengatasi nyeri dan pembengkakan, Neurofenac Plus Tablet dapat menjadi solusi sakit pinggang. Kandungan dalam obat ini adalah natrium diklofenak, thiamine, vitamin B12 dan juga vitamin B6.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/tablet

14. Feldene

obat sakit pinggang feldene gel

Beli Feldene Gel Klik di Sini

Hadir dalam bentuk gel dan mengandung piroksikam di dalamnya, Feldene ampuh diandalkan menjadi obat sakit pinggang. Anda dapat langsung mengoleskan Feldene Gel ke bagian yang sakit untuk 3-4 kali dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 193 ribu/tube

15. Mefix

obat sakit pinggang mefix

Beli Mefix Klik di Sini

Mengandung asam mefenamat atau mefenamic acid, Mefix dapat membantu meredakan rasa sakit di pinggang. Hadir dengan dosis cukup tinggi yaitu 500mg, Anda perlu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu dan memanfaatkan resep untuk membeli obat ini.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

16. Meloxicam

obat sakit pinggang di apotik meloxicam

Beli Meloxicam Klik di Sini

Obat anti-inflamasi golongan NSAID, Meloxicam dapat bekerja ampuh dalam mengatasi sakit pinggang. Obat ini akan menghambat prostaglandin penyebab rasa nyeri pada tubuh dan dapat dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

17. Mefinal

obat pinggang paling ampuh mefinal

Beli Mefinal Klik di Sini

Mefinal merupakan kapsul dengan kandungan zat aktif asam mefenamat yang ampuh untuk mengatasi rasa nyeri ringan hingga sedang. Obat ini dapat mengatasi sakit pinggang, sakit kepala dan juga sakit gigi.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

18. Kalium Diklofenak

obat sakit pinggang kalium diklofenak

Beli Kalium Diklofenak Klik di Sini

Memiliki efek analgesik dan antiinflamasi, Anda juga dapat memanfaatkan kalium diklofenak sebagai obat sakit pinggang. Perlu diketahui bahwa penggunaan obat ini harus berdasarkan saran dokter karena termasuk ke dalam golongan obat keras.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

19. Piroxicam

obat sakit pinggang piroxicam promed

Beli Piroxicam Klik di Sini

Piroxicam merupakan obat yang ampuh dalam menghambat enzim prostaglandin penyebab nyeri pada tubuh. Untuk mengatasi sakit pinggang, Anda dapat mengonsumsi obat ini 2 kali sehari sebanyak 1-2 tablet.

Termasuk ke dalam golongan obat keras, pastikan untuk mendapatkan resep dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

Anda dapat memanfaatkan rekomendasi obat sakit pinggang paling ampuh di atas, tentunya sesuai dengan aturan pemakaian. Apabila sakit pinggang tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli.

Jauh dari orang tua dan panik saat encok sering mengganggu aktivitas mereka? Terhalang jarak dan waktu, bukan lagi masalah! K24Klik siap menjadi teman andalan Anda, obat lengkap 24 jam nonstop dan pengiriman pasti cepat.

Unduh aplikasi kami di Play Store dan App Store, beli obat online untuk orang tua Anda jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.health.harvard.edu/pain/the-best-meds-for-back-pain#:~:text=NSAIDs%20are%20often%20the%20go,spinal%20discs%20or%20arthritic%20joints. diakses pada 30 Oktober 2023