Penuaan Dini Bisa Dicegah?Berikut Tipsnya

Published by Maretta Putri on

Dikurasi Oleh: Maretta Putri Ardenari, S.Farm., Apt

Penuaan fisik seiring bertambahnya usia adalah hal lazim yang dialami manusia. Namun tak jarang pula kita menemui seseorang yang terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Meski masih belia, seseorang bisa disangka berusia lanjut karena munculnya kerutan, bintik-bintik hitam, serta garis-garis halus pada wajah. Metabolisme kulit wajah yang jauh lebih cepat dari biasanya itulah yang kerap disebut sebagai penuaan dini. Siapapun tak ingin ingin mengalaminya karena akan mengusik rasa percayaan diri, terlebih di depan lawan jenis. Lantas bagaimana cara kita mencegahnya?

Ciri-ciri Penuaan Dini

Ciri-ciri penuaan dini

Sebelum membahas langkah-langkah pencegahan, ada baiknya kita ulas dahulu seperti apa indikasi dan gejala penuaan dini pada manusia? Informasi ini bisa langsung kita periksa pada fisik masing-masing. Berikut sejumlah ciri-ciri yang paling umum ditemukan:

1.  Munculnya kerutan atau keriput

2.  Munculnya bintik atau flek hitam

3.  Timbul garis halus

4.  Kulit mulai mengendur dan menipis

5.  Beberapa bagian kulit terasa bersisik, kering, dan gatal

Jika Anda menemui salah satu atau lebih dari ciri-ciri di atas pada diri anda, tak perlu panik dan khawatir. Tak rumit mengatasinya. Namun, pencegahan selalu menjadi pilihan terbaik ketimbang mengobati.

Tips Mencegah Penuaan Dini

tips cegah penuaan dini

Mari kita bahas sederet kiat terampuh untuk mencegah penuaan dini:

1.  Cegah penunaan dini dengan cara : Rajin membersihkan kulit muka

Jangan pernah lupa membersihkan kulit muka wajib setiap hari. Anjuran ini harus diperhatikan mereka yang sering menggunakan kosmetik (make up) saat keluar rumah. Kandungan kimia dalam kosmetik dapat mempercepat munculnya keriput. Membiarkan riasan menempel di wajah selama seharian penuh bisa semakin memicu penuaan kulit.

2.  Cara yang kedua mencegah penuaan dini : Rajin menggunakan pelembap dan krim malam

Setelah membersihkan kulit muka, langkah selanjutnya adalah memakai pelembap. Fungsinya jelas, yaitu untuk mencegah kulit menjadi kering. Kurangnya kandungan air dalam kulit bisa menyebabkan keriput. Jangan lupa mengoleskan krim malam anti-aging yang mengandung retinol, glycolic acid, asam asetat, dan  salicylic acid. Seluruh kandungan tersebut mampu membantu proses regenerasi kulit wajah, memudarkan garis halus dan keriput. Anjuran ini paling baik dilakukan sebelum tidur.

3.  Rajin menggunakan tabir surya (sunblock)

Kulit yang sangat sering terpapar sinar matahari pun bisa memicu penuaan. Efek yang paling umum ditemukan akibat paparan matahari adalah  bintik hitam dan kerutan. Penggunaan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan sangat penting untuk mencegah penuaan kulit.

4.  Menggunakan masker yang mengandung bahan alami

Perawatan kulit wajah dengan bahan alami akan sudah sering terbukti lebih baik daripada metode yang memanfaatkan bahan dasar kimia. Anda dapat sedikit berkreasi dan meramu masker wajah  dengan beragam bahan dasar alami, mulai dari kunyit, madu, susu, serta lidah buaya. Kunyit mengandung kurkumin yang mengandung antioksidan sehingga dapat menetralisasi radikal bebas yang kerap memicu proses penuaan. Komposisi madu pun dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah kita semakin cerah. Jangan lupa mencoba campuran susu yang nutrisinya dapat menambah produksi kolagen pada wajah. Lidah buaya pun membantu produksi kolagen. Umumnya pemakaian bahan ini dapat membuat kulit lebih elastis.

5.  Mengkonsumsi vitamin yang tepat

  • Vitamin A, bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi produk yang mengandung susu, minyak ikan COD, hati, sayuran berwarna hijau gelap dan kuning, buah-buahan
  • Berbagai macam vitamin B (vitamin B1, B2, B3), bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi sereal gandum, ikan, daging sapi, sayur berdaun hijau, kacang, makanan yang mengandung susu, yogurt, dan makanan yang berasal dari unggas
  • Selanjutnya Vitamin C, bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah sitrus (seperti jeruk mandarin, anggur, lemon, strawberry, kiwi, tomat), sayur berdaun hijau, dan paprika hijau
  • Vitamin E, bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi sayur berdaun hijau, kacang, dan kuning telur

Beberapa vitamin tersebut merupakan antioksidan yang penting untuk regenerasi sel dan menjaga kesehatan kulit. Antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah efek radikal bebas dan kerusakan sel di dalam tubuh dan kulit.

Jika Sobat Sehat membutuhkan vitamin untuk kulit, langsung pesan di K24Klik. Pesan mudah dengan satu genggaman!

6.  Hindari rokok dan alkohol

Dua kebiasaan buruk itu sebaiknya dijauhi jika Anda tak ingin terlihat lebih tua dari umur sebenarnya. Penuaan wajah para perokok umumnya terjadi karena rusaknya jaringan tubuh oleh zat-zat beracun pada rokok. Barang yang dikonsumsi mayoritas penduduk Indonesia itu juga bisa menghambat peredaran darah ke wajah, akibatnya keriput di segala sisi. Konsumsi alkohol pun tidak baik untuk kulit karena memicu dehidrasi.  

Butuh niat dan usaha ekstra yang konsisten untuk menjaga penampilan tetap awet muda. Manusia memang akan tua secara alami, namun penuaan dini masih bisa kita hindari dengan mengubah kebiasaan buruk Anda dan merawat kulit dengan baik. Semua kiat pencegahan itu harus didukung kebiasaan sehat, bahkan dari yang paling umum, seperti banyak minum air putih serta rutin berolah raga.  

Nah Sobat Sehat, jika ingin memiliki wajah yang awet muda, share artikel ini ke orang-orang yang kalian kenal agar artikel bisa bermanfaat 🙂

#KanAdaK24Klik