15 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menghilangkan flek hitam di wajah

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Bantu penampilan jadi lebih maksimal, terdapat beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang dapat Anda coba. Tidak selalu perlu perawatan ekstra, banyak masker wajah dari bahan alami yang ampuh atasi flek hitam.

Flek hitam di wajah biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, bekas luka dan juga penuaan. Untuk mengatasi, ada beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah baik alami ataupun menggunakan krim kimia yang dapat Anda coba.

Perlu diketahui bahwa menghilangkan flek hitam di wajah tidak dapat dilakukan dalam sehari dua hari saja. Relatifnya, mayoritas orang akan menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk membuat warna kulit merata sehingga flek hitam pun hilang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat dengan Mudah

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Bekas jerawat ataupun luka pada wajah dapat menciptakan flek hitam yang membandel. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah berikut ini.

1. Lakukan Eksfoliasi Rutin

Salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah yang dapat Anda lakukan adalah melakukan eksfoliasi secara rutin. Perawatan yang satu ini ampuh untuk mengangkat sel kulut mati, menyamarkan hingga menghilangkan flek hitam serta mencerahkan kulit.

Saat ini, sudah banyak produk kecantikan yang ampuh bekerja sebagai eksfoliator. Mulai dari yang berbentuk scrub hingga toner.

2. Menggunakan Masker Lemon dan Madu

Kaya akan kandungan vitamin C, lemon sangatlah ampuh untuk menghilangkan flek hitam dan juga mencerahkan kulit. Anda dapat mencampurkannya dengan madu murni, kemudian oleskan langsung ke wajah dengan flek hitam.

Untuk memastikan kulit wajah bersih sesudah menggunakan masker lemon dan madu, gunakan air hangat untuk membilas bersih wajah.

madu tj murni untuk menghilangkan flek hitam

Beli Madu TJ Murni Klik di Sini

3. Memanfaatkan Cuka Apel

Sari cuka apel diketahui memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam. Caranya cukup campurkan Tahesta Cuka Apel dengan satu sendok air, kemudian oleskan ke wajah yang memiliki flek hitam dengan kapas.

Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan kulit bersinar tanpa flek hitam. Apabila kulit Anda berjerawat, cuka apel juga dapat menjadi salah satu herbal ampuh untuk mengatasinya.

cara menghilangkan flek hitam dengan tahesta cuka apel

Beli Tahesta Cuka Apel Klik di Sini

4. Lidah Buaya

Merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk kecantikan. Kandungan antioksidan, vitamin A dan C serta anti inflamasi pada lidah buaya ampuh untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

5. Masker Kunyit

Campurkan bubuk kunyit dengan yogurt plain untuk membuat masker kunyit yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Jika sudah, oleskan langsung ke kulit wajah dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas wajah Anda menggunakan air hangat.

6. Menggunakan Krim Pencerah Wajah

Selain mencoba cara-cara alami, Anda juga dapat memanfaatkan krim pencerah wajah seperti Garnier Light Complete Extra Uv. Krim ini membantu Anda untuk mengangkat sel kulit mati, menyamarkan flek hitam dan membuat kulit lebih cerah.

krim pencerah wajah garnier light complete extra uv

Beli Garnier Light Complete Extra UV Cream Klik di Sini

7. Memanfaatkan Tea Tree Oil

Tea tree oil mengandung antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat untuk penyembuhan luka dan juga flek hitam. Anda cukup meletakkan beberapa tetes tea tree oil di telapak tangan, lalu gosokkan ke area wajah dengan flek hitam.

Anda juga bisa menggunakan bantuan kapas yang dicelupkan pada semangkuk air hangat campuran tea tree oil.

8. Masker Oatmeal

Bukan hanya sekedar makanan sehat rendah kalori, oatmeal juga dapat dimanfaatkan menjadi masker wajah. Masker oatmeal dapat membantu Anda melembutkan dan meremajakan kulit serta menghilangkan flek hitam.

Lalu, bagaimana cara membuat masker oatmeal? Mudah saja, cukup tumbuk oatmeal sampai halus lalu campur menggunakan air perasan lemon. Aduk hingga menjadi pasta masker, lalu aplikasikan langsung ke wajah.

9. Menempelkan Teh Hijau ke Wajah dengan Flek Hitam

Teh hijau dapat berperan efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah sekaligus membuat kulit lebih cerah. Anda cukup merendam 1 kantung teh hijau dalam air mendidih, lalu dinginkan dan tempelkan langsung ke wajah yang memiliki flek hitam.

Selain itu, Anda juga dapat rutin mengonsumsi secangkir teh hijau hangat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

10. Menggunakan Masker Alpukat

Kaya akan kandungan vitamin E, alpukat bermanfaat untuk menyamarkan flek hitam yang ada di kulit wajah. Anda cukup mencampur alpukat yang telah dihaluskan bersama dengan air perasaan lemon, lalu aplikasikan sebagai masker untuk wajah.

11. Rutin Mengonsumsi Vitamin C

Kandungan vitamin C apabila diberikan pada malam hari, ampuh untuk melawan flek hitam sekaligus meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu tubuh Anda tetap fit untuk menjalankan aktivitas harian.

Beberapa rekomendasi vitamin C yang tersedia di apotik dan dapat secara bebas Anda beli adalah Vitamin C IPI Tablet, You C 1000 Orange dan masih banyak lagi.

vitamin c untuk menghilangkan flek hitam You C 1000 Orange

Beli You C 1000 Orange Klik di Sini

12. Selalu Menggunakan Sunscreen

Tidak hanya bantu menghilangkan, sunscreen juga ampuh dalam mencegah masalah flek hitam. Dengan rajin menggunakan sunscreen, kulit wajah akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV berlebih yang mampu merusak kulit hingga memicu penuaan dini.

Apabila berada di dalam ruangan, Anda dapat menggunakan sunscreen SPF 30. Namun, usahakan untuk mengaplikasikan sunscreen dengan SPF 50 apabila Anda banyak beraktivitas di luar ruangan.

somethinc glowing up sunscreen stick

Beli Somethinc Glowing Up Sunscreen Stick Klik di Sini

Baca juga: 10 Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan Kulit

13. Mengonsumsi Vitamin untuk Kulit

Tidak hanya perawatan dari luar, salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam adalah mengonsumsi vitamin kulit. Nourish Skin X-tra memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya yang ampuh membantu Anda untuk memiliki kulit sehat dan indah.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin ini, usaha untuk memudarkan flek hitam akan lebih maksimal. Tidak hanya itu, Nourish Skin X-tra juga dapat memperlambat proses penuaan sehingga kulit wajah terlihat lebih awet muda.

vitamin kulit nourish skin xtra capsule

Beli Nourish Skin Xtra Klik di Sini

14. Menggunakan Parutan Timun

Kaya akan kandungan antioksidan dan juga vitamin, mentimun memiliki manfaat ampuh untuk memudarkan flek hitam. Penggunaannya cukup mudah, parut timun yang sudah dicuci bersih kemudian langsung aplikasikan ke wajah.

Anda dapat mencoba menggunakan parutan timun sebagai masker wajah ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan lembap.

15. Memanfaatkan Putih Telur

Tidak hanya menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh, telur juga dapat dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. Putih telur diketahui ampuh untuk mencerahkan kulit wajah apabila dijadikan masker.

Seiring dengan kulit wajah yang lebih cerah, maka flek hitam pun akan mulai memudar hingga tak terlihat. Pastinya, ini bukanlah proses yang instan dan butuh untuk dilakukan secara rutin.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang dapat Anda coba terapkan. Apabila kondisi kulit wajah semakin parah, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Beli obat, vitamin dan juga susu tapi malas ribet? K24Klik siap jadi andalan, kami jamin pesanan Anda sampai kurang dari 1 jam! Yuk unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, dapatkan beragam promo menarik khusus untuk Anda!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-get-rid-of-dark-spots diakses pada 3 Oktober 2023