16 Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menghilangkan bruntusan dengan cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat berbagai cara menghilangkan bruntusan dengan cepat mulai dari penggunaan masker wajah dari bahan herbal hingga mengubah gaya hidup.

Bruntusan merupakan kondisi kulit wajah yang penuh dengan benjolan kecil. Dapat mengganggu penampilan dan juga berpengaruh pada kesehatan kulit, Anda perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan bruntusan dengan cepat.

Beberapa penyebab bruntusan diantaranya adalah sel kulit mati, folikel rambut rusak dan juga reaksi alergi. Selain memanfaatkan produk kecantikan ataupun melakukan perawatan seperti terapi laser dan ekstraksi, terdapat cara-cara alami untuk menghilangkan bruntusan.

Baca juga: 15 Obat Jerawat Alami Paling Ampuh dan Terbukti

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Cepat

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi bruntusan? Anda dapat memanfaatkan berbagai bahan herbal dan mencoba beragam cara menghilangkan bruntusan dengan cepat di bawah ini.

1. Putih Telur

Anda dapat mengoleskan putih telur di seluruh wajah, lalu biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Cara alami yang satu ini ampuh untuk membersihkan kulit, mengangkatan kotoran di wajah sehingga bruntusan memudar.

2. Neem

Apakah Anda pernah mendengar tentang khasiat tanaman obat Neem? Herbal yang satu ini memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan dan juga antiseptik. Anda dapat memanfaatkan neem untuk membantu menyingkirkan masalah kulit seperti bruntusan.

Apabila tidak ingin repot mengoleh daun dan juga ekstrak neem, Anda dapat memanfaatkan Himalaya Herbals Purifying Neem Mask untuk menghilangkan bruntusan.

cara mengatasi bruntusan himalaya herbals purifying neem mask

Beli Himalaya Herbals Purifying Neem Mask Klik di Sini

3. Madu

Memiliki banyak khasiat baik untuk tubuh, salah satu manfaat madu juga ampuh untuk membantu Anda menghilangkan jerawat. Cukup olah madu murni menjadi masker wajah, aplikasikan ke kulit wajah dengan rata dan bilas bersih.

Antibakteri dan antimikroba dalam madu ampuh bekerja melawan bakteri penyebab bruntusan. Anda dapat mencampurkan madu bersama dengan bubuk kunyit ataupun perasan air lemon untuk memberikan manfaat kulit lebih sehat,

4. Es Batu

Cara praktis untuk menghilangkan bruntusan? Tenang, Anda dapat memanfaatkan kompres es batu. Cukup bungkus es batu dengan kain tipis, lalu kompres langsung ke area wajah bruntusan untuk beberapa menit.

Efek mendinginkan dari es batu ampuh untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit akibat bruntusan yang ada di wajah.

5. Lidah Buaya

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan ekstrak lidah buaya untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Caranya cukup oleskan langsung ekstrak gel lidah buaya pada kulit wajah, diamkan hingga kering kemudian bilas menggunakan air bersih.

6. Lemon

Lemon memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan kulit, seperti menyamarkan noda hitam dan mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, kandungan asam sitrat di dalamnya juga dapat membantu Anda menghilangkan bruntusan dengan cepat.

7. Selalu Lakukan Double Cleansing

Sering bepergian membuat kulit wajah kotor dan bruntusan semakin parah? Anda perlu melakukan double cleansing untuk mengoptimalkan langkah pembersihkan bruntusan pada wajah.

Pertama, gunakan micellar water atau cleanser untuk menghapus kotoran yang ada di wajah termasuk sisa makeup. Kemudian, lanjutkan cuci muka menggunakan Acnes Creamy Wash yang diformulasikan khusus untuk mengatasi jerawat dan bruntusan.

double cleansing atasi bruntusan acnes creamy wash

Beli Acnes Creamy Wash Klik di Sini

8. Oatmeal

Sifat antioksidan dan antiinflamasi dalam oatmeal memiliki manfaat ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit termasuk bruntusan di wajah. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak dan juga mineral di dalamnya.

Manfaatkan oatmeal menjadi masker wajah tanpa campuran apapun, cukup merebus hingga membuat tekstur pasta. Atau bisa juga menambahkan madu untuk memaksimalkan manfaatnya pada kulit wajah yang bruntusan.

cara atasi bruntusan nutrahealth vitamin e

Beli Nutrahealth Vitamin E Klik di Sini

9. Rutin Lakukan Eksfoliasi dengan Lembut

Selanjutnya, Anda juga dapat rutin melakukan eksfoliasi dengan lembut untuk mengurangi bruntusan pada wajah. Bagaimana cara eksfoliasi? Anda dapat memanfaatkan produk scrub ataupun toner eksfoliator untuk melakukan eksfoliasi pada wajah.

Selain menghilangkan bruntusan, rutin melakukan eksfoliasi juga dapat membantu Anda untuk mencerahkan kulit wajah.

10. Jangan Menyentuh Bruntusan

Memecahkan bruntusan di wajah bukanlah sebuah solusi yang aman untuk dilakukan. Justru apabila Anda sering memencet atau memecahkan bruntusan, dapat menikahkan resiko infeksi dan juga peradangan pada kulit wajah.

Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan tangan yang digunakan untuk menyentuh bruntusan rawan menyalurkan bakteri ke dalam pori-pori.

11. Bubuk Kunyit

Salah satu rempah bermanfaat yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah kunyit. Anda dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya untuk membentuk pasta masker.

Jika sudah, segera oleskan pada bagian kulit wajah bruntusan dan diamkan selama kurang lebih 15-20 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk menghilangkan wajah bruntusan sekaligus menjaga kulit wajah tetap elastis dan glowing.

12. Wortel

Kandungan antioksidan dalam wortel dapat bekerja ampuh untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Anda cukup mengolahnya menjadi masker dengan cara diblender ataupun diparut.

Aplikasikan langsung pada kulit wajah bruntusan yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian bilas segera menggunakan air bersih. Selain mengatasi bruntusan, masker wortel juga dapat melembapkan kulit.

13. Masker Teh Hijau

Tahukah Anda bahwa teh hijau memiliki banyak kandungan baik seperti vitamin A, B2, E hingga antioksidan? Hal tersebut yang membuat masker teh hijau ampuh untuk mengatasi beragam permasalahan kulit termasuk bruntusan.

Bagaimana cara membuat masker teh hijau? Sangat praktis, Anda cukup memanfaatkan kantong teh hijau yang telah direndam air panas dan campurkan bersama dengan madu dan bubuk kunyit.

14. Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu minyak esensial yang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, termasuk mengatasi bruntusan dengan cepat. Hal ini dikarenakan kandungan antibakteri di dalam tea tree oil.

Mengapa bisa? Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga ampuh dalam melawan bakteri penyebab jerawat dan juga bruntusan di dahi ataupun bagian wajah lainnya.

15. Minyak Kelapa

Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu mengurangi bruntusan pada wajah. Kaya akan kandungan antioksidan, minyak kelapa juga dapat membuat wajah terlihat lebih bersinar.

Anda dapat memanfaatkan Azmi Virgin Coconut Oil yang tersedia di apotik atau K24Klik. Cukup aplikasikan langsung ke area wajah bruntusan, pijat lembut dan biarkan semalaman. Pada pagi hari, pastikan untuk mencuci muka dengan bersih.

atasi bruntusan azmi virgin coconut oil

Beli Azmi Virgin Coconut Oil Klik di Sini

16. Minum Banyak Air Putih

Cara paling alami untuk mengurangi bruntusan adalah menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan banyak minum air putih. Dengan memastikan tubuh tidak kekurangan cairan, dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi bruntusan.

Itulah tadi beberapa rekomendasi cara menghilangkan bruntusan dengan cepat yang dapat Anda coba lakukan. Apabila kondisi kulit wajah tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli agar mendapatkan penanganan terbaik.

Butuh vitamin, obat ataupun susu mendadak? Tidak perlu repot keluar rumah, K24Klik solusinya. Aplikasi kami tersedia di Play Store dan juga App Store, siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan produk 100% asli dan pengiriman cepat!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/small-bumps-on-forehead diakses pada 27 September 2023