Cara Mengatasi Asam Lambung Naik secara Alami

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara mengatasi asam lambung naik secara alami

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Salah satu cara mengatasi asam lambung naik adalah memanfaatkan herbal bermanfaat yang mudah ditemukan. Dalam penggunaan obat alami, Anda mungkin memerlukan pertimbangan dokter ahli.

Asam lambung naik dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti pola makan tidak teratur, suka begadang dan lain sebagainya. Untuk mengatasi rasa nyeri di perut hingga ulu hati, Anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi asam lambung naik secara alami.

Baca juga: 15 Obat Asam Lambung di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik secara Alami

Lalu, apa saja herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi asam lambung naik? Pastikan untuk mengolah dengan tepat sesuai anjuran ahli kesehatan, berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi asam lambung naik secara alami menggunakan bahan herbal.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa aktif bermanfaat yang ampuh berperan sebagai antiradang. Manfaat yang satu ini mampu membantu Anda untuk meredakan nyeri atau rasa sakit saat asam lambung naik.

Bagaimana cara yang tepat untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat asam lambung naik? Anda dapat mencuci bersih terlebih lidah buaya, ambil ekstrak gelnya dan olah menjadi jus lidah buaya yang segar.

Apabila dikombinasikan dengan madu murni ataupun jahe, jus lidah buaya juga ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pastikan untuk tidak mengonsumsi herbal ini secara berlebihan karena dapat mengakibatkan diare.

2. Kemangi

Daun kemangi biasanya disajikan sebagai salah satu lalapan saat makan. Herbal yang satu ini memiliki kandungan fenolik, saponin dan juga flavonoid di dalamnya. Kandungan tersebut ternyata ampuh bekerja untuk menurunkan asam lambung naik.

Jadi, tidak hanya lezat disantap sebagai lalapan namun sekaligus menjadi obat ampuh untuk asam lambung.

3. Pisang

Asam lambung naik ke tenggorokan dapat memberikan sensasi nyeri dan terbakar yang mengganggu. Untuk menetralkannya, Anda memerlukan manfaat kalium dan juga serat yang ada dalam buah pisang.

Pisang dapat membantu Anda untuk meredakan penumpukan asam berlebih di lambung. Cara alami yang satu ini juga dapat memberikan sensasi perut menjadi lebih nyaman.

4. Jahe

Sering mengonsumsi jahe untuk memberikan efek menghangatkan pada tubuh dan meningkatkan sistem imunitas? Tidak hanya itu, ternyata jahe juga dapat berperan ampuh dalam meredakan asam lambung naik.

Zat fenolik dalam jahe dapat meredakan rasa nyeri yang biasanya Anda rasakan ketika asam lambung naik. Mengonsumsi minuman jahe hangat juga dapat meredakan rasa mual dan mengembalikan nafsu makan.

Anda dapat mengolah jahe geprek sendiri atau mengonsumsi minuman jahe instan seperti Intra Jahe Wangi.

atasi asam lambung naik intra jahe wangi

Beli Intra Jahe Wangi Klik di Sini

5. Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu herbal yang dipercaya ampuh menjadi obat dari segala macam penyakit, termasuk asam lambung naik. Mengapa bisa? Kandungan kalium di dalam air kelapa dapat menetralkan asam lambung naik ke dada ataupun tenggorokan.

Anda dapat mengonsumsi air kelapa muda yang menyegarkan, sekaligus menjadikannya sebagai obat asam lambung alami. Hydro Coco juga dapat menjadi andalan Anda karena terbuat dari air kelapa asli, tanpa pengawet ataupun pemanis buatan.

cara mengatasi asam lambung alami hydro coco

Beli Hydro Coco Klik di Sini

6. Apel

Rasa makanan yang asam dapat membuat asam lambung naik semakin parah, jadi pastikan untuk memilih buah apel yang tidak asam. Kandungan kalsium, kalium dan juga magnesium dalam buah ini ampuh untuk meredakan asam lambung naik.

Yang menarik dari buah apel adalah aman dikonsumsi bahkan saat perut dalam kondisi kosong. Namun, mengonsumsi apel secara berlebihan dapat meningkatkan resiko gula darah naik.

7. Oatmeal

Kaya akan kandungan serat, salah satu manfaat mengonsumsi oatmeal adalah meredakan berbagai gejala asam lambung. Serat dalam oatmeal dapat menyerap asam berlebih yang ada di lambung, sehingga rasa nyeri ataupun sakit pun berkurang.

Apabila oatmeal dikonsumsi rutin setiap harinya juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kadar gula darah normal. Apabila Anda sedang menjalani diet, oatmeal juga dapat menjadi makanan sehat yang tepat.

atasi asam lambung naik quaker instant oatmeal

Beli Quaker Instant Oatmeal Klik di Sini

8. Teh Chamomile

Teh herbal merupakan salah satu minuman sehat yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk sakit perut saat asam lambung naik. Senyawa antispasmodik dalam teh chamomile paling ampuh untuk mengurangi kadar asam berlebih di lambung.

Tidak hanya itu, teh herbal ini juga dapat memberikan sensasi menenangkan sehingga rasa sakit di perut pun mereda.

9. Kayu Manis

Sifat antasida dalam kayu manis dapat membantu Anda untuk menetralkan produksi asam lambung berlebih. Anda dapat merebus kayu manis hingga mendidih dan dikombinasikan dengan herbal lainnya seperti cengkeh.

Selain mengatasi asam lambung naik, minuman herbal ini ampuh berperan sebagai antioksidan, antiinflamasi, antibakteri pada tubuh.

10. Buttermilk

Kandungan bakteri asam laktat dalam buttermilk bekerja ampuh untuk menurunkan asam lambung secara alami. Asam laktat sendiri biasanya memang dikombinasikan dalam pembuatan buttermilk untuk membantu proses fermentasi susu segar.

Selain mengandung bakteri asam laktat, buttermilk juga memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral bermanfaat untuk tubuh. Ini akan membantu sistem pencernaan jadi lebih lancar sekaligus metabolisme tubuh meningkat.

11. Biji Jintan

Rasa nyeri dan sakit pada ulu hati mungkin saja Anda rasakan ketika asam lambung naik. Anda dapat memanfaatkan biji jintan untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Bagaimana caranya? Rebus biji jintan bersamaan dengan beragam herbal lain seperti jahe, kapulaga dan cengkeh. Setelah itu, segera minum olahan herbal yang satu ini selagi masih hangat.

12. Licorice

Sifat anti tukak dan anti peradangan dari licorice bekerja ampuh dalam meredakan berbagai gejala asam lambung naik, termasuk sakit perut. Ekstrak akar manis atau licorice ini juga memiliki manfaat lain seperti melancarkan saluran pernapasan.

Saat asam lambung naik, terkadang seseorang dapat mengalami sesak nafas. Nah, herbal yang satu ini dapat menjadi salah satu andalan Anda. Tentunya, penggunaan obat herbal ini harus dalam pengawasan dokter untuk meminimalisir efek samping yang merugikan.

13. Cengkeh

Mengunyah 2-3 siung cengkeh diketahui ampuh untuk meredakan gejala asam lambung. Tidak hanya itu, cengkeh juga dapat mengurangi bau mulut dan memberikan sensasi melegakan untuk saluran pernapasan.

Untuk hasil yang optimal, Anda juga dapat mengkombinasikan cengkeh yang sudah dihancurkan bersama dengan kapulaga. Konsumsi rebusan minuman herbal selagi hangat untuk meredakan sakit perut saat asam lambung naik.

14. Kunyit

atasi asam lambung naik sidomuncul sari kunyit

Beli Sari Kunyit Sidomuncul Kapsul Klik di Sini

Salah satu jenis rimpang yang penuh khasiat baik untuk tubuh, kunyit dapat membantu Anda untuk mengatasi asam lambung naik. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin dengan manfaat anti-inflamasi dan antioksidan pada kunyit.

Anda dapat mengonsumsi kunyit sebagai minuman herbal atau versi praktisnya seperti Sari Kunyit Sidomuncul Kapsul.

Itulah tadi beragam cara mengatasi asam lambung naik secara alami yang dapat Anda coba. Pastikan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum penggunaan obat-obatan alami pada tubuh.

Apabila gejala asam lambung naik tidak juga mereda, Anda dapat mengonsumsi obat asam lambung yang tersedia di apotik atau ikuti anjuran dokter.

Asam lambung sering kambuh sewaktu-waktu, tapi hidup di perantauan sendirian bingung harus bagaimana? Tenang, K24Klik siap jadi teman andalan segala kebutuhan obat dan juga vitamin untuk Anda!

Tidak perlu repot keluar kos ataupun mengandalkan orang lain, satu genggaman untuk kemudahan hidup Anda. Aplikasi beli obat online kami tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan 1 jam sampai.

Referensi:

https://www.verywellhealth.com/remedies-for-heartburn-relief-89992 diakses pada 21 Oktober 2023