18 Obat Maag Paling Ampuh yang Bagus di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

obat maag paling ampuuh yang bagus di apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat maag paling ampuh dibutuhkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada perut yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk peningkatan produksi asam lambung.

Maag merupakan salah satu gangguan pencernaan yang membuat rasa tidak nyaman ataupun panas pada perut. Untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut, obat maag paling ampuh yang bagus di apotik pun dibutuhkan.

Pada beberapa kasus maag akut dan kronis, penderitanya dapat merasakan sensasi nyeri di ulu hati dan juga beragam gejala lainnya yang membuat aktivitas harian terganggu. Sebelum bertambah parah, gejala maag dapat ditangani menggunakan obat-obatan.

Penggunaan obat-obatan pada sakit maag sendiri dapat berbeda-beda setiap orangnya, tergantung pada apa penyebab dari maag tersebut. Mulai dari asam lambung naik, mengonsumsi minuman tinggi kafein seperti kopi, stres dan lain sebagainya.


Baca juga:15 Obat Asam Lambung di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

Rekomendasi Obat Maag Paling Ampuh yang Bagus di Apotik

Terdapat banyak jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit maag sesuai dengan kondisi setiap orang. Mulai dari yang berbentuk cair, kapsul, tablet maupun tablet kunyah.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi obat maag paling ampuh yang dapat Anda manfaatkan.

1. Mylanta

Beli Mylanta Klik di Sini

Mylanta termasuk obat yang cukup populer untuk mengatasi maag. Bila maag yang kamu alami diikuti dengan rasa kembung, dan rasa tidak nyaman di perut, Mylanta bisa menjadi alternatif untuk mengobatinya.

obat maag paling ampuh mylanta

Beli Mylanta Liquid Klik di Sini

Obat Mylanta ini hadir dalam bentuk tablet maupun cair. Selain itu, juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak usia minimal 6 tahun.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip dan Rp 18 ribu/botol isi 50ml

2. Gentong Mas

Beli Gentong Mas Klik di Sini

Gentong Mas merupakan minuman herbal yang mengkombinasikan gula aren, jinten hitam, pala, cengkeh, kayu manis, kapulaga dan cabe jawa. Minuman ini memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk pada penderita sakit maag.

Cara mengonsumsi obat sakit maag alami ini pun sangat mudah, Anda cukup melarutkan 2 sendok Gentong Mas bubuk ke dalam satu gelas air. Selain untuk maag, minuman ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, asam urat hingga hipertensi.

Kisaran harga: Rp 61 ribu/dos isi 8 sachet

3. Gastrinal

Beli Gastrinal Klik di Sini

Sakit maag dapat menyebabkan beragam ketidaknyamanan pada perut ataupun lambung seperti nyeri ulu hati, perut kembung, gastritis dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Gastrinal HD tablet.

Obat ini memiliki kandungan alumunium hidroksida gel, magnesium trisilikat dan juga dimetilpolisiloksan di dalamnya. Anda dapat mengonsumsi Gastrinal tablet sehari 2-3 kali sebanyak 1 talet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

4. Stromag

Beli Stromag Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Stromag dengan kandungan magnesium hidroksida, alumunium hidroksida dan juga dimetikon di dalamnya untuk mengatatasi sakit maag.

Dosis anjuran penggunaan obat ini pada anak-anak diatas usia 12 tahun dan juga dewasa adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1-2 tablet sekali minum.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

5. Sanmag

obat maag sanmag

Beli Stromag Klik di Sini

Hadir dalam bentuk sirup suspensi, Sanmag merupakan salah satu obat maag yang mengandung simetikon, magnesium trisilkat dan juga alumunium hidroksida. Anjuran mengonsumsi obat ini adalah 1-2 sendok takar tiap kali minum, 3-4 kali sehari.

Selain maag, obat sanmag juga dapat membantu mengobati beragam penyakit pencernaan lainnya seperti tukak lambung dan tukak usus.

Kisaran harga: Rp 37 ribu/botol

6. Sismax

Beli Sismax Klik di Sini

Sismax merupakan obat herbal yang mengandung ekstrak tumbuh-tumbuhan bermanfaat seperti nigellae sativa, aloe vera, medicago sativa dan juga centella asiatica. Manfaat dari obat Sismax ini adalah mengatasi maag serta meredakan perut kembung.

Untuk dewasa dan anak usia diatas 10 tahun, Anda dapat menggunakan obat ini 3 kali sehari sebanyak 2-3 sendok makan Sismax tiap kali minum. 

Kisaran harga: Rp 25 ribu/botol

7. Gastrucid

Beli Gastrucid Klik di Sini

Gastrucid adalah salah satu obat yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi gejala karena maag dan kondisi kelebihan asam lambung lainnya. Termasuk dalam golongan obat bebas, Anda dapat membeli Gastrucid tanpa resep dokter.

Komposisi dari obat maag yang satu ini adalah aluminium hydroxide, magnesium hydroxide dan juga simethicone.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/strip

8. Polysilane

obat maag kronis akut polysilane

Beli Polysilane Klik di Sini

Produksi asam lambung berlebih dapat menjadi salah satu penyebab maag dan membuat perut Anda terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Polysilane sebagai obat maag andalan paling ampuh.

Perlu diperhatikan bahwa obat maag yang satu ini juga memiliki resiko efek samping seperti sembelit dan diare karena kandungan alumunium dan magnesium di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/strip

9. Lambucid

obat maag lambucid chew tablet

Beli Lambungcid Klik di Sini

Obat maag selanjutnya yang dapat dijadikan pertolongan pertama saat maag kambuh adalah  Lambucid. Seperti obat-obat sebelumnya, Lambucid juga mengandung bahan-bahan seperti magnesium, aluminium, dan simetikon. Selain itu, obat pereda maag ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak di atas 6 tahun.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

10. Polycrol Forte Tablet

obat maag polycrol forte tablet

Beli Polycrol Klik di Sini

Mengkombinasikan aluminium hydroxide, magnesium carbonate, magnesium hydroxide dan juga simethicone membuat Polycrol Forte Tablet jadi salah satu obat maag terbaik. Obat golongan antasida ini dapat meredakan kembung saat maag menyerang.

Anda dapat mengonsumsi Polycrol Forte Tablet 3 kali sehari sebanyak 1-2 tablet kunyah 1 jam setelah makan dan menjelang tidur.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/strip

11. Antasida Doen

obat maag paling ampuh antasida doen

Beli Antasida Doen Klik di Sini

Antasida Doen mengandung  Alumunium Hydroxide dan Magnesium Hydroxide yang mampu mengatasi berbagai permasalahan asam lambung.

Meski termasuk obat bebas, Anda tetap harus memperhatikan dosis dan efek sampingnya agar tak menimbulkan masalah kesehatan lain.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

12. Omeprazole

obat maag akut kronis omeprazole

Beli Omeprazole Klik di Sini

Bagi Anda yang memiliki masalah maag akut, Omeprazole dapat menjadi pilihan yang bagus untuk mengatasi kondisi kesehatan Anda.

Obat ini tergolong sebagai obat generik yang efektif menghambat produksi kadar asam lambung dalam perut dan usus. Perlu diingat bahwa obat ini termasuk obat keras, sehingga membutuhkan resep dokter.

Kisaran harga: 5 ribu/strip

13. Ranitidine

obat maag di apotik ranitidine

Beli Ranitidine Klik di Sini

Selain Omeprazole, Ranitidine juga merupakan salah satu obat maag akut paling ampuh yang bagus di apotik. Anda dapat mengonsumsi obat ini 1 jam sebelum ataupun sesudah makan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 4 ribu/strip

14. Lansoprazole

obat maag paling ampuh lansoprazole

Beli Lansoprazole Klik di Sini

Termasuk dalam golongan obat keras, Lansoprazole bekerja efektif dalam mengatasi beragam masalah kelebihan asam lambung seperti tukak lambung dan maag kronis. Obat ini termasuk dalam proton pump inhibitor (PPI).

Penggunaan Lansoprazole harus sesuai anjuran dokter dan pembeliannya pun memerlukan resep dokter.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/strip

15. Maag Gel Suspensi

obat maag gel suspensi

Beli Maag Gel Suspensi Klik di Sini

Mengkombinasikan antasida dan simetikon, Maag Gel Suspensi merupakan salah satu obat yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan maag. Cara kerja obat ini adalah menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin pemicu nyeri di ulu hati.

Anda dapat mengonsumsi Maag Gel Suspensi 3-4 kali sehari sebanyak 5ml sekali minum pada dewasa dan anak usia diatas 12 tahun. Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun, berikan 2,5ml Maag Gel Suspensi untuk 3-4 kali sehari.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/botol isi 60ml

16. Triocid Sirup

obat maag paling ampuh di apotek triocid sirup

Beli Triocid Sirup Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan Triocid Sirup untuk mengatasi beragam gejala kelebihan asam lambung termasuk sakit maag. Komposisi dari obat ini adalah magnesium hidroksida, aluminium hidroksida dan juga simetikon.

Pastikan mengonsumsi Triocid Sirup dalam kondisi perut kosong ataupun menjelang tidur malam sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 8 ribu/botol isi 60ml

17. Indomag Suspensi

obat maag paling ampuh indomag suspensi

Beli Indomag Suspensi Klik di Sini

Obat sakit maag lainnya yang tersedia di apotik adalah Indomag Suspensi. Obat ini bekerja efektif dalam mengatasi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kelebihan produksi asam lambung seperti sakit maag dan tukak lambung.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/botol

18. Promag Chew Tablet

obat maag di apotik paling ampuh promag chew tablet

Beli Promag Chew Tablet Klik di Sini

Mual dan muntah menjadi salah satu gejala maag yang cukup mengganggu penderitanya. Untuk meredakan gejala tersebut, Anda dapat menggunakan Promag Chew Tablet dengan kandungan hydrotalcite, magnesium hydroxide dan simethicone di dalamnya.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

Itulah tadi beragam rekomendasi obat maag paling ampuh yang bagus di apotik untuk Anda manfaatkan. Beberapa diantara rekomendasi obat di atas termasuk dalam golongan obat keras dan memerlukan resep dokkter untuk mendapatkannya.

Selalu perhatikan kesehatan pencernaan Anda karena maag yang tidak ditangani dengan tepat dapat bertambah parah dengan gejala yang mengganggu aktivitas harian.

Butuh obat segera tapi kehabisan stok obat di rumah? Tidak perlu repot keluar rumah, hidup sehat lebih praktis bersama dengan K24Klik.

Aplikasi beli obat online kami yang telah tersedia di Play Store dan juga App Store siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat.

Referensi:https://www.medicalnewstoday.com/articles/medicine-for-indigestion#overview diakses pada 27 Februari 2024