15 Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat sakit gigi berlubang dan ngilu di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Gigi berlubang dapat menyebabkan rasa ngilu yang mengganggu aktivitas harian. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan obat sakit gigi berlubang dan ngilu yang tersedia di apotik.

Nyeri ataupun ngilu akibat gigi berlubang dapat menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan hingga mengganggu aktivitas harian. Anda memerlukan bantuan obat sakit gigi berlubang dan ngilu di apotik untuk mengatasinya.

Penyebab gigi berlubang sendiri sangatlah beragam mulai dari banyaknya bakteri di mulut akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman sangat manis. Kemudian juga jarang menyikat gigi, menyebabkan kerusakan pada gigi.

Pada dasarnya, penggunaan obat-obatan pun hanya mengatasi sakit gigi berlubang dan ngilu sementara. Berpotensi untuk kambuh kedepannya, Anda memerlukan penanganan dokter ahli untuk mengatasi gigi berlubang.

Baca juga: 15 Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang dan Ngilu di Apotik

Mulai dari obat tetes, tablet hingga pasta gigi dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang dan ngilu. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat sakit gigi berlubang dan ngilu di apotik yang dapat Anda gunakan.

1. Eugenia Dental

obat sakit gigi berlubang eugenia

Beli Eugenia Dental Klik di Sini

Mengandung eugenol, eugenia dental bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri di gigi. Anda dapat mengoleskan langsung obat ini pada area gigi berlubang dan ngilu. Obat sakit gigi berlubang dan ngilu yang satu ini tersedia dalam kemasan 3ml dan 6ml.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/pcs

2. Obat Kakak Tua

obat sakit gigi berlubang ngilu obat kakak tua

Beli Obat Kakak Tua Klik di Sini

Obat Kakak Tua merupakan obat cair herbal yang memiliki kandungan glycerin, ethanol, creosote dan juga oleum caryophylli di dalamnya. Manfaat dari obat ini adalah membantu meringankan rasa nyeri ataupun ngilu saat sakit gigi berlubang.

Cara menggunakan obat kakak tua adalah menggunakan bantuan kapas dan juga pinset. Tuangkan obat kakak tua secukupnya pada kapas, kemudian letakkan pada bagian gigi yang sakit.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

3. Dentasol Obat Gigi

obat ngilu gigi di apotik dentasol

Beli Dentasol Obat Gigi Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Dentasol Obat Gigi. Obat ini mengandung benzokain, setilrpidinium klorida, kamfer, mentol dan juga fenol.

Selain mengatasi sakit gigi berlubang dan juga ngilu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati radang gusi dan sariawan.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/pcs

4. Cooling 5 Spray

obat sakit gigi berlubang dan ngilu cooling 5 spray

Beli Cooling 5 Spray Klik di Sini

Tidak hanya menggunakan obat oles, Anda juga dapat memanfaatkan obat sakit gigi semprot seperti Cooling 5 Spray. Cara kerja obat ini adalah mengatasi ngilu yang disebabkan oleh sakit gigi berlubang.

Cooling 5 Spray ini mengandung phenol crystal yang dapat Anda gunakan 2-3 kali semprotan setiap kali pemakaian.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/pcs

5. Ponstan

obat sakit gigi berlubang dan ngilu ponstan

Beli Ponstan Klik di Sini

Mengandung asam mefenamat, Ponstan termasuk salah satu obat NSAID yang ampuh untuk mengatasi ngilu akibat sakit gigi berlubang. Anda dapat mengonsumsi obat ini sesudah makan, sesuai dengan dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/strip

6. Ibuprofen

obat sakit gigi berlubang dan ngilu ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Salah satu obat nyeri andalan yang sering digunakan adalah Ibuprofen. Obat ini dapat digunakan pada dewasa dan juga anak-anak, anjuran dosis 200-400mg setiap 4-6 jam sekali atau sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

7. Cataflam

obat sakit gigi berlubang dan ngilu cataflam

Beli Cataflam Klik di Sini

Dengan kandungan kalium diklofenak, Cataflam Tablet merupakan salah satu obat golongan NSAID. Anda dapat memanfaatkan obat ini untuk mengatasi nyeri, termasuk ngilu saat sakit gigi berlubang.

Anda dapat mengonsumsi obat ini sesudah makan, 25-50mg untuk 2-3 kali sehari untuk dewasa dan anak-anak.

Kisaran harga: Rp 44 ribu/strip

8. Sumagesic

obat sakit gigi ngilu di apotik sumagesic

Beli Sumagesic Klik di Sini

Untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi hingga menurunkan demam, Anda dapat memanfaatkan Sumagesic. Obat ini memiliki kandungan paracetamol 600mg di dalamnya.

Anjuran untuk mengonsumsi obat ini adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum.

Kisaran harga: 3 ribu/strip

9. Iprox

obat sakit gigi berlubang dan ngilu iprox

Beli Iprox Klik di Sini

Mengandung bahan aktif Ibuprofen, Iprox efektif bekerja dalam mengobati nyeri intensitas rendah hingga sedang termasuk akibat sakit gigi. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan Iprox untuk meredakan sakit kepala, nyeri otot dan nyeri haid.

Pastikan untuk selalu memperhatikan dosis anjuran pemakaian Iprox yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter. Beberapa efek samping yang mungkin muncul saat pemakaian obat ini adalah mual, muntah, diare hingga nyeri lambung.

Kisaran harga: 63 ribu/botol

10. Asam Mefenamat

obat sakit gigi berlubang dan ngilu asam mefenamat

Beli Asam Mefenamat Klik di Sini

Merupakan salah satu obat golongan NSAID, Asam mefenamat atau mefenamic acid dapat membantu Anda meredakan ngilu akibat sakit gigi berlubang. Aturan pakai obat ini adalah sesudah makan, sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

11. Pondex Forte

obat sakit gigi berlubang pondex forte

Beli Pondex Forte Klik di Sini

Selain versi generik, Anda juga dapat memanfaatkan Pondex Forte dengan kandungan asam mefenamat 500mg di dalamnya untuk atasi sakit gigi berlubang. Pondex Forte dapat diberikan pada dewasa dan juga anak sesuai petunjuk dokter.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

12. Profenal

obat sakit gigi berlubang dan ngilu profenal

Beli Profenal Klik di Sini

Mengkombinasikan ibuprofen dan juga paracetamol, Profenal merupakan obat yang ampuh mengatasi keluhan nyeri ataupun ngilu akibat sakit gigi, sakit kepala dan nyeri otot. Obat bebas terbatas produksi Yarindo Farmatama ini juga ampuh untuk menurunkan demam.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/strip

13. Anastan

obat sakit gigi ngilu anastan

Beli Anastan Klik di Sini

Anastan merupakan obat anti nyeri dengan kandungan asam mefenamat di dalamnya. Obat ini dapat diberikan pada anak-anak dan juga dewasa sesuai anjuran dokter.

Sebagai salah satu obat nyeri, Anastan juga bermanfaat dalam meredakan rasa ngilu yang biasanya timbul saat sakit gigi berlubang.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Mefinal

obat sakit gigi berlubang dan ngilu mefinal

Beli Mefinal Klik di Sini

Mengandung asam mefenamat 250mg, Mefinal ampuh bekerja dalam menghambat pembentukan prostaglandin pemicu nyeri atau rasa sakit pada tubuh. Saat Anda merasakan ngilu yang tak tertahankan akibat sakit gigi berlubang, obat ini dapat mengatasinya.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

15. Sensodyne

pasta gigi untuk ngilu sensodyne

Beli Sensodyne Klik di Sini

Pasta gigi untuk gigi berlubang dan ngilu juga dapat Anda gunakan, seperti Sensodyne Reguler. Dengan kandungan strontium chloride di dalamnya, Sensodyne secara efektif memberikan perlindungan ekstra pada gigi sentitif dan mengurangi ngilu.

Anda dapat menggunakan pasta gigi setidaknya 2 kali sekali sebagai salah satu tindakan pencegahan gigi berlubang maupun ngilu saat mengonsumsi minuman dingin.

Kisaran harga: Rp 38 ribu/pcs

Itulah tadi beragam obat sakit gigi berlubang dan ngilu di apotik yang dapat Anda gunakan. Perlu diperhatikan bahwa sakit gigi berlubang berpotensi kambuh terus menerus apabila tidak mendapatkan penanganan dokter.

Apabila Anda mendapati beberapa gejala kerusakan gigi seperti ngilu ataupun nyeri yang sering kambuh, segera konsultasikan pada dokter ahli. Tindakan tersebut akan membantu Anda dalam mencegah kerusakan gigi menjadi lebih parah.

Ngilu sakit gigi tak tertahankan tapi tidak memiliki stok obat di rumah? Tenang, solusinya cukup menggunakan K24Klik! Aplikasi beli obat online yang tersedia di Play Store dan juga App Store, produk 100% asli dengan jaminan pengiriman cepat.

Referensi:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/cavity-pain#:~:text=Cavity%20pain%20can%20range%20from%20mild%20to%20unbearable.,the%20nerve%2C%20causing%20intense%20pain. diakses pada 9 November 2023